Contoh Body Email & Subjek Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar, Biar Dibalas HRD

Contoh Body Email & Subjek Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar, Biar Dibalas HRD – Melamar pekerjaan kini sudah lewat media digital, mulai dari dari iklan lowongan pekerjaan hingga mengirimkan surat dan berkas lamaran kepada perusahaan perekrut. Akan tetapi, banyak orang mengalami suatu kesulitan ketika akan mengirimkan lamaran melalui email dengan bahasa Inggris. Nah, kali ini Mamikos akan memberikan info terkait body email dan subjek lamaran dalam bahasa Inggris dengan benar.

Menyusun Body Email & Subjek Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar

unsplash.com

Hal tersebut menjadi kendala ketika perusahaan yang akan kamu lamar menggunakan bahasa Inggris dan kamu ingin menunjukan kemampuan kamu berbahasa Inggris. Pembuatan body email lamaran kerja, pastinya akan menambah nilai plus untuk kamu agar HRD semakini tertarik melihat berkasmu. Untuk kamu yang ingin melamar kerja, selain mempersiapkan resume, CV (curriculum vitae) dan portofolio dengan baik. 

Terdapat satu lagi yang harus kamu persiapkan yaitu body email lamaran kerja atau cover letter, yang isinya kurang lebih sama dengan resume. Body email adalah hal pertama yang dilihat oleh HRD sebelum membuka file lampiran di emailmu. Subjek pada email juga hal yang tidak boleh kamu sepelekan. Penulisan subjek email untuk lamaran kerja harus jelas dan singkat agar HRD tertarik membuka lamaran kamu. 

Keterangan Bagian-bagian Email 

Sebelum kamu mulai membuat email lamaran pekerjaan, sebaiknya ketahui dulu bagian-bagian email pada Gmail agar kamu mengetahui keseluruhan kegunaanya. 

  1. Kepada: berfungsi untuk memasukkan alamat email tujuan atau bisa disebut email perusahaan atau perusahaan penyalur kerja tersebut.
  2. CC/BCC: berfungsi untuk menambahkan penerima email atau bisa memasukkan banyak penerima email tersebut meski dengan isi email yang sama.
  3. Subjek/Judul: berfungsi untuk memberikan pernyataan singkat akan tujuan dikirimnya email tersebut.
  4. Badan email atau body email: berfungsi sebagai bagian paling penting dimana kamu bisa menjelaskan maksud pengiriman email secara rinci. Disini kamu bisa menuliskan kemampuan, pengalaman, dan motivasi kamu melamar pekerjaan itu. 
  5. Lampiran atau Attachment berfungsi untuk melampirkan atau memasukkan file berkas yang dipersyaratkan seperti CV, resume, ijazah, dan lain-lain.

Etika Penulisan Email Lamaran Kerja

Penulisan Subjek Email yang Jelas

Biasanya, tim HRD akan langsung menyaring setiap email lamaran yang masuk dan mengarahkannya ke dalam satu kategori yang tepat. Oleh karena itu, untuk penulisan subjek email sebaiknya harus dibuat jelas dan tepat agar email kamu terlihat berbeda dimata HRD. Contohnya seperti‘Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Copywriter’ atau ‘Application for Copywriter’. Agar email lamaran kerja kamu dipilih lebih cepat, tulislah subjek email yang jelas.

Gunakan Nama Alamat Email yang Formal

Penggunaan nama alamat email saat melamar kerja harus diperhatikan. Alamat email untuk melamar pekerjaan hendaknya  menggunakan nama alamat yang normal atau resmi. Tentu saja nama alamat email yang terkesan alay dan aneh sangat tidak disarankan. Nama alamat email yang aneh seperti ‘sihijaucamelion@gmail.com’ atau ‘3m1lyLuCu@gmail.com’ akan membuat HRD mengira email yang kamu kirim sebagai bentuk tipuan dan tidak serius. Parahnya, email kamu akan dihapus atau diarahkan sebagai spam.

Maka dari itu, sebaiknya nama alamat email untuk melamar kerja ganti dengan yang formal dan menggunakan nama kamu seperti ‘reymondmurph@gmail.com’ atau ‘emmawatson90@yahoo.com’. Hindari menggunakan nama konyol, mengganti angka pada huruf, dan terkesan alay. Pada dasarnya melamar pekerjaan itu hal yang formal dan sopan karena mencerminkan kepribadian si pelamar.

Gunakan Sapaan dan Nama Jabatan yang Tepat

Layaknya format surat pada umumnya, sapaaan formal dan posisi untuk siapa surat ditujukan harus jelas. Dengan menulis sapaan dan nama jabatan dengan benar, HRD akan menganggap kamu sebagai orang yang niat dan serius dalam mencari pekerjaan. Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan Dear Madam, Dear Miss, Dear Mrs. Atau kamu bisa langsung menggunakan nama jika mengetahui nama orang yang ditujukan seperti Dear Mr. Stephen atau Dear Mrs. Moore.

Gunakan Bahasa Formal

Perkenalkan diri dengan bahasa formal. Jika menggunakan bahasa Inggris, jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa atau grammar yang kamu gunakan dengan baik. Terutama ketika akan memperkenalkan diri kamu. Hal penting lain adalah menggunakan gaya bahasa yang formal seperti “Let me introduce myself”. HRD lebih menghargai perkenalan yang simpel dan singkat tapi berisi informasi yang lengkap dan jelas. Karena fokus utama mereka ada CV dan portofolio kamu. Jangan lupa gunakan kata “Thank you” di akhir body email. 

Menulis Apa Adanya

Kamu bisa mengisi bagian ini dengan posisi apa yang ingin kamu lamar, biasanya juga sedikit mengenai keahlian kamu dan darimana kamu mendapatkan lowongan pekerjaan ini. Jika kamu mengetahuinya dari platform atau dari teman makan katakan lah demikian.

Pada bagian ini kamu juga bisa menjelaskan alasan kenapa kamu tertarik melamar untuk posisi ini atau kenapa kamu tertarik melamar ke perusahaan tersebut.

Sesuaikan Dengan Kemampuan, Jenis Pekerjaan dan Perusahaan

Tulis email lamaran pekerjaan yang sesuai kebutuhan, jika tidak terlalu baik dalam berbahasa asing jangan dipaksakan dan gunakan saja bahasa Indonesia, walaupun kamu melamar kerja diperusahaan asing. Asalkan posisi yang kamu lamar memang sesuai dan tidak ada tuntutan berbahasa asing yang baik dan format serta isi cover letter rapih maka kesempatan kamu dilirik HRD bisa juga sama besarnya dengan yang menulis cover letter dengan bahasa asing.

Contoh Body Email & Subjek Lamaran Kerja Bahasa Inggris Simple

Subject: Application Job for Freelance Admin

Dear Mrs. Medley,

I saw your posting on openjobvacancy.co and am interested in applying for the temporary admin assistant position. As per instructions, attached is my CV and cover letter for your consideration.
Thank you,

Jazon Deed

Contoh Body Email & Subjek Lamaran Kerja Bahasa Inggris dengan Pengalaman

Subject: Application Job for Admin Assistant

Dear HRD of Buryoung Medical Company,

I saw your posting on the Fancy Newspaper and am interested in applying for the admin assistant position. Attached is my CV. As you can see, I am a recent university graduate with experience in office administration.
I can type with high accuracy at 80 WPM, am proficient in 10-key typing, and enjoy customer contact both via phone and in person. Though I’d be new to work in the medical profession area, I would work diligently to make sure that I learned what I needed to as efficiently as possible.
Recently, I worked as a receptionist and admin assistant for SK Company in London but was, unfortunately, let go due to the business experiencing financial hardship. Since then I have been working to make the move to support myself as a freelance copywriter, but I miss having a regular daily occupation.
I hope you will consider me for an interview soon.
Please feel free to contact me at camiliabells@gmail.com or my mobile phone number 01234567. Thank you for your time and consideration,
Sincerely,

Camilia Bells

Contoh Body Email & Subjek Lamaran Kerja Bahasa Inggris Freshgraduate

Subject: Application Job for Social Media Specialist

Dear HRD of Good Hosting,
 
Let me introduce myself, my name is Ariana Scott. Following the information on getyourcareer.com who was in need of social media specialist in Paris Fashion Company. I hereby express my interest to fill this position.
During my studies at the University of Mediterania, I was a member of the University Student Council for publications and published several articles on social media. In addition, I have an interest in the world of writing and the creative process in it. Therefore, I am very interested in the position of social media specialist at Paris Fashion Company.
Actually, I am also interested in fashion. I learned a lot about what fashion is and how to be a good designer. I believe I can grow with Paris Fashion Company through my skill if I can become a social media specialist.
Herewith I attach my CV and portfolio of works that can be taken into consideration for the next selection stage. I am very open if there are things you want to ask regarding this application. Thank you.
Sincerely,

Ariana Scott

Nah, itu dia tadi contoh badan email bahasa Inggris untuk melamar kerja yang benar agar HRD tertarik. Contoh-contoh di atas bisa kamu gunakan sebagai referensi kepentingan melamar kerjaan. Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk bisa diterima kerja saat sudah menemukan pekerjaan yang dirasa pas. Selamat berjuang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah