Cara Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Online Terbaru 2020

 Lailla | Rab, 20 Mei 2020

Cara Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Online Terbaru 2020 – Perubahan terkait Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat wajib untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah diumumkan. UTBK sangat identik dengan SBMPTN karena saling berkaitan meskipun keduanya tidak sama.

Cara Mendaftar UTBK dan SBMPTN Online Terbaru 2020

pixabay.com

Sangat penting bagi pendaftar yang berniat untuk meneruskan studi di Perguruan Tinggi mengetahui jalur masuk yang dipilih. Karena adanya Pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), beberapa perubahan terkait UTBK dilakukan. Secara tidak langsung, perubahan tersebut juga berpengaruh pada pelaksanaan SBMPTN. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi cara pendaftaran online terbaru untuk UTBK dan SBMPTN 2020 agar kamu dapat bersiap diri.

Informasi Seputar UTBK dan SBMPTN 2020

Jalur masuk Perguruan Tinggi memang sangat beragam, salah satunya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain itu, masih ada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang pelaksanaannya dilakukan sebelum SBMPTN 2020. Apabila tidak diterima melalui jalur SNMPTN, seseorang baru bisa mendaftar jalur SBMPTN.

Masih banyak yang bertanya perbedaan UTBK dan SBMPTN. Sebenarnya kedua istilah tersebut tidak sama, tapi saling berkaitan. UTBK adalah ujian yang harus dijalani sebelum bisa mendaftar SBMPTN. Tanpa adanya hasil UTBK, kamu tidak dapat meneruskan studi dari jalur SBMPTN sekalipun sangat berprestasi.

Ujian Tulis Berbasis Komputer memiliki beberapa ketentuan, seperti adanya batas tahun ijazah dan pemilihan program studi. Pendaftar UTBK pun dapat memilih lokasi tes dan waktu tes pada sesi yang ditawarkan. Meskipun demikian, pastikan bahwa kamu sudah benar-benar siap ketika menjalani UTBK karena setiap orang hanya dapat mengikuti UTBK sekali saja. Pahami pula bahwa setiap Perguruan Tinggi menerapkan aturan berbeda terkait jalur SBMPTN. Terdapat Perguruan Tinggi yang menyaring mahasiswa hanya dengan hasil UTBK saja, tetapi ada pula yang mewajibkan nilai dari portofolio.

Tidak ada jaminan bahwa yang mendaftar SBMPTN akan langsung diterima, apalagi persaingan SBMPTN 2020 sangat ketat. Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi, kamu dapat mencari tahu informasi jalur mandiri berbagai macam universitas di Indonesia tahun 2020. Adanya jalur mandiri memungkinkanmu untuk diterima di Perguruan Tinggi tujuan.

Jadwal UTBK dan SBMPTN Terbaru 2020

Perubahan jadwal UTBK dan SBMPTN sudah dilakukan sehubungan dengan adanya Pandemi Covid – 19. Berikut ini adalah jadwal terbaru UTBK serta SBMPTN tahun 2020 beserta hal penting yang harus dilakukan.

No Kegiatan Waktu Pendaftaran Hal yang Perlu Dilakukan
1 Daftar akun LTMPT SBMPTN 2020 17 Februari – 05 April 2020 Mendaftar di laman https://portal.ltmpt.ac.id/ menggunakan NISN, NPSN, tanggal lahir. Tidak perlu mendaftar apabila sudah pernah mendaftar ketika SNMPTN 2020.
2 Pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020 02 Juni – 20 Juni 2020 Melakukan pembayaran ujian UTBK 2020, memilih PTN tujuan SBMPTN, dan mencetak kartu ujian SBMPTN.
3 Pelaksanaan UTBK 05 – 12 Juli 2020 Mengikuti ujian sesuai sesi yang dipilih (hari biasa 4 sesi, hari Jumat 2 sesi).
4 Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN 25 Juli 2020 Persiapan dokumen daftar ulang.

Cara Mendaftar UTBK – SBMPTN Online Terbaru 2020

Cara daftar UTBK 2020 tidaklah sulit. Kamu dapat melakukannya dari rumah secara online meskipun ketika membayar harus melalui bank. Karena semua proses pendaftaran UTBK dilakukan menggunakan internet, pastikan bahwa sinyal dan kuota internet yang kamu memiliki memang sudah mencukupi. Selain itu, kamu juga perlu mengecek kembali setiap tahapan agar semua syarat benar-benar terpenuhi.

Jika ada syarat yang terlewatkan, kemungkinan proses pendaftaran tidak berhasil dan kamu harus mengulang prosesnya kembali. Bahkan, bisa saja berakibat pada kegagalan untuk mengikuti UTBK dan SBMPTN 2020. Berikut ini adalah urutan dan cara mendaftar UTBK secara online tahun 2020.

Cara Mendaftar UTBK – SBMPTN Online Kelompok Berbayar

Pendaftar pada kelompok berbayar adalah pendaftar reguler. Selain itu, pendaftar juga termasuk pada kategori yang memilih skema KIP Kuliah (namun tetap membayar biaya UTBK). Sebelum mendaftar UTBK – SBMPTN 2020, pendaftar harus mempunyai akun LTMPT untuk siswa, dibuktikan dengan registrasi akun di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Waktu pendaftaran akun LTMPT tahap I berlangsung 2 Desember 2019 – 10 Januari 2020), sedangkan pendaftaran akun LTMPT tahap II pada 17 Februari – 5 April 2020. Pendaftar juga sudah menyimpan data secara permanen.

1. Tahap 1: Pendaftar membuka website https://portal.ltmpt.ac.id agar dapat melakukan login siswa (menggunakan akun LTMPT yang sudah didaftarkan).

2. Tahap 2: Pendaftar mengeklik menu ‘Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A’.

3. Tahap 3: Pendaftar memilih lokasi untuk mengikuti tes UTBK. Pelaksanaan tes UTBK dilakukan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, sehingga pendaftar dapat memilih lokasi terdekat dari domisili.

4. Tahap 4: Pendaftar melengkapi data yang diperlukan, seperti data tentang kebutuhan khusus individu.

5. Tahap 5: Pendaftar dengan alur KIP Kuliah Berbayar dapat melanjutkan tahapan:
– Memastikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum ada, lakukan pendaftaran KIP Kuliah dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id karena nomor KIP wajib dimiliki oleh calon mahasiswa.
– Pendaftar mengisi data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi yang belum melakukan pengisian).

6. Tahap 6: Pendaftar mencetak slip pembayaran (digunakan untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN di bank yang ditunjuk).

7. Tahap 7: Pendaftar melakukan pembayaran biaya UTBK-SBMPTN (batas waktu maksimal 2 x 24 jam) melalui salah satu bank yang ditunjuk (Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN). Gunakan nomor pada slip pembayaran ketika melakukan pembayaran di bank. Usahakan tidak melewati batas waktu yang ditetapkan agar tidak perlu mengulang proses input data.

8. Tahap 8: Apabila sudah menyelesaikan pembayaran, pendaftar login kembali di website https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT.

9. Tahap 9: Pendaftar melengkapi jenis jurusan SMTA.

10. Tahap 10: Pendaftar memilih paling banyak dua program studi atau dua jurusan. Pemilihan program studi dapat dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Contoh: PTN A/PTN B atau PTN A dan PTN B, tetapi harus dari satu jenis PTN (non-politeknik atau politeknik saja).

11. Tahap 11: Pendaftar melengkapi portofolio (untuk program studi yang mewajibkannya) dengan struktur atau format yang sudah ditetapkan. Kriteria portofolio untuk program studi atau jurusan kampus bisa berbeda.

12. Tahap 12: Pendaftar mengonfirmasi data pendaftaran yang sudah diisikan setelah mengecek kembali.

13. Tahap 13: Pendaftar menyimpan data pendaftaran secara permanen. Data yang sudah disimpan permanen tidak dapat diubah kembali, sehingga pastikan kamu sudah melakukan pengecekan ulang.

14. Tahap 14: Pendaftar mencetak bukti peserta tes UTBK-SBMPTN dan membawanya saat pelaksanaan UTBK.

Cara Mendaftar UTBK – SBMPTN Online Kelompok Tidak Berbayar

Pendaftar UTBK – SBMPTN online kelompok tidak berbayar adalah pendaftar yang memilih KIP Kuliah dengan status yang sudah ditetapkan Kemdikbud. Pendaftar kelompok tidak berbayar tidak membayar biaya UTBK. Sebelum mendaftar UTBK – SBMPTN 2020, pendaftar wajib memiliki akun LTMPT untuk siswa, dibuktikan dengan registrasi akun di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Waktu pendaftaran akun LTMPT tahap I berlangsung 2 Desember 2019 – 10 Januari 2020), sedangkan pendaftaran akun LTMPT tahap II pada 17 Februari – 5 April 2020. Data yang sudah diisikan juga sudah disimpan secara permanen.

1. Tahap 1: Pendaftar membuka website https://portal.ltmpt.ac.id agar dapat melakukan login siswa (menggunakan akun LTMPT yang sudah didaftarkan).

2. Tahap 2: Pendaftar mengeklik menu ‘Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B’

3. Tahap 3: Pendaftar memilih lokasi untuk mengikuti tes UTBK. Pelaksanaan tes UTBK dilakukan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, sehingga pendaftar dapat memilih lokasi terdekat dari domisili.

4. Tahap 4: Pendaftar melengkapi data yang diperlukan, seperti data tentang kebutuhan khusus individu.

5. Tahap 5: Pendaftar dengan alur KIP Kuliah Gratis dapat melanjutkan tahapan
– Memastikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum ada, lakukan pendaftaran KIP Kuliah dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id karena nomor KIP wajib dimiliki oleh calon mahasiswa.
– Pendaftar mengisi data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi yang belum melakukan pengisian).

6. Tahap 6: Pendaftar melengkapi jenis jurusan SMTA

7. Tahap 7: Pendaftar memilih paling banyak dua program studi atau dua jurusan. Pemilihan program studi dapat dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Contoh: PTN A/PTN B atau PTN A dan PTN B, tetapi harus dari satu jenis PTN (non-politeknik atau politeknik saja).

8. Tahap 8: Pendaftar melengkapi portofolio (untuk program studi yang mewajibkannya) dengan struktur atau format yang sudah ditetapkan. Kriteria portofolio untuk program studi atau jurusan kampus bisa berbeda.

9. Tahap 9: Pendaftar mengonfirmasi data pendaftaran yang sudah diisikan setelah mengecek kembali.

10. Tahap 10: Pendaftar menyimpan data pendaftaran secara permanen. Data yang sudah disimpan permanen tidak dapat diubah kembali, sehingga pastikan kamu sudah melakukan pengecekan ulang.

11. Tahap 11: Pendaftar mencetak bukti peserta tes UTBK-SBMPTN dan membawanya saat pelaksanaan UTBK.

Cara Update Informasi UTBK – SBMPTN Online 2020

Perubahan atau pembaruan informasi yang berkaitan dengan UTBK serta SBMPTN online 2020 bisa kamu ikuti secara real time. Pelaksanaan UTBK berada di bawah penyelenggara resmi tes di Indonesia, yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Jadi, kamu bisa melihat informasi di laman LTMPT. Berikut ini adalah tautan yang dapat kamu tuju untuk melihat perkembangan informasi terkait UTBK maupun SBMPTN 2020.

1. Website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT): https://ltmpt.ac.id/
2. Twitter Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT): https://twitter.com/ltmptofficial
3. Email Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT): sekretariat@ltmpt.ac.id
4. Telepon Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT): 0804 1 450 450

Dengan adanya alamat situs resmi dan sosial media LTMPT, segala pertanyaan dan kendala yang kamu hadapi dapat langsung ditanyakan.

Persiapan Setelah UTBK – SBMPTN 2020

Sudah memahami seluk beluk pendaftaran UTBK dan SBMPTN online tahun 2020?. Maksimalkan waktu yang kamu miliki saat ini untuk belajar materi ujian UTBK. Tanpa persiapan yang baik, kamu akan mengalami kesulitan ketika hari pelaksanaan ujian. Selain itu, kamu harus siap fisik dan materi agar peluang diterima di Perguruan Tinggi melalui jalur SBMPTN semakin besar.

Pertanyaan Seputar UTBK SBMPTN 2020

 

Setelah pengumuman SBMPTN tanggal 25 Juli 2020 resmi dirilis, saatnya menentukan rencana studi kedepan. Apabila kamu adalah calon mahasiswa rantau dengan tempat tinggal asal jauh dari kampus, tidak ada salahnya mencari kost untuk menghemat biaya transportasi. Gunakanlah aplikasi pencari kost terbaik Mamikos dengan mengunduhnya di Playstore pada ponsel android kesayanganmu.

Adanya pilihan berbagai macam kost, mulai dari kost harian hingga kost tahunan bisa kamu peroleh tanpa harus survey secara langsung. Pencarian kost kini semakin mudah, praktis, dan cepat dengan Mamikos. Bahkan, kamu bisa melakukan booking kamar kost langsung saat dinyatakan diterima melalui jalur SBMPTN.