Cara Negosiasi Gaji Yang Benar Dan Sopan

 Posted on Senin, September 16th, 2019  Posted in Tips Loker  karin

Cara Negosiasi Gaji Yang Benar Dan Sopan – Selain pertanyaan seputar diri dan alasan melamar pekerjaan, salah satu yang juga mau tak mau ikut dibahas saat interview kerja tentunya adalah negosiasi gaji. Bukan sembarang negosiasi, bila tidak dilakukan dengan benar dan sopan, alih-alih diterima, kamu malah kehilangan kesempatan emas karena pewawancara sudah lebih dulu membuat penilaian yang buruk terhadapmu. Lantas bagaimana caranya melakukan negosiasi gaji yang benar dan sopan itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

Cara Negosiasi Gaji Yang Benar Dan Sopan, Job Seeker Wajib Pelajari

Cara Negosiasi Gaji Yang Benar Dan Sopan

Bukan sembarangan, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk bernegosiasi gaji dengan benar dan sopan:

1. Pertama-tama yang perlu diperhatikan oleh kandidar, agar supaya gaji yang diberikan adil, tentu sebelumnya kandidat harus tahu upah layak untuk posisi yang tengah dilamar. Caranya, coba lakukan riset untuk mencari tahu gaji rata-rata untuk posisi yang diincar. Riset itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan jejaring pertemanan dan mencari tahu di internet.

2. Langkah kedu, jika kandidat sudah tahu kisaran gaji di posisi yang tengah diincar, pikirkan kemampuan yang bisa kandidat tawarkan kepada perusahaan agar memperoleh nilai yang lebih tinggi. Tentu kemampuan kandidat harus lebih dari orang lain.

3. Namun, jika mereka tak setuju angka yang kandidat sodorkan, mintalah waktu untuk berpikir beberapa hari. Setelah itu, bisa kembali menawar alternatif lain, seperti tambahan tunjangan atau pelatihan pengembangan diri. Hal itu penting untuk meningkatkan nilai tawar selanjutnya.

4. Jika perusahaan itu menolak angka yang ditawarkan, biasanya mereka akan mengganti dengan keuntungan lain, misalnya memberikan liburan gratis, upah tambahan saat perjalanan dinas, jumlah hari cuti, plafon kesehatan pekerja dan keluarga, insentif, bonus, hingga beasiswa prestasi bagi anak pekerja.

5. Tentu saja rembukan soal gaji kepada perusahaan pun harus dilakukan di waktu yang tepat dengan melihat kondisi keuangan perusahaan.