6 Contoh Kata Pengantar Laporan yang Baik Dan Benar, + Strukturnya

Posted in: Edukasi

6 Contoh Kata Pengantar Laporan yang Baik dan Benar, + Strukturnya – Pernahkah kamu bingung ketika diminta untuk membuat sebuah laporan?. Setelah mengikuti suatu kegiatan, laporan dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban. Tentunya perlu pembuatan laporan dengan format yang sudah ditentukan, apalagi setiap instansi atau lembaga memiliki ketentuan khusus.

Struktur dan Contoh Kata Pengantar Laporan

pixabay.com

Ketahuilah struktur setiap bagian laporan agar kamu tidak kebingungan. Bagian kata pengantar laporan terdapat pada awal halaman setelah judul. Kata pengantar tersebut akan menjadi pembuka sebuah laporan yang akan mengantarkan pembaca pada halaman selanjutnya. Poin-poin yang terdapat pada kata pengantar antara satu laporan dengan laporan lainnya berbeda. Kali ini Mamikos akan mengulas secara lengkap struktur dan contoh kata pengantar laporan yang baik dan benar.

Apakah Itu Kata Pengantar Laporan?

Definisi kata pengantar dikemukakan oleh banyak ahli. Secara umum, kata pengantar adalah halaman awal pada laporan atau karya ilmiah yang memuat syukur serta ucapan terima kasih. Pada bagian kata pengantar juga terdapat ucapan terima kasih pada berbagai pihak atas selesainya pembuatan laporan. Kata pengantar dapat diletakkan pada halaman pertama atau beberapa halaman setelahnya. Meskipun demikian, hampir semua kata pengantar terdapat pada bagian awal laporan.

Struktur Kata Pengantar Laporan

Apa bagian penting yang harus ada pada kata pengantar laporan?. Pertanyaan tentang struktur kata pengantar seringkali ditanyakan seseorang yang sedang membuat laporan. Sebenarnya, terdapat tiga bagian penting yang harus ada.

1. Pembuka kata pengantar: dapat berupa salam, ucapan terima kasih karena laporan sudah dibuat. Ucapan tersebut dapat ditujukan pada Tuhan sesuai keyakinan masing-masing serta orang yang ikut membantu. Bagian pembuka terdiri dari satu hingga dua paragraf.

2. Isi kata pengantar: tujuan singkat penulisan laporan, latar belakang pembuatan laporan, isi singkat laporan. Pada bagian isi dibahas judul laporan dan proses penyelesaikan laporan. Meskipun merupakan isi, penjabaran tidak perlu dilakukan secara detail.

3. Penutup laporan: ucapan terima kasih pada pembaca, harapan untuk memberikan masukan pada laporan, kritik, dan saran. Terbukalah pada masukan dari pembaca demi perbaikan laporan di kemudian hari.

4. Tanggal penulisan laporan dan nama pembuat laporan

Kata pengantar laporan ditulis dalam satu halaman saja. Tapi, jika ada ucapan terima kasih secara khusus yang akan disampaikan, halaman untuk kata pengantar dapat ditambah. Jangan lupa untuk mengakhiri halaman kata pengantar dengan tanggal pembuatan dan nama.

Ketentuan penulisan tanggal berbeda-beda karena ada yang mengharuskan pencantuman tanda tangan, ada pula yang tidak. Bacalah pedoman pembuatan laporan apabila aturan di kampus atau sekolah mengharuskan ada struktur tambahan.

Macam-Macam Kata Pengantar Laporan

1. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Outbond

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta dan mengatur segala sesuatu dengan sempurna. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua agar kita menjadi hamba yang tidak lupa bersyukur atas segala nikmat-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada suri teladan, Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Semoga kita dapat menghiasi diri dengan suri tauladan yang beliau contohkan.

Salah satu akhlak yang dicontohkan Rasulullah adalah kewajiban menuntut ilmu. Taman Pendidikan Al-Quran merupakan lembaga yang memiliki peran penting sebagai tempat generasi muda dalam menuntut ilmu, terutama untuk mempelajari agama Islam, Al-Quran, sekaligus membangun pondasi keislaman para santri. Agama Islam adalah agama yang tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT, tetapi juga hubungan antar sesama manusia. Hubungan yang terjalin di dalam Taman Pendidikan Al-Quran mencakup berbagai pihak. Tidak hanya sebatas hubungan antara santri dengan santri, tetapi juga antara santri dengan ustad-ustadzah, sekaligus orang tua santri.

TPA Nurul Iman merupakan salah satu lembaga Taman Pendidikan Al-Quran yang masih eksis selama kurang lebih 18 tahun. Tanpa adanya ukhuwah islamiyah yang terjalin dengan baik, peran Taman Pendidikan Al-Quran menjadi kurang maksimal. Bentuk aktivitas yang dapat mempererat ukhuwah islamiyah dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan, salah satunya outbond. Melalui kegiatan outbond, aktivitas dengan nilai-nilai positif yang dapat mempererat ukhuwah ditekankan. Diharapkan nilai-nilai positif yang diperoleh selama kegiatan dapat diimplementasikan dalam kehidupan santri.

2. Contoh Kata Pengantar Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Ramadhan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, terutama nikmat iman dan Islam. Sholawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat-sahabat beliau serta semua pengikutnya yang selalu setia. Aamiin.

Dengan berakhirnya bulan suci Ramadhan 1440H/2019M, maka berakhir pula seluruh kegiatan panitia di Masjid Besar Nurul Fikri. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu secara materiil maupun non materiil pada seluruh kegiatan kepanitiaan. Kami berharap semoga laporan ini dapat diterima, disahkan, dan sekaligus panitia juga menyerahkan kembali amanat yang telah diberikan.

Apabila dalam melaksanakan seluruh kegiatan terdapat hal yang kurang berkenan, baik tingkah laku, tutur kata maupun tanggung jawab, kami mohon keikhlasannya untuk memberikan maaf. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan jamaah yang telah membantu terlaksananya semua kegiatan.

Semoga Allah SWT menerima puasa, zakat dan semua amal baik kita, dan tidak lupa semoga niat ikhlas kita senantiasa mendapat RidhoNya. Aamiin Ya Robbal’alamin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Kunjungan Akademik

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmatNya, laporan pertanggungjawaban kegiatan Kunjungan Akademik HM-PS Pendidikan Kimia pada akhirnya bisa kami selesaikan. Laporan pertanggungjawaban ini kami susun sebagai bukti pertanggungjawaban kami sebagai pengurus HM-PS Pendidikan Kimia dalam setiap pengadaan acara.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kaprodi Pendidikan Kimia, bapak pembantu dekan III serta segenap dosen dan jajaran karyawan Fakultas Tarbiyah yang telah banyak membantu kami dalam persiapan pembentukan acara ini. Tidak lupa juga ucapan terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman pengurus HM-PS Pendidikan Kimia yang telah bersedia hadir dan merumuskan program kerja HM-PS Pendididkan Biologi baru untuk masa kerja setahun kedepan periode 2013-2014 dapat berjalan lancar dan sukses.

Laporan ini berisi tentang rangkuman acara yang telah panitia susun dari awal acara hingga berakhirnya acara. Selain itu laporan ini juga mencakup laporan keuangan yang digunakan selama acara yang tersusun dalam surat pertanggungjawaban yang terlampir.
Akhir kata, kami berharap semoga laporan ini membawa manfaat bagi para pemakai. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak sekali kelemahan dan kekurangan, maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak untuk kesempurnaan penyusunan laporan kami selanjutnya. Terimakasih

Yogyakarta, April 2020
Penyusun

4. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan Mentoring Agama

Mentoring adalah salah satu sarana pembelajaran Islam dengan metode diskusi dalam kelompok. Mentoring ini ada setelah menimbang bahwa dalam mempelajari agama Islam yang begitu kompleks dan detail tidak cukup hanya dalam 2 x 45 menit tiap satu pekan di dalam kelas. Mentoring merupakan sarana tambahan bagi pembelajaran agama di kelas yang bertujuan untuk mengefektifkan pendidikan Islam. Dengan metode pendidikan Islam yang intensif ini, diharapkan generasi muda Islam baru yang lahir memiliki kompetensi yang memadai dalam hal spiritual, intelektual dan skill.

Agama Islam adalah agama yang tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah, akan tetapi juga hubungan antar sesama manusia. Melalui mentoring ini, pembinaan akhlaq juga ditekankan. Sehingga, perilaku sehari-hari akan mencerminkan akhlaq yang Islami. Dengan perwujudan akhlaq Islami tersebut, generasi muda akan terselamatkan dari budaya tawuran, penggunaan narkoba, sex bebas dan perilaku tidak baik lainnya.

Dengan orientasi pada pembentukan pribadi muslim yang utuh, maka diperlukan pola pembinaan yang intensif dan berkelanjutan. Dengan demikian, generasi penerus bangsa akan terselamatkan. Diharapkan akan terbentuk generasi muda yang Islami, tangguh dalam menghadapi tantangan, dan memiliki kompentesi di bidangnya. Masa depan Indonesia baru yang lebih baik akan terlihat lebih jelas.

5. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL Mahasiswa

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas limpahan rahmat, ridha, dan karuniaNya laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat diselesaikan tepat waktu. Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi teladan bagi umatnya.

Laporan kegiatan PKL ini merupakan bentuk pertanggungjawaban tertulis atas terlaksananya kegiatan PKL. Durasi kegiatan kurang lebih 9 minggu mulai hari Jumat, 22 September 2019 sampai dengan hari Sabtu, 21 November 2019. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan tahapan yang harus dijalani mahasiswa program pendidikan sebelum benar-benar menjadi pendidik.

Praktik kegiatan yang dilaksanakan di SMA meliputi kegiatan persekolahan dan kegiatan mengajar di kelas. Kegiatan PKL diharapkan mampu membuat mahasiswa terjun ke dunia pendidikan secara nyata dan memperoleh pengalaman, sehingga jangka panjangnya mampu terjun dalam dunia pendidikan dengan profesional.

Kelancaran kegiatan PKL tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak. Oleh karena itu, kami mengucapkan teruma kasih kepada segenap pihak yang telah membantu:

1.Panitia Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Ilmu Pendidikan.

2. Ibu Naryamah selaku ketua program studi Pendidikan Kimia.

3. Bapak Dr. Yunus, M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah memberikan bimbingan dan bantuan.

4. Bapak Drs. Amirudin, M.M. selaku Kepala SMA Negeri 5 Banten yang telah memberikan kesempatan, kepercayaan, dan fasilitas kepada kami untuk melaksanakan PKL

5. Bapak Drs. H. Makmuman, S.Pd. selaku koordinator guru persekolahan yang senantiasa membimbing dan memberikan nasihat, bantuan, serta arahan kepada kami

6. Ibu Syaharani, S.Pd selaku guru pamong yang telah berkenan memberikan kesempatan untuk melaksanakan observasi situasi pembelajaran. Juga praktik mengajar di kelas X, serta meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan dan arahan.

8. Segenap jajaran struktur organisasi SMA Negeri 5 Banten yang telah banyak bekerja sama dengan kami, baik guru dan karyawan.

9. Siswa-siswi SMA Negeri 5 Banten atas dukungan dan kerjasama. Ucapan terima kasih kepada siswa-siswi kelas X MIA 1, X MIA 5, X MIA 6 sebagai subjek dalam pelaksanaan praktik pembelajaran.

10. Teman-teman prodi Pendidikan Kimia angkatan 2017.

Laporan ini menjelaskan aktivitas PKL yang dilaksanakan praktikan. Selama berada di SMA Negeri 5 Banten. Semoga laporan PKL ini dapat memberikan manfaat berupa inspirasi dan motivasi bagi pembaca. Saya menyadari dalam proses pembuatan laporan masih terdapat banyak kesalahan, oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi perbaikan laporan kami selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Yogyakarta, November 2020

Lailla Khusnul Khotimah

6. Contoh Kata Pengantar Laporan KKN

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan hidayahNya, saya memiliki kesempatan untuk menyelesaikan laporan akhir individu KKN. Sholawat serta salam tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun manusia dari jaman kegelapan menuju jaman yang terang benderang. Semoga syafaatnya mengalir pada kita di yaumil akhir kelak. Aamiin.

Rasa syukur tiada tara penyusun haturkan kehadirat Allah SWT karena Laporan Program Kerja Individu Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dapat terselesaikan dengan baik sebagai bentuk tanggung jawab. Laporan juga dibuat sekaligus untuk memenuhi tugas KKN Integratif-Interkonektif UIN Sunan Gunung Djati angkatan ke-86 Tahun Akademik 2020.

Laporan Kerja Individu KKN di Dusun Wonosalam, Sukoharjo, dibuat berdasarkan hasil observasi dan implementasi di lapangan. Penulis sadar bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan tidak akan berjalan maksimal tanpa bantuan dari berbagai pihak, seperti pengurus desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Oleh karena itu, saya menyampaikan terima kasih kepada:

1. Prof. Amin, Ph.D selaku rektor.

2. LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) UIN Sunan Gunung Djati

3. Bp. Dr. Roma, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

4. Kepala Desa Wonosalam beserta staf-stafnya.

5. Bapak Mulajiyono selaku Kepala Dukuh

6. Pemuda pemudi Padukuhan Wonosalam dan Remaja Masjid

7. Seluruh warga Padukuhan Wonosalam

8. Rekan-rekan Kelompok 123 KKN-86 UIN Sunan Gunung Djati

9. Semua peserta KKN angkatan 86 KKN UIN Sunan Gunung Djati

10. Keluarga penyusun yang telah memberikan dukungan dan doa selama proses kegiatan

Penyusun dengan segala kerendahan hati berharap agar program yang telah terlaksana dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum, dan bagi mahasiswa pada khususnya. Semoga penyusunan laporan akhir ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan bermanfaat. Aamiin.

Sukoharjo, April 2020
Penyusun

Hal Penting Ketika Menulis Kata Pengantar Laporan

Ketika kamu membuat kata pengantar laporan, ada hal yang wajib dicantumkan dan yang tidak perlu ditulis. Berikut ini adalah poin penting yang perlu kamu ketahui.

1. Tidak perlu mencantumkan hal secara detail

Kata pengantar merupakan halaman untuk mengantarkan pembaca untuk membaca halaman selanjutnya. Nantinya detail dari laporan akan diulas pada bagian isi. Pengantar yang baik bisa membuat pembaca memahami gambaran konten judul yang akan diulas.

2. Menulis kata pengantar terlalu panjang

Idealnya, kata pengantar ditulis dalam 1-2 halaman saja. Tuliskan bagian penting yang perlu dicantumkan. Bagian pembuka pengantar, isi kata pengantar, dan penutup kata pengantar tidak perlu disampaikan bertele-tele.

3. Mencantumkan ucapan terima kasih seperlunya

Mungkin ada banyak pihak yang membantu laporanmu dapat selesai. Tapi, tidak semua nama pihak yang telah membantu perlu dicantumkan. Ucapkan terima kasih pada pihak yang benar-benar berperan penting untuk menyelesaikan laporan, seperti dosen, guru, peneliti, dan rekan kerja.

4. Menggunakan bahasa formal ketika menulis laporan

Laporan yang baik dan benar menggunakan bahasa formal dengan memperhatikan aturan dan ejaan bahasa Indonesia. Hindari bahasa gaul atau bahasa non-formal yang akan menurunkan kualitas laporan yang dibuat. Bisa saja laporanmu akan dibaca pimpinan, rekan kerja, bahkan orang-orang penting.

Sangat mudah, bukan, membuat kata pengantar laporan?. Saatnya untuk mempraktikkan konsep yang sudah kamu dapatkan untuk membuat kata pengantar. Jangan lupa untuk merapkan semua prinsip dari Mamikos, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah