Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Power Point yang Baik dan Benar

Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Power Point yang Baik dan Benar – Apa yang membuatmu tertarik untuk untuk mengikuti sebuah presentasi? Atau hal apa yang biasa kamu lakukan untuk menarik perhatian audiences saat presentasi? Sebagian besar orang menjawab bahwa membuat tampilan presentasi power point yang menarik seperti menampilkan gambar atau tampilan berwarna akan membuat audiences memperhatikan. 

Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Power Point yang Baik dan Benar 

idntimes.com

Namun, pada kenyataannya, tampilan yang menarik saja tidak cukup untuk membuat audiences mau memperhatikan presentasi dari awal hingga akhir. Lalu, adakah cara untuk mengatasi permasalahan tersebut? Ada, dong. Caranya adalah membuat kalimat pembuka dan penutup presentasi power point yang baik dan benar.

Kalimat pembuka dan penutup itu sangat penting, loh. Keduanya dapat menentukan keberhasilan sebuah presentasi. Mengapa penting? Kalimat pembuka yang baik dan benar serta menarik pasti membangun rasa penasaran audiences terhadap topik yang dipresentasikan sehingga mereka akan menyimak presentasi hingga selesai. Sedangkan kalimat penutup yang tepat dapat menggerakan audiences untuk melakukan sesuatu. 

Contoh sederhananya, kamu mempresentasikan sebuah produk kesehatan kepada sebuah komunitas. Kalimat pembuka yang baik dan benar dapat mengarahkan audiences agar menyimak presentasi sehingga mereka dapat mengetahui manfaat produk kesehatan tersebut. Pada kalimat penutup, kamu bisa sampaikan kalimat ajakan agar mereka mau membeli produk kesehatan yang ditawarkan.

Nah, kalau kamu masih bingung membuat kalimat pembuka dan penutup yang dimaksud. Di bawah ini, Mamikos berikan contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi power point yang baik dan benar serta menarik untuk audiences

Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Power Point Penelitian

Kalimat Pembuka

Berikut ini adalah contoh kalimat pembuka dan penutup untuk presentasi penelitian, misalnya penelitian skripsi, tesis, dan sejenisnya. Pada presentasi seperti ini, kalimat pembuka yang baik dan benar dalam power point adalah menunjukan urgensi penelitian tersebut dan manfaat yang didapat. 

Namun, urgensi yang dimaksud tidak selalu ditampilkan dalam bentuk kalimat yang panjang dan padat. Ada cara lain seperti memaparkan fakta-fakta yang mendasari penelitian tersebut. Kita lihat contoh di bawah ini. 

Contoh Presentasi: Memaparkan penyebab Kekerasan dalam hubungan pacaran di kalangan anak muda yang masih terus terjadi. Urgensinya adalah kekerasan dalam hubungan pacaran masih terus terjadi karena korban takut untuk melaporkan pada pihak berwajib dan mengadu kepada orang sekitar akibat diancam oleh pacarnya. 

  1. Pada slide power point pertama kamu dapat menampilkan gambar atau video tentang seorang perempuan yang berusaha meminta tolong kepada pelayan restoran dengan berbagai cara agar membebaskan dari kekangan sang pacar. 
  2. Ajak audiences menyampaikan pendapat mereka dengan memberi kalimat pertanyaan pembuka “Apa yang akan anda lakukan jika berperan sebagai pelayan restoran tersebut?” Jawaban akan muncul dari banyak audiences. Hal tersebut cukup baik untuk menjaga perhatian audiences terhadap presentasi. 
  3. Kemudian, kamu bisa sampaikan fakta-fakta seperti:
    “Berdasarkan Catatan Tahunan (Catahu) Komisi Nasional (Komnas) Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Tahun 2018, dari jumlah kekerasan yang terjadi sebanyak 13.38, sebanyak 9.609 kasus berada di ranah privat atau sebesar 71%. Termasuk didalamnya kekerasan dalam pacaran yang mencapai 1.873 kasus.”

(Memaparkan fakta bertujuan untuk membuat audiences merasa bahwa topik presentasi penting untuk diketahui)

Kalimat Penutup

Setelah memberikan kalimat pembuka, kamu pasti masuk dalam pemaparan hasil penelitian secara mendetail. Setelah itu, kamu akan sampai pada sebuah kesimpulan. 

Contoh kalimat penutup presentasi power point, misalnya “Dari hasil analisis terhadap data-data tersebut, ditemukan bahwa penyebab utama kekerasan dalam hubungan pacaran di kalangan anak muda yang masih terus terjadi adalah korban takut untuk melapor dan kurang pekanya lingkungan sekitar.”

Setelah itu, kau bisa memunculkan kembali slide yang berisi pertanyaan di kalimat pembuka tadi, Apa yang akan anda lakukan jika berperan sebagai pelayan restoran tersebut?”. 

Dengan memunculkan kembali pertanyaan tersebut, secara tidak langsung kamu mengajak audiences untuk lebih peka terhadap kasus kekerasan dalam hubungan pacaran dan mau membantu korban untuk melapor kepada pihak yang berwajib. 

Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Power Point Seminar

Kalimat Pembuka

Contoh yang satu ini berisi tentang cara-cara untuk menurunkan berat badan yang efektif dan sehat. Selain menggunakan kalimat pembuka berupa pertanyaan, fakta, dan data seperti contoh di atas. Kamu bisa menggunakan cerita pengalaman sebagai kalimat pembuka presentasi. Bisa cerita pengalaman pribadi atau orang lain yang kamu ketah

Dibantu dengan menunjukan foto perubahan berat badan dan sedikit keterangan di slide power point. Kamu bisa sambil bercerita, misalnya:

Saudara/i sekalian, apakah anda mengenali sosok yang ada di foto tersebut? Ya, itu adalah foto saya 2 tahun lalu saat berat saya 110 kg. Bisa anda tembak berapa berat saya sekarang? Saat ini berat saya adalah 60kg. Ini adalah berat ideal saya. Saya berhasil menurunkan berat sebanyak 50 kg sekaligus mengencangkan kembali kulit-kulit yang kendur dalam waktu 2 tahun. Anda tidak percaya? Saya juga hampir tidak percaya, tapi sekarang saya berdiri didepan anda sebagai buktinya. 

Dulu saat saya masih duduk di bangku kuliah, sekitar umur 21 tahun, berat badan saya berada dalam rentan 65-70 kg. Pada saat itu berat saya mamang sudah tidak ideal. Kehidupan mahasiswa yang suka makan apa saja, jarang olahraga, suka begadang, dan gaya hidup yang tidak sehat membuat berat badan tidak terkontrol dengan baik. Saat itu pun saya tidak tahu tentang berat ideal saya. Saya merasa biasa saja dengan berat sampai 70 kg. Terkadang terasa sesak, tapi saya anggap karena saya makan dalam porsi besar saja hari itu. 

Umur 25 tahun saya menikah, tidak menunggu lama, saya dan suami langsung dikarunia seorang putra. Saat hamil  tersebut, berat saya naik sampai 88 kg. Anak saya lahir dengan berat 3,2 kg. Namun, setelah melahirkan berat hanya turun sampai 76 kg. Anak laki-laki saya kuat sekali nyusunya. Ibu-ibu yang sudah punya anak pasti paham, hampir setiap jam juga kita harus makan untuk memenuhi asi. Sayangnya, porsi makan saya tidak terkontrol. Berat saya mendadak naik hingga 85 kg. 

Kemudian, berat badan saya berhenti di angkat tersebut sampai hamil anak kedua, berat badan saya naik lagi menjadi 102  kg dan terus naik sampai 110 pada masa menyusui anak kedua. Saya merasa sangat sedih dengan berat seperti itu. saya jadi tidak bisa mengurus anak-anak, tidak tahan menggendong sambil berdiri, bahkan tidak bisa menemani anak pertama saya berlarian di taman. Saat itu saya memutuskan untuk berubah dan menurunkan berat badan hingga angka ideal. Rasanya berat sekali, tapi anda tahu apa yang saya lakukan dalam waktu 2 tahun ini?……..

(lanjutkan ke presentasi mengenai cara-cara anda menurunkan berat badan secara sehat)

Kalimat Penutup

Pada kalimat penutup presentasi power point, kamu bisa berikan kata-kata motivasi atau quote agar audiences merasa bersemangat untuk menurunkan berat badan mereka dengan cara-cara sehat. Contohnya, sebagai berikut:

“Kalau tidak mulai hari ini, kapan lagi?”

“Tubuh yang sehat adalah investasi terpenting dalam hidup”

“Bukankah memiliki tubuh yang sehat membuatmu lebih bahagia? Kalau kamu bahagia, bukankan keluarga dan anak-anakmu juga bahagia?”Jadi, tunggu apa lagi? 

Isi Kalimat Pembuka dan Penutup Presentasi Power Point 

Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa kamu gunakan untuk membuat kalimat pembuka dan penutup presentasi power point. 

Kalimat Pembuka

  1. Langsung menyampaikan tujuan presentasi.
  2. Memberikan sebuah pertanyaan.
  3. Memberikan data dan fakta.
  4. Bercerita pengalaman atau bukti .
  5. Memberikan quote atau kutipan.

Kalimat Penutup

  1. Kesimpulan atau ringkasan presentasi.
  2. Menjawab pertanyaan yang ditanyakan pada kalimat pembuka.
  3. Ajakan untuk berbuat sesuatu.
  4. Promosi produk, jika presentasi berupa pemasaran.
  5. Memberikan quote atau kutipan.
  6. Memberikan pernyataan inspiratif atau motivasi.

Itu dia contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi power point yang baik dan benar. Kalimat pembuka dan penutup presentasi tidak harus selalu bersifat formal atau kaku dengan menggunakan kalimat dalam bentuk deskripsi lengkap. Itu adalah gaya lama yang biasanya membuat audiences mudah merasa bosan. Intinya adalah menggunakan kalimat yang sopan dan mudah dimengerti sudah cukup baik dan benar. 

Dengan contoh kalimat pembuka dan penutup presentasi power point yang Mamikos barikan, semoga bermanfaat, ya. Silakan buat sendiri kalimat sesuai gayamu, yang terpenting adalah maksud dan tujuan presentasi tersampaikan dengan baik kepada audiences


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah