10 Contoh Hard Skill Dan Soft Skill Dalam CV

 karin | Rab, 25 Sep 2019

10 Contoh Hard Skill Dan Soft Skill Dalam CV – Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara. Dalam CV biasanya ada dua skill yang dicantumkan, yakni hard skill dan soft skill.

10 Contoh Hard Skill Dan Soft Skill Dalam CV Berikut Bisa Jadi Referensi

1. Contoh Hard Skill Dalam CV

Hard skill adalah keahlian utama yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Biasanya, perusahaan mencantumkan persyaratan hard skill pada iklan lowongan kerja. Dengan memiliki hard skill yang sesuai permintaan perusahaan, maka kamu bisa mengerjakan tugas di kantor dengan baik. Kamu pun mendapat keahlian utama melalui pendidikan formal dan berbagai program pelatihan, misalnya, universitas, kursus singkat, program sertifikasi, termasuk pelatihan dari kantor itu sendiri.

Hard skill bisa dipelajari, dievaluasi, dan diukur. Pada saat proses perekrutan dan wawancara kerja, perusahaan akan membandingkan hard skill satu kandidat dengan calon pegawai lainnya. Di beberapa industri, bahkan perusahaan melakukan tes hard skill untuk megetahui apakah pelamar kerja benar-benar punya keahlian seperti yang ditulis di resume.

Contoh hard skill:

  1. Kemampuan berbahasa asing
  2. Pengetahuan umum
  3. Matematika
  4. Penulisan
  5. Analisis data

2. Contoh Soft Skill Dalam CV

Soft skill adalah atribut dan ciri kepribadian seseorang yang memengaruhi hubungan interpersonal di tempat kerja. Di dunia kerja, soft skill juga sama pentingnya dengan hard skill. Beberapa jenis soft skill yaitu karakteristikk seperti kepemimpinan, empati komunikasi, hingga etika.

Perusahaan tidak selalu mencantumkan soft skill di iklan lowongan kerja, kecuali untuk pekerjaan tertentu. Misalnya, untuk pekerjaan terkait hubungan masyarakat, perusahaan akan menuliskan syarat: bisa berkomunikasi dengan baik. Untuk mencari tahu lebih jauh tentang soft skill yang dibutukan perusahaan, calon pegawai bisa melakukan penelitian kecil-kecilan misalnya dengan menyelami situs web perusahaan atau bertanya dengan pegawai yang sudah bekerja.

Contoh soft skill:

  1. Kemampuan kerja sama yang baik
  2. Persuasif
  3. Antusiasme
  4. Kesadaran dirinya
  5. Dedikasi atau loyalitas

Biasanya, perekrut harus memeriksa ratusan CV dan surat lamaran kerja. Agar lebih mudah dan tidak memakan waktu, sebaiknya informasi mengenai skill, yakni hard skill dan soft skill, diletakkan pada bagian awal paragraf CV. Cara ini akan mempercepat keputusan perekrut untuk mengundang pelamar kerja atau tidak di sesi wawancara.

Klik dan dapatkan lowongan kerja idamanmu: