Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Jawabannya Lengkap, Yuk Pelajari!

Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Dagang dan Jawabannya Lengkap, Yuk Pelajari! – Dalam bidang akuntansi, keberadaan dari jurnal umum memegang peranan yang cukup penting dan sudah bukan menjadi sebuah hal asing yang dihadapi oleh para akuntan. Salah satu jurnal umum yang cukup banyak digunakan dan dibuat dari berbagai bidang yang ada yaitu jurnal umum perusahaan dagang. Hal ini penting bagi para akuntan untuk bisa menguasainya dengan baik karena jurnal umum ini yaitu menjadi bentuk laporan transaksi keuangan yang dibuat secara detail untuk perusahaan. Simak bagaimana contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya yang benar seperti berikut ini.

Memahami Pengertian dari Jurnal Umum

pexels.com/@pixabay

Sebelum beranjak untuk mempelajari contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya, kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari jurnal umum. Pada dasarnya, jurnal umum atau juga disebut dengan penjurnalan merupakan sebuah kegiatan untuk melakukan identifikasi, penilaian, serta pencatatan terhadap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Jika dilihat dari sisi akuntansi, di dalam jurnal umum ini mencakup terkait dengan seluruh detail dari pelaksanaan transaksi. Mulai dari nama transaksi, kelompok akun yang digunakan, serta juga besaran nominal yang ada pada kolom debit maupun kredit.

Jurnal umum menjadi media yang digunakan sebagai bahan untuk mencatat setiap bukti kegiatan transaksi yang dilakukan secara keseluruhan. Pencatatan transaksi ini dilakukan secara sistematis serta kronologis dalam kurun waktu tertentu yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk semakin mempermudah proses pengelolaan keuangan yang dilakukan secara internal maupun juga eksternal. Di sisi lain, jurnal umum ini juga digunakan sebagai alat untuk mencatat transaksi yang tidak bisa dicatat oleh jurnal khusus.

Pencatatan yang dilakukan di dalam jurnal umum ini dilakukan dengan terperinci, mulai dari tanggal, nama transaksi, nominal, dan keterangan lainnya yang dirasa diperlukan. Dalam pembuatan jurnal ini tentunya tidak dapat dilakukan secara sembarangan dan perlu untuk memperhatikan ketentuan dasar yang ada di dalam siklus akuntansi. Kamu bisa melakukan pencatatan terhadap jurnal umum ini secara manual dengan terperinci dan menyeluruh. Namun, sekarang ini bisa dilakukan dengan lebih mudah karena tersedia aplikasi yang digunakan untuk membuat jurnal umum dengan lebih rapi.

Pembuatan jurnal umum ini tentunya bukan tanpa tujuan atau alasan tertentu yang diperuntukkan kepada perusahaan itu sendiri. Jurnal umum ini dibuat dengan tujuan mempermudah identifikasi, penilaian, hingga pencatatan untuk melihat dampak ekonomi yang ditimbulkan transaksi. Selain itu, pencatatan ini juga akan mempermudah proses pemindahan dampak ke akun sesuai dengan transaksi yang dijalankan. Maka dari itu, memahami contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya penting untuk dilakukan.

Langkah Membuat Jurnal Umum Lengkap

Memahami contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya yang diberikan juga akan lebih mudah jika mengetahui langkah yang perlu untuk dilakukan. Terutama berkaitan dengan langkah dalam pembuatan jurnal umum itu sendiri. Menyusun jurnal umum bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan karena perlu untuk memperhatikan banyak aspek agar bisa tersusun dengan terperinci dan rapi. Berikut ini merupakan langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat jurnal umum perusahaan dagang.

1. Memahami Persamaan Dasar dalam Akuntansi

Langkah pertama yang perlu untuk kamu kuasai dan lakukan dalam penyusunan jurnal umum yaitu memahami persamaan dasar dalam akuntansi. Termasuk juga persamaan yang menyangkut dengan kelompok akun yang digunakan di dalamnya. Selain itu, kamu juga perlu untuk menguasai pemahaman untuk saldo normal yang ada di setiap akun. Hal ini akan mempermudah kamu saat melakukan pengelompokkan dari setiap transaksi yang dilakukan.

Pada dasarnya, berikut ini merupakan persamaan dasar yang perlu dipahami:

Aset = Utang + Modal

Persamaan tersebut kemudian dapat diperluas menjadi berikut:

Aset = Utang + Modal + (Pendapatan – Beban)

2. Mengumpulkan Seluruh Bukti Transaksi

Langkah kedua yang perlu kamu lakukan yaitu berupa praktik untuk mengumpulkan bukti transaksi  yang ada. Aturan penting dalam melakukan pencatatan transaksi ini yaitu perlu untuk mengumpulkan bukti transaksi pula. Hal ini menjadi sebuah hal dasar yang perlu dipenuhi dalam melakukan pencatatan jurnal umum perusahaan dagang. Bukti transaksi yang digunakan dapat berupa seperti nota, kwitansi, faktur, invoice, dan lain sejenisnya.

3. Melakukan Identifikasi Terhadap Transaksi

Langkah ketiga setelah mengumpulkan bukti yaitu melakukan identifikasi terhadap setiap transaksi yang terjadi. Transaksi yang bisa dimasukkan ke dalam pencatatan yaitu hanya transaksi yang memiliki dampak terhadap posisi keuangan. Selain itu, transaksi tersebut juga perlu untuk bisa dinilai menggunakan satuan moneter. Maka dari itu, penting untuk kamu melakukan identifikasi terlebih dahulu dan setelah selesai, kamu bisa melanjutkannya dengan melakukan penyusunan jurnal umum.

Contoh Soal Jurnal Umum untuk Perusahaan Dagang Beserta Penjelasannya

Setelah memahami penjelasan mengenai jurnal umum, sekarang kamu juga sudah bisa untuk membuatnya sesuai dengan langkah yang diberikan sebelumnya. Namun, tentunya pembahasan ini kurang lengkap jika tanpa adanya contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya. Adanya contoh soal ini bisa membantu kamu untuk semakin memperdalam kemampuan dalam penyusunan jurnal umum ini sendiri. Oleh karena itu, kali ini Mamikos juga akan memberikan contoh soal yang bisa kamu gunakan untuk memahami penggunaan dari jurnal umum seperti berikut ini.

Contoh Kasus

Buat jurnal umum perusahaan dagang dengan nama Jelly yang memiliki transaksi pada bulan September 2021 dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 2 September 2021 melakukan pembelian terhadap bahan dagang dengan harga Rp 1.500.000,00.
  2. Pada tanggal 7 September 2021 melakukan penjualan barang dagang dengan harga sebesar Rp 300.000,00.
  3. Pada tanggal 8 September 2021 menjual tunai barang dagang seharga Rp 200.000,00.
  4. Pada tanggal 11 September 2021 melakukan pembayaran terhadap sewa tempat sebesar Rp 50.000,00.
  5. Pada tanggal 14 September 2021 mendapatkan penerimaan kembali untuk barang yang sudah dijual dengan harga sebesar Rp 75.000,00 dikarenakan terdapat kerusakan.
  6. Pada tanggal 15 September 2021 melakukan pembelian tunai barang dagang dengan harga Rp 230.000,00.
  7. Pada tanggal 17 September 2021 menerima kas untuk penjualan dagang pada tanggal 7 September 2021 setelah dikurangi dengan jumlah potongan tunai.
  8. Pada tanggal 18 September 2021 membayarkan beban angkat sebesar Rp 30.000,00 untuk keperluan pengangkutan barang dagang.
  9. Pada tanggal 20 September 2021 melakukan penjualan dengan kredit barang sebesar Rp 400.000,00.
  10. Pada tanggal 22 September 2021 membeli barang secara tunai dengan harga Rp 250.000,00.
  11. Pada tanggal 23 September 2021 membayar secara tunai untuk beban iklan sebesar Rp 100.000,00.
  12. Pada tanggal 26 September 2021 menerima pembayaran untuk pembelian tanggal 20 September 20219 setelah dikurangi dengan potongan tunai.

Pembahasan Jawaban

Setelah membaca contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya, sekarang kamu bisa mencoba untuk menyusunnya. Berikut ini merupakan contoh susunan untuk pembuatan jurnal umum perusahaan dagang berdasarkan rincian yang diberikan di atas.

Nah, itu tadi merupakan penjelasan serta contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jawabannya yang bisa kamu pahami untuk keperluan perusahaan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk menyusun jurnal untuk perusahaan dagang dengan baik dan benar. Apalagi ditambah dengan kemampuan yang kamu miliki untuk menjadikannya ke dalam buku besar. Jika kamu ingin mengetahui informasi penting lainnya seputar akuntansi, kamu bisa membacanya melalui artikel di blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah