Contoh Karangan Deskripsi tentang Liburan Sekolah Singkat serta Menarik

Contoh Karangan Deskripsi tentang Liburan Sekolah Singkat serta Menarik – Setelah melewati liburan panjang yang menyenangkan, sekarang waktunya kamu untuk kembali ke sekolah dan membuat tugas karangan liburan sekolah.

Bagi kamu yang belum punya ide untuk menulis karangan, berikut ada beberapa contoh karangan deskripsi tentang liburan sekolah.

Tugas semacam ini merupakan tugas rutin pelajaran Bahasa Indonesia untuk para siswa setelah masa liburan sekolah usai. Sesuai dengan namanya, contoh karangan deskripsi.

Berikut Contoh Karangan Deskripsi Liburan Sekolah

Getty Images/Rawpixel Ltd

Bagi kamu yang hanya di rumah saja selama masa liburan tidak perlu khawatir karena kamu juga bisa membuat karangan yang menarik.

Contoh karangan deskripsi tentang liburan sekolah berikut ini tidak hanya tentang liburan di tempat wisata, tetapi ada juga beberapa contoh kegiatan menarik yang bisa dilakukan di rumah bersama anggota keluarga.

Karena bertema liburan, tentu karangan deskripsi tentang liburan sekolah memuat informasi secara personal, terutama tentang pengalaman-pengalaman yang dialami saat liburan.

Lebih lengkapnya, kamu bisa baca beberapa contoh di bawah berikut sebagai sumber inspirasi dan referensi.

Contoh Karangan Deskripsi tentang Liburan Sekolah di Rumah

pexels.com/@pixabay

Berkemah di Halaman Rumah Bersama Keluarga

Pada waktu liburan sekolah kemarin, aku hanya berada di rumah karena malas untuk pergi ke mana-mana.

Bukan karena aku malas untuk bergerak atau melakukan suatu kegiatan, tapi karena cuaca di luar cukup panas dan jalanan macet.

Kemacetan tersebut disebabkan karena banyaknya orang yang memanfaatkan masa liburan sekolah dengan melakukan perjalanan ke tempat wisata.

Meskipun aku tidak pergi ke tempat wisata seperti yang lainnya, tapi liburanku di rumah tak kalah menarik.

Banyak hal menyenangkan yang bisa kulakukan di rumah bersama orang tua dan adik-adikku.

Halaman rumah kami cukup luas dan ada beberapa pohon besar yang rindang. Kami memanfaatkan halaman rumah untuk berkemah.

Aku membangun sebuah tenda berwarna biru dan ayahku membangun tenda berwarna merah.

Tenda berwarna biru kutempati bersama ayahku dan adik laki-lakiku, sedangkan tenda berwarna merah untuk ibuku dan adik perempuanku.

Tidak hanya tenda saja, kami melengkapinya dengan berbagai perlengkapan berkemah.

Kami membuat api unggun saat malam hari dan memasak makanan di sekitar api unggun itu. Kedua adikku bernyanyi bersama dan ayahku mengiringi dengan gitar.

Pada malam hari kami semua tidur di dalam tenda menggunakan sleeping bag. Kebetulan saat itu udaranya cukup dingin pada malam hari.

Lalu, kami bangun pada pukul 5 pagi. Sembari menunggu matahari terbit, ibu menyeduh teh hangat untuk kami semua.

Kami melakukan kemah beberapa kali saat orang tua kami libur bekerja. Pengalaman berkemah bersama keluarga ini sangat menyenangkan bagiku karena dipenuhi dengan canda tawa.

Aku berharap liburan sekolah selanjutnya akan lebih menyenangkan.

Liburan Sekolah di Rumah Membantu Orang Tua

Waktu liburan sekolah selama 3 minggu kemarin kumanfaatkan untuk membantu ayah dan ibu di rumah.

Kebetulan keluarga kami mempunyai restoran ayam bakar di samping rumah. Pada pagi hari aku membantu ibu berbelanja bahan-bahan di pasar tradisional.

Sesampainya di rumah, aku membantu ibu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam bakar.

Restoran kami buka pada jam 10 pagi. Sebelum buka, ayah merapikan meja dan kursi. Aku menata rapi sendok, garpu, dan tisu di atas meja.

Tak lupa aku menyapu dan mengepel lantai restoran sampai bersih. Saat jam menunjukkan pukul 10 pagi, aku membuka restoran.

Di luar sudah ada beberapa pelanggan yang menunggu. Restoran ayam bakar kami memiliki cukup banyak pelanggan.

Itu karena masakan ibuku yang sangat enak dan sudah terkenal di daerah kami. Aku mempersilahkan para pelanggan masuk dan mencatat pesanan mereka. Ibu dan ayahku dengan gesit membuatkan pesanan mereka.

Setelah siap, aku menyajikannya ke meja para pelanggan. Menjelang sore hari, restoran kami semakin ramai pelanggan.

Meskipun lelah, aku bangga bisa membantu orang tuaku bekerja. Aku merasa liburan sekolahku sangat bermanfaat.

Contoh Karangan Deskripsi tentang Liburan Sekolah di Rumah Kerabat

pexels.com/@cottonbro

Liburan Sekolah ke Rumah Kakek dan Nenek

Acara liburan sekolahku kali ini sangat menyenangkan. Aku tinggal di rumah kakek dan nenekku yang ada di Kota Semarang selama 2 minggu.

Sudah lama aku tidak mengunjungi kakek dan nenekku, jadi aku sangat merindukan mereka.

Aku sudah membeli tiket kereta api jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Lama perjalanan yang ditempuh menggunakan kereta api dari Jakarta ke Semarang sekitar 6 jam. Perjalannya cukup seru karena ada beberapa spot menarik sepanjang perjalanan.

Saat pertama kali tiba di sana, mereka menyajikan banyak makanan yang kusukai seperti lumpia, tahu petis, tahu bakso, dan lain sebagainya.

Ada juga es campur yang sangat nikmat dan menyegarkan untuk dinikmati di saat cuaca sedang panas-panasnya di luar.

Nenek sudah menyediakan kamar khusus yang sudah ditata rapi untukku. Kutempatkan barang-barang bawaanku di lemari dan di rak-rak yang ada di kamar. Setelah itu kurebahkan tubuhku di kasur, rasanya sangat nyaman.

Aku bangun pada jam 4 sore dan bergegas untuk mandi. Setelah hari petang, kakek dan nenekku mengajakku jalan-jalan ke pasar kuliner yang buka pada malam hari. Semua makanan yang dijual di sana sangat enak.

Pada pagi hari, nenek sudah membuatkanku sarapan yang lezat. Nenek selalu tahu apa yang kusukai.

Aku sangat menyayangi kakek dan nenekku. Liburanku selanjutnya aku akan mengunjungi mereka lagi.

Liburan Sekolah Bersama Sepupu

Aku punya seorang sepupu namanya Anne. Dia merupakan anak dari bibiku yang menikah dengan warga negara asing.

Anne tinggal di kota Manchester, Inggris. Kebetulan saat itu dia sedang liburan musim panas di Indonesia.

Masa liburan musim panasnya bertepatan dengan libur sekolahku. Selama di Indonesia, Anne tingga di rumah nenek yang ada di kota Yogyakarta. Aku sangat senang sekali bisa bertemu dengan Anne.

Dia tidak begitu lancar berbicara bahasa Indonesia, tapi dia mengerti apa saja yang aku ucapkan.

Begitupun dengan aku yang tidak terlalu mahir berbahasa Inggris. Jadi, kami saling mengajari satu sama lain.

Saat di Yogyakarta, kami mengunjungi beberapa tempat wisata seperti candi Prambanan, Kebun Binatang Gembira Loka, dan Malioboro. Kami mengambil banyak foto di berbagai tempat wisata tersebut.

Kebetulan saat itu cuacanya sangat cerah, jadi kami bisa puas berjalan-jalan.

Anne membeli banyak oleh-oleh untuk diberikan kepada teman-temannya yang ada di Manchester. Sedangkan aku tidak banyak membeli barang karena malas membawa bawaan yang berat.

Sekitar 2 minggu kami telah menghabiskan waktu bersama dan itu sangat menyenangkan.

Sebenarnya Anne mempunyai waktu liburan musim panas yang panjang, akan tetapi dia tidak bisa berlama-lama di Indonesia karena harus mengunjungi negara lain.

Sangat menyenangkan bisa berlibur bersama Anne dan aku tidak sabar menantikan liburan sekolah selanjutnya. Kata Anne dia akan datang lagi ke Indonesia saat liburan Natal nanti.

Contoh Karangan Deskripsi tentang Liburan Sekolah di Tempat Wisata

pexels.com/@oliver-schmid-2854872

Berwisata ke Pantai

Masa liburan sekolah yang kunantikan akhirnya tiba juga. Aku sudah tidak sabar ingin segera berwisata ke pantai-pantai di Bali.

Ada beberapa pantai di Bali yang ingin aku kunjungi seperti pantai Kuta, pantai Double-Six, pantai Tanah Lot, pantai Jimbaran, dan pantai Sanur.

Aku berangkat ke Bali bersama kakak dan adikku. Kami tiba di bandara Yogyakarta pada pukul 07.30.

Perjalanan dari Yogyakarta ke Bali memakan waktu selama 1 jam 20 menit. Pesawat kami berangkat pada pukul 09.00 WIB dan tiba di Bandara Ngurah Rai pada pukul 11.50 WITA.

Sesampainya di Bali, kami memutuskan untuk makan siang terlebih dulu. Kami makan tipat cantok di warung Ibu Dewa Chandra yang ada di jalan raya Kuta. Harganya sangat terjangkau. Per porsinya sekitar 20 ribuan saja.

Selesai makan, kami langsung menuju hotel yang telah dipesan oleh kakakku sehari sebelumnya.

Kami menginap di salah satu hotel di jalan Legian. Tempat kami menginap sangat bagus dan nyaman serta dekat dengan berbagai kedai makanan dan tempat wisata.

Tempat wisata yang paling dekat adalah pantai Kuta yang merupakan salah satu pantai yang sangat ingin aku kunjungi.

Aku sudah tidak sabar ingin berselancar di pantai Kuta. Kebetulan cuaca saat itu sangat cerah dan ombaknya cukup bagus untuk berselancar.

Pada sore harinya kami mengunjungi pantai Double-Six yang ada di Seminyak untuk melihat matahari terbenam.

Kami duduk di atas kursi-kursi nyaman yang disewakan di pinggir pantai sambil menikmati kelapa muda.

Kemudian pada keesokan harinya kami bangun pada jam 4 pagi dan langsung berangkat ke pantai Sanur.

Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang sangat menakjubkan. Udara dingin berhembus, rasanya sangat sejuk.

Kami mengabadikan momen matahari terbit di pantai Sanur. Rasanya momen ini tidak akan pernah bisa aku lupakan.

Sore harinya kami menuju pantai Jimbaran. Di sana kami menikmati sajian berbagai ikan bakar yang sangat nikmat.

Pada hari selanjutnya, kami berangkat ke Tanah Lot. Pura yang ada di pinggir laut itu sungguh sangat indah.

Kami mengambil banyak foto di sana. Saat itu Tanah Lot sangat ramai dengan turis domestik maupun mancanegara.

Kami tidak hanya mengunjungi beberapa pantai, tapi kami juga pergi ke tempat oleh-oleh yang populer di Bali.

Banyak oleh-oleh yang kami beli seperti baju dan makanan. Liburan kami memang singkat tapi sangat berkesan.

Berkeliling Ubud di Hari Liburan Sekolah

Saat liburan sekolah lalu saya mengunjungi Ubud. Daerah ini berada di Kabupaten Gianyar, pulau Bali.

Ubud tidak hanya terkenal di antara para wisatawan domestik, tetapi juga dikenal oleh banyak wisatawan mancanegara.

Tempat pertama di Ubud yang saya kunjungi adalah Mandala Suci Wenara Wana atau lebih dikenal dengan nama Monkey Forest.

Kawasan wisata ini merupakan hutan yang sakral dengan banyak kera di dalamnya.

Kera-kera tersebut dikeramatkan dan dijaga oleh penduduk lokal. Di sana saya berinteraksi dengan kera-kera itu.

Saya memberi makan kera-kera dengan pisang yang saya beli di sana. Tak lupa saya berfoto bersama kera-kera itu.

Saya berjalan mengelilingi Monkey Forest. Suasananya sangat sejuk karena banyaknya pohon-pohon rindang.

Selesai berkeliling di Monkey Forest, saya melanjutkan perjalanan ke Pura Taman Saraswati.

Pura ini sangat menawan, di depannya terdapat kolam yang berisi banyak bunga teratai. Selanjutnya saya mengunjungi terasering Tegalalang. Di sana terdapat hamparan pemandangan sawah berundak yang sangat indah.

Karena hari sudah sore, saya kembali ke hotel untuk beristirahat. Keesokan harinya saya melanjutkan perjalanan ke Pura Tirta Empul.

Tempat ini merupakan tempat ibadah umat Hindu yang terkenal dengan sumber mata airnya.

Liburan ke Ubud sangat mengesankan bagi saya, meskipun masih banyak tempat yang belum saya kunjungi. Saya berharap pada liburan sekolah selanjutnya, saya bisa mengunjungi lebih banyak tempat wisata.

Berwisata di Wahana Air Tanjung Benoa

Beberapa hari sebelum hari libur sekolahku tiba, aku sudah memesan tiket pesawat dan hotel di Bali.

Aku sudah tidak sabar ingin berwisata di Tanjung Benoa. Daerah ini terkenal dengan wisata bahari dan segala aktivitas water sports.

Banyak pilihan obyek wisata yang ditawarkan di Tanjung Benoa, di antaranya pantai Tanjung Benoa, pulau penyu, hutan bakau, dan masih banyak lagi. Saat pertama tiba di Tanjung Benoa, aku langsung mencoba mengendarai jet ski.

Rasanya seperti mengendarai motor tapi bedanya ini berada di atas air laut. Selain itu, aku juga mencoba parasailing dan banana boat. Rasanya mendebarkan tapi sangat seru.

Panasnya terik matahari tak membuat niatku berhenti mencoba aktivitas-aktivitas tersebut.

Selanjutnya aku mengunjungi pulau penangkaran penyu. Banyak sekali penyu di sana.

Ada juga penyu hijau yang merupakan hewan langka. Penyu-penyu tersebut ada yang berukuran kecil sampai besar. Aku diperbolehkan memegang penyu sambil berfoto.

Wisata ini sangat cocok untuk anak-anak atau untuk liburan keluarga. Untuk bisa sampai di sana aku menaiki glass bottom boat.

Perahu itu muat untuk 10 orang dewasa. Aku sangat senang bisa menaiki perahu glass bottom karena bisa melihat dasar laut dari atas perahu.

Setelah puas dengan penyu-penyu, aku menuju hutan bakau dengan menggunakan speedboat.

Aku berkeliling hutan bakau didampingi oleh pemandu wisata. Dia menjelaskan banyak hal padaku. Aku sangat puas dengan perjalanan wisataku ke Tanjung Benoa.

Akhirnya apa yang kuimpikan selama ini bisa terwujud. Aku sangat berterima kasih kepada orang tua dan kakakku sudah mau membiayai liburanku ini.

Berwisata ke Taman Safari Bersama Teman-teman

Aku dan beberapa temanku merencanakan untuk berwisata ke Taman Safari saat liburan sekolah tiba.

Kami sudah menabung untuk biaya perjalanan, makan, dan tiket masuk. Kami berangkat pada pagi hari agar tidak kesiangan sampai sana.

Tempat ini tidak hanya sebuah kebun binatang, tetapi juga merupakan tempat wisata edukasi.

Di Taman Safari juga banyak disediakan berbagai macam wahana seperti Safari journey, Istana Panda, baby zoo, Animal Edutainment Show, dan masih banyak lagi.

Wahana pertama yang kami coba adalah Safari Journey. Kami naik sebuah mobil dan dibawa berkeliling Taman Safari untuk melihat berbagai hewan liar. Lama perjalanannya sekitar 45 menit. Kami melihat beberapa binatang mendekat dan meminta makan.

Tidak semua binatang boleh kami beri makan. Hanya beberapa binatang herbivora yang boleh kami beri makan.

Saat melewati binatang karnivora, kami tidak diperbolehkan membuka kaca mobil karena itu sangat berbahaya.

Setelah itu, kami mengunjungi istana panda. Di istana panda kami melihat banyak panda yang menggemaskan.

Kami diperbolehkan berinteraksi dengan panda-panda itu dan mengambil beberapa foto.

Sebenarnya kami sedih harus berpisah dengan panda-panda itu, tetapi kami juga ingin mengunjungi wahana yang lain.

Wahana selanjutnya adalah Baby Zoo. Di sana kami diperbolehkan berinteraksi dan berfoto secara dekat dengan bayi kanguru.

Bayi-bayi kanguru itu sangat lucu sekali. Selanjutnya kami menyaksikan pertunjukan satwa seru di wahana Animal Edutainment Show.

Wahana tersebut merupakan wisata edukasi dengan 7 pertunjukan dari berbagai macam satwa.

Wahana terakhir yang kami kunjungi adalah Safari Waterpark. Kami berenang di sana sambil menyaksikan buaya.

Sangat seru dan menyenangkan bisa berwisata bersama teman-teman. Untuk liburan selanjutnya kami akan liburan bersama di tempat yang berbeda.

Penutup Contoh Karangan Deskripsi

Banyak sekali contoh karangan deskripsi tentang liburan sekolah yang bisa kamu jadikan referensi.

Ada banyak hal yang bisa kamu tulis, tidak harus tentang liburan ke tempat wisata. Kegiatan di rumah pun bisa kamu jadikan bahan tulisan kamu.

Contoh karangan deskripsi tentang liburan sekolah di rumah seperti kegiatan membuat kue, memasak bersama ibu, membantu ayah membuat rumah pohon, dan masih banyak lagi.

Gunakan kreatifitas dan imajinasimu untuk membuat tulisan yang menarik berdasarkan contoh karangan deskripsi. Semoga bermanfaat.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: