Pengertian Perusahaan Dagang, Ciri-ciri, Jenis & Contoh Perusahaannya di Indonesia

Posted in: Mapel
Tagged: Mata Pelajaran

Pengertian Perusahaan Dagang, Ciri-ciri, Jenis & Contoh Perusahaannya di Indonesia — Perusahaan dagang bisa jadi merupakan istilah yang sudah banyak dilupakan banyak orang atau bahkan belum diketahui sama sekali oleh beberapa orang. Tak perlu khawatir, sebab dalam artikel ini Mamikos akan menginformasikan untuk kamu apa yang dimaksud dengan perusahaan dagang berikut pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh perusahaannya di Indonesia.

Mengenal Arti Perusahaan Dagang: Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Perusahaannya

unsplash.com/Amy Hirschi

Dalam artikel ini, pertama-tama Mamikos ingin menjelaskan terlebih dahulu pada kamu apa yang dimaksud dengan perusahaan dagang itu sendiri. Penjelasan mengenai makna atau pengertian dari perusahaan dagang tersebut sudah Mamikos lampirkan dengan saksama sebagai berikut ini.

Memahami Pengertian Perusahaan Dagang Secara Lengkap

Mari kenali dan pahami lebih dalam apa yang dimaksud dengan perusahaan dagang. perusahaan dagang merupakan sebuah bentuk perusahaan yang melakukan usaha di bidang perdagangan barang yang mana aktivitas utama dari perusahaan tersebut ialah membeli, menyimpan, hingga menjual lagi produk dagang demi mencari laba atau keuntungan tanpa perlu memberikan nilai tambah apapun pada produk atau barang tersebut.

Maka sederhananya, perusahaan dagang atau yang juga dikenal dengan trading company akan membeli sebuah produk atau barang dengan maksud untuk menjualnya kembali dengan harga yang sudah dimodifikasi (lebih tinggi) tanpa perlu menambahkan nilai lebih pada produk atau barang tersebut. Jika kamu kurang memahami nilai tambah yang tersebut, maksudnya ialah perusahaan tidak akan mengolah ulang, mengubah bentuk atau sifat produk, hanya agar nilai jual jadi lebih tinggi. Jadi barang tersebut biasanya akan bersifat tetap.

Laba yang akan perusahaan peroleh berasal dari selisih harga jual dan beli produk atau barang. Di bawah ini ada beberapa jenis barang yang dapat diperjualbelikan dengan maksud mencari keuntungan di antaranya adalah:

  • Bahan baku (bahan mentah)
  • Barang setengah jadi (belum sempurna, masih harus diolah)
  • Barang jadi (sudah sempurna, dapat langsung dijual)
  • Barang komoditas (bahan mentah berdasarkan mutu)
  • Barang hasil industri (melibatkan mesin dalam pengelolaan)

Spesifikasi dari Perusahaan Dagang

Sebuah perusahaan dagang pun memiliki karakteristik, spesifikasi atau ciri-ciri yang perlu kamu kenali. Ciri-ciri atau spesifikasi inilah yang akan menjadi pembeda antara perusahaan dagang dengan perusahaan manufaktur. Beberapa ciri-ciri atau spesifikasi yang mudah kamu kenali dari perusahaan dagang di antaranya adalah:

  • Aktivitas utama dari perusahaan dagang ialah proses membeli, menyimpan, kemudian menjual kembali barang atau produk dagang kepada konsumen.
  • Perusahaan tidak akan melakukan proses produksi ulang pada barang atau produk dagang yang perusahaan jual.
  • Laba atau keuntungan yang didapatkan akan berasal dari penjualan yang dikurangi biaya pembelian hingga biaya operasional perusahaan.
  • Bentuk usaha yang akan dilakukan perusahaan dagang iala proses membeli dan menjual kembali barang atau produk dagang tanpa adanya proses pengolahan sama sekali.
  • Kegiatan akuntansi dalam perusahaan dagang tersebut akan menggunakan akun persediaan barang, yang mana perhitungan dari harga pokok penjualan serta laporan untung rugi akan memakai bentuk single step dan multiple step, tergantung perusahaan.

Jenis dan Macam Perusahaan Dagang

unsplash.com/CoWomen

Setelah pengertian dan ciri-ciri dari perusahaan dagang, mari berlanjut pada informasi berikutnya yakni jenis atau macam perusahaan dagang. Perusahaan dagang itu sendiri, sebenarnya dapat dibedakan dalam dua macam yang bisa dengan mudah kamu pahami, yakni:

1. Macam Perusahaan Dagang Berdasarkan Produk yang Diberdayakan

Jenis perusahaan dagang yang pertama yang perlu kamu tahu adalah perusahaan dagang yang memberdayakan produk. Begini contohnya. Sebuah perusahaan yang memperjualbelikan suatu produk yang masih berupa bahan baku sebagai bahan utama yang dapat dipakai dalam membuat produk atau sebuah peralatan produksi untuk menghasilkan lagi produk yang baru. Hal ini berlaku pada misalnya kayu gelondongan, mesin bubut, hingga benang.

2. Macam Perusahaan Dagang Berdasarkan Jenis Konsumen

  • Pada perusahaan-perusahaan besar yakni perusahaan yang akan membeli produk besar-besaran secara langsung dari sebuah pabrik (produsen), dan menjualnya kembali dalam jumlah yang juga besar. Contoh sederhananya adalah pedagang grosir.
  • Pada perusahaan Perantara yang menjadi perantara transaksi membeli barang dagang (produk) dalam jumlah besar yang kemudian dijual kembali pada perusahaan retail yang dalam jumlah sedang. Contohnya pedagang sub grosir.
  • Perusahaan terakhir ini adalah perusahaan retail atau eceran (pengecer), di mana perusahaan ini akan berhubungan dengan konsumen secara langsung dan hasil akhirnya konsumen akan membeli barang secara eceran/ satuan. Contohnya swalayan, mini market, kios, dan warung.

Aktivitas Utama dari Perusahaan Dagang

Kira-kira apa saja bentuk aktivitas atau kegiatan dari perusahaan dagang tersebut? Tentu saja perusahaan dagang juga mempunyai berbagai kegiatan utama yang berkaitan erat antara satu dengan yang lainnya. Mengingat lagi pengertian dari perusahaan dagang yang sudah Mamikos jelaskan, beberapa kegiatan utama dari perusahaan dagang di antaranya adalah:

  • Pembelian (purchase) merupakan sebuah kegiatan perusahaan yang akan melingkupi pada pembelian aktiva (harta kekayaan) perusahaan, pembelian barang atau produk dagang, hingga pembelian barang lain untuk menunjang kegiatan usaha.
  • Pengeluaran uang (spending money) merupakan sebuah kegiatan perusahaan dagang yang mengeluarkan uang demi membeli barang(produk) atau jasa, membayar pajak, melunasi utang, hingga berbagai keperluan lain yang masih berkaitan erat dengan aktivitas usaha.
  • Penjualan (selling) merupakan kegiatan perusahaan dagang yang menjual berbagai produk atau barang dagang demi memperoleh laba, pendapatan atau keuntungan.
  • Penerimaan uang (receipt) merupakan kegiatan perusahaan dagang yang berkaitan dengan penjualan barang atau transaksi jual beli. Penjualan barang dagang akan disertai dengan penerimaan uang yang dihasilkan dari pembayaran, pelunasan, piutang, penjualan barang dagang, dan lain sebagainya.

Daftar Contoh Perusahaan Dagang di Indonesia

Sebenarnya ada banyak sekali contoh dari perusahaan dagang yang ada Indonesia. Namun berikut ini Mamikos lampirkan beberapa contoh dari perusahaan dagang yang sudah pasti kamu kenal dan ada di sekeliling kamu. Apa saja perusahaan dagang tersebut? Simak dengan saksama perusahaan dagang tersebut di sini.

  1. PT. Bestoolindo Wholesaler: Perusahaan dagang peralatan Teknik atau menjual produk alat-alat mekanik. Tuffsafe, Kennedy, Atlas, Senator, Sherwood, Oxford, Yamaloy, Edison, Indexa, Osaki, Q-Torq, Matlock, Sherlock, dan lain sebagainya.
  2. PT Indomarco Prismatama (Indomaret): Perusahaan dagang berjenis retailer yang melayani berbagai jenis kebutuhan para konsumen, mulai dari kebutuhan pokok, sekunder, hingga tersier.
  3. PT Matahari Putra Prima Tbk (Hypermart): Perusahaan dagang berjenis retailer yang melayani berbagai jenis kebutuhan rumah tangga bagi konsumen. Menyediakan bahan pangan, pakaian, perabot rumah, dan kebutuhan lain sehari-hari.
  4. PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart): Perusahaan dagang berjenis retailer yang melayani berbagai jenis barang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen. Beberapa barang dagang yang dijual biasanya kebutuhan kebutuhan pokok, sekunder, hingga tersier.

Demikianlah penjelasan yang bisa Mamikos berikan mengenai perusahaan dagang pada artikel ini berikut ciri-ciri, jenis, hingga contoh perusahaannya yang dapat kamu lihat di atas. Kamu juga dapat membagikan artikel yang sudah Mamikos tuliskan ini pada teman-teman atau sahabat kamu di media sosial supaya mereka juga lebih mengenali pengertian perusahaan dagang tersebut.

Selain pengertian perusahaan dagang, dalam artikel ini juga Mamikos ingin memberikan berita penting mengenai situs dan aplikasi pencari hunian kos terbaik bernama Mamikos. Aplikasinya mudah digunakan dan dapat kamu unduh via Google Play Store dan App Store. Selain dapat mengunduh dan menjalankan aplikasinya, kamu juga bisa mengunjungi situsnya di sini untuk info lebih lengkap.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta