Cara Menghitung Bunga Deposito Bank dan Contoh Kasus

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank dan Contoh Kasus  -Simpanan deposito adalah salah satu jenis investasi yang cukup populer sehingga bisa Anda pilih sekarang dan pelajari cara menghitung bunga deposito. Kemudian deposito merupakan salah satu produk yang ada di lembaga keuangan maupun perbankan yang umumnya memberikan penawaran untuk penyimpanan dana tanpa perlu mengambil untuk jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh bersama dengan pihak lembaga keuangan maupun perbankan. 

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank

unsplash.com

Nah, bisanya untuk imbalannya maka nasabah akan diberikan suku bunga yang jauh lebih tinggi dari suku bunga tabungan yang secara umum. Itulah sebabnya banyak sekali masyarakat khususnya nasabah yang lebih memilih untuk deposito. Apalagi tabungan dengan deposito berbeda sekali dimana sifat fleksibilitas untuk penarikan dananya berbeda. Kemudian Anda harus memahami bunga deposito supaya tahu keuntungan yang diperoleh. 

Panduan Menghitung Bunga Deposito Bank 

Nah, sebelum membicarakan mengenai cara menghitung bunga deposito namun perlu perhatikan dahulu kebijakan deposito sehingga nantinya akan jauh lebih paham mengenai cara perhitungannya. Secara umum untuk simpan dana di deposito minimal mulai dari 8 juta hingga 10 juta. Namun terkadang kebijakan dari bank berbeda-beda sehingga harus mengikuti aturan yang ada di setiap bank. 

Kemudian untuk setoran minimal dari sejumlah bank adalah mulai dari 1 juta dan untuk tenornya mulai dari 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan. Secara umum semakin lama jangka waktunya maka bunga yang akan didapatkan oleh nasabah akan jauh lebih tinggi . Secara umum cara perhitungan bunga deposito mulai dari dana lebih dari 7,5 juga dikenakan pajak pph sekitar 20% dan di bawah 7,5 juta tidak kena pajak. 

Oleh sebab itu, harus perhatikan aturan untuk investasi deposito di bank sehingga akan mendapatkan keuntungan yang besar. Selain itu, setiap bank dapat memiliki aturan yang berbeda mulai dari memberikan tenor dan juga jumlah simpanan dana kepada nasabah. Sehingga dengan mengetahui rumus menghitung bunga deposito sejak awal akan membuat nasabah paham dengan keuntungan yang akan diperoleh per bulan atau waktu harian. 

Contoh Cara Menghitung Bunga Deposito Bank 

Nah, untuk cara menghitung bunga deposito yang mudah misalnya ada contoh kasus Vina dan Veni merupakan saudara kembar yang mau membuka deposito. Kemudian nominal setoran deposito dari keduanya akan berbeda dimana Vina sebesar 5 juta sedangkan Veni 10 juta. Mereka berdua akan menyimpan dana deposito di salah satu bank dengan tenor 3 bulan. 

Selanjutnya bunga yang ditetapkan dari pihak bank adalah 7,5% namun belum genap 3 bulan mereka berdua memiliki niat mengalkulasi bunga yang akan didapatkan dari penyimpanan atau investasi mereka. Nah, perhitungan bunga deposit yang akan didapatkan oleh Vina dan Veni dapat menggunakan dengan rumus yang sederhana di bawah ini :

Bunga deposito yang dilakukan untuk simpanan di bank kurang dari 7,5 juta atau masa tenor dalam bulan, maka bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x tenor : 12.

 Bunga deposito yang dilakukan untuk simpanan di bank lebih dari sama dengan 7,5 juta atau masa tenor dalam bulan, maka bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x 80% x tenor : 12. 

  1. Nah, 80% yang ada di rumus perhitungan bunga deposito di atas khusus untuk bunga deposito dengan simpanan lebih dari 7,5 juta yang merupakan presentase keuntungan yang didapatkan dan sudah dikurangi dengan presentase pajak yang sebesar 20% sehingga akan mendapatkan presentase keuntungan sebesar 80% dan dimasukkan ke dalam rumus. 
  2. Namun cara menghitung bunga deposito yang khusus untuk tenor 12 bulan ialah 7,5% maka bunga deposito dengan jumlah dana simpanan yang lebih dari 7,5% dikurangi 20% dari 7,5 jadi jumlahnya adalah sebesar 1,5%. Jadi, bunga riil yang didapatkan dengan tenor 12 bulan dengan jumlah simpanan lebih dari 7,5 juga adalah 6%. 

Perhitungan Bunga Milik Vina Per Bulan 

  1. Rumus menghitung bunga deposito per bulan = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x tenor : 12. 
  2. Pendapatan dari bunga deposito untuk per bulan = Rp 5 juta x 7,5% x 3 x 12 = Rp. 93.750 

Perhitungan Bunga Milik Veni Per Bulan 

  1. Rumus menghitung bunga deposito per bulan = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x 80% x tenor : 12. 
  2. Pendapatan dari bunga deposito untuk per bulan = Rp 10 juta x 6% x 3 x 12 = Rp. 150.000 

Kemudian cara menghitung bunga deposito seperti ini juga bisa didapatkan dalam bentuk perhitungan per hari atau waktu harian. Nah, untuk rumusnya juga hampir sama dengan bunga deposito dengan tenor bulanan dan contoh perhitungannya adalah 

  1. Bunga deposito khusus untuk simpanan kurang dari 7,5 juta untuk masa tenor harian, maka bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x jumlah hari : 365
  2. Bunga deposito khusus untuk simpanan lebih dari 7,5 juta untuk masa tenor harian, maka bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x 80% x jumlah hari : 365

Nah, jadi contohnya Vina dan Veni ingin tahu bunga yang akan mereka peroleh untuk setiap harinya. Bisanya dengan asumsi 1 bulan sama dengan 30 hari dan 1 tahun itu sama dengan 365 hari, jadi kalkulasinya ada di bawah ini 

Perhitungan Bunga Deposito Milik Vina Waktu Harian

  1. Rumus menghitung bunga deposito per hari = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x jumlah hari : 365
  2. Jadi bunga deposito untuk simpanan kurang dari 7,5 juta per hari = Rp 5 juta x 7,5% x 90 : 365 = Rp. 92.465,75

Perhitungan Bunga Deposito Milik Vina Waktu Harian 

  1. Rumus menghitung bunga deposito per hari = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x 80% x jumlah hari : 365
  2. Jadi, bunga deposito untuk simpanan lebih dari 7,5 juta per hari = Rp 110 juta x 6% x 90 x 365 = Rp. 147.945,21

Nah, jadi seperti itulah beberapa penjelasan mengenai rumus menghitung bunga deposito dan juga contoh kasus yang bisa memperjelas cara menghitungnya. Dengan memahami cara perhitungan seperti ini khususnya untuk nasabah yang akan membuka deposito di suatu bank maka akan mengetahui berapa keuntungan bunga yang mereka dapatkan. 

Akan tetapi bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuka deposito harus cerdas juga dalam memilih bank. Nah, pastikan bank yang dipilih sudah terdaftar dan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sehingga investasi deposito akan aman. Selain itu, sekarang Anda sudah cukup paham cara menghitung bunga deposito dengan simpanan kurang dari 7,5 juta maupun lebih dari 7,5 juta secara lengkap.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah