6 Jenis Investasi Terbaik yang Terbukti Menguntungkan

6 Jenis Investasi Terbaik yang Terbukti Menguntungkan — Saat ini investasi banyak dilakukan banyak orang bukan hanya sebagai salah satu upaya untuk mengamankan uang saja lho. Tetapi juga dapat menambahkan nilai mata uang tersebut di masa mendatang.

Walau pada dasarnya, jenis investasi terbagi menjadi dalam dua tujuan yakni investasi jangka panjang dan jangka pendek. Oleh karena itu, pada artikel ini Mamikos akan coba memberikan sebuah informasi menarik terkait jenis investasi terbaik yang terbukti menguntungkan dan bisa kamu pertimbangkan.

Jenis Investasi Terbaik

https://pixabay.com/

Apabila kamu penasaran terkait jenis investasi terbaik yang terbukti menguntungkan itu apa saja, maka jangan hentikan membaca artikel Mamikos ini. Sebab di dalamnya, ada banyak sekali informasi yang bisa kamu peroleh.

Diantaranya adalah investasi terbaik untuk pemula, investasi yang menguntungkan, investasi terbaik untuk masa depan, investasi reksadana, investasi yang menguntungkan di bank, investasi terbaik 2020, cara investasi di bank hingga investasi terbaik di dunia.

Kamu sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja sih jenis investasi terbaik yang terbukti menguntungkan tersebut? Nah, di bawah ini, sudah Mamikos cantumkan beberapa jenis investasi terbaik yang terbukti menguntungkan dan salah satunya bisa kamu pertimbangkan.

Apa Itu Investasi?

Sebelum kita berlanjut pada pengenalan jenis investasinya, sebaiknya kamu pahami dulu apa sih yang dimaksud dengan investasi tersebut. Investasi merupakan sebuah cara untuk mengakumulasi kekayaan dengan menempatkan uang pada instrumen keuangan yang dapat memberikan return atau imbal hasil tertentu.

Sebenarnya investasi itu sesederhana kamu tidak menghabiskan semua gaji bulanan untuk membeli barang – barang konsumsi. Namun menyisihkan sebagian gaji untuk kamu tempatkan di Reksadana atau Saham atau SUKUK.

Jadi kesimpulannya, apabila kamu ingin berinvestasi, maka kamu harus mulai mengendalikan keinginan belanja. Kunci keberhasilan investasi merupakan kesesuaian antara tujuan keuangan dan instrumen atau jenis investasi yang kamu pilih.

Memilih sebuah instrumen investasi tanpa tahu dulu dengan jelas untuk tujuan keuangan apa, bisa dianalogikan sama halnya dengan membeli bawang, tapi kamu tidak tahu yang diperlukan untuk membuat masakan tersebut harus bawang merah atau bawang putih.

Daftar Jenis Investasi Terbaik dan Terbukti Menguntungkan

Setelah kamu sudah memahami apa sih investasi tersebut? Maka kini saatnya untuk mengetahui lebih lanjut jenis investasi terbaik yang terbukti menguntungkan dan wajib untuk kamu ketahui. Daftar lengkapnya sudah Mamikos susun di bawah ini:

1. Jenis Investasi – Reksa Dana

https://pixabay.com/

Bisa dibilang bahwa Reksa Dana seolah menjadi jenis investasi terbaik yang saat ini menjadi instrumen paling populer di kalangan milenial. Sebab jenis investasi satu ini bisa dipilih sesuai dengan tujuan keuangan kamu masing-masing lho.

Kamu juga perlu tahu bahwa saat ini ada 4 jenis reksa dana yang bisa kamu pilih diantaranya adalah reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Untuk jenis investasi jangka panjang yang masih bisa dipertimbangkan ialah reksa dana saham.

Sama halnya dengan investasi saham biasa, namun yang membuat reksa dana berbeda ialah saat kamu berinvestasi nanti, kamu akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) untuk memilih produk saham terbaik.

Tentunya, hal ini jadi lebih mudah dilakukan. Apalagi untuk pemula yang masih buta terhadap seluk-beluk investasi saham, namun penasaran dengan benefit jika mengambil jenis investasi terbaik satu ini.

Sama dengan investasi saham lainnya, jenis investasi terbaik yang bersifat jangka panjang ini memiliki sifat high risk-high return. Maka, saran Mamikos, selalu bijak sebelum memulainya. Jangan sampai kamu berinvestasi tetapi mengambil uang dari pos-pos kebutuhan lain yang justru bisa mencelakakan diri sendiri.

2. Jenis Investasi – Emas

https://www.pexels.com/

Dari daftar jenis investasi terbaik berikutnya Mamikos merekomendasikan investasi emas. Investasi emas tergolong aman dan mendatangkan keuntungan yang banyak. Mengapa begitu? Sebab harga emas cenderung stabil dan bahkan setiap tahunnya mengalami kenaikan yang lumayan.

Investasi emas disini bisa berupa perhiasan ataupun emas batangan yang bisa disebut sebagai logam mulia. Akan tetapi kamu lebih disarankan untuk berinvestasi emas batangan sebab jumlah keuntungannya lebih besar apabila dibandingkan dengan emas yang sudah berbentuk perhiasan.

Cara melakukan investasi emas pun mudah. Kamu hanya perlu membuka tabungan emas yang ditawarkan oleh PT. Pegadaian, PT Aneka Tambang, ataupun toko emas yang terpercaya lainnya di kota kamu. Namun berinvestasi emas memang lebih aman jika melakukannya di tempat yang memang sudah terpercaya seperti Antam atau Pegadaian.

Kemudian yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah rutin membeli emas setiap bulannya agar nilai investasi semakin besar dan pengalokasian dana dapat dilakukan lebih maksimal. Untuk kamu yang Muslim, investasi emas merupakan salah satu jenis investasi syariah yang bisa kamu pilih dan lakukan.

3. Jenis Investasi – Properti

https://www.pexels.com/

Jenis investasi terbaik berikutnya yang Mamikos rekomendasikan ialah investasi properti. Ya investasi satu ini meliputi tanah maupun bangunan yang kini telah banyak dilakukan para investor. Instrumen atau jenis investasi satu ini sudah terbukti keuntungannya di masa depan. Mengapa? Sebab harga tanah yang selalu naik setiap tahunnya.

Mamikos beri contoh. Coba sekarang kamu perhatikan. Harga rumah di daerah kamu pasti mengalami peningkatan dibandingkan saat dibeli. Atau kamu juga bisa mengadakan riset kecil dengan iseng-iseng datang ke pameran perumahan properti dan perhatikan harga yang mereka tawarkan.

Jika ingin dicermati lebih dalam, maka nilai investasi properti mengalami peningkatan hingga 20% setiap tahunnya. Cukup besar dan menggiurkan. Hanya memang, banyak anak muda yang masih enggan melakukan investasi ini karena dinilai memiliki modal yang besar serta risikonya terlampau besar.

Harga sebuah properti bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah per unitnya, apalagi jika terletak di kawasan kota. Meski begitu tentu return yang nantinya diberikan juga akan sangat besar. Jadi kembali lagi pada kamu sebagai pribadi yang hendak mengambil investasi tersebut.

4. Jenis Investasi – Deposito

https://www.pexels.com/

Apabila kamu tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai investasi dan ogah pusing dengan banyak baca banyak riset dan mengandalkan pengetahuan dasar dalam berinvestasi, maka kamu bisa mencoba untuk mendepositokan uang yang kamu miliki pada bank yang sudah terpercaya dan menawarkan keuntungan.

Sebab jenis investasi terbaik ini juga memiliki risiko rendah sehingga cocok sekali untuk kamu yang merupakan pemain baru dalam dunia investasi. Setiap bank sudah menetapkan kebijakan tersendiri dalam hal deposito. Maka yang perlu kamu lakukan sekarang adalah mencari bank yang dapat memberikan bunga deposito besar.

Pada dasarnya, deposito terbagi menjadi beberapa bagian yang wajib kamu kenali yakni deposito berdasarkan lama penyimpanan. Ada yang satu tahun, tiga tahun, lima tahun, dan seterusnya, tergantung pada niat kamu menyimpan uang tersebut.

Jenis investasi terbaik satu ini menjamin pengembalian hasil yang jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan tabungannya. Dimana imbalannya yang kamu dapatkan per tahun bisa mencapai angka 7% sampai 8% lho. Namun tentu, tergantung pada jumlah uang yang didepositokan dan lama waktu penyimpananya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa ada jumlah minimal uang yang dapat bisa kamu taruh di deposito. Bunga deposito yang akan kamu dapatkan tergantung dengan setoran awal yang kamu lakukan dan lama waktu penyimpanannya.

Jadi, bisa dikatakan semakin banyak setoran awal dan semakin lama waktu penyimpananya, maka akan semakin banyak pula bunga deposito yang akan kamu terima nanti. Agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, maka carilah bank yang menawarkan imbalan hasil deposito dalam jumlah yang besar.

5. Jenis Investasi – Surat Berharga Negara

https://www.pexels.com/

Berikutnya jenis investasi yang akan Mamikos bahas adalah investasi Surat Berharga Negara. Beberapa tahun lalu, apabila kamu ingin melakukan investasi Surat Berharga Negara, maka kamu harus datang ke agen penjual dan melakukan pembayaran lewat bank. Namun, sekarang, kemajuan teknologi membuat investasi SBN sudah dapat dilakukan secara online.

Namun sebelum berlanjut, kamu perlu mengenali dulu apa yang dimaksud SBN Sukuk Syariah? Boleh dikatakan bahwa Surat Berharga Negara atau SBN sangat aman sebab diterbitkan Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah menerbitkan surat hutang yang kemudian disebut SBN, dan bisa dibeli masyarakat.

SBN cukup laris manis di investor asing sebab bunga yang ditawarkan sebesar > 6%, sangat menarik, dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Selanjutnya kamu perlu tahu dahulu apa saja sih jenis SBN yang bisa kamu beli dan ditawarkan tersebut?

Di bawah ini adalah beberapa jenis SBN yang ditawarkan diantaranya adalah:

  • Savings Bond Ritel (SBR) adalah Obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia dan merupakan alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.
  • Sukuk Tabungan adalah Surat Berharga Syariah Negara yang merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan ditujukan bagi investor individu Warga Negara Indonesia.
  • Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Surat Utang Negara yang dijual oleh Pemerintah kepada investor ritel di pasar perdana domestik yang merupakan individual WNI.

Minimum investasi bisa mulai dari Rp 1 juta rupiah dan jumlah tersebut terbilang cukup terjangkau untuk investor ritel. Ada dua cara agar kamu bisa mengambil keuntungan dari SBN yaitu:

  1. Pertama, kamu bisa memegang SBN sampai jatuh tempo. Sehingga kamu akan mendapatkan bunga SBN yang sudah ditetapkan sejak awal.
  2. Kedua, kamu bisa menjual SBN sebelum jatuh tempo ke pasar sekunder, yang akan dibeli oleh investor lain, dengan harga tertentu.

Apabila faktor keamanan menjadi pertimbangan utama kamu, maka membeli SBN bisa menjadi alternatif investasi yang menarik. Sebab tingkat bunga lebih tinggi dari deposito dan tabungan.

6. Jenis Investasi – Tabungan Berjangka

https://pixabay.com/

Apa sih yang dimaksud dengan tabungan berjangka? Lalu apa bedanya dengan tabungan biasa yang kita lakukan?

Tabungan berjangka masuk dalam jenis investasi terbaik yang akan Mamikos bahas selanjutnya. Tabungan berjangka adalah produk perbankan yang merupakan jenis tabungan dengan bunga diatas bunga tabungan biasa sehingga memberikan keuntungan lebih besar. Di salah satu bank, bunga tabungan berjangka bisa mencapai 4.25% setahun.

Perbedaan tabungan berjangka dengan tabungan biasa adalah dalam tabungan berjangka kamu harus mematuhi sebuah komitmen untuk tidak menarik uang di tabungan dalam periode tertentu. Jika menarik uang di tabungan berjangka sebelum masa kontrak selesai, maka kamu harus membayar denda penarikan ke bank tersebut

Kamu mungkin penasaran, apa sih keunggulannya Tabungan Berjangka ini? bisa dibilang tabungan berjangka memiliki nol risiko sebab merupakan produk perbankan sehingga tidak mungkin uang kamu di tabungan berjangka akan hilang. Makanya, tabungan berjangka sangat cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek.

Misalnya, uang muka anak masuk sekolah yang dibutuhkan dalam hitungan bulan. Dulu untuk membuka tabungan berjangka, kamu harus datang sendiri ke kantor cabang bank tujuan. Akan tetapi sekarang dengan kemajuan aplikasi mobile banking, maka kamu bisa membuka tabungan berjangka secara online di internet banking bank.

Dengan demikian usai sudah jenis investasi terbaik yang terbukti menguntungkan yang bisa Mamikos sampaikan. Semoga dengan apa yang sudah Mamikos sampaikan tadi kamu jadi dapat inspirasi baru dan pengetahuan baru.

Akses terus aplikasi cari kost Mamikos untuk mengetahui update hunian yang mungkin kamu butuhkan. Ada beberapa informasi menarik yang bisa kamu peroleh jika kamu mengikuti perkembangan di aplikasi cari hunian kost Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: