9 Daftar Bank dengan Bunga Deposito Tertinggi 2021

Posted in: Informasi
Tagged: Bank Deposito

9 daftar bank dengan bunga deposito tertinggi 2021 – Nasabah yang menyimpan uang dalam bentuk deposito biasanya akan mempertimbangkan bunga terlebih dahulu. Sebab, semakin tinggi bunga yang diberikan, akan semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan nasabah.

Bank dengan Bunga Deposito Tinggi

pexels.com

Cara menyimpan uang di era modern sudah mengalami banyak perubahan. Dulu, orang-orang menaruh uang di bawah kasur atau di dalam celengan dan membiarkannya bertahun-tahun sebelum digunakan. Padahal, uang tersebut nilainya tidak bertambah, tetapi justru berkurang karena inflasi. Belum lagi masih ada risiko uang hilang dicuri dan dimakan rayap. Jika hal tersebut terjadi, pastinya kamu akan mengalami kerugian besar.

Saat ini cara penyimpanan uang sudah lebih canggih dan aman. Kamu bisa menaruh uangmu di bank dan mendapatkan bunga dari uang tersebut. Selain itu, uang tersebut bisa diambil sewaktu-waktu tanpa perlu takut mengalami kerusakan. Cara menyimpan uang di bank dapat pun sangat mudah. Terdapat alternatif menyimpan uang di tabungan yang bisa diambil kapan saja dan deposito yang dapat diambil dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan yang didapatkan dari menyimpan uang di deposito lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Sebelum memutuskan untuk menaruh uangmu di deposito, pahami terlebih dahulu bunga yang diberikan bank karena aturan pemberian bunga deposito setiap bank berbeda-beda.

Apa Itu Deposito?

pexels.com

Pahami definisi deposito dan tabungan agar tidak salah ketika kamu menyimpan uang. Meskipun keduanya sama-sama produk perbankan yang dapat dipilih nasabah, terdapat perbedaan antara deposito dan tabungan. Tabungan merupakan produk simpanan bank, sedangkan deposito adalah produk investasi. Terdapat deposito konvensional menggunakan akad wadiah (titipan) dan deposito syariah dengan skema mudharabah (bagi hasil).

Keuntungan memilih deposito dibandingkan tabungan adalah suku bunga yang lebih tinggi. Kisaran bunga deposito tidak sama setiap tahun dan dipengaruhi jenis bank. Namun, secara umum bunga dari deposito mencapai 5%, sedangkan bunga tabungan maksimal hanya 1%. Dengan fakta tersebut, deposito bisa menjadi instrumen investasi yang tepat, apalagi jika kamu memiliki uang yang tidak digunakan dalam waktu dekat dan ingin mendapatkan keuntungan besar.

Nasabah tidak akan menerima buku tabungan apabila mendaftarkan diri untuk melakukan deposito. Sebaliknya, nasabah akan mendapatkan bukti berupa bilyet deposito sebagai bukti kepemilikan dana. Saat ini sudah ada fasilitas deposito online yang akan memudahkan kamu melakukan proses deposito tanpa harus datang langsung ke bank. Tetap akan ada bilyet giro yang akan kamu terima, tetapi dalam bentuk digital melalui email. Tidak perlu khawatir dengan status keamanan uang karena dana yang kamu masukkan ke dalam deposito tersebut akan aman dan mendapatkan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Hal Penting Sebelum Melakukan Deposito

pexels.com

Ingin segera melakukan deposito di bank? Cari tahu dulu informasi bunga deposito hari ini atau informasi penunjang lainnya agar kamu tidak bingung.

1. Waktu Penyimpanan Uang

Perhatikan jangka waktu penyimpanan uang pada deposito. Sebab, proses pengambilan uang di deposito tidak semudah mengambil uang di tabungan dan tidak dapat dilakukan sewaktu-waktu. Nasabah harus menunggu waktu jatuh tempo tiba sesuai jangka waktu (tenor) pilihan, seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Apakah bisa mengambil uang di deposito sebelum jangka waktunya tiba? Ternyata tetap bisa. Namun, kamu perlu membayar biaya pinalti. Sebaiknya kamu tidak menyimpan uang yang akan segera digunakan pada deposito agar terhindar dari pinalti.

2. Modal Deposito

Berbeda dengan tabungan yang membutuhkan kisaran ratusan ribu untuk bisa membuka rekening, pada deposito dibutuhkan uang lebih banyak. Umumnya, modal uang yang diperlukan untuk membuka deposito berkisar antara 8 juta – 10 juta rupiah.

3. Bunga Deposito

Pertimbangan bunga deposito menjadi hal yang tidak kalah penting bagi nasabah bank. Semakin tinggi bunga deposito yang diberikan, semakin besar pula persentase keuntungan dari uang yang kamu masukkan deposito. Bunga deposito juga dipengaruhi jangka waktu penyimpanan. Apabila kamu menyimpan deposito dengan tenor 1 bulan, keuntungan yang kamu dapatkan akan lebih kecil dibandingkan menyimpannya dengan tenor 12 bulan.

Daftar Bank dan Bunga Deposito

pexels.com

Kini saatnya kamu mempertimbangkan bank yang akan dipilih untuk mendepositokan uang. Informasi berikut memuat nama bank beserta bunga deposito yang diberikan.

1. Bank Mandiri

Deposito Rupiah dengan Bunga Dibayar Bulanan dan Jatuh Tempo

Deposito Rupiah dengan Bunga Dibayar di Muka

Sumber: https://www.bankmandiri.co.id/web/guest/suku-bunga-dana#deposito

2.Bank HSBC Indonesia

Sumber: https://www.hsbc.co.id/

3.Bank Central Asia Tbk

Sumber: berlaku mulai 15 Maret 2021, https://www.bca.co.id/

4. Bank CIMB NIAGA

Deposito Konvensional Mata Uang Rupiah (minimal penempatan Rp 5 Juta, mulai berlaku 1 Mei 2021)

Deposito Syariah Mata Uang Rupiah, minimal penempatan Rp 5 Juta (minimal penempatan Rp 5 Juta, mulai berlaku 1 Mei 2021)

Sumber: https://www.cimbniaga.co.id/id/personal/tabungan/deposito-berjangka

5. Bank Danamon Indonesia

Sumber: https://www.danamon.co.id/

6.Bank DBS Indonesia

Sumber: https://www.dbs.id/

7. Bank Mega

Sumber: https://bankmega.com/

8. Bank Negara Indonesia 1946

Berlaku efektif tanggal 13 April 2021.
Sumber: https://www.bni.co.id/

9. Bank Tabungan Negara

Berlaku per 1 April 2021
Sumber: https://www.btn.co.id/

Demikian informasi 9 daftar bank dengan bunga deposito tertinggi 2021. Sudahkah kamu menentukan bank yang akan dipilih untuk mendepositokan uangmu? Pertimbangkan pula lama waktu penyimpanan dan kebutuhan yang perlu kamu penuhi dalam waktu dekat. Sebaiknya hindari mengambil uang tersebut sebelum batas waktunya tiba untuk menghindari kerugian. Jika mengalami masalah terkait deposito bank atau ingin bertanya cara menghitung bunga deposito, jangan malu mengubungi customer service bank. Manfaatkan pula fitur kalkulator bunga deposito agar perhitungan semakin akurat. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah