Pengertian Dan Contoh Kalimat Majas Personifikasi Yang Benar

Posted in: Informasi
Tagged: Contoh Majas

Pengertian Dan Contoh Kalimat Majas Personifikasi Yang Benar – Anda pasti mengenal sosok legendaris, Sapardi Djoko Damono. Beliau dikenal dengan karya-karyanya yang sangat menyentuh hati dan seakan-akan mewakili setiap insan yang membacanya. Karya yang dihasilkan seakan tak pernah gagal untuk menarik perhatian banyak orang dan selalu mampu bertahan di segala masa.

Beliau merupakan seorang penggiat sastra yang namanya sudah sangat dikenal di kalangan pecinta puisi. Puisi-puisinya sangatlah indah dan menyentuh hati. Kecerdasannya dalam memilih dan memilah kata membuahkan hasil karya besar yang sangat mengagumkan. 

Jika berbicara puisi, maka kita tidak bisa lepas dari istilah majas. Jika Anda belajar seputar majas, maka Anda akan dihadapkan pada teori tentang berbagai jenis majas yang sering digunakan sebagai contoh contoh majas personifikasi. Jika Anda penasaran dan ingin belajar seputar majas terutama majas personifikasi, simak uraian berikut ini.

Pengertian Majas Personifikasi

merdeka.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang majas personifikasi, kita akan terlebih dahulu mengulik singkat tentang apa itu majas dan mengapa majas sangat erat kaitannya dengan puisi? Majas merupakan gaya bahasa yang biasanya digunakan dalam penciptaan sebuah karya sastra.

Namun pada umumnya, majas banyak digunakan dalam sebuah puisi. Penggunaan majas dalam sebuah puisi dapat memberikan sentuhan seolah-olah cerita tersebut hidup dan benar adanya. Banyak penyair yang sering kali menggunakan majas untuk memperindah puisi karyanya. Contoh majas personifikasi salah satunya.

Majas personifikasi seperti namanya person merupakan majas yang memanusiakan suatu benda, maksudnya adalah setiap makhluk atau benda yang dituangkan dalam tulisan diibaratkan memiliki sifat selayaknya manusia.

Seakan-akan benda mati dapat bergerak, hewan atau tumbuhan dapat berbicara, dan beberapa sifat umum lainnya pada manusia yang kemudian dilekatkan pada suatu makhluk atau benda tersebut. Tujuan dari penggunaan majas ini tentu saja agar menghidupkan suasana seakan-akan hal yang sedang diceritakan benar terjadi. 

Ciri-ciri Majas Personifikasi

Sama halnya dengan majas lain, majas personifikasi juga memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dengan majas lainnya. Ciri-ciri dari majas personifikasi, diantaranya:

  1. Mengikutsertakan sifat manusia pada benda atau makhluk yang bukan manusia.
  2. Jalan cerita dibuat dengan penggambaran yang jelas dan nyata.
  3. Digunakan untuk memberikan kesan bahwa objek yang terdapat dalam cerita tersebut memiliki sifat atau perilaku selayaknya manusia pada umumnya.

Contoh Kalimat dengan Majas Personifikasi Beserta Artinya

Setelah membaca uraian singkat diatas, mungkin Anda akan semakin penasaran tentang penggunaan dari majas personifikasi yang benar dalam sebuah kalimat singkat. Berikut adalah beberapa contoh majas personifikasi dalam sebuah kalimat beserta arti dan makna dari kalimat tersebut:

1. Matahari nampak malu menampakkan sinar cantiknya

Menggambarkan sinar matahari yang tidak secerah biasanya. Kalimat tersebut menggambarkan suasana mendung atau teduh di siang hari yang biasanya cerah dan terik.

2. Kendaraan roda empat tersebut nampak kewalahan merangkak melalui tanjakan curam

Menggambarkan situasi ketika kendaraan beroda empat yang mengalami kesulitan saat harus melewati tanjakan yang cukup tajam, sehingga kendaraan tersebut bergerak sangat perlahan.

3. Bulan tersenyum malam hari ini

Menggambarkan pemandangan langit malam yang indah karena terdapat bulan malam itu.

4. Banjir bandang menyapu bangunan di seluruh kota

Memberikan gambaran peristiwa bencana banjir yang membuat bangunan di seluruh kota menjadi rusak dan berantakan. Situasi menjadi kacau jauh dari kondisi seperti sebelum adanya banjir.

5. Si jago merah mengamuk melahap habis bangunan tua itu

Menggambarkan suasana kebakaran dimana terdapat kobaran api yang sangat besar yang membakar sebuah bangunan tua dengan cepat, sehingga tidak tersisa apapun dari bangunan tersebut.

6. Pohon itu berdiri gagah di tepi jalan menuju bukit

Bercerita tentang sebuah pohon besar yang berdiri kokoh di jalanan menuju sebuah bukit. Melalui kalimat tersebut kita juga bisa membayangkan bahwa pohon tersebut merupakan pohon besar yang sudah berumur ratusan tahun.

7. Nyanyian nyamuk malam ini sukses membangunkanku dari tidur lelapku

Bercerita tentang kekesalan tokoh aku terhadap suara nyamuk yang mengganggu tidur malamnya.

Demikian adalah beberapa contoh majas personifikasi yang dapat dijadikan acuan Anda dalam mengembangkan kalimat dengan menggunakan majas personifikasi ini.

Tips Belajar Membuat Kalimat Dengan Menggunakan Majas Personifikasi

1. Perbanyak kosa kata 

Kunci dalam menulis adalah memperkaya kosa kata yang ada memperbanyak bahan bacaan. Dengan kosa kata yang banyak maka, kalimat yang dibuat akan semakin menarik dan penuh makna.

2. Mengartikan maksud sebuah kalimat

Salah satu proses yang tak kalah penting adalah mengartikan maksud kalimat yang bermajas. Majas adalah kalimat yang tidak memiliki arti sesungguhnya, oleh sebab itu butuh waktu untuk memahami kalimat-kalimat yang mengandung majas. 

Tahapan belajar yang cukup efektif yakni dengan secara langsung aktif dalam memahami dan mencari arti sebuah kalimat. Dengan demikian maka Anda akan lebih memahami konteks dari majas personifikasi yang digunakan dalam kalimat tersebut. 

3. Membuat kalimat dengan menggunakan majas personifikasi

Setelah belajar untuk mengartikan, mencoba membuat kalimat dengan majas personifikasi secara langsung merupakan sebuah proses belajar yang efektif untuk menerapkan contoh majas personifikasi.

Dengan terbiasa melatih diri membuat kalimat menggunakan majas personifikasi maka harapannya, skill atau kemampuan Anda dalam membuat sebuah kalimat semakin hari semakin meningkat.

4. Merangkai kalimat bermajas personifikasi dalam satu bait atau lebih

Setelah belajar merangkai kata untuk sebuah kalimat, maka tahapan belajar berikutnya yakni merangkai kata untuk dijadikan dalam satu baik. Tips ini cukup efektif untuk melatih Anda dalam membuat karya dari sebuah tulisan.

Dimana di dalam tulisan tersebut bukan hanya sebuah kata-kata saja, namun juga memberikan warna tersendiri dengan rasa. Sehingga nantinya pembaca tulisan Anda dapat memahami konteks yang hendak Anda bangun dalam tulisan yang Anda buat.

Bagaimana? Mudah bukan belajar tentang majas personifikasi? Kuncinya adalah rajin membaca dan rajin untuk mencoba, dengan demikian Anda akan semakin familiar dan terlatih dengan kalimat-kalimat yang mengandung majas.

Untuk mempelajari contoh majas personifikasi atau majas-majas lainnya yang biasa digunakan, Anda kini dapat dengan mudah mengakses segala informasi melalui laman internet atau mempelajari melalui buku-buku. 

Untuk menambah khasanah informasi, Anda juga dapat membiasakan diri dengan membaca berbagai bacaan yang mengandung majas, termasuk majas personifikasi.

Buku puisi atau novel biasanya mengandung banyak majas, dan dapat menjadi bahan gambaran contoh majas personifikasi yang sudah terangkai dalam satu paragraf atau baik utuh. Sehingga pengetahuan Anda seputar majas khususnya majas personifikasi semakin melimpah. Dan harapannya Anda juga dapat mempraktikkan dengan membuat kalimat-kalimat sendiri.

Media belajar sudah semakin mudah, tinggal bagaimana Anda memanfaatkan media yang sudah ada untuk mengoptimalkan potensi yang Anda miliki saat ini. Keuletan dan ketelatenan dalam belajar menjadi salah satu kunci untuk dapat menguasai suatu ilmu pengetahuan, tak terkecuali ilmu sastra yang memiliki keunikan tersendiri.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah