Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan yang Singkat dan Menarik

Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan yang Singkat dan Menarik – Teks persuasif adalah satu dari beberapa jenis teks yang dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Teks persuasif berisikan ajakan untuk bertindak agar satu tujuan bisa tercapai dengan usaha bersama salah satunya adalah menjaga lingkungan. Yuk, cek 4 contoh pidato persuasif tentang lingkungan yang singkat dan menarik di artikel ini!

Ini 4 Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Canva

Teks pidato persuasif ditandai dengan kosakata yang khas seperti kata ‘ayo’ dan ‘mari’. Teks persuasif yang baik bisa membuat para pembaca atau pendengarnya tergerak untuk melakukan apa yang disarankan oleh si penulis atau pembawa pidato.

Untuk belajar membuat teks pidato persuasif bisa dimulai dengan melihat contohnya.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan 1

Berikut ini contoh teks pidato persuasif mengenai pentignya menjaga kelestarian bumi:

Selamat pagi!

Hadirin yang saya hormati,

Bumi ini sudah semakin tua. Kita selaku penghuni yang lebih berakal dari hewan dan tumbuhan haruslah menjaganya demi masa depan anak cucu kita. Jangan sampai udara, air, dan tanah yang masih bersih sekarang hilang sehingga tidak bisa dinikmati oleh keturunan kita.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk melestarikan bumi. Pertama, kita bisa menjaga bumi dengan tidak membuang sampah pada tempatnya. Kedua, gunakanlah air bersih secukupnya dan tidak boros. Ketiga, manfaatkanlah lahan selayaknya jangan sampai berlebihan sehingga bisa mengakibatkan berbagai bencana.

Hadirin yang saya hormati,

Udara kini semakin panas, air bersih jadi barang ekonomi, dan tanah tak lagi subur seperti dulu. Mari kita bersama-sama mulai melakukan penghijauan alam untuk anak cucu kita. Mereka berhak mendapatkan air bersih, udara bersih, dan tanah yang subur.

Mari mulai dari sekarang dan mari mulai dari hal terkecil, dari yang paling dekat dengan diri kita.

Sekian.

Semoga pidato singkat ini membawa manfaat.

Salam.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan 2

Berikut ini contoh teks pidato persuasif tentang lingkungan mengenai ajakan mengurangi penggunaan kantong plastik:

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Teman-teman, sudah makan snack yang dibagikan oleh panitia?

Saya sarankan teman-teman untuk membuang sampah kemasannya pada tempat sampah yang tersedia di kampus ini.

Bencana banjir terjadi di beberapa daerah di kota ini. Hal tersebut terjadi salah satunya karena kelalaian kita sendiri sebagai manusia. Kerap kita tak sadar membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik.

Saat sampah organik lainnya bisa terurai dengan cepat, sampah plastik membutuhkan ribuan tahun untuk bisa terurai. Namun, meskipun terurai, lingkungan yang jadi tempat penguraiannya jadi tercemar. Maka dari itu marilah kita membatasi diri dalam menggunakan sampah kemasan.

Dapat kita saksikan di sungai-sungai di kota ini, banyak sekali tumpukan sampah kemasan seperti kantong plastik yang menggunung sehingga membuat sungai jadi dangkal. Teman-teman semua, itulah yang salah satu penyebab banjir terjadi di beberapa titik.

Adalah kewajiban kita untuk menjaga lingkungan dari semakin menumpuknya plastik. Maka dari itu, saya sarankan agar kita mulai menggunakan kantong dari bahan non plastik.

Tas totebag yang tersedia di minimarket harganya tidak sampai 10 ribu. Belilah 1 dan gunakanlah berkali-kali karena memang aman untuk bisa dipakai ulang.

Teman-teman, hanya itu yang bisa saya sampaikan. Semoga pidato singkat ini memberikan inspirasi bagi kita semua untuk selalu menjaga lingkungan dan keasriannya.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan 3

Berikut ini contoh teks pidato persuasif tentang lingkungan yang membahas pentingnya menghemat listrik:

Selamat pagi!

Teman-teman yang saya sayangi,

Halo teman-teman? Tolong perhatikan saya dan masukkan ke satu telepon genggamnya.

Tolong kurangi melihat telepon genggam untuk mengecek pesan apa yang ada. Tidak ada yang memberi teman-teman pesan setiap saat kecuali mereka pengangguran.

Teman-teman, telepon genggam yang kita pakai setiap hari membutuhkan energ listrik untuk bisa hidup. Dengan demikian kita bisa menggunakan berbagai fitur dan aplikasi yang ada di dalamnya. Beberapa aplikasi bahkan bisa mengantarkan kita ke tempat yang berbeda dan bahkan bisa mendatangkan makanan ke depan pintu rumah kita.

Namun, tahukah teman-teman harga yang harus dibayar oleh saudara kita di tempat pengolahan batu bara? Banyak mereka yang meninggal saat proses pengolahan energi batu bara menjadi energi listrik. Polusi yang keluar dari asap pengolahan batu bara sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan hingga merenggut nyawa.

Sementara itu kita yang jauh dari tempat tersebut secara konsumtif mengkonsumsi listrik. Tidakkah teman-teman merasa berdosa hidup di atas mereka yang dikorbankan?

Oleh karena itu, marilah kita mulai menghemat energi listrik. Mulailah mencabut charger yang tidak dipakai, cabutlah penanak nasi saat hendak tidur, nyalakanlah lampu hanya pada malam hari, dan kurangi menggunakan telepon genggam agar tak perlu terlalu sering mencharge-nya.

Itulah pesan dari saya. Semoga bisa dipraktekan dan membawa keberkahan bagi kita semua.

Terimakasih dan selamat pagi!

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan 4

Berikut ini contoh teks pidato persuasif tentang lingkungan yang mengulas tentang pentingnya melakukan penghijauan pada area tanah yang miring:

Anak-anakku yang Bapak sayangi,

Setidaknya 20 orang murid yang berasal dari kampung Karangmanake tidak bisa hadir ke sekolah hari ini. Satu-satunya akses menuju tempat tinggal teman-teman kita terputus karena bencana longsor. Jalan Karangmanake yang menghubungkan daerah tersebut dengan daerah lainnya tertutup oleh longsoran tanah.

Dari bencana ini sepatutnya kita belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan. Dengan lingkungan yang terjaga tatanannya, bencana pastilah tidak terjadi. Kita terlalu serakah menjadikan berbagai lahan hutan sebagai lahan perumahan. Kita terlalu terbiasa membuang sampah sembarangan.

Ada beberapa tindakan yang bisa menghindarkan kita dari bencana longsor di masa depan. Yang pertama adalah pembuatan sengkedan pada lahan yang miring. Selain itu, penghijauan kembali agar tanah di lahan tersebut bisa terjaga oleh kuatnya akar pepohonan. Aksi lainnya adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Anak-anakku yang Bapak sayangi, tindakan sederhana saat ini bisa sangat bermanfaat untuk keselamatan kita di masa depan. Mari mulai sekarang juga. Mari mulai dari hal terdekat yang ada di sekitar kita. Mari mulai dari diri kita sendiri. Semoga kebiasaan baik bisa menular sehingga lingkungan kita terjaga dan bebas dari bencana.

Sekian, terimakasih, dan semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Itulah 4 contoh pidato persuasif tentang lingkungan yang singkat dan menarik. Contoh-contoh tersebut bisa kamu jadikan referensi bila ada tugas untuk membuat sebuah teks persuasif dengan tema yang sama. Namun, jangan langsung copy paste, ya!

Semoga artikel ini bisa membuatmu lebih mudah memahami materi tentang teks persuasif, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta