5 Tips Memilih Investasi Yang Aman Dan Tepat

 Posted on Rabu, Mei 22nd, 2019  Posted in Info Penting, Informasi  Mamikos

5 Tips Memilih Investasi Yang Aman Dan Tepat – Menurut Haming dan Basalamah pengertian investasi adalah pengeluaran pada masa sekarang untuk pembelian aktiva riil (properti, mobil, dan lainnya) atau juga aktiva keuangan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan.

Investasi sangat erat kaitannya dengan aktivitas penarikan sumber-sumber dana yang digunakan untuk pengadaan barang modal saat sekarang. Dengan barang modal tersebut diharapkan akan menghasilkan aliran produk baru di masa depan. Tak sembarang berinvestasi, dalam memilih jenisnya pun ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

5 Tips Memilih Investasi Yang Aman Dan Tepat Berikut Bisa Kamu Coba Mulai Dari Sekarang

1. Menentukan Tujuan Investasi

Pertama tetapkan alasanmu untuk melakukan investasi, apakah untuk keuntungan atau untuk mendapatkan pemasukan pasif. Dengan menentukan tujuan investasi, kamu akan bisa menentukan produk investasi apa yang cocok dan baiknya kamu pilih.

Bila kamu menginginkan investasi jangka pendek (1-2 tahun), jenis investasi yang tepat adalah investasi yang cukup stabil dan tidak terlalu fluktuatif. Namun, kalau kamu menginginkan investasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun), pilihan investasi seperti properti, saham, dan sejenisnya akan sangat cocok untuk kamu.

2. Punya Komitmen Yang Kuat

Kamu dituntut agar lebih disiplin dalam mengelola keuangan saat kamu memutuskan untuk berinvestasi. Selain itu, kamu juga harus memiliki komitmen yang kuat agar tidak menyentuh investasi yang kamu lakukan hingga jangka waktu yang telah ditentukan.

3. Mengetahui Risiko Investasi

Mengetahui risiko investasi penting untuk mengenali dan mempelajari profil risiko dalam berinvestasi nantinya. Misalnya, untuk investasi dengan risiko yang cukup tinggi agar mendapatkan keuntungan yang tinggi pula,itu berarti kamu menginginkan investasi yang tergolong agresif.

4. Mempertimbangkan Kemampuan Dalam Kelola Keuangan

Meskipun berbeda dari menabung, investasi juga diperlukan konsistensi seperti menabung pada umumnya. Walau bergaji pas-pasan, kamu harus rutin menyisihkan uang secara kontinu. Fokus pada investasi yang kamu jalankan dan kurangi keinginan-keinginan yang tidak terlalu penting yang dapat membuat kamu mengambil dana untuk investasi tersebut.

5. Jangan Hanya Investasi di Satu Instrumen

Tips berikutnya adalah jangan hanya berinvestasi di satu instrumen saja. Karena jika menempatkan semua dana di satu instrumen saja, kamu tidak akan memiliki cadangan bila investasi yang dilakukan mengalami kerugian.