4 Cara Mengubah File Word Ke PDF, Cepat Dan Tanpa Aplikasi

Posted in: Edukasi

4 Cara Mengubah File Word Ke PDF, Cepat Dan Tanpa Aplikasi -Di era yang sudah serba teknologi seperti saat ini tentunya apapun lebih mudah dilakukan menggunakan teknologi yang ada salah satunya dalam hal mengirimkan dokumen. Saat ini mengirimkan dokumen bisa dalam bentuk file yang dikirimkan melalui email dan lainnya.

Cara Mengubah File Word Ke PDF

unsplash.com

Agar pengiriman file menjadi lebih mudah terkadang cara mengubah Word ke PDF menjadi hal yang sangat kalian perlukan. Baik dokumen Word maupun PDF sejatinya merupakan dokumen yang paling banyak orang gunakan, alasannya tentu saja karena kedua dokumen ini lebih praktis dan mudah untuk digunakan.

Perbedaan File Word Dan PDF

Walaupun kedua jenis dokumen tersebut sangat populer namun keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Untuk Word sangatlah mudah untuk diubah isinya, sehingga ketika kalian perlu memodifikasi isinya maka akan sangat mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi hal tersebut berbeda dengan PDF yang lebih susah untuk dimodifikasi isinya. Namun keuntungan dari PDF ini sangat mudah untuk dibaca dan juga memungkinkan proteksi tambahan agar isinya tidak mudah untuk diubah oleh orang lain.

Cara Mengubah File Word Ke PDF

Jadi melihat kelebihan dari masing-masing dokumen tadi tidak mengherankan jika banyak orang yang membuat dokumen versi Word terlebih dahulu lalu mengubahnya menjadi PDF. Cara mengubah Word ke PDF tidaklah sulit sehingga siapa pun bahkan bagi orang awam sekalipun.

Untuk mengubah dokumen Word ke PDF bisa kalian lakukan baik secara offline maupun online. Untuk cara online bisa kalian lakukan dengan bantuan website. Sedangkan untuk cara offline kalian bisa juga menggunakan yang namanya Microsoft Word.

1. Menggunakan Microsoft Word

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa cara menggubah dokumen bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Menggunakan bantuan tersebut keuntungannya kalian tidak perlu menginstall beragam aplikasi tambahan di dalam laptop.

Caranya tentu sangat mudah kalian tuliskan saja dokumen seperti biasanya. Nantinya setelah penulisan dokumen selesai maka kalian bisa langsung untuk melakukan penyimpanan menggunakan format PDF. Akan tetapi perlu diperhatikan disini adalah, layanan tersebut hanya bisa dimanfaatkan oleh versi Microsoft Word 2007 ke atas.

Untuk lebih jelasnya maka kalian bisa menyimak informasi berikut ini. Langkah pertama kalian buka saja dokumen yang akan diubah jika sudah maka klik pada bagian tab file. Nantinya akan keluar beragam pilihan dan pilih save as.

Nantinya pada pilihan save as kalian harus memilih tempat penyimpanan PDF tersebut. Untuk penyimpanan PDF bisa kalian letakan di PC, OneDrive dan beragam folder lainnya sesuai keinginan tentunya.

Untuk selanjutnya klik bagian panah dropdown yang letaknya pada bagian kanan save as type dan pada menu dropdown kalian pilih saja PDF. Jika proses tersebut telah selesai maka langkah selanjutnya kalian klik save. Biasanya setelah melakukan penyimpanan tersebut maka akan dikembalikan pada tampilan word, namun PDF yang sudah kalian simpan akan terbuka otomatis nantinya.

2. Menggunakan Google Drive

Cara mengubah Word ke PDF melalui cara diatas memang sudah tergolong mudah untuk dilakukan. Walaupun mudah namun ada kekurangannya yaitu dari segi konversi file yang tidak bisa dilakukan sekaligus.

Jadi ketika menggunakan Microsoft Word kalian hanya bisa mengonversi satu file saja padahal terkadang kalian butuh melakukan konversi beberapa file sekaligus menjadi satu tujuannya agar file tersebut menjadi lebih mudah untuk dibaca.

Jika kalian menginginkan kelebihan dalam hal konversi maka jangan khawatir karena ada solusi lain yang tidak kalah mudahnya yaitu menggunakan Google Drive. Cara ini tergolong sangat mudah dan juga praktis digunakan, selama kalian memiliki sambungan internet maka proses tersebut bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun.

Caranya sangat mudah kalian hanya perlu masuk ke Google Drive dengan menggunakan akun Google yang kalian miliki, jadi pastikan sudah memiliki akun Google sebelum kalian memanfaatkan layanan tersebut. Jika sudah masuk kalian tinggal upload saja file yang akan diubah ke Google Drive.

Jika file tersebut sudah terunggah dengan sempurna maka kalian buka saja dengan double klik file tersebut. Kemudian klik open with dan untuk selanjutnya pilih saja Google Docs. Sehingga secara otomatis file tersebut akan terbuka pada tab baru di Google Docs pada bagian halaman editor.

Kemudian nantinya jika halaman dokumen tersebut sudah terbuka maka klik saja file kemudian download as dan langkah terakhir pilih PDF Document. Langkah terakhirnya kalian hanya perlu download dan juga simpan file tersebut pada folder yang diinginkan.

3. Menggunakan Situs Pdf2doc

Keuntungan dari cara mengubah Word ke PDF menggunakan cara online yaitu banyak sekali pilihannya. Jadi selain menggunakan Google Drive, maka kalian juga bisa menggunakan bantuan dari website lain seperti pdf2doc. Keuntungan menggunakan website ini adalah kalian bisa memanfaatkan jasanya secara gratis.

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu buka browser terlebih dahulu. Walaupun bisa menggunakan smartphone namun untuk kenyamanan yang ekstra sangat disarankan membukannya melalui PC ataupun laptop.

Jika kalian sudah masuk pada halaman situs tersebut maka pilih saja PDF to DOC ataupun PDF to DOCX. Selanjutnya upload file dengan cara mengklik tombol upload files dan keuntungan menggunakan website ini adalah kalian bisa langsung melakukan banyak upload file untuk nantinya dilakukan convert sekaligus.

Ketika sudah melakukan convert maka kalian tunggu prosesnya untuk beberapa saat hingga seluruh prosesnya selesai. Jika sudah selesai maka kalian hanya perlu melakukan download file, jika kalian melakukan convert banyak file maka klik download all. Bagaimana cara mengubah Word ke PDF yang sangat mudah untuk dilakukan bukan.

4. Menggunakan Situs Ilovepdf

Tidak hanya menggunakan pdf2doc saja melainkan kalian juga bisa memanfaatkan situs lainnya seperti ilovepdf. Hampir sama dengan situs yang sudah disebutkan diatas bahwa bisa melakukan konversi banyak file sekaligus maka situs yang satu ini juga bisa melakukannya. Tidak hanya menggubah Word ke PDF namun kalian juga bisa melakukan sebaliknya, sangat praktis bukan.

Langkah paling awal tentu saja buka browser dan masuk ke situs tersebut. Jika kalian akan mengubah Word ke PDF maka pilih opsi tersebut pada menu yang ada. Jika suah maka akan keluar tampilan yang mengharuskan kalian mengupload file Word.

Kalian bisa bebas memilih berapa banyak file yang akan kalian upload dan jika pemilihan sudah selesai maka klik open. Untuk langkah selanjutnya yaitu lakukan konversi dan tunggulah selama beberapa menit hingga semua file terkonversi secara sempurna.

Jika proses tersebut sudah selesai untuk dilakukan maka akan secara otomatis muncul tulisan yang menandakan proses tersebut selesai dan kalian unduh filenya. Jadi cara mengubah Word ke PDF yang sangat mudah untuk dilakukan bukan.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kalian ketahui untuk mengubah file dari bentuk Word ke PDF baik melalui cara offline ataupun online yang memiliki banyak pilihan situs. Semua cara tersebut sama mudahnya dan bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan saja mau menggunakan cara yang mana.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah