Contoh Karangan Narasi Singkat dan Cara Membuatnya yang Benar

Posted in: Mapel Pelajar

Contoh karangan narasi singkat dan cara membuatnya yang benar – Karangan narasi merupakan salah satu jenis karangan yang sering dibuat untuk tugas sekolah. Namun, seringkali kita juga membuat karangan narasi singkat.

Contoh Karangan Narasi Singkat Beserta Cara Pembuatannya

https://unsplash.com/@californong

Bagaimana cara membuat karangan narasi? Mungkin ada banyak orang yang mengalami kesulitan ketika diminta membuat karangan tersebut. Selain membutuhkan inspirasi, diperlukan kosakata yang luas pula untuk menghasilkan tulisan narasi yang bagus. Pada artikel ini, Mamikos akan memberikan informasi tentang contoh-contoh karangan narasi singkat dan cara membuatnya.

Apa Itu Karangan Narasi?

Sebelum kamu mencari tahu cara membuat karangan narasi singkat, pahami terlebih dahulu apa itu karangan narasi. Menurut definisinya, karangan narasi adalah karangan cerita fiksi ataupun non fiksi yang menyajikan peristiwa atau kejadian secara kronologis. Pada karangan narasi juga terdapat tema, latar, setting, konflik, karakter, dan unsur pendukung lainnya.

Cara Membuat Karangan Narasi Singkat

Bagaimana cara membuat karangan narasi singkat yang baik dan menarik? tentunya kamu sebagai penulis ingin membuat karya yang disukai pembaca. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat karangan narasi:

  1. Tentukan tema karangan narasi yang akan ditulis
  2. Tentukan amanat yang akan disampaikan pada karangan narasi
  3. Buat garis besar cerita yang akan ditulis
  4. Tentukan jumlah kata pada karangan narasi singkat
  5. Tentukan peristiwa pada bagian awal cerita, tengah cerita, dan akhir cerita
  6. Buat rincian peristiwa yang akan ditulis pada bagian tersebut serinci mungkin
  7. Buat penokohan cerita, karakter yang akan terlibat, latar belakang karakter, sudut pandang
  8. Periksa penggunaan huruf kapital dan tanda baca

Contoh-Contoh Karangan Narasi Singkat

Sudah memahami apa itu karangan narasi dan cara membuatnya? Jadikan contoh karangan narasi singkat berikut sebagai referensi.

Contoh Karangan Narasi Tentang Liburan

Ujian akhir semester kelas 6 sudah berakhir. Artinya aku dan teman-teman mempunyai waktu cukup untuk menghabiskan waktu, kami sudah menyiapkan destinasi liburan. Meskipun kami tinggal di Yogyakarta, ada banyak tempat yang belum pernah dikunjungi. Rencananya, kami akan menggunakan sepeda dan berkeliling kota.

Hari yang ditentukan telah tiba. Aku menunggu teman-teman di Tugu Jogja, tempat yang menjadi ikon kota pelajar. Suasana Minggu pagi tampak lengang. Hanya ada beberapa penjual angkringan yang sudah siap sejak dini hari dan beberapa pedangan asongan. Tak sampai sepuluh menit, satu per satu teman mulai berdatangan.

Di luar dugaan, ada teman yang tidak kami sukai ikut acara jalan-jalan. Ia adalah Una, perempuan yang selalu menyendiri di kelas. Entah kenapa dia justru ikut acara liburan yang kupikir akan jadi acara menyenangkan. Aku berusaha tidak memerhatikannya, begitu pula teman-temanku. Setiap Una mengajakku bicara, aku pura-pura tidak mendengar.

Tujuan pertama adalah Malioboro. Aku dan teman-teman bersepeda dengan kecepatan tinggi agar bisa mencapai titik nol kilometer untuk berfoto-foto. Karena lelah mengayuh, aku tertinggal di belakang. Sayangnya saat itu aku tidak melihat lubang di jalanan. Roda sepedaku terperosok ke lubang dan aku terpental.

Alih-alih datang menolong, teman-temanku justru tertawa dan meninggalkanku. Rasanya aku ingin menangis dan berusaha bangkit. Sebuah tangan mengulur. Ternyata Una berada di belakangku. Wajahku seperti udang rebus. Malu karena tadinya aku akan mengabaikan Una, ternyata dia yang justru menjadi penolong.

Contoh Karangan Narasi Tentang Diri Sendiri

Terlahir dari keluarga yang kaya raya dan berkecukupan, aku tidak pernah mengenal apa itu kata “kurang”. Seluruh kebutuhanku dipenuhi orang tua, bahkan sebelum aku meminta. Jika ada mainan baru yang keluar, papa sudah memesankannya jauh-jauh hari langsung dari pembuatnya.

Siapa yang tidak iri dengan kehidupan seperti itu? Teman-teman mengatakan aku anak yang sangat beruntung. Mereka yakin bahwa aku akan sukses dengan harta benda melimpah dan kasih sayang yang selalu ada.

Aku tidak pernah dimarahi papa dan mama sekalipun nilai sekolahku buruk. Mereka hanya mengatakan bahwa aku harus bahagia belajar di sekolah. Aku harus berani menjalin persahabatan dengan orang lain.

Wajahku juga cantik. Tanpa harus menggunakan riasan, aku tetap terlihat menawan. Setidaknya itu yang dikatakan teman-teman. Tapi aku tidak bahagia.

Aku menyisir rambutku. Sebagian rambut terlepas, bahkan tanpa harus menyentuh sisirnya. Dokter mengatakan aku hanya bisa bertahan hidup sampai tahun depan karena kanker langka.

Contoh Karangan Narasi Tentang Lingkungan

Penggunaan sampah plastik yang tidak terkontrol bisa membuat lingkungan menjadi semakin kumuh. Berdasarkan survey di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di kota-kota besar, plastik menjadi sampah yang masih mendominasi.

Pengolahan sampah plastik belum optimal, ditambah lagi saat ini plastik seakan menjadi hal yang lumrah digunakan. Perlu adanya kesadaran setiap orang untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, misalnya dengan membawa bungkus sendiri ketika makan.

Penjual makanan keliling yang menggunakan plastik sekali pakai bisa menyiasatinya dengan menggunakan daun pisang atau tempat lain agar tidak mencemari lingkungan. Selain itu, penjual juga bisa memberikan tambahan bonus makanan bagi pembeli yang membawa tempat sendiri.

Langkah mengurangi plastik juga dapat dilakukan oleh kita. Sadarilah bahwa plastik memang praktis, tetapi dampaknya pada lingkungan sangat besar, bahkan dapat merusak ekosistem.

Contoh Karangan Narasi Tentang Covid-19

Kasus Covid-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia tidak boleh dianggap remeh. Penyakit akibat virus yang sudah masuk Indonesia sejak tahun 2020 perlu diwaspadai. Terdapat jutaan orang yang menjadi korban keganasan virus ini dan tidak sedikit pula yang meninggal dunia. Covid-19 meninggalkan banyak duka sejak pertama kali teridentifikasi.

Saat ini pemerintah sudah mengadakan program vaksinasi di seluruh Indonesia. Nakes dan pihak lain dikerahkan untuk mempercepat proses vaksinasi, sehingga diharapkan penyebaran virus bisa ditekan. Namun, gaya hidup masyarakat untuk tetap menggunakan masker dan menjaga jarak tetap perlu menjadi kesadaran masing-masing.

Pada awal kemunculan Covid-19, berbagai macam berita hoaks serta kabar miring sangat mudah ditemukan. Apalagi berita simpang siur tersebut menyebar dengan cepat melalui broadcast di media sosial dan WhatsApp, terutama tentang vaksin.

Masyarakat yang belum divaksin bisa mendatangi pusat vaksinasi sesegera mungkin. Jika ada berita hoaks tentang vaksin, masyarakat bisa menanyakannya langsung pada nakes atau pihak lain yang terjun dalam bidang keilmuan tersebut.

Demikian informasi contoh karangan narasi singkat dan cara membuatnya yang benar sebagai referensi. Jika kamu kesulitan membuat contoh narasi singkat, carilah inspirasi dengan ke luar rumah, berjalan-jalan atau bercerita pada orang lain. Ide yang kamu dapatkan selanjutnya bisa dikembangkan menjadi tulisan beberapa paragraf, hingga sebuah karya. Selamat berkarya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah