Contoh Legalisir Stempel Ijazah yang Benar, SMP, SMA dan Universitas

Posted in: Contoh Surat
Tagged: Ijazah

Contoh Legalisir Stempel Ijazah yang Benar, SMP, SMA dan Universitas — Untuk yang pernah bersekolah, kamu pasti tahu bahwa saat dinyatakan lulus, kamu akan memperoleh ijazah alias surat tanda tamat (lulus) belajar.

Nah, informasi yang akan Mamikos bagikan kali ini adalah tentang contoh legalisir stempel ijazah yang benar. Baik ijazah SMP, SMA dan Universitas. Penasaran seperti apa? Simak segera penjelasannya di bawah ini.

Begini Contoh Legalisir Stempel Ijazah yang Benar Terbaru

1. Apa yang Dimaksud Legalisir Ijazah?

Legalisir merupakan proses pembubuhan cap stempel dan tanda tangan asli oleh yang berwenang dan dilakukan pada lembar fotocopy. Dalam hal ini orang yang berwenang bisa Kepala Sekolah, Kepala Diknas atau dekan jika di Universitas.

Jadi, apabila kamu ingin melegalisir ijazah, SMP, SMA, sederajat atau Universitas maka kamu bisa melakukan proses legalisir di sekolah atau kampus masing-masing.

Selain itu, ada juga persyaratan yang mengharuskan kamu untuk melakukan proses legalisir ijazah Disdik. Makanya tidak jarang ada yang diminta untuk melakukan proses legalisir di Dinas Pendidikan.

Jika kamu hendak melakukan legalisir ijazah, ketahuilah bahwa biaya proses legalisirnya itu cuma-cuma alias gratis. Pertanyaan lain yang sering ditanyakan juga adalah apakah legalisir ijazah ada masa berlaku atau kedaluwarsa?

Jawabannya adalah tidak ada. Dengan catatan tidak ada yang berubah. Misal nama kamu yang kemudian berubah. Maka harus ada proses ulang pengesahan ijazah kamu.

2. Contoh Legalisir Ijazah Stempel yang Benar Universitas

Inilah informasi yang sudah kamu tunggu-tunggu. Contoh legalisir ijazah stempel yang benar dan sah. Jadi, seperti apa sih bentuk dari contoh legalisir ijazah stempel universitas tersebut, begini penampakannya.

google.com

3. Contoh Legalisir Ijazah Stempel yang Benar SMA

Setelah mengetahui contoh legalisir ijazah stempel yang benar versi Universitas, kali ini Mamikos akan melampirkan contoh legalisir ijazah stempel yang benar versi SMA. Begini contohnya:

hallunalina.com

4. Contoh Legalisir Ijazah Stempel yang Benar SMP

Contoh legalisir ijazah stempel yang benar terakhir yang ingin Mamikos lampirkan adalah contoh ijazah stempel versi SMP. Untuk contohnya sudah Mamikos lampirkan sebagai berikut ini:

hallunalina.com

Kewenangan Dinas Pendidikan Terkait Keabsahan Ijazah

Setelah mengetahui contoh legalisir stempel ijazah di atas, informasi tambahan ini Mamikos jamin tak kalah pentingnya. Perlu kamu tahu bahwa Diknas memiliki kewenangan penuh untuk memberikan pengesahan Fotokopi Ijazah/surat keterangan pengganti Ijazah yang bernilai sama dengan beberapa kondisi. Kondisi tersebut antara lain jika Ijazah jika kondisinya sekolah yang mengeluarkan Ijazah sudah tidak beroperasi lagi/ditutup. Lalu kondisi lainnya adalah Ijazah yang asli hilang/musnah.

Berikut ini merupakan pelayanan yang berkaitan dengan Ijazah yang diberikan kepada masyarakat, diantaranya adalah:

Pengesahan fotokopi Ijazah untuk SD, SMP, SMA/SMK bagi:

  1. Sekolah yang sudah tutup atau tidak beroperasi lagi
  2. Sekolah di mana pejabat yang berwenang untuk legalisir sedang tidak berada di tempat, maka akan langsung dilayani dengan membawa surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan
  3. Penerbitan surat keterangan pengganti Ijazah yang bernilai sama dengan Ijazah, untuk Program Paket A,B atau C
  4. Penerbitan surat keterangan pengganti Ijazah yang bernilai sama dengan Ijazah, untuk Ijazah yang hilang atau rusak

Upaya Pemerintah Mencegah Ijazah Palsu

Pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberlakukan peraturan pada pencari kerja untuk tidak perlu legalisir ijazah apabila hendak melamar pekerjaan. Peraturan tersebut sudah berlaku sejak 2017.

Selain itu Kemristekdikti juga telah meluncurkan program pengecekan keaslian ijazah melalui daring. Program yang diberi nama Program Sistem Verifikasi Ijazah secara elektronik (SIVIL) dan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar mudah mengecek keabsahan ijazah mereka. Program ini bisa memberikan hasil dengan lebih cepat, tepat, dan tentunya akurat.

Saran Mamikos, sebaiknya kamu menyimpan baik-baik beberapa dokumen penting seperti ijazah atau pun transkrip nilai kamu yang telah dilegalisir. Hal tersebut bisa akan sangat berguna dan sebagai bentuk antisipasi kamu.

Siapa tahu suatu saat kamu memerlukan dokumen yang telah dilegalisir tersebut. Jika sudah melalui proses legalisir maka nantinya kamu tidak perlu repot-repot lagi melakukan legalisir dokumen kamu bukan.

Itulah penjelasan singkat yang bisa Mamikos sampaikan mengenai contoh legalisir stempel ijazah yang benar. Dikarenakan masih banyak orang yang masih belum tahu mengetahui secara jelas contoh legalisir stempel itu seperti apa, maka kamu bisa mengeceknya melalui artikel ini.

Mamikos juga ingin mengingatkan jangan lupa untuk mengakses aplikasi Mamikos untuk mendapatkan informasi hunian yang bergengsi dan sesuai idaman kamu. Unduh aplikasinya di Appstore dan Playstore sekarang juga.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah