Habis Dipecat dari Pekerjaan? Tidak Perlu Galau, Lakukan Hal Ini

 Posted on Rabu, Oktober 9th, 2019  Posted in Tips Loker  Lailla

Habis Dipecat dari Pekerjaan? Tidak Perlu Galau, Lakukan Hal Ini – Kerja yang maksimal dan hubungan yang baik dengan rekan sekantor bukanlah jaminan bahwa posisimu akan tetap dipertahankan pada sebuah perusahaan. Tantangan di dunia kerja yang semakin rumit, ditambah permasalahan perusahaan yang terkadang tidak mengerti menjadi alasan bagi perusahaan untuk mengurangi jumlah karyawannya. Kamu merasa dunia runtuh setelah diminta untuk berhenti dari pekerjaan idaman? Tenang, jika habis dipecat dari pekerjaan? Tidak perlu galau, lakukan hal ini:

Habis Dipecat dari Pekerjaan? Tidak Perlu Galau, Lakukan Hal Ini

1. Menanamkan Pikiran Positif Bahwa Dipecat Bukan Akhir Dunia


Menerima kenyataan dipecat bukanlah hal mudah, apalagi bagi kamu yang dipecat bukan karena melakukan kesalahan. Apabila karyawan tidak melakukan kesalahan memalukan, biasanya perusahaan akan menawarkan dipecat atau mengundurkan diri, sehingga lebih terhormat. Namun, jika karyawan membuat kesalahan yang tidak bisa dimaafkan atau mencoreng nama perusahaan, tentu pemecatan tidak dapat terelakkan lagi.

Kata kata dipecat dari pekerjaan terdengar seram, bahkan tidak semua karyawan bisa menerimanya. Bahkan, ada yang sampai mengeluarkan doa agar tidak dipecat dari pekerjaan. Tapi, jika perusahaan sudah memutuskan untuk memecat karyawannya, yang pertama kali harus dilakukan adalah mencari hikmah dipecat. Ada banyak kata bijak setelah dipecat yang dapat menjadi motivasi untuk tidak menyerah seperti

“Kesempatan seringkali tersamarkan sebagai suatu kerja keras dimana banyak orang tidak menyadarinya” (Ann Landers)

Kerja selalu dipecat tentu menjadi ujian berat bagi karyawan yang hanya bekerja di tempat tersebut. Namun, adanya kutipan dari Ann Landers bisa menjadi inspirasi bahwa ada banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan. Barangkali apa yang harus dilakukan saat dipecat adalah mencari inspirasi agar hidup tidak semakin terpuruk.

2. Belajar dari Tokoh yang Pernah Dipecat, Namun Bisa Sukses

Pemecatan bukanlah hal yang baru lagi dalam dunia kerja. Tokoh-tokoh besar yang menguasai bisnis dunia pun ada yang melalui fase hidup dipecat. Tapi, hal tersebut bukanlah penghalang untuk terus berinovasi, sehingga mereka tetap bisa sukses, bahkan tidak hanya menjadi seorang karyawan di perusahaan lain, tetapi justru menjadi pemilik perusahaan.

Siapa saja tokoh sukses atau orang-orang kaya yang pernah dipecat?

Walt Disney adalah orang yang dipecat karena dianggap kurang memiliki imajinasi bagi sebuah perusahaan, bahkan dinilai tidak memiliki ide bagus. Setelah Walt Disney dipecat, dia bisa sukses dan memproduksi kartun populer.

Oprah Winfrey yang sangat terkenal dulunya adalah pembaca berita. Namun, karena ia tidak bisa membaca berita secara objektif dan mudah terbawa suasana, akhirnya Oprah dipindahtugaskan menjadi pembawa acara televisi yang biasa. Hasilnya? Ia menjadi pembawa acara reality show dengan pembicara tingkat dunia.

Yakinlah bahwa pemecatan bukan akhir dari segalanya. Dengan dipecat, kamu bisa mendapatkan kesempatan agar lebih sukses.

3. Mencari Peluang Pekerjaan Baru


Manfaatkan sosial media sebaik mungkin untuk menggali informasi tentang lowongan pekerjaan. Hal tersebut sangat penting bagi kamu yang mengandalkan seluruh pemasukan dari pekerjaan lama. Usahakan untuk mencari pekerjaan dengan bidang seperti pekerjaan terdahulu agar kamu bisa menjadikan pengalaman kerja sebagai nilai lebih. Apabila ingin melamar pekerjaan yang berbeda, lakukanlah survey kecil-kecilan tentang pertanyaan interview, kemudian sesuaikan dengan pengalaman yang kamu miliki.

Peluang kerja kantoran adalah pilihan terbaik bagi kamu yang tidak suka bekerja di luar ruangan. Tapi, sebaiknya kamu tidak asal-asalan memilih kerja kantoran, apalagi jika jenjang karier yang ditawarkan kurang menarik. Pertimbangan lapangan kerja yang memberikan berbagai macam tunjangan, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, biaya makan, serta biaya transportasi juga perlu diprioritas. Siapkanlah lamaran terbaik dan tunjukkan bahwa kamu memiliki kapasitas mumpuni pada pekerjaan baru yang dilamar.

4. Menjalin Silaturahmi dengan Teman-Teman Lama


Selama bekerja, mungkin kamu tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengobrol atau sekadar bertegur sapa dengan teman-teman lama. Jika sudah dipecat, kini saatnya kamu menjalin kembali silaturahmi yang sempat terputus. Kamu bisa memulai dengan bercerita tentang keadaanmu dan mencurahkan emosi. Mintalah temanmu untuk menceritakan pengalaman kerjanya agar kamu bisa belajar dari orang lain.

Apabila kamu tertarik mendengar cerita kerja yang disampaikan teman, cobalah untuk menggali lebih dalam informasi tersebut. Tidak ada salahnya pula untuk mencari tahu peluang kerja di kantor temanmu hingga meminta bantuannya.

5. Pergi Liburan


Setelah dipecat, manfaatkan waktu untuk diri sendiri yang sudah bekerja keras. Kamu bisa mencari jeda dengan mengambil liburan ke luar kota, hingga ke luar negeri menggunakan tiket promo. Apabila ada teman yang bisa diajak ikut serta, kamu bisa merencanakan liburan bersama. Namun, jika kamu lebih nyaman pergi sendiri, persiapkan liburanmu dengan baik.

Akomodasi seperti penginapan adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Lokasi yang baru dan waktu kunjungan terbatas menjadi salah satu alasan bagi kamu untuk mencari tahu informasi hunian secara online. Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos atau aplikasi pencari apartemen Mamikos sesuai kebutuhanmu. Melalui filter Mamikos, kamu bisa mendapatkan hunian dengan jangka waktu sewa harian, hingga tahunan, sehingga pengeluaran liburan tidak membengkak. Pastikan pula hunian yang kamu tempati memberikan kemudahan akses ke tempat-tempat wisata.

6. Meneruskan Pendidikan Lebih Tinggi


Pengalaman kerja yang kamu dapatkan setelah lulus sekolah atau lulus kuliah bisa menjadi bekal sebelum memutuskan untuk meneruskan studi. Tentu akan jauh berbeda antara orang yang meneruskan studi setelah tahu kondisi lapangan dan orang yang masih belajar tentang teori. Ambillah pelajaran dari tempat kerja yang lama, kemudian jadikan hal tersebut sebagai masalah yang akan kamu cari solusinya ketika menjalani perkuliahan.

Akses pendidikan yang lebih tinggi sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk memberimu pengetahuan dan sudut pandang baru. Setelah lulus dan mendapatkan gelar, kamu bisa melamar pekerjaan dengan tingkat yang lebih tinggi. Tentunya gaji yang akan kamu dapatkan pun bisa lebih banyak dibandingkan pekerjaan sebelumnya yang menggunakan ijazah lama. Selain itu, pengetahuan yang kamu peroleh juga dapat diterapkan untuk menjalin kepercayaan dari orang-orang sebelum membuka lapangan kerja baru.

7. Menjalankan Bisnis


Modal uang dari tempat kerja lama dapat kamu sisihkan untuk membangun bisnis baru. Jika sebelum dipecat kamu memiliki banyak relasi, kamu bisa mengontak mereka untuk diajak membangun bisnis. Sudah banyak contoh wirausaha yang bisa sukses meskipun pada awalnya harus dipecat dari tempat kerja lama. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan jenis usaha yang akan dibangun dengan kemampuan dan kondisi keuangan.

8. Gunakan Dana Darurat untuk Bertahan Hidup

Habis dipecat dari pekerjaan, tidak perlu galau lakukan hal ini, seperti menggunakan dana simpanan. Bagi sebagian orang, memiliki dana darurat adalah hal yang wajib. Dana tersebut bisa berasal dari gaji bulanan yang disisihkan atau pemasukan lainnya. Ketika kamu dipecat, secara otomatis pendapatan tetapmu akan berkurang. Sambil melakukan adaptasi selagi mencari pekerjaan baru, kamu bisa menggunakan dana darurat. Mengingat dana darurat sangat penting dan bisa digunakan di saat yang tidak terduga, ada baiknya jika kamu mengembalikan dana yang terpakai setelah mendapatkan pekerjaan baru.

9. Memberitahu Keluarga dan Rekan-Rekan

Dipecat bukanlah sebuah aib atau kesalahan yang memalukan. Ketika beradaptasi dengan berita pemecatan, kamu dapat merahasiakannya terlebih dahulu sambil mencari peluang kerja baru atau menentukan langkah selanjutnya. Jika sudah siap, ceritakan hal tersebut pada keluarga dan rekan terdekat. Bercerita akan meringankan bebanmu. Bukan tidak mungkin pula kamu akan dibantu dicarikan pekerjaan atau dipinjami uang untuk membangun usaha baru.

Demikian referensi hal yang dapat dilakukan setelah dipecat dari pekerjaan. Selalu ingat bahwa dipecat bukan akhir dari dunia. Carilah peluang pekerjaan lain di aplikasi terbaik Mamikos yang bisa diunduh gratis melalui ponsel kesayanganmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat tempat kerja idamanmu: