Cara Mengetahui Kapasitas Daya kWh Meter Listrik Rumah

Cara Mengetahui Kapasitas Daya kWh Meter Listrik Rumah – Kondisi listrik di setiap rumah tidak sama dan dipengaruhi daya meteran. Semakin tinggi daya yang digunakan akan semakin besar pula biaya listrik yang perlu dikeluarkan. Selain itu, besaran daya listrik juga menentukan jumlah alat listrik yang dapat digunakan. Sebuah rumah dengan daya listrik rendah pastinya perlu menyesuaikan kebutuhan dan tidak boleh berlebihan. Jika melewati batas daya yang diberikan, listrik bisa mati dan aktivitas di rumah menjadi terganggu.

Cara Mengecek Kapasitas Daya Listrik di Meteran Rumah

unsplash.com

PLN sudah memberikan daya listrik standar, mulai dari 450, 900, 1300, dan 2200 KVA. Tidak semua bisa memahami kode-kode yang tercatum pada meteran. Jika penasaran dengan cara untuk mengecek kapasitas daya kWh meter listrik di rumah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Mengecek Daya Listrik Melalui Meteran

koreanseruya.com

Setiap meteran listrik yang ada di rumah memiliki kode-kode tertentu, misalnya kode CL. Cobalah untuk memperhatikan kode CL yang tertera pada meteran. Kode tersebut ternyata memuat informasi daya listrik yang digunakan. Adapun arti dari kode CL pada meteran listrik diantaranya:

  1. CL 2 = 450 kVA
  2. CL 4 = 900 kVA
  3. CL 6 = 1300 kVA
  4. CL 10 = 2200 kVA
  5. CL 16 = 3500 kVA

kVA atau Kilo Volt Ampere menyatakan satuan daya nyata dan ditambah aktif power. Daya listrik juga dapat dihitung secara manual dengan menggunakan kode CL pada meteran. Caranya cukup mudah. Kalikan angka pada kode CL dengan besar daya dasar (220 kVA). Contohnya adalah 450 kVA diperoleh dari hasil kali angka 2 pada CL 2 dengan 220 kVA. Hasil perhitungan kemudian dibulatkan pada angka yang paling mendekati.

Cara Membaca Kode-Kode pada Meteran Listrik

berilmu.com

Pada meteran, kamu sering menjumpai ada kode-kode atau huruf dan angka tertentu. Ternyata kode tersebut bukan tanpa makna. Ada arti tersembunyi di balik kode pada meteran listrik, misalnya.

  1. Kode CL6 = 6 A (Ampere)
  2. Angka 230/400V 50Hz = 220 V (Volt)

Untuk menghitung daya listrik (Watt) di rumah adalah dengan mengalikan arus listrik dan tegangan. Kalikan 6 Ampere dengan 220 Volt.

Daya listrik: 6 A x 220 V = 1320 VA

Dapat diketahui bahwa daya listrik yang digunakan di rumah tersebut adalah 1300. Hasil perhitungan dibulatkan agar penyebutannya menjadi lebih mudah. Namun, kondisi di setiap rumah yang tidak sama juga membutuhkan cara penghitungan tersendiri. Misalnya, apabila di rumahmu yang tertulis pada meteran adalah CL10, artinya arus yang digunakan adalah 10 Ampere. Jika yang tertulis adalah CL4, arusnya adalah 4 Ampere. Langkah untuk mengecek daya listriknya pun sama, tinggal dikalikan 220/230 V. Dengan metode tersebut, kamu bisa mengetahui besar daya listrik yang terdapat di rumah.

  1. Angka 6000 = menunjukkan rated breaking capacity MCB. Angka tersebut sekaligus menunjukkan bahwa kemampuan kerja MCB dapat dikatakan baik sampai arus maksimal 6000 A. Kasus ini seringkali terjadi ketika ada hubung singkat arus listrik. Jika angkanya di atas 6000, MCB akan mengalami kerusakan.
  2. Angka “3” = menunjukkan I2t classification. Angka tersebut menggambarkan karakteristik energi maksimal arus listrik yang bisa melalui MCB.
  3. Angka 1 dan 2 di sebelah kiri = Simbol fungsi MCB untuk proteksi beban penuh dan hubung singkat. Apabila kamu melihat dua simbol berdampingan, MCB-nya adalah 2 poles. Umumnya, di lingkungan perumahan digunakan tipe MCB 1 pole (hanya kabel phase saja yang diproteksi)

2. Mengecek Daya Listrik Melalui Website PLN

Kemudahan yang ditawarkan PLN berupa pengecekan daya listrik bisa kamu manfaatkan. Kunjungi laman https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html dan isikan data yang diperlukan. Pada bagian ‘identitas pelanggan’, kamu dapat menggunakan nomor meteran atau IDPEL (Id Pelanggan) sesuai listrik yang digunakan di rumah. Misalnya listrik meteran atau listrik token (pulsa). Setelah memasukkan nomor meteran atau IDPEL, klik ‘cari’. Tunggu website menampilkan data secara lengkap. Website PLN tidak hanya memberikan info daya listrik saja. Bahkan, riwayat pembelian token dan tarif listrik juga bisa diketahui.

3. Mengecek Daya Listrik Melalui Aplikasi Pengisi Listrik

shopee

Kamu bisa mengecek besar daya listrik dengan melakukan pembayaran listrik secara online. Saat ini sudah terdapat banyak aplikasi online untuk membantu pembayaran. Contoh aplikasi tersebut misalnya OVO, GoPay, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan aplikasi serupa. Bahkan, saat ini pembayaran listrik juga dapat dilakukan melalui internet banking dan SMS banking.

Cara mengetahui daya listrik melalui aplikasi bisa dilakukan dengan memasukkan kode pelanggan. Selanjutnya, kamu perlu memilih jenis tagihan listrik, misalnya melalui pulsa (prabayar) atau bill (pascabayar). Ikuti proses pada aplikasi tersebut sebelum melakukan pembayaran. Nantinya, aplikasi akan menampilkan sejumlah tagihan beserta rincian informasi daya listrik. Dari situlah kamu bisa mengetahui daya listrik meteran.

Fungsi Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Setelah mengetahui cara mengecek kapasitas daya meteran listrik di atas, apakah kamu sudah mempraktikkannya?. Manfaat menguntungkan bisa kamu dapatkan dengan mengetahui info kapasitas meteran, seperti:

1. Bisa Menentukan Penambahan Daya atau Tidak

Sebelum kamu mengetahui daya meteran listrik rumah, mungkin saja kamu bertanya-tanya ketika meteran listrik sering mati. Apalagi jika peralatan elektronik di rumah dinyalakan bersamaan. Setelah tahu cara mengecek daya listrik, kamu pun bisa menganalisis penyebab masalah yang terjadi. Jika daya listrik di rumah terlalu kecil, kamu bisa menambah daya dan menghubungi PLN. Hal sebaliknya juga bisa kamu lakukan apabila ingin mengurangi daya listrik di rumah.

2. Dapat Mengatur Penggunaan Alat Elektronik

Daya listrik yang besar kerap menjadi alasan penghuni rumah merasa bebas untuk menyalakan alat-alat elektronik. Bahkan, alat elektronik yang membutuhkan listrik berdaya besar tetap dibiarkan menyala meskipun tidak digunakan. Dengan mengetahui daya listrik di meteran, penggunaan alat elektronik bisa dikontrol. Misalnya, kamu tidak bisa menyalakan AC, oven, dan air dalam waktu bersamaan. Contoh lainnya adalah larangan untuk mengoperasikan listrik berdaya besar secara bersamaan.

3. Belajar Menghemat Listrik

Perbedaan daya listrik sangat berpengaruh pada biaya beban dasar yang harus dikeluarkan. Semakin tinggi daya listrik pada meteran rumah, semakin besar pula biaya tagihan yang perlu dibayar pemilik. Setelah kamu tahu kapasitas daya listrik di rumah, pastinya kamu tidak ingin biaya tagihan membengkak. Jadi, kamu bisa mulai menghemat listrik dengan cara mengurangi pemakaian alat elektronik yang tidak digunakan. Alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan alat-alat yang tidak membutuhkan listrik.

Demikian informasi mengenai berbagai macam cara mengetahui kapasitas daya kWh meter listrik rumah. Sebelum tenggang waktu pembayaran tiba, periksa kapasitas daya listrik agar kamu bisa memperkirakan besaran tagihan listrik. Dengan demikian, kamu tidak akan terkejut apabila mendapatkan tagihan pembayaran listrik.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: