Contoh Invoice Tagihan, Pembayaran, Penjualan (Lengkap)

Posted in: Contoh Surat

Contoh Invoice Tagihan, Pembayaran, Penjualan (Lengkap) – Orang-orang yang bekerja di dunia bisnis pasti cukup akrab dengan invoice. Kamu sendiri tahu atau tidak, apa itu invoice? Invoice disebut juga fraktur. Invoice adalah dokumen yang berisi pernyataan tagihan yang dibuat oleh penjual untuk dan diberikan kepada pembeli.  Invoice berisi daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan catatan nama penjual, nama pembeli, jumlah barang, dan harga yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Contoh Invoice Lengkap

pixabay.com

Invoice merupakan bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. Biasanya invoice dibuat dalam tiga rangkap, satu lembar diberikan kepada pembeli, satu lembar lagi disimpan sebagai arsip penjualan, dan lembar terakhir untuk laporan bagian keuangan. 

Invoice tidak hanya bermanfaat bagi penjual saja, loh. Sebagai pembeli, kamu juga harus menyimpan invoice dengan baik. Seperti yang disebutkan diatas bahwa invoice adalah pernyataan tagihan atas transaksi yang belum selesai dilunasi. Oleh sebab itu, untuk menghindari kesalahan, kamu harus menyimpan invoice sampai seluruh barang kamu terima sesuai dengan pesanan dan selesai melunasi transaksi tersebut. 

Di bawah ini Mamikos akan menjelaskan lebih banyak tentang fungsi invoice, komponen penting invoice, dan contoh invoice yang biasa digunakan toko/perusahaan. 

Fungsi Invoice 

  1. Sebagai informasi tagihan yang harus dibayar pembeli.
  2. Kumpulan data mengenai barang/jasa yang dibeli.
  3. Menjadi rujukan yang sah jika barang/jas akan dijual kembali.
  4. Sebagai acuan untuk membuat pembukuan transaksi keuangan.
  5. Digunakan sebagai rujukan yang resmi sebagai faktur pajak.
  6. Sebagai bukti apabila terjadi kesalahan transaksi pengiriman atau perhitungan total.

Komponen Invoice

Invoice memiliki beberapa komponen yang harus ada di dalamnya, sebagai berikut:

  1. Keterangan penjual
    Keterangan penjual harus diletakkan pada bagian paling atas invoice. Keterangan penjual yang biasa ditampilkan adalah nama toko/perusahaan, logo toko/perusahaan, alamat, nomor telepon, alamat email, dan website. 
  2. Keterangan Pembelian
    Sama dengan keterangan penjual, keterang Pembeli beru nama lengkap pembeli, alamat, nomor, telepon dan alamat email. Data pembeli harus jelas dan tepat agar tidak salah melakukan penagihan. 
  3. Nomor dan Tanggal Pemesanan
    Nomor invoice, tanggal pemesanan, tanggal jatuh tempo adalah informasi yang biasa disertakan setelah data penjual dan pembeli, sebelum masuk pada isi invoice. Data-data ini sesuai dengan data penjualan toko/perusahaan terutama nomor invoice.
  4. Isi Invoice
    Isi invoice adalah informasi yang paling penting. Bagian ini berisi nama produk, deskripsi produk, jumlah produk, harga satuan, harga total, diskon jika ada, Pph, Ppn, dan total harga keseluruhan. 
  5. Keterangan Tambahan
    Di bagian bawah setelah isi invoice, biasanya penjual menambahkan keterangan seperti informasi surat jalan yang menyertai, cara transfer, nomor rekening, serta syarat dan ketentuan lainnya. 
  6. Tanda Tangan Penjual dan Pembeli
    Bagian paling akhir invoice biasanya disertakan tanda tangan penjual dan pembeli sebagai bukti kesepakatan transaksi dan menyatakan pihak-pihak yang bertanggung jawab. 

Jenis-Jenis Invoice

  1. Invoice Biasa
    Invoice biasa digunakan untuk transaksi sederhana dan jenis yang paling sering digunakan. Invoice ini berisi keterangan penjuall, keteranan pembeli, rincian produk, jumlah, harga per produk, dan harga total. 
  2. Invoice Proforma
    Invoice Proforma bersifat sementara atau berfungsi sebagai invoice pengganti. Hal tersebut dikarenakan barang pesanan pelanggan dikirim secara bertahap. Jadi, invoice proforma digunakan sebagai tanda bukti pembayaran yang dilakukan oleh pembeli sampai barang dikirim seluruhnya. Setelah semua barang sampai ditangan pembeli, invoice akan diganti menjadi invoice biasa. 
  3. Invoice Konsuler
    Invoice Konsuler adalah jenis invoice yang bersifat khusus. Invoice ini lebih sering digunakan oleh pedagang internasional atau ekspor impor. Invoice Konsuler dinyatakan sah menjadi tanda bukti setelah disetujui oleh perwakilan negara, baik atase perdagangan, kantor konsulat, atau kedutaan besar negara pengimpor yang berada di negara pengekspor. 

Contoh- Contoh Invoice

1. Contoh Invoice Tagihan

Invoice tagihan biasanya dikirim oleh penjual ketika pembeli tidak membayar utangnya sesuai waktu yang telah disepakati. Kemudian, penjual akan mengirim invoice tagihan ke alamat pembeli. Invoice yang dikirim berisi tanggal jatuh tempo baru untuk melunasi transaksi yang belum diselesaikan. Invoice ini dilengkapi dengan nama perusahaan, nama pelanggan atau pembeli, tanggal penagihan, deskripsi dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan, serta rekening tujuan untuk melakukan pembayaran. 

2. Contoh Invoice Toko Online (Email)

Saat ini kegiatan berbelanja lebih mudah dilakukan secara online. Pemesan barang di toko online juga membutuhkan invoice layaknya toko pada umumnya. Invoice dari toko online biasanya dikirim melalui alamat email. Tampilan invoice ini lebih sederhana, tapi tetap menyertakan keterangan barang yang dipesan, harga, alamat pemesan hingga jasa pengiriman secara lengkap.

3. Invoice Travel

Agen perjalanan atau travel agent adalah penyedia layanan perjalanan lengkap dengan akomodasinya. Travel agent biasanya juga memberi layanan pemesan tiket seperti, tiket pesawat, kereta, dan bus. Invoice travel berisi nomor invoice atau kode booking, waktu pembayaran, data pesanan, data pemesanan, dan data pembayaran. Hal tersebut sekaligus berguna bagi pemesan untuk memeriksa kembali tiket pesanan sebelum melakukan pembayaran. 

4. Contoh Invoice Pembayaran

Invoice pembayaran diberikan kepada pembeli setelah memesan atau membeli barang/jasa. Invoice ini berisi nomor invoice atau nomor pemesanan, tanggal pemesanan, detail barang/jasa yang di pesan, harga barang, dan tidak lupa data pembeli. Tidak jarang, toko langsung menyertakan cara pembayaran melalui rekening yang telah dipilih oleh pembeli. 

5. Contoh Invoice Jasa Desain

Jasa desain biasanya menerima pembayaran di awal secara lunas atau dengan uang muka sebagai kesepakatan. Namun, ada juga jasa desain yang menerima pembayaran di akhir setelah desain dikerjakan dan direvisi. Harga akan disepakati terlebih dahulu dan setelah desain selesai, jasa desain akan mengirimkan invoice. Invoice berisi nomor invoice, data pemesan, deskripsi desain yang dibuat, dan harga desain. 

6. Contoh  Invoice Rental Mobil

Sama dengan invoice lainnya, invoice rental mobil juga berisi nomor invoice, nama pelanggan, data mobil yang disewakan, lama waktu menyewa, dan jaminan. Jaminan harus disertakan pada invoice agar penjual dan pembeli sama-sama tahu barang yang dijaminkan. Invoice ini bersifat sementara apabila penyewa tidak membayar sewa secara langsung. 

7 Invoice Down Payment (DP)

Pemesanan barang dalam jumlah yang banyak dan besar, biasanya pembeli tidak langsung membayar secara lunas hingga barang diterima seluruhnya. Penjual dan pembeli sepakat untuk melakukan pembayaran dimuka sebagai kesepakatan transaksi. Pembayaran Down Payment (DP) atau uang muka juga membutuhkan invoice sebagai bukti pembayaran. 

8. Contoh Invoice Penjualan

Invoice penjual berisi keterangan pembeli, detail barang/jasa, harga barang/jasa, tanggal PO, dan tanggal jatuh tempo, Perusahaan atau toko biasanya menyertakan nomor rekening agar pembeli dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah.

Itulah penjelasan tentang fungsi invoice, komponen penting invoice, dan contoh invoice yang biasa digunakan toko/perusahaan. Invoice ini sangat penting bagi kamu yang memiliki badan usaha, terutama UMKM yang saat ini mulai berkembang. Selain berguna sebagai bukti transaksi, invoice juga berguna untuk pembukuan keuangan di toko/perusahaanmu agar pengeluaran dan pemasukan tercatat dengan baik. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah