Soft Skill Dan Hard Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan 2020

 karin | Sel, 12 Nov 2019

Soft Skill Dan Hard Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan 2020 – Kamu semua mungkin telah tahu, bila memperkuat soft skill dan hard skill adalah salah satu investasi pendidikan terbaik yang dapat dilakukan dalam karier karena kemampuan ini tidak pernah ketinggalan zaman. Lantas, soft skill dan hard skill apa saja yang dibutuhkan di 2020 nanti? Berikut daftarnya:

Soft Skill Dan Hard Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan 2020

Soft Skill Paling Dibutuhkan 2020

1. Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik tubuh atau menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, dan mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

2. Kerjasama Tim

Kerja sama tim (teamwork) adalah suatu kemampuan dari sekelompok individu untuk dapat bekerja sama menuju ke visi yang sama. Suatu kemampuan untuk mengarahkan keberhasilan setiap individu menuju pada tujuan-tujuan organisasi.

3. Adaptasi

Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan), mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas. Nah, dalam lingkungan pekerjaan, maksud dari adaptasi adalah kamu mampu bertahan di segala tekanan yang ada di perusahaan tersebut.

4. Resolusi Konflik

Dalam berbagai situasi yang meliputi lebih dari satu orang, konflik berpotensi untuk muncul, itulah sebabnya perlu adanya resolusi konflik. Penyebab konflik terjadi beragam, mulai dari perbedaan filosofi dan tujuan sampai dengan ketidakseimbangan kekuatan. Dalam menyelesaikan konflik, banyak cara yang bisa ditempuh, mulai dari negosiasi, arbitrasi, mediasi dan litigasi.

5. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah kemampuan dan keterampilan seseorang ketika menjabat sebagai pimpinan dalam suatu organisasi untuk mempengaruhi perilaku orang lain, khususnya bawahannya agar berpikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga dapat memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.

Hard Skill Paling Dibutuhkan 2020

1. Komputasi awan (cloud computing)

Cloud computing mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti penggunaan email dan juga media sosial. Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer–komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

2. Kecerdasan buatan (artificial intelligance)

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial, atau Artificial Intelligence, atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel.

Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.

3. Analisa sebab-akibat (analytical reasoning)

Analisis Sebab Akibat biasanya digunakan untuk mencari tahu mengapa sesuatu menjadi salah. Produkmu gagal, klienmu frustrasi, dan kamu kehilangan uang. Tapi mengapa? Dengan menganalisis proses produksi, kamu mungkin dapat menemukan permasalahan untuk disalahkan. Setelah kamu menentukan di mana permasalahannya berada, kamu dapat menyelesaikannya dan membentuk kebijakan untuk memastikan permasalahan yang sama tidak muncul kembali.

4. Manajemen sumberdaya manusia (people management)

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

5. UX Design

User Experience (UX) User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: