12 Contoh Resensi Buku Non Fiksi, Fiksi, Novel, Ilmu Pengetahuan Lengkap!

Contoh Resensi Buku – Teman-teman semua apakah sudah ada yang pernah mendengar kata resensi buku? Mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengenali apa itu resensi dan bagaimana cara membuat resensi buku yang baik.

Nah, kali ini Mamikos membahas seputar contoh-contoh resensi buku mulai dari non fiksi, fiksi, novel, hingga buku ilmu pemgetahuan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel berikut ini.

Berikut Contoh Resensi Buku Non Fiksi Hingga Ilmu Pengetahuan

jojonomic.com

Sebelum kamu mengetahui contoh-contoh resensi buku, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu seputar resensi buku lebih jauh.

Untuk itu berikut Mamikos juga sudah membagikan info terkait pengertian resensi buku, unsur-unsur resensi buku, hingga contoh-contoh resensi buku.

Tidak perlu berlama-lama, langsung saja baca info lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Resensi Buku?

Pengertian Resensi merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”.

Ketika kamu sedang meresensi sebuah buku atau novel berarti sudah menilai dan menyatakan kembali isi buku tersebut dengan pemikiran kalian.

Kamu perlu memahami tujuan menulis resensi buku, yaitu untuk memberikan informasi-informasi buku yang mana informasi buku tersebut sudah dibahas kepada masyarakat.

Selain itu, merensensi buku juga bertujuan untuk menyampaikan sesuatu hal kepada pembaca mengenai sebuah buku yang telah dibuat oleh penulis. Kalian berikan ulasan apakah buku atau novel yang sedang kalian baca memiliki nilai-nilai lebih atau tidak memiliki nilai lebih sama sekali.

Manfaat Resensi Buku

  1. Bahan pertimbangan: Resensi buku bisa memberikan gambaran pada pembaca tentang sebuah buku.
  2. Nilai ekonomis: Mendapatkan uang atau imbalan atau buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit jika resensi kamu muncul di media.
  3. Sarana promosi buku: Resensi buku biasanya dari buku baru yang belum pernah diresensikan sehingga bisa dijadikan sarana promosi buku baru tersebut.
  4. Pengembangan kreativitas: Makin sering menulis, makin pula terasah kemampuan kamu. Begitu juga dengan makin sering menulis resensi buku, makin terasah pula kreativitas kamu.

Tujuan Resensi Buku

  1. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah hasil karya secara ringkas.
  2. Mengetahui kelebihan dan kelemahan karya yang diresensi.
  3. Mengenal latar belakang dan alasan sebuah karya dibuat.
  4. Menguji kualitas karya dan membandingkannya terhadap karya lainnnya.
  5. Memberi masukan kepada pembuat karya berupa kritik dan saran.
  6. Mengajak pembaca untuk mendiskusikan karya yang diresensi.
  7. Memberikan pemahaman serta informasi secara komprehensif kepada pembaca tentang karya yang diresensi.

Unsur – Unsur Resensi Buku

Di dalam menulis resensi buku, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu seputar unsur-unsur resensi buku. Unsur-unsur yang harus diperhatikan ketika menulis resensi buku ialah sebegai berikut:

1. Identitas Buku

Kira-kira kamu sudah tahu belum identitas buku ini terdiri dari apa saja? Jika masih bingung, berikut adalah identitas buku yang wajib kamu ketahui karena nantinya ada beberapa diantaranya yang akan kamu gunakan ketika menulis resensi:

  • Judul buku
  • Nama pengarang buku
  • Tahun terbit buku
  • Ketebalan buku
  • Nomor edisi buku
  • Ukuran buku
  • Ilustrasi jilid buku
  • Warna buku

2. Ikhtisar Buku

Sebuah ikhtisar buku ditata berdasarkan dari bahan-bahan atau pokok-pokok apa saja yang terkandung di dalam sebuah buku atau novel. Buku novel atau buku fiksi yang akan diresensi cara penentuan atau cara menentukan ikhtisarnya berbeda dengan buku non fiksi.

Bahan-bahan atau pokok-pokok yang ada pada isi novel bisa ditentukan berlandaskan dengan kondisi atau kejadian-kejadian yang dijelaskan di dalam novel.

3. Pengarang Buku

Siapa pengarangnya kerap sekali diceritakan pada sebuah resensi buku atau novel. Karena persoalan ini berkaitan dengan latar belakang, keahlian, sikap-sikap dan karya-karya yang telah dibuat atau diciptakan olehnya.

Bagian-bagian tersebut biasanya diceritakan secara ringkas dan biasanya tidak lebih dari satu atau dua paragraf. Nama pengarang suatu buku atau novel biasanya dicantumkan pada halaman pertama atau pada bagian belakang novel atau buku.

Nah, dari situlah kamu bisa berinteraksi atau menceritakan kembali mengenai unsur-unsur pengarang buku. Kamu juga bisa membaca tulisan tersebut dari sumber dan media lain seperti di internet, namun biasanya hal ini bisa dilakukan jika pengarangnya sudah terkenal.

4. Kelemahan dan Kelebihan Buku

Kelemahan dan kelebihan buku pada sebuah resensi buku berkaitan dengan unsur-unsur pada buku atau novel. Berlandaskan unusr-unsur tersebut, kamu bisa memberikan sebuah penilaian.

Baik itu berasaskan kesederhanaan, kekhasan, kejelasan, penguasaan masalah dan bagian-bagian lainnya yang bisa kamu tentukan sendiri dan sesuaikan dengan kreatifitas kamu.

Jenis – Jenis Resensi Buku

Jika kamu ingin melakukan sebuah resensi buku, tentunya kamu juga wajib mengetahui apa saja jenis-jenis resensi buku. Di bawah ini merupakan jenis-jenis resensi buku yang harus kamu ketahui:

  1. Resensi Informatif
    Resensi informatif yaitu sebuah resensi yang isinya hanya menyajikan sebuah informasi mengenai isi dari sebuah buku secara ringkas dan umum dari keseluruhan sebuah buku atau karya.
  2. Resensi Deskriptis
    Resensi deskriptif merupakan sebuah resensi yang di dalamnya mengulas lebih jelas lagi mengenai bagian-bagiannya atau pada bagian bab-babnya.
  3. Resensi Kritis
    Resensi kritis merupakan resensi yang wujudnya berbentuk penjelasan secara lebih jelas dengan metodologi ilmu.

Cara Membuat Resensi Buku

1. Menentukan buku yang akan diresensi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menulis sebuah resensi sebuah buku ialah menentukan dulu buku mana yang akan kamu resensi. Buku yang pantas atau layak diresensi ialah buku yang di dalamnya memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan yang dimaksud yaitu:

  • Berisi hal-hal atau persoalan yang aktual atau nyata
  • Buku tersebut memiliki kualitas yang sangat baik
  • Belum pernah di resensi sama sekali
  • Buku tersebut merpakan buku terbitan baru

2. Menulis identitas buku

Ketika menulis sebuah identitas atau tanda pengenal buku yang harus kamu perhatikan adalah judul buku tersebut, siapa penulisnya, siapa penerbitnya, nama kota penerbit dari buku tersebut, tahun terbit buku, berapa jumlah halaman, dan sebagainya. Contoh identitas buku:

Judul Buku : Muhammad Al Fatih 1453
Penulis Buku : Felix Siauw
Penyunting Buku : Salman Iskandar
Penerbit Buku : Al Fatih Press
Cetakan : Kelima, November Tahun 2013
Ketebalan Buku : XXVI + 320 halaman
ISBN : 9786021799703

3. Menulis rangkuman buku atau sinopsis buku

Menulis sinopsis buku memiliki tujuan supaya kamu mendapatkan sebuah gambaran mengenai isi dari buku tersebut.

Untuk bisa menulis sinopsis buatu buku dengan baik, kamu harus membaca seluruh isi buku dengan cermat agar kamu bisa memahami dengan baik seluruh isi dari buku tersebut.

Rangkuman buku harus mencerminkan garis besar dari keseluruhan isi buku tersebut.

4. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan buku

Setelah menuliskan isi rangkuman atau sinopsis sebuah buku, langkah selanjutnya yang kamu lakukan ketika membuat sebuah resensi adalah menuliskan tentang kelebihan dan kekurangan dari isi buku tersebut.

Mengapa perlu dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan buku? Karena tujuan dari resensi adalah kamu harus menilai isi dari sebuah buku yaitu dengan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan isi buku.

Saat melakukan penilaian itu, kamu bisa memberikan sebuah tanggapan pribadi terhadap buku yang sedang kamu bikin resensinya.

Meskipun bisa begitu, penilaian yang kamu berikan berupa tanggapan pribadi terhadap buku tersebut harus dilakukan secara jujur dan objektif.

5. Menuliskan resensi buku

Apabila kamu sudah bisa melengkapi dan memperoleh semua data-data pendukung diatas, langkah selanjutnya yaitu data-data yang telah kamu perleh tersebut kamu resensi dengan menggunakan sebuah tulisan yang sangat padu dan runtut.

Pada bagian akhir resensi, jangan lupa untuk menyampaikan sebuah rekomendasi bagi para pembaca mengenai pantas atau tidaknya buku tersebut untuk dibaca oleh para pembaca.

Contoh Contoh Resensi Buku

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Buku 1

www.yuksinau.id
Identitas Buku

Judul Buku : Tips & Trik Jago Main Rubik.
Penulis Buku : Wicaksono Hadi.
Penerbit Buku : Gradien Mediatama.
Cetakan : 1, 2009.
Tebal Buku : 184 halaman.

Sinopsis Tips & Trik Jago Main Rubik

Rubik merupakan permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang mempunyai enam warna yang berbeda pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Erno Rubik. Profesor Erno Rubik adalah seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria.

Dengan waktu yang tidak lama, rubik menciptakan sensasi Internasional. Setiap orang ingin memilikinya dan memainkannya. Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia mempunyai konsep yang serhana, elegan, namu secara mengejutkan sangat sulit untuk diselesaikan.

Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan permainan rubik. Diantaranya adalah United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), American Rubik’s Cube Championship (November 1981), Canada Rubik’s Cube Championship (Maret 1982).

Puncaknya adalah pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, dimana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh permainan rubik. Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh pelajar Vietnam yang baru berumur 16 tahun dengan catatan waktu hanya 22,95 detik.

Suatu prestasi yang luar biasa sekali. Ketertarikan publik pada permainan rubik mulai memudar menjelang tahun 1990-an. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikan tapi tak kunjung berhasil. Sebagian orang lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik pada saat itu.

Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual, menjadikannya sebagai permainan puzzle terlaris di Dunia sepanjang masa.

Dengan kemunculan internet, rubik akhirnya bangkit. Pada tahun 2000-an, petunjuk untuk dapat menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun kembali melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua yang diadakan di Canada.

Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong pemainnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

Kelebihan Buku

Buku ini mempunyai banyak gambar yang menarik, penjelasannya lebih terperinci dan jelas, serta terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

Kekurangan Buku

Masih terdapat beberapa kata yang sulit dimengerti dan tidak terindeks pada bagian indeks.

Buku 2

santinorice.com
Identitas Buku

Judul Buku : Cewek Smart.
Pengarang Buku : Ria Fariana.
Penerbit Buku : Gema Insani.
Kota Terbit : Jakarta.
Tahun Terbit : 2008.
Tebal Buku : 200 halaman.

Sinopsis Cewek Smart

Buku memang dirancang untuk membantu remaja perempuan agar dapat menyikapi permasalahan yang terjadi disekitar kita.

Buku ini juga mengupas bagaimana menjadi seorang perempuan yang cerdas dan mempunyai kepribadian yang baik sesuai syariat Agama Islam.

Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dapat menggunakan kecerdasannya untuk menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi nilai raportnya.

Tetapi bagaimana caranya ia mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam hidupnya dengan tolak ukur tertentu yang penuh tanggungjawab.

Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar menjadi seorang perempuan yang sholeha. Bagaimana sih menjadi perempuan yang cerdas sesuai syariat? Apa perlu perempuan itu harus centil? Kita enggak perlu yang namanya pacaran.

Semuanya bermuara pada sejumlah nasehat sederhana dan praktis yang dapat membantu untuk menyikapi suatu permasalahan. Buku ini mampu memabantu menyadarkan remaja perempuan untuk bersikap sesuai syariat Agama Islam. 

Dengan membaca buku ini, kamu dapat merenungkan mana yang seharusnya dilakukan dan yang tidak dilakukan. Di buku ini terdapat banyak kata-kata bijak seperti “Islam mendorong perempuan untuk cerdas agar ia tidak muda di bodohi oleh siapapun”.

Kelebihan Buku

Dapat menuntun remaja perempuan zaman sekarang untuk hijrah ke jalan yang benar sesuai syariat Agama Islam.

Bahasa buku ini mudah sekali untuk dipahami, karena bahasanya merupakan bahasa yang populer dan gaul.

Cover buku ini juga sangat menarik dengan kartun yang lucu dan penuh warna yang menambah nuansa keistimewaan buku ini.

Kekurangan Buku

Buku ini sangat sedikit penjualannya dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih bewarna hitam putih.

Buku 3

www.yuksinau.id
Identitas Buku

Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
Penulis Buku : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd
Penerbit Buku : Alfabeta, CV
Cetakan : II
Tebal Buku : 183 halaman
Tahun Terbit : 2004

Sinopsis Pengantar Filsafat Pendidikan

Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan.

Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain.

Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain. Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan. Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.

Kelebihan Buku

Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.

Kekurangan Buku

Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.

Contoh Resensi Buku Fiksi

Buku 1

1.bp.blogspot.com
Identitas Buku

Judul Buku : TUILET
Penulis Buku : Oben Cedric
Penerbit Buku : Gradien Mediatama
Tebal Buku : 187 halaman
Tahun Terbit : 2009

Sinopsis Tuilet

Novel Tuilet adalah novel yang bertema humor yang diciptakan untuk membawa para pembacanya agar tidak hanya membaca kisahnya namun juga akan menemukan kisah-kisah lucu seputar tokoh yang ada di dalam novel ini.

Novel ini mengisahkan tentang seorang anak SMA yang tidak terlalu terkenal di kelasnya. Ia bernama Edi Wardiman. Karena Edi memiliki gaya yang terbilang culun, oleh teman-temannya ia sering dipanggil sebagai Edward Culun. Edward memilki sahabat dekat bernama Joko yang juga termasuk siswa culun.

Dalam novel ini juga menceritakan seorang gadis bernama Bella, yang ternyata adalah vampir yang jatuh cinta kepada Edward karena melihat wajah Edward yang mirip dengan wajah pacarnya dulu.

Novel ini menyajikan konflik-konflik antar pemain yang diceritakan dengan lucu namun tidak mengurangi kualitas kisan dari novel tersebut, seperti Edrward yang dikhianati oleh Joko demi agar Joko bisa masuk ke kelompok siswa keren di sekolahnya, maka ia harus mengerjai Edward (sahabatnya sendiri).

Joko menjebak Edward dengan mengajaknya mengikuti lomba karya ilmiah remaja tingkat SMA. Untuk mengikuti perlombaan itu Joko mengajak Edward untuk menyamar sebagai waria di taman lawang. Lalu Bella datang ke sekolah Edward sebagai murid baru.

Namun tidak ada yang mengetahui bahwa Bella adalah seorang vampir hingga ia jatuh cinta dengan Edward namun tidak bisa menjalin hubungan yang lebih karena vampir tidak boleh berhubungan dengan manusia.

Novel ini merupakan kisah yang bersambung, oleh karena itu cerita atau akhir dari cerita ini menunjukkan kalau cerita masih agak sedikit menggantung.

Kelebihan Buku

Kelebihan buku ini ada pada segi karakteristik tokoh-tokoh di dalamnya yang dapat membuat si pembaca langsung dapat memahami karakter tokoh tersebut.

Novel ini juga dibumbui oleh cerita-cerita yang lucu dan jenaka yang membuat si pembaca tidak akan bosan membacanya.

Kekurangan Buku

Pemilihan kata-kata di novel ini menggunakan bahasa serapan remaja saat ini, seperti gue, elo, dan lain-lain. Yang membuat novel ini sepertinya diciptakan khusus untuk kalangan remaja saja.

Novel ini juga memiliki jalan cerita yang hampir sama dengan cerita sebuah film yang berjudul “Twilight” jadi jalan ceritanya akan lebih mudah ditebak.

Buku 2

s1.bukalapak.com
Identitas Buku

Judul Buku: Dear Nathan
Pengarang: Erisca Febrianti
Penerbit: Best Media
Tahun Terbit : Maret 2016
Jumlah Halaman: 528 Halaman

Sinopsis Dear Nathan

Novel ini bergenre roman yang berkisah tentang masa putih abu-abu. Di dalamnya dikisahkan 2 orang yang memiliki dua kepribadian yang sangat berbeda bagai bumi dan langit.

Gadis lugu Salma yang selalu takut kalau berbuat salah tapi pindah ke sekolah barunya yang penuh dengan anak-anak urakan.

Keadaan ini membuat Salma sangat tidak nyaman, terlebih saat hari pertamanya dia harus telat sekolah.

Namun saat itu dia lolos dari hukuman karena dibantu seorang cowok bernama Nathan, si pembuat onar. Keduanya semakin akrab, Nathan merasa Salma memiliki pengaruh positif terhadap dirinya, sehingga dia ingin selalu dekat.

Semakin sering menghabiskan waktu bersama, rupanya keduanya memiliki perasaan yang sama tapi tidak diutarakan. Nathan tidak berani mengatakan perasaan sebenarnya karena kejutekan Salma padanya.

Kelebihan Buku

Novel ini memiliki cerita yang epic tentang anak muda di masa putih abu-abu, yang mampu membawa pembaca ikut di dalamnya.

Karakter Nathan sungguh susah ditebak, dibalik tipikal yang urakan dia tidak suka menyakiti hati cewek.

Kekurangan Buku

Banyak penggunaan diksi yang tidak pas pada novel Nathan ini, seringkali pembaca menemukan pemilihan diksi yang tidak pas saat membacanya. Pembaca merasa tidak cocok dengan penggunaan saya pada karakter Nathan yang sebenarnya bad guy.

Buku 3

ebooks.gramedia.com
Identitas Buku

Judul buku: Perahu Kertas
Penulis: Dewi Lestari (Dee)
Tebal Buku: 444 halaman
Penerbit: Treudee Pustaka Sejati dan Bentang Pustaka
Tahun Terbit: 2010

Sinopsis Perahu Kertas

Perahu Kertas, sebuah novel fiksi karangan penulis wanita Dewi Lestari atau biasa dipanggil Dee. Dalam bukunya cerita dimulai dengan kisah seorang pria bernama Keenan. Ia adalah remaja yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA di Amsterdam, Belanda. Keenan memiliki cita-cita menjadi seorang seniman pelukis.

Namun ayahnya tidak mendukung cita-cita anaknya itu. Ayahnya lebih mendukung Keenan untuk mengambil studi perguruan tinggi di fakultas ekonomi. Dengan terpaksa Keenan mengalah dengan keputusan ayahnya.

Dalam ceritanya ada seorang wanita bernama Kugy. Ia adalah gadis yang ceria dan riang, seorang yang sangat menyukai dongeng. Sejak kecil memang Kugy mempunyai cita-cita menjadi penulis dongeng.

Di dalam sifatnya yang selalu ceria dan riang, Kugy mempunyai kebiasaan aneh, yaitu mengirimkan surat dengan dilipat dan dihanyutkan ke laut untuk Dewa Neptunus.

Eko dan Noni adalah dua orang sahabat sejati Kugy, mereka sudah bersahabat sejak kecil, dan Eko sendiri masih bersaudara dengan Keenan. Kugy dikenalkan dengan Keenan oleh mereka, hingga seiring berjalannya waktu mereka saling menyukai satu sama lain.

Keenan dan Kugy memang saling menyukai, namun keduanya juga saling diam satu sama lain. Di posisi itu Kugy sebenarnya sudah mempunyai kekasih yang bernama Joshua dan Keenan akan dijodohkan dengan saudara dari Noni, yaitu Wanda.

Setelah lulus kuliah, Kugy telah kembali ke Jakarta, Ia bekerja di sebuah perusahaan dengan profesi sebagai copywriter. Sedangkan Keenan, masih memiliki tekad untuk meraih cita-citanya menjadi seorang pelukis.

Ia memutuskan untuk pergi ke Bali dan tinggal di sana bersama Pak Wayan, seorang seniman pelukis yang merupakan sahabat dari ibunya. Di sana Keenan bertemu dengan Luhde Laksmi, keponakan dari Pak Wayan. Semakin lama tinggal di sana, Keenan menyukai Luhde Laksmi.

Namun, karena kondisi ayah Keenan yang memburuk, menyebabkan ia tidak bisa tinggal selamanya di Bali dan terpaksa harus kembali ke Jakarta untuk mengurus perusahaan keluarganya. Setelah sampai di Jakarta, Keenan tak hanya bertemu dengan keluarga, ia pun bertemu juga dengan sahabat sejatinya.

Kelebihan Buku

Sebuah contoh resensi novel fiksi yang menyajikan sebuah kisah cinta dan persahabatan yang dapat meluluhkan para pembacanya. Secara keseluruhan gaya bahasa dikemas dengan menarik, ringan dan tidak terbelit atau menuangkan banyak istilah asing. Pastinya mudah dimengerti, dipahami dan dinikmati oleh semua kalangan usia.

Kekurangan Buku

Menyajikan kisah cinta dan persahabatan yang memang sangat umum, sehingga alurnya mudah ditebak. Latar tempat yang selalu berbeda membuat pembaca harus lebih konsentrasi dalam berimajinasi saat membacanya.

Contoh Resensi Buku Novel

Buku 1

res.cloudinary.com
Identitas Buku

Judul Buku: 5 Cm
Penulis: Dhonny Dhirgantoro
Tebal Buku: 381 halaman
Penerbit: PT. Grasindo, Yogyakarta
Tahun Terbit: 2005

Sinopsis 5 Cm

5 Cm merupakan sebuah novel fiksi yang berkisah tentang lima orang sahabat yang bernama Zafran, Arial, Ian, Genta, dan Riani sebagai satu-satunya wanita. Mereka memiliki komitmen dan impian masing-masing.

Riani adalah sosok wanita yang cantik dan cerdas, ia mempunyai cita-cita untuk bekerja di stasiun televisi. Arial, memiliki perawakan yang tinggi besar dan paling tampan di antara yang lainnya.

Zafran, berpostur tubuh kurus yang merupakan anak band, ia memiliki impian menjadi seorang picisan. Genta, salah satu orang di antara mereka yang selalu dianggap “leader”. Ian memiliki perawakan yang lebih dari ideal, ia fanatik dengan bola dan penggemar Happy Salma.

Persahabatan mereka sudah terjalin selama 7 tahun, namun pada suatu ketika mereka merasakan hal yang sama, yaitu jenuh dengan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama.

Di situ lah muncul ide untuk tidak saling berkomunikasi dalam tiga bulan ke depan, dan setelahnya akan bertemu satu sama lain.

Masa tiga bulan sedang mereka jalani, masing-masing dari mereka mengejar impian yang belum diraih. Selama tiga bulan berpisah memang terjadi banyak hal perubahan dalam diri masing-masing, hati mereka lebih kaya daripada sebelumnya.

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba, usai sudah masa tiga bulan untuk tidak berkomunikasi. Mereka merayakan pertemuan itu dengan menempuh sebuah perjalanan panjang. Tujuan akhir perjalanan mereka adalah puncak Mahameru, puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Dalam perjalanan itu mereka menemukan sebuah arti kehidupan sesungguhnya. Mereka saling merasakan perubahan dalam sisi karir, idealisme, karir, dan cinta. Akhirnya mereka telah meraih impian masing-masing.

Kelebihan Buku

Tentunya menggunakan gaya bahasa yang kompleks, sehingga pembaca jelas dan mudah mengerti. Memiliki alur cerita yang tidak membosankan, membuat para pembaca ingin terus menyimak perjalanan kisahnya hingga akhir. Menuangkan motivasi dalam merubah mimpi untuk menjadi nyata.

Kekurangan Buku

Kekurangan contoh resensi novel ini terletak hanya pada alur cerita terakhir, yang menggambarkan kelima sahabat yang sudah memiliki keturunan ini masih bertingkah seperti masa mudanya dahulu.

Buku 2

media.karousell.com
Identitas Buku

Judul Buku: Koala Kumal
Penulis: Raditya Dika
Tebal Buku: 250 halaman
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2015

Sinopsis Koala Kumal

Raditya Dika adalah salah satu insan kreatif Indonesia yang karyanya selalu sukses diterima masyarakat. Kesuksesannya berawal dari aktivitas isengnya, yaitu nge-blogging.

Tulisan di blognya lalu diadaptasi menjadi sebuah buku fiksi berjudul Kambing Jantan, yang merupakan hasil karya perdana Raditya Dika. Saat ini Dika telah memiliki karya tulis fiksi sebanyak 7 buku. Perubahan drastis telah dialami olehnya, menulis bukan lagi menjadi aktivitas isengnya dan dia juga seseorang yang multi profesi.

Kini dia berprofesi sebagai penulis, sutradara, komika (stand-up comedy), aktor, dan you tuber. Hebatnya Dika yaitu bisa memegang semua profesi dengan terkendali. Pada tahun 2015 Raditya Dika merilis buku barunya yang berjudul Koala Kumal.

Buku yang berkisah tentang manis pahitnya sebuah cinta. Seperti karya-karya sebelumnya, Dika mengemas dengan konsep drama cinta komedi.

Dalam bukunya, Raditya Dika mengutarakan tentang patah hati. Ada seseorang yang dahulu satu sama lain saling mengasihi rasa nyaman, namun dikala bertemu kembali rasa itu telah pudar.

Dika menggambarkan hal itu dengan kisah seekor koala yang berimigrasi dari tempat tinggalnya di hutan.

Namun saat seekor koala kembali ia kebingungan, karena hutan yang pernah menjadi tempat tinggalnya dahulu telah gundul akibat ulah manusia tidak bertanggung jawab.

Dan dari penggambaran imajinasi itu Dika memberikan judul buku barunya Koala Kumal. Jika sebelum-sebelumnya Dika selalu menuangkan komedi kasar dalam setiap karyanya, di buku Koala Kumal ini ia justru menuangkan komedi pakai hati.

Karena Dika sendiri memiliki prinsip bahwa lucu itu tidak harus menggunakan komedi kasar, komedi pakai hati juga bisa untuk membuat kelucuan. Koala Kumal menjelaskan bahwa patah hati merupakan suatu proses menuju taraf kedewasaan.

Dalam patah hati janganlah kamu untuk mudah putus asa mengejar cinta. Meraih suatu harapan itu butuh perjuangan. So, dalam perjuangan cinta kamu harus bisa mempertahankan kenyamanan.

Kelebihan Buku

Menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca para remaja. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang memang selalu sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara universal. Tata tulisan jauh lebih baik dibanding karya tulis perdananya “Kambing Jantan”.

Kekurangan Buku

Secara menyeluruh kekurangan hanya pada tebal bukunya saja yang lebih tipis dari karya tulis lainnya.

Buku 3

gentaandalas.com
Identitas Buku

Judul Buku: Rindu
Penulis: Darwis Tere Liye
Tebal Buku: 544 halaman
Penerbit: Republika
Tahun Terbit: 2014

Sinopsis Rindu

Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye. Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. Di dalamnya menceritakan tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati.

Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu. Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian. Sebuah perjalanan yang disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya.

Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu saat Belanda masih menjajah Indonesia. Pada kala itu, pemerintah Hindia Belanda memberikan fasilitas perjalanan untuk menunaikan ibadah haji bagi rakyat pribumi yang memiliki uang cukup.

Perjalanan saat itu dilakukan melalui jalur laut, dengan menggunakan kapal besar yang merupakan perkembangan teknologi transportasi canggih modern pada kala itu.

Salah satu kapal yang beroperasi dan digunakan untuk menempuh perjalanan haji adalah kapal Blitar Holland. Di kapal itu lah semau kisah terukir. Di kapal besar itu terjadilah sebuah interaksi seorang penumpang dengan yang lainnya.

Diceritakan tentang keluarga Daeng Adipati yang termasuk orang tua, pembantu rumah tangga, dan dua anak yang ikut perjalanan haji, yaitu Anna dan Elisa. Mereka menikmati perjalanan yang memakan banyak waktu ini dengan senang gembira.

Seolah mereka tak pernah mengerti apa yang tersembunyi dalam hati ayah mereka, Daeng. Ada lagi tokoh yang bernama Ambo Uleng, ia adalah seorang pelaut. Hampir seumur hidupnya dihabiskan di atas laut. Ambo Uleng memiliki sifat turunan dari ayahnya, yang merupakan seorang pelaut juga.

Ambo Uleng menaiki kapal Blitar Holland tidak memiliki tujuan apapun. Ia hanya ingin pergi sejauh mungkin dari tanah Makassar, tempat terukir kisah pilunya.

Selain itu, ada seorang berketurunan Cina. Sepanjang perjalanan haji, beliau sering mengajari anak-anak ngaji di mushola kapal. Anak-anak sering memanggilnya Bunda Upe.

Beliau ini ternyata sedang memendam masa lampaunya sebelum memeluk agama Islam. Tiap malam beliau selalu menangisi dosa-dosanya dahulu. Diceritakan pula seorang ulama tersohor dari Makassar yang ikut dalam perjalanan haji, yaitu Gurutta Ahmad Karaeng.

Di kapal, beliau selalu melaksanakan salat berjama’ah dengan penumpang lainnya. Dan pada saat itu beliau segera meminta izin kepada kapten untuk mengadakan pengajian di kapal.

Di satu sisi beliau adalah sosok orang yang selalu memberikan jawaban terbaik setiap ada pernyataan dari orang-orang. Namun di sisi lain, beliau sendiri telah memendam lama suatu pertanyaan yang memang tak ada seorang pun yang mampu menjawab.

Kelebihan Buku

Darwis Tere Liye menyajikan cerita dalam bukunya dengan begitu menarik dan mengalir untuk dibaca. Menggambarkan nuansa latar yang berbeda, yaitu di atas kapal uap besar yang seolah-olah itu sebuah kampung.

Kekurangan Buku

Secara keseluruhan sudah bagus. Mungkin hanya fisiknya saja, yaitu sampul novel yang kurang begitu menarik untuk menggambarkan isinya.

Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan

Buku 1

lh5.googleusercontent.com
Identitas Buku

Judul Buku: Satwa Terancam Bahaya
Penulis Buku: Jen Green
Penerbit Buku: Pakar Raya
Cetakan: Tahun 2006
Tebal: 32 Halaman

Sinopsis Satwa Terancam Bahaya

Banyak diantara kita yang sangat menyukai hewan liar. Akan tetapi, sekarang banyak hewan liar yang terancam punah. Bahkan beberapa diantaranya mungkin sudah punah.

Di dalam buku karangan Jen Green ini banyak sekali pengetahuan yang akan mengajak kita untuk lebih mengenal dan mengetahui penyebab satwa menjadi langka dan bagaimana cara menyelamatkannya dari kepunahan.

Hewan dan tumbuhan punah merupakan hewan dan tumbuhan yang telah mati secara keseluruhan. Hewan yang sangat langka adalah hewan yang terancam kepunahan atau populasinya akan musnah.

Pada zaman dahulu, sudah banyak spesies yang telah punah. Hal ini dikarenakan hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Pada zaman sekarang ini sedang terjadi pemanasan global yang merupakan perubahan suhu bumi dengan cepat. Banyak sekali penyebab hewan menjadi langka bahkan punah.

Pencemaran, penebangan liar, perburuan secara besar-besaran, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, itu semua dapat menyebabkan satwa menjadi langka.

Untungnya masih ada kelompok atau komunitas pecinta alam yang bersedia menyelamatkan satwa langka. Seharusnya tidak hanya pecinta alam saja yang membantu menjaga melestarikan satwa langka.

Akan tetapi masyarakat juga harus bertindak, salah satunya dengan mematuhi UU yang berlaku tentang perlindungan satwa langka.

Kelebihan Buku

Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu siswa dengan kemampuan baca yang berbeda dan dapat menikmati buku yang sama. Baik itu secara materi di kelas maupun bacaan kelompok sendiri.

Kekurangan Buku

Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya. Sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.

Buku 2

ebooks.gramedia.com
Identitas Buku

Judul Buku: Sains dan Teknologi “Berbagai Ide untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan”.
Penulis: Ristek
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: April, 2009
Tebal Buku: xiv+362 halaman
ISBN: 978-979-22-4521-9

Sinopsis Sains dan Teknologi “Berbagai Ide untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan”

Buku berjudul Sains dan Teknologi (Berbagai Ide Untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan) merupakan salah satu buku non fiksi. Buku ini berisi kumpulan tulisan para kontributor yang dimuat dalam beberapa surat kabar (koran) atau majalah nasional.

Buku ini tersusun kedalam 10 bab yang terdiri dari enam bidang bahasan utama yakni: bidang pangan dan pertanian, energi, informatika dan komunikasi, kesehatan dan obat, teknologi dan menejemen transportasi, serta pertahanan dan keamanan.

Buku ini tak hanya menyuguhkan tulisan yang sudah pernah dimuat dalam surat kabar semata, namun juga memuat berbagai ide serta gagasan yang menanggapi serta memberi argumentasi terkait berbagai masalah yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas.

Berbagai ide yang ada dalam buku ini merupakan suatu hasil penelitian dan pemikiran orang-orang yang peduli terhadap peningkatan kualitas hidup dan kemajuan bangsa di negeri ini.

Harapan dari disusunya buku ini adalah supaya para pembaca tergerak hatinya untuk lebih mendalami ide terkait masalah yang dipaparkan supayamelahirkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

Kelebihan Buku

Dari segi isi yang dimuat, buku ini menyuguhkan bacaan yang relevan dengan hampir semua bidang kehidupan terutama mengenai sains dan teknologi.

Selain itu berbagai argimentasi yang diungkapkan dalam buku ini juga memberikan wawasan lebih bagi pembaca, terutama mengenai jawaban jawaban mengenai tantangan dan kebutuhan dari berbagai persoalan yang ada di Indonesia.

Dari segi penyusunanya, setiap tulisan yang dimuat sudah terorganisir dengan baik, dimana tulisan-tulisan dari berbagai kontributor sudah tersusun dan mengelompok sesuai dengan pokok bidang bahasan tulisanya, sehingga pembaca menjadi dipermudah dalam membaca buku ini.

Kekurangan Buku

Kelemahan buku ini terletak pada bahasa yang digunakan. Latar belakang penulis sangat memengaruhi bahasa yang digunakan dalam penyusunan sebuah tulisan.

Karena buku ini merupakan kumpulan dari tulisan-tulisan berbagai kontributor yang berasal dari berbagai latar belakang, misal: peneliti, ekonom, teknisi, dsb, menjadikan gaya bahasa penulisan yang dimuat dalam buku ini menjadi bermacam-macam.

Buku 3

montasefilm.com
Identitas Buku

Judul Buku: Memahami Film
Pengarang: Himawan Pratists
Penerbit: Homerian Pustaka
Tahun Terbit: 2008
Tebal Halaman: 223 halaman

Sinopsis Memahami Film

Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal film dapat dibuat oleh siapapun. Walaupun minat seseorang belajar buat film tinggi, namun kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas.

Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukanlah milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton. Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni.

Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.

Kelebihan Buku

Buku ini mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca.

Tak hanya itu saja, buku ini juga menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku seperti : Jenis dan Ciri Genre, Aspek Naratif, Struktur Tiga Babak dan Alternatif, Aspek Sinematik, Suara, dll.

Dan terakhir, buku ini mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.

Kekurangan Buku

Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di Gramedia jarang sekali menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.

Nah, barusan Mamikos sudah membagikan artikel menarik seputar contoh resensi buku non fiksi, fiksi, novel, hingga ilmu pengetahuan.

Semoga informasi yang sudah dibagikan tersebut dapat berguna ya untuk kalian semua! Buat kamu yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk menempuh pendidikan, maka jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah yang bisa menjadi tempat tinggal kamu nantinya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah