5 Contoh Simbol Use Case Diagram Beserta Penjelasan dan Fungsinya Lengkap

5 Contoh Simbol Use Case Diagram Beserta Penjelasan dan Fungsinya Lengkap – Dalam artikel ini mamikos akan membahas tentang use case diagram. Jika kamu ingin memahami Use Case kamu dapat menyimak artikel ini hingga selesai.

Use case adalah bagian dari UML (Unified Modeling Language) dimana yang secara umum bisa dipergunakan sebagai gambaran hubungan antara pengguna dengan sistem.

Penjelasan Use Case Diagram

https://www.pexels.com/@rethaferguson/

Use case diagram adalah sebuah pemodelan fungsional yang digunakan untuk membuat gambaran behavior atau perilaku suatu sistem yang hendak dibangun.

Use case diagram menunjukkan sebuah aktor atau beberapa aktor yang mempunyai hubungan tertentu dengan suatu sistem.

Semua aktor yang dibuat dibikin akan terlihat posisi dan aksesnya seperti apa pada sebuah sistem.

Biasanya dalam use case akan ditunjukkan tentang akses setiap Aktor pada sistem yang hendak dibangun.

Singkatnya dapat kita artikan, jika use case diagram ini dipakai untuk memahami dan mengetahui fungsi apa saja yang ada pada suatu sistem, serta siapa saja yang dapat menggunakan fungsi tersebut.

Pendapat Ahli Tentang Use Case

Menurut Rossa dan Salahudin use case diagram tidaklah memberikan penjelasan secara rinci mengenai penggunaan use case, sebab ia hanya memberikan gambaran singkat antara hubungan use case, Aktor dan sistem.

Namun, pada sebuah use case diagram dapat dilihat fungsi apa saja yang berada di dalam sistem dengan memperhatikan simbol use case diagram yang digunakan.

Persyaratan Penamaan Use Case

Dalam pemberian nama pada use case, kita tidak dapat melakuakn begitu saja, sebab mempunyai beberapa aturan yang harus dijalankan.

Sebutan dari use case seharusnya dibuat dengan sederhana dan mudah dipahami secara universal.

Maksudnya tidak hanya dipahami oleh pembuat. Dapat dilihat ada dua hal utama yang harus dipahami mengenai pendefinisian use case, yakni aktor dan use case.

  • Aktor adalah orang yang melakukan interaksi dengan sistem yang akan dibangun. Ia senantiasa nyaris digambarkan dengan wujud orang. Tapi yang dinamakan aktor belum pasti orang.
  • Use case adalah fungsionalitas yang tersedia pada suatu sistem sebagai unit yang saling terhubung antar unit dan juga aktor.

Kegunaan dan Manfaat Use Case Diagram

Pembangunan use case dilakukan karena memiliki kegunaan tertentu. Jadi tidak hanya sebagai prodisen akan tetapi untuk pengguna atau konsumen.

Kegunaan dari use case diagram adalah sebagai berikut.

  • Menunjukkan proses aktivitas secara berurutan dalam sistem.
  • Memberikan proses bisnis serta urutan aktivitas pada sebuah proses.

Manfaat use case diagram adalah

  • Dapat digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan verifikasi.
  • Dapat menunjukkan gambaran interface dari sebuah sistem, sebab semua sistem yang dibangun wajib hukumnya mempunyai interface.
  • Dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi siapa saja yang dapat berinteraksi dengan sistem, serta apa saja yang dapat dilakukan dalam sistem tersebut.
  • Memberikan kepastian tentang kebutuhan dari sebuah sistem, sehingga tidak membuat orang kebingungan.
  • Bermanfaat memudahkan komunikasi antara domain expert dan end user.

Unsur Use Case Diagram

Use case diagram memiliki 3 unsur penting yakni:

  • Sistem
  • Aktor
  • Use case

Adapun penjelasannya adalah

1. Sistem

Sebuah sistem dalam use case diagram bakal digambarkan dengan berbentuk persegi yang membatasi use case dengan interaksi di luar sistem.

Pada umumnya sistem diberikan label yang dapat disesuaikan dengan nama label tersebut. Namun biasanya sistem ini tidaklah diberi gambar, karena tidak terlalu memberikan artian pada diagram.

2. Aktor

Banyak yang memiliki anggapan bahwa aktor merupakan bagian dari diagram, kenyataannya apabila kita mencari informasi mengenai hal ini lebih mendalam, Aktor kenyataannya bukan merupakan bagian dari diagram.

Aktor memiliki peran untuk menciptakan use case diagram menjadi lebih mudah. Aktor digunakan untuk menjelaskan orang atau apa saja yang memiliki interaksi dengan sistem.

Semua Aktor akan memberikan informasi kepada sistem, serta jika dimungkinkan Aktor akan menerima informasi dari sistem, atau bahkan keduanya dapat melakukannya secara bersamaan.

3. Use Case

Use case adalah gambaran fungsional pada sebuah sistem. Sehingga Konsumen maupun produsen akan saling memahami mengenai fungsi sistem yang sedang dibuat.

Simbol Use Case Diagram

Di bawah ini merupakan contoh simbol use case diagram lengkap dengan penjelasannya.

Simbol use case diagram

Andai diperhatikan simbol use case diagram di atas, terlihat lebih sedikit dan sederhana apabila dibandingkan dengan simbol flowchart atau simbol dalam ERD.

Sehingga untuk kalian yang telah terbiasa dengan flowchart pastinya tidak akan menemui masalah ketika sedang mempelajari ini.

  1. Asosiasi (association)
  2. Generalisasi (generalization)
  3. Dependensi (dependency)
  4. Agregasi (aggregation)

Relasi Dalam Use Case Diagram.

1. Association

Asosiasi merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi yang dilakukan aktor dan use case tertentu. Penggambarannya dilakukan dengan memakai garis antara aktor dan use case.

Adapun hubungan asosiasi diberi tanda garis panah, itu pun jika komunikasinya dilakukan satu arah, sementara apabila komunika terjadi dua arah maka tidak ada lagi panah dalam garis.

2. Generalization

Suatu teknik untuk melakukan indetifikasi antara 2 Aktor dan 2 use case, yang salah satunya akan meng-inherit atau override dari sifat dari pangkat yang lain.

Generalisasi dapat digambarkan memakai garis bertanda panah yang kosong. Pengambilan garis harus dengan cara meng-inherit ke garis yang di-inherit.

3. Dependency

Adanya dua jenis dependency, yaitu include dan extend. Tentunya masing-masing memiliki tanda yang berbeda.

Berikut Penjelasan Mengenai Include

Include dilakukan dengan mengidentifikasi antara hubungan dua use case, yang mana use case yang satu akan memanggil use case lainnya.

Include digambarkan dengan menggunakan garis putus-putus dan terdapat mata panahnya. Arah mata panah biasanya berada tepat pada yang memanggil.

Jika ada beberapa use case yang mempunyai aktivitas sama, maka dapat dijadikan sebagai aktivitas sendiri.

Cara Membuat Use Case Diagram

Di bawah ini adalah cara membikin suatu use case diagram dengan memakai UMLet beserta cara singkat menginput contoh simbol use case diagram.

Apakah dalam membuat suatu use case diagram hanya dapat dilakukan di UMLet saja?

Tentunya banyak sekali aplikasi yang dapat kamu pakai untuk membikin atau membangun UML khususnya class diagram, contohnya StarUML, Rational Rose, Visio dan lain-lain.

Tetapi yang harus menjadi perhatian, tidak semua aplikasi dapat digunakan secara gratis, bahkan sebagian besar aplikasi yang dipakai berbayar.

Tata cara membuat use case diagram dengan menggunakan UMLet

  1. Bukalah aplikasi UMLet yang kamu punyai.
  2. Klik pada bagian kanan atas, lalu pilih klik.
  3. Setelahnya kamu dapat membuat desan dengan melakukan drag komponen yang berada di sebelah kanan.

Kumpulan Contoh Simbol Use Case Diagram Berbagai Bidang

1. Contoh pemakaian Use Case Diagram pada Perpustakaan

https://amazonaws.com/

(Badoy Studio)

2. Contoh pemakaian Use Case Diagram pada Hotel

https://pinhome-blog-assets-public.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/2022/02/image-29.png

(Tisucoding)

3. Contoh pemakaian Use Case Diagram pada Akademik

https://pinhome-blog-assets-public.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/2022/02/image-30.png

(Endless)

4. Contoh pemakaian Use Case Diagram pada Laboratorium

(Flin Setyadi)

5. Contoh pemakaian Use case Diagram pada ATM

(Slide Player)

Apakah yang dimaksud use case diagram itu? Use case diagram adalah suatu bentuk pemodelan fungsional yang dipakai untuk memberi gambaran behavior atau kelakuan sebuah sistem yang hendak dibangun.

Pelajari UML diagram lain, salah satunya mengenai activity diagram dan contohnya. Untuk menguasai use case diagram, penting untuk memahami tiap contoh simbol use case diagram yang berlaku.

Nah, demikian tulisan yang dapat kami sajikan mengenai contoh simbol use case diagram secara lengkap, semoga tulisan ini dapat membantu kalian.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta