20 Contoh Judul Proposal Penelitian Berbagai Topik

20 Contoh Judul Proposal Penelitian Berbagai Topik – Proposal penelitian merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang berisikan rancangan mengusulkan suatu kegiatan yang akan dilakukan.

Proposal penelitian juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis, tergantung berdasarkan isinya. Buat kamu yang baru ingin membuat proposal penelitian, informasi terkait contoh judul proposal penelitian berbagai topik di bawah ini mungkin cukup berguna sebagai referensi.

Berikut Info Lengkap Contoh Judul Proposal Penelitian 

unsplash.com

Membuat proposal penelitian tentunya bukanlah perkara yang mudah layaknya membuat karya tulis biasa. Umumnya proposal penelitian cukup erat kaitannya dengan mahasiswa.

Mengingat pada tahapan skripsi, mahasiswa diwajibkan mengajukan proposal penelitian terlebih dahulu.

Ada begitu banyak tahapan yang harus dilalui untuk bisa membuat suatu proposal penelitian. Dari sekian banyaknya tahapan, tahapan tersulit dalam membuat proposal penelitian adalah menentukan judul proposal penelitian itu sendiri.

Bahkan terkadang banyak pula yang merasa memakan waktu yang cukup lama karena tidak menyakini judul yang dipilih sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai si penyusun.

Apa Itu Proposal Penelitian?

Proposal penelitian merupakan suatu pedoman yang berisikan langkah-langkah serta kegiatan yang akan diikuti oleh seorang peneliti ketika ingin melakukan suatu penelitian.

Umumnya, proposal penelitan dibuat oleh para mahasiswa tingkat akhir hingga para peneliti professional agar penelitiannya dapat didanai oleh pihak terkait. Proposal penelitian sendiri berisikan masalah atau pertanyaan utama yang ingin diteliti.

Di dalam suatu proposal penelitian juga wajib untuk menunjukkan orisinalitas penelitian yang diusulkan.

Jika berbicara soal tujuan, biasanya proposal penelitian dibuat untuk mendapatkan persetujuan dari dosen atau instansi terkait agar bisa melaksanakan penelitian.

Tak hanya itu saja, proposal penelitian nyatanya juga berfungsi sebagai alat guna mendapatkan dana sponsor ketika ingin melakukan riset. Hal ini diupayakan agar proposal penelitian terkait dapat memenuhi kebutuhan yang menunjang penelitian.

Jenis-jenis Proposal Penelitian

Jika dilihat berdasarkan isinya, proposal penelitian terbagi menjadi empat jenis yakni:

1. Proposal penelitian kualitatif

Jenis proposal ini merupakan proposal penelitian yang fokus pada perilaku manusia (pemahaman humanistik) yang bersifat dinamis dan kontekstual. Umumnya, penelitian kualitatif digunakan guna memahami sikap, perilaku, pengalaman, keyakinan, dan interaksi manusia dengan menggunakan pendekatan individual dengan data non-numerik.

2. Proposal penelitian kuantitatif

Jenis proposal ini berisikan penelitian yang bersifat dapat dihitung secara pasti. Penelitian kuantitatif menuntut penggunaan banyak angka, dimulai dari pengumpulan data hingga penampilan hasilnya. Untuk di kesimpulannya tersendiri, penelitan kuantitatif akan disertai dengan banyaknya pemaparan berupa tabel, grafik dan gambar. 

3. Proposal penelitian kajian

Jenis proposal ini adalah penelitian yang bertujuan mengjaki atau menelaah buku artikel ilmiah serta data relevan pendukung lainnya yang berkaitan dengan judul.

Umumnya, penelitian jenis ini berisikan langkah-langkah konseptual pemecahan suatu masalah penelitian tanpa adanya praktikum. Untuk data dan analisisnya sendiri akan diambil berdasarkan kajian sumber-sumber pustaka.

4. Proposal penelitian pengembangan

Jenis proposal yang satu ini merupakan proposal yang berisikan pengembangan suatu ilmu pengetahuan. Penelitian ini dijalankan dengan cara mengembangkan penelitian sebelumnya yang sudah ada.

Di dalam penelitian pemgembangan, data yang didapatkan langsung dari kajian pustaka dan sebagian besarnya lagi dari praktikum atau pengambilan data secara langsung.

Langkah-langkah Membuat Proposal Penelitian

Buat kamu yang masih bingung dalam membuat proposal penelitian, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Ketika ingin menulis proposal penelitian, hal pertama yang wajib kamu pikirkan adalah mencari judul penelitian. Kamu bisa membuat judul penelitian dari potensi ilmiah yang kemudian bisa kamu kembangkan dalam judul yang ringkas dan jelas.
  • Selanjutnya, buatlah latar belakang masalah dengan rinci. Jangan lupa tuliskan alasan kamu memilih judul tersebut dan bagaimana penelitian tersebut dapat bermanfaat serta diterapkan di bagian latar belakang.
  • Setelah itu, mulailah untuk menulis rancangan langkah-langkah penelitian. Mulai dari cara mengumpulkan data, banyaknya data dan variasi, perkiraan kegagalan, hipotesis penelitian, hingga kebutuhan penelitian.
  • Jangan lupa untuk menuliskan abstrak yang singkat dan jelas, di mana di dalam abstrak tersebut memuat semua aspek penelitian dalam proposal.

Contoh Judul Proposal Penelitian

Seperti yang kita ketahui, judul penelitian menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah penelitian.

Buat kamu yang masih bingung dalam memilih judul proposal penelitian, mungkin deretan contoh judul proposal penelitian di bawah ini bisa menjadi referensi kamu.

Judul Proposal Skripsi Sosial

  1. Deskripsi Tingkat Solidaritas Masyarakat Ditinjau Dari Kegiatan Warga”
  2. “Daya Lentur (Resilience) Anak Asuh di Panti Sosial Asuhan Anak Yogyakarta”
  3. “Eksistensi Kampung Wisata Batik Laweyan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Laweyan Surakarta”
  4. “Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Penderita Kusta di Poliklinik Kulit Rumah Sakit Indera Propinsi Bali Tahun 2013”
  5. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kepekaan Sosial Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga”

Judul Proposal Skripsi Pendidikan

  1. “Pengaruh Penggunaan Telepon Genggam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Jombor 01 Bendosari Sukoharjo”
  2. “Pengaruh Pendekatan Problem Solving Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin”
  3. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Offline Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Di SMA N 5 Banjarmasin”
  4. “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmiu Pendidikan Kekhususan Pendidikan Agama Katolik”
  5. “Pengaruh Pembelajaran Konseptual Terhadap Prestasi Belajar Geografi pada Pokok Bahasan “Iklim”pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 2 Ngawi Tahun Ajaran 2011/2012”

Judul Proposal Skripsi Akuntansi

  1. “Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah dan Temuan Audit BPK Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun Anggaran 2018”
  2. “Pengaruh Audit Internal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Studi Kasus Pada PT Hero Supermarket, TBK”
  3. “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”
  4. “Pengarus Restitusi Pajak Pertambahan Nilai Wajib Pajak Badan Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya di Kota Makassar”
  5. “Analisis Laporan Keuangan Pada PT. Bank Syariah Mega Indonesia”

Judul Proposal Skripsi Hukum

  1. “Analisis Program Regenerasi Personil Satbrimobda Jawa Barat”
  2. “Motivasi Wirausaha Mahasiswa Administrasi Pendidikan Universitas Padang”
  3. “Penerapan Pasal 288 Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Mengulangi Pelanggaran Lalu Lintas di Kota Tangerang”
  4. “Analisis Yuridis Keamanan Penumpang Pesawat Udara Pada Penerbangan Domestik Studi Penelitian di Bandar Udara Internasional Hang Nadim”
  5. “Analisis Hukum Penerbitan Saham Tanpa Nilai Nominal Oleh Emiten Dalam Kaitannya Dengan UU No. 40/2007 Tentang Perseroan Terbatas”

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait contoh judul proposal penelitian berbagai topik.

Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi kamu dalam menentukan judul proposal penelitian kamu ya! Jika masih ada informasi yang ingin kamu cari khususnya terkait kost-kostan dekat kampus kamu, silahkan unduh aplikasi Mamikos dan cari info kost terbaik di sana.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta