12 Contoh Surat Dispensasi Yang Benar Berbagai Keperluan, Lengkap!

Contoh Surat Dispensasi – Surat dispensasi nyatanya masih menjadi kebutuhan setiap orang hingga saat ini. Namun, kenyataannya tidak sedikit orang yang masih bingung mengenai seperti apa surat dispensasi itu. Padahal surat tersebut sangatlah dibutuhkan di dalam suatu instansi, organisasi maupun untuk suatu kegiatan. Agar kamu tidak salah dalam memahami surat dispensasi, berikut Mamikos akan beri pemahaman lengkap terkait surat dispensasi hingga contoh surat dispensasi yang benar untuk berbagai keperluan.

Deretan Contoh Surat Dispensasi Yang Benar

homie.com

Berbagai pihak, seperti instansi pemerintahan, perusahaan, organisasi, dan lembaga masih menggunakan surat sebagai media komunikasi resmi. Dan salah satu surat yang mungkin masih sering digunakan adalah surat dispensasi. Berbicara mengenai dispensasi, mungkin masih banyak orang yang belum begitu paham dalam membuat surat dispensasi sesuai dengan kebutuhan. Agar kamu juga tidak salah dalam membuat surat dispensasi, simak contoh surat dispensasi yang benar di bawah ini ya.

Apa Itu Surat Dispensasi?

Surat dispensasi adalah salah satu jenis surat resmi yang cukup sering dibuat. Surat dispensasi secara fungsinya digunakan untuk mendapatkan dispensasi atau pemakluman dalam suatu hal. Sebagaimana diketahui, arti dari dispensasi adalah keringanan yang diinginkan. Jenis surat yang satu ini biasanya digunakan dalam urusan pekerjaan atau urusan sekolah, misalnya saja seorang karyawan mengirimkan surat kepada pihak atasan untuk meminta izin karena tidak bisa berangkat bekerja.

Dengan adanya surat dispensasi ini, maka ia pun akan bebas dari konsekuensi hukuman yang mungkin diterapkan bagi karyawan yang bolos. Meskipun kini kita sudah memasuki era digital dan komunikasi bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone, namun surat dispensasi masih menjadi salah satu jenis surat yang masih dipergunakan. Mengingat di dalam urusan tertentu, surat memang menjadi alat komunikasi yang dianggap lebih sopan dan pantas dibandingkan surat elekronik (e-mail), pesan teks, ataupun panggilan telepon.

Bagian-bagian Surat Dispensasi

Dalam menulis surat dispensasi, tentunya kamu harus memperhatikan penggunaan kalimat dan bahasa yang digunakan. Mengingat surat yang kamu tulis tersebut adalah salah satu bentuk surat resmi. Bahasa yang digunakan pun harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Namun tidak cukup sampai disitu saja, kamu harus memperhatikan elemen atau bagian-bagian yang ada dalam surat dispensasi. Di bawah ini adalah bagian-bagian surat dispensasi yang tidak boleh kamu lupakan.

  1. Kop Surat
    Bagian pertama dari surat dispensasi adalah kop surat. Ini adalah salah satu bagian yang sangat penting karena menunjukkan identitas dari penulis surat yang merupakan sebuah instansi atau lembaga. Akan tetapi, jika surat dispensasi dibuat oleh individu yang tidak terikat dengan instansi, maka kop surat bisa ditanggalkan
  2. Tulisan Surat Dispensasi
    Bagian selanjutnya dari surat dispensasi adalah tulisan surat dispensasi. Ini adalah bagian surat yang digunakan sebagai sebuah penegas saja. Dengan adanya tulisan surat dispensasi ini, maka pembaca akan langsung tahu tujuan dari surat tersebut. Nah, biasanya, penulisan surat dispensasi ini dilakukan dengan huruf kapital dan penempatan tulisan ini ada di bawah kop surat bagian tengah.
  3. Nomor Surat
    Nomor surat merupakan salah satu bagian yang paling penting di mana menjadi bagian dari surat dispensasi tersebut. Bagian ini merupakan identitas dari sebuah surat resmi. Selain itu, nomor surat juga akan membantu pembuat surat untuk membuat arsip surat keluar guna keperluan pencatatan dalam instansi.
  4. Salam Pembuka
    Salam pembuka adalah bagian penting sebelum masuk ke dalam isi dari surat dispensasi. Bagian ini bertujuan untuk membangun keakraban dan kesopanan pada tujuan surat. Selain itu, salam pembuka juga menjadi bentuk sapaan yang akan menjelaskan tentang pengirim surat dispensasi tersebut.
  5. Isi Surat
    Isi surat merupakan bagian yang paling penting dalam surat dispensasi. Bagian ini menjelaskan berbagai hal yang ingin dituju dengan pengiriman surat tersebut. Seluruh informasi berkaitan dengan dispensasi harus ditulis pada bagian ini. Ada beberapa hal yang bisa ditulis dalam bagian isi surat dispensasi tersebut. Beberapa hal yang dimaksud adalah identitas peminta dispensasi, identitas pemberi dispensasi, alasan pemberian dispensasi, periode waktu dispensasi dan hal penting lainnya.
  6. Salam Penutup
    Salam penutup adalah langkah akhir untuk memberikan penghormatan. Layaknya salam pembuka, bagian ini juga ditambahkan untuk alasan sopan santun.
  7. Nama Kota dan Tanggal
    Poin ini menjelaskan tentang tempat dan tanggal pembuatan surat dispensasi tersebut. Bagian ini cukup penting sebagai penjelas dan memastikan jika surat yang dibuat adalah surat yang up to date. Penulisan nama kota dan tanggal bisa ditempatkan di bagian bawah surat setelah salam penutup dengan rata kanan.
  8. Nama dan Tanda Tangan
    Bagian lain dari surat dispensasi adalah nama dan tanda tangan. Kedua hal ini menjadi penting sebagai penjelas dari pengirim surat dispensasi tersebut. Nama ditulis dengan nama lengkap yang jelas dan ditambahkan dengan tanda tangan yang tepat.
  9. Stempel
    Khusus surat dispensasi yang dibuat oleh suatu instansi, maka stempel menjadi hal yang penting untuk ditambahkan. Dalam hal ini, stempel adalah salah satu tanda jika surat dispensasi tersebut adalah surat yang resmi dan tentu saja merupakan bukti penguat dari pembuatan surat.
    Nah, poin di atas menjelaskan tentang bagian dari surat dispensasi yang harus ada dalam surat tersebut. Tentu saja, bagian dari surat dispensasi tersebut harus ditulis dengan runtut. Selain itu, bagian dari surat dispensasi ini juga akan menunjukkan bahwa surat yang kamu buat sudah benar dan sesuai dengan ketentuan yang diberikan.

Tips Membuat Surat Dispensasi

Setelah mengetahui pengertian dan bagian dari surat dispensasi, berikut ada beberapa tips untuk membuat surat dispensasi yang cukup penting untuk kamu perhatikan.

  1. Gunakan bahasa formal yang baik
    Bahasa menjadi hal yang sangat penting dalam pembuatan surat dispensasi. Sebagaimana diketahui, surat dispensasi adalah jenis surat resmi. Oleh karena itu, dalam pembuatan surat ini, maka kamu pun harus menggunakan bahasa formal yang baik. Selain menggunakan bahasa formal, hindari menggunakan bahasa pribadi yang terkesan tidak sopan. Dan ingat, hindari pula untuk menyingkat kata dalam penulisan surat dispensasi ini karena akan menimbulkan kesan yang kurang sopan.
  2. Hindari menulis isi surat terlalu panjang
    Seperti yang kita ketahu, surat dispensasi ini dibuat sesuai dengan kepentingannya. Untuk itu, surat ini tentu hanya dibuat untuk menjelaskan suatu kepentingan saja dan bukan untuk menjelaskan hal lain. Oleh karena itu, hindari menulis surat dispensasi yang terlalu panjang dan bertele-tele. Terlebih jika surat dispensasi tersebut dibumbui dengan hal-hal yang cenderung bersifat terlalu pribadi.
  3. Perhatikan penulisan surat
    Dalam penulisan surat, salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan penulisan. Ini merupakan kesalahan yang terus saja berulang dan sangat merepotkan. Kesalahan penulisan pada level yang mengganggu bisa membuat informasi di dalam surat tidak tersampaikan atau bisa dipahami dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan penulisan dengan baik dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan dalam surat dispensasi sehingga seluruh informasi yang ada bisa dipahami dengan baik.
  4. Sampaikan informasi yang Jelas
    Hal lain yang penting untuk diperhatikan saat menulis surat dispensasi adalah memberikan informasi yang jelas. Dalam hal ini, informasi yang jelas menjadi roh dari surat dispensasi. Dengan informasi yang jelas, kamu tentu bisa mendapatkan izin atau keringanan dengan cepat sesuai harapan.
  5. Perhatikan waktu pengiriman
    Memperhatikan waktu mengirim surat dispensasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini menjadi perlu karena ada keputusan yang akan diberikan terkait pengajuan dispensasi tersebut. Oleh karena itu, jangan mengirimkan surat dispensasi dalam waktu yang terlalu mepet.

Contoh Surat Dispensasi

Ada banyak contoh surat dispensasi yang bisa kamu temukan. Namun, pada umumnya surat dispensasi tersebut tetap memiliki tujuan yang sama. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mendapatkan dispensasi kalau kamu tidak membuat surat dispensasi dengan benar. Karena jika kamu tidak menyertakan format yang benar dalam membuat surat dispensasi tersebut, maka kamu pun tidak akan diberikan dispensasi oleh instansi, lembaga, atau organisasi terkait.
Jika kamu memerlukan contoh untuk membuat surat dispensasi yang akurat, di bawah ini Mamikos sudah berikan beberapa referensinya.

1. Contoh Surat Dispensasi Pembayaran Sekolah

1vuk5m2wsimz2ybwqoijiecq-wpengine.netdna-ssl.com

Terkadang ada beberapa siswa yang memiliki masalah dalam perekonomian keluarganya. Hal ini menyebabkan siswa tersebut harus telat dalam melakukan pembayaran uang sekolah. Adapun berikut contoh surat dispensasi yang bisa diberikan ketika kamu berada di situasi seperti ini.

Kepada
Yth. Kepala SMA Negeri 7 Makassar
Di tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Sintia Lalana
Tempat Tanggal Lahir: Makasssar, 11 Juli 2001
Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan 09 Makassar

Sehubungan dengan kondisi perekonomian keluarga yang tidak stabil, saya bermaksud mengajukan permohonan keringan biaya SPP. Melalui surat ini saya sampaikan pula bahwa saya masih tetap ingin melanjutkan studi di SMA Negeri 7 Makassar. Saya siap menerima ketentuan maupun bentuk perjanjian lainnya yang akan diberikan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen pendukung berupa slip gaji orang tua dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan.

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan perkenan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui Siswa

Orang Tua Wali Sintia Lalana

2. Surat Dispensasi Sekolah untuk Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

image-cdn.medkomtek.com

Ekstrakurikuler adalah salah satu kegiatan sekolah yang memang memberikan tambahan pemahaman siswa yang mungkin tidak didapatkan dari pelajaran di sekolah. Kegiatan ini memberikan efek positif terhadap perkembangan siswa. Akan tetapi, terkadang kegiatan tersebut memerlukan pengorbanan waktu sekolah karena berbarengan. Solusi yang bisa diambil adalah dengan membuat surat dispensasi kepada pihak sekolah.
Surat dispensasi ini nantinya akan memberikan izin bagi siswa yang dimaksud untuk bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tanpa terkena hukuman karena membolos pelajaran. Nah, adapun surat dispensasi yang bisa dibuat adalah sebagai berikut:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 89 KOTA BANDUNG
Jalan Asam Manis Nomor 69 Bandung, Telepon: 022 – 898166

Nomor: 009/PK/70/X/2018
Lampiran: 1 halaman
Perihal: Dispensasi

Kepada
Bapak/Ibu Guru Kelas X-C
Di tempat

Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Dengan hormat,

Puji dan syukur atas hadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita hingga saat ini. Selawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan umatnya dan semoga kita termasuk ke dalam umatnya yang beruntung.

Bapak/Ibu yang kami hormati,
Sehubungan dengan akan diadakannya perlombaan P3K tingkat SMA se- Kota Bandung, maka melalui surat ini, kami menyampaikan bahwa siswa kelas X-C yang namanya terlampir bersamaan surat ini untuk diberikan keringanan atau dispensasi untuk tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah selama kegiatan perlombaan tersebut berlangsung.

Adapun pelaksanaan perlombaan yang dimaksud adalah:

Hari: Senin hingga Rabu
Tanggal: 18 – 20 Desember 2018
Waktu: 09.30 hingga selesai.

Demikian surat ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya untuk menjadikan perhatian semua pihak terkait guna membantu kelancaran para siswa yang bersangkutan. Atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh.

Bandung, 23 November 2018
Kepala SMA Negeri 89 Kota Bandung

Ahmad Hasyim, M. Pd.

3. Contoh Surat Dispensasi Kegiatan Osis

pemimpin.id

Kamu tentu sudah mengetahui tentang organisasi OSIS yang berada di sekolah. Organisasi resmi sekolah ini biasanya akan kita temukan pada SMP dan SMA sederajat. Kegiatan OSIS memang banyak, dan itu menyebabkan para pengurusnya sering harus keluar dari proses belajar mengajar. Maka dari itu, dibutuhkan surat dispensasi dari kepala sekolah selama mengikuti kegiatan tertentu.

Medan, 15 Februari 2018

Nomor : 001/SMK-BM/Dis-VIII/08
Lampiran : 1 Halaman
Perihal : Dispensasi Kegiatan Kampanye OSIS.

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru

Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Dengan hormat disampaikan, sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang setiap tahunnya di laksanakan oleh sekolah.

Dengan ini kami sampaikan bahwa siswa:

Nama: Anton Sanjaya
Kelas: XI IPA 2
Untuk diberikan dispensasi (tidak mengikuti proses KBM) di sekolah selama kegiatan berlangsung, yaitu pada:
Hari/Tanggal: Senin, 19 Februari 2018
Waktu: Pukul 08.00 – Selesai
Tempat: SMK Negeri 2 Medan

Demikian kami sampaikan, untuk menjadi perhatian semua pihak dan kepada pihak-pihak terkait supaya membantu kelancaran tugas yang bersangkutan.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Medan,

Ahmad Bajuri, M. Pd

4. Contoh Surat Permohonan Dispensasi Pembayaran Kuliah

i.insider.com

Buat kamu yang sedang menempuh pendidikan di jenjang perguruan tingi, maka tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika kamu merantau ke luar kota. Namun, terkadang keadaan membuat kamu tidak bisa membayar uang iuran ataupun uang semester dengan tepat waktu. Maka dari itu, kamu bisa membua surat dispensasi, seperti pada contoh berikut ini.

KEMENTRIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
Alamat : Jl. Letkol H. Endro Suratmin – Bandar Lampung Telp (0721) 703260

Lampiran: –
Perihal: Permohonan dispensasi pembayaran SPP

Kepada Yth.
Wakil Rektor II IAIN Raden Intan Lampung

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan hormat,

Teriring salam dan do’a semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah kepada kita. Shalawat serta salam mari kita sanjung agungkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumil qiamah.

Melalui surat ini saya :

Nama : Sri
NPM : 1611
Jurusan : Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan

Menyampaikan permohonan kepada Wakil Rektor II IAIN Raden Intan Lampung, agar dapat memberikan tenggangwaktu pembayaran SPP semester II (dua) dikarenakan belum adanya dana untuk membayar sesuai dengan jadwal dan ketentuan sebagaimana yang sudah ditetapkan dan saya akan melunasi pembayaran SPP semester II (dua) dengan sesegera mungkin.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan besar harapan saya Bapak/Ibu dapat memberikan kebijakan kepada saya terkait dispensasi pembayaran SPP semester II (dua). Mengingat besarnya harapan saya menyelesaikan studi di kampus IAIN Raden Intan Lampung.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Bandar Lampung, 17 Februari 2017

Mengetahui Pemohon
Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Drs. H. Abdul Hamid M.Ag Sri
NIP : 195804171986031002 NPM : 1611

5. Contoh Surat Dispensasi Mengikuti Kegiatan

expatica.com

Pertukaran pelajar adalah salah satu kegiatan yang sangat bernilai positif bagi siswa. Siswa yang mendapatkan kesempatan ini tentu akan merasakan atmosfer yang berbeda dalam pengalamannya mencari ilmu. Ya, pertukaran pelajar akan membuat seorang siswa bisa merasakan pembelajaran dari sekolah yang berbeda. Tidak hanya itu, pertukaran pelajar bagi sekolah adalah hal yang begitu baik.

Sekolah yang melakukan pertukaran pelajar tentu saja akan cenderung lebih dikenal. Dengan demikian, maka sekolah akan cenderung lebih dianggap sebagai salah satu sekolah bermutu yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan sekolah lain. Nah, siswa yang mengikuti kegiatan pertukaran pelajar tersebut mau tidak mau harus meninggalkan kegiatan belajar di sekolahnya untuk sementara waktu. Itulah kenapa surat dispensasi diperlukan sebagai pemberian izin dari siswa tersebut. Adapun contoh surat dispensasi terkait kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 26 PONTIANAK
Jalan Iskandar Nomor 234 Pontianak
Telepon: 022-671881 Fax: 022-71719

Nomor : 009/PK/98/X/2018

Lampiran : 1 (satu halaman)
Perihal : Dispensasi

Kepada Bapak/Ibu Guru
Kelas X-A

Di tempat,

Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Dengan hormat,

Puji dan syukur senantiasa terucap kepada Allah SWT yang telah memberikan banyak kenikmatan kepada kita hingga saat ini. Tidak lupa, selawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya dan semoga kita senantiasa termasuk salah satu umatnya yang beruntung.

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan pertukaran pelajar yang sudah secara rutin dilakukan setiap tahun di SMA Negeri 26 Pontianak ini yang bekerja sama dengan pemerintah Singapura, maka dengan ini kami sampaikan bahwa siswa:

Nama : Nathan Freud
NIS : 98192
Kelas : XI IPA 2

Untuk diberikan izin atau dispensasi dari kegiatan belajar yang ada di SMA Negeri 26 Pontianak karena akan mengikuti program pertukaran pelajar ke Sekolah Internasional Singapura selama kurang lebih 1 bulan terhitung sejak tanggal 29 November 2018 hingga 29 Desember 2018.

Demikian surat ini disampaikan dengan sebenarnya untuk mendapatkan perhatian dari semua pihak yang terkait agar bisa mendapatkan bantuan sesuai keperluannya. Semoga dengan bantuan semua pihak, rencana pertukaran pelajar tersebut dapat berjalan dengan lancar dan membanggakan sekolah.

Atas perhatian dan bantuan dari Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Pontianak, 17 November 2018

Kepala Sekolah SMA Negeri 26 Pontianak

Johan Efendi, M. Pd.

6. Contoh Surat Dispensasi Dari Desa

i1.wp.com

Surat dispensasi dari desa pun kerap dibutuhkan jika kamu ingin melakukan suatu kegiatan di desa terkait atau untuk keperluan lainnya. Agar kamu tidak kebingungan, berikut adalah contoh surat dispensasi dari desa yang baik dan benar.

RUKUN TETANGGA (RT) 04
RUKUN WARGA (RW) 03
DESA DARUGAN KECAMATAN KADEMANGAN
KABUPATEN BLITAR
E-mail: papat.telu43@yahoo.com

Darungan, 17 Oktober 2016

Nomor: 01/0333/2016
Lampiran: 1 Halaman
Perihal: Dispensasi / Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Pengajar
SMA Negeri 09
Kelas XD

Di Tempat,

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya pelaksanaan kegiatan Warga RT 04 di Desa Darunga, maka kami ingin sampaikan bahwa siswa:

Nama: Siti Nuraini
Kelas: XD

Untuk diberikan disepensasi tidak mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah selama kegiatan berlangsung, yakni pada:
Hari: Senin
Tanggal: 17 Oktober 2016
Tempat: Desa Darungan, Kecamatan Blitar

Demikian surat ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Hormat Kami,

Ketua RT/04 RW 03

Samroni

7. Contoh Surat Dispensasi Pramuka

beritalima.com

Kegiatan Pramuka pun seringkali membutuhkan ijin dari sekolah untuk melancarkan kegiatan selama berlangsung. Hal ini dikarenakan biasanya kegiatan pramuka diadakan bukan pada hari libur. Adapun berikut contoh surat dispenasi untuk kegiatan pramuka yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

PANITIA PERSAMI GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN
MTs. MIFTAHUL ULUM SUMBERGADING
Sekretariat : Jln.Gunung Raung, Sumbergading – Sumberwringin 68287

Sumbergading, 29 Januari 2016

No : 09/Pan.Persami/Mts.MU/I/2016
Perihal: Permohonanijin dispensasi siswa

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Guru
SMA Islam Raudlatul Mustarsydin

Di tempat

AssalamuaalaikumWr. Wb

Sehubungan akan di laksanakanya PERSAMI (Perkemahan Sabtu Malam Minggu) Gugus Depan MTs Miftahul Ulum Sumber gading, maka kami selaku panitia memohon kepada Bapak/ Ibu Guru untuk berkenan mengizinkan siswa /siswi untuk mengikuti kegiatan pada :

Hari : Sabtu
Tanggal : 30 Januari 2016
Pukul : 08.30 WIB s/d Selesai
Tempat : MTs. Miftahul Ulum Sumber gading

Mengingat pentingnya kegiatan ini, kami memohon agar diberikan izin untuk mengikuti kegiatan ini kerena siswa tersebut bagian dari panitia pelaksana. Demikianlah surat permohonan izin ini, atas segala perhatian Bapak/ Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui,
Kepala sSekolah

Yaminah, S.Pd A.Junaedi, S.Pd

8. Contoh surat Dispensasi Untuk Guru

marjon.ac.uk

Bukan hanya siswa, terkadang guru juga tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah dikarenakan satu dan lain hal. Maka dari itu, untuk memegang teguh kode etik guru dan agar terhindari dari masalah, maka sebaiknya sang guru pun harus memegang surat dispensasi seperti berikut ini.

SURAT DISPENSASI
Nomor . 848/435./SMA.1/Disdik/2018

Berdasarkan surat dari Kementerian Agama RI Dirjen Pendidikan Islam Nomor DT.I.II/4/PP.01/1539A/2018 tanggal 10 Februari 2018 perihal Permohonan Dispensasi, untuk itu saya :

Nama : Ahmad Bajuri, M. Pd
NIP : 38953873587
Pangkat/Gol. Ruang : Pembina Tk. 1
Jabatan : Kepala Sekolah

Dengan ini memberikan dispensasi kepada Anton Budiman, S. Pd selaku Guru SMA Negeri 1 Kabupaten Majalengka untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Rohis siswa SMA/SMK tingkat Nasional dengan ketentuan :

Hari : Senin – Rabu
Tanggal : 19 – 21 Februari 2018
Tempat : Buper Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur

Demikian dispensasi ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Majalengka, 15 Februari 2018,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Majalengka,

Ahmad Bajuri. M. Pd

9. Contoh Surat Dispensasi Untuk Mengikuti Olimpiade

i.ytimg.com

Olahraga memang menjadi salah satu ikon yang sangat digemari di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Maka tidak heran kalau banyak olimpiade yang diselenggarakan, baik itu tingkat kabupaten, tingkat provinsi, nasional, sampai dengan internasional. Jika pesertanya merupakan salah seorang mahasiswa, maka tentu harus absen dari proses belajar di kampus dan membutuhkan surat dispensasi.

UNIVERSITAS NEGERI PELANGI HARAPAN BANGSA
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Jl. Bintang Pelajar No. 40 Kota Bandung
Telp. 022 – 345901 Fax. 022 – 345900

Bandung, 15 Februari 2018

Nomor : 005/PK/60/X/2018
Sifat : Penting
Lampiran : –
Perihal : Dispensasi Mahasiswa

Kepada
Bapak Amran Arifin
Dosen Mata Kuliah Biologi Terapan
Di tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya Kegiatan Lomba Olimpiade Biologi Tingkat Nasional se –Universitas di Indonesia yang diadakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Pukul : 08.00 – Selesai
Tempat : Gedung Sains Dan Teknologi Universitas
Maka kami sampaikan bahwa mahasiswa yang namanya disebut di bawah ini :

Anton Siak NIM. 389853
Restu Lestari NIM. 873789
Nita Sarinita NIM. 8945443
Anton Begu NIM. 903458

Merupakan mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti kegiatan tersebut. Sehubungan dengan kegiatan tersebut, bersama surat ini disampaikan permohonan dispensasi ijin untuk meninggalkan kuliah selama kegiatan tersebut berlangsung. Mengingat pentingnya kegiatan ini, kami mohon agar dapat memenuhi permohonan kami dan mendukung keberlangsungan kegiatan ini.

Demikian surat permohonan dispensasi ini kami susun. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,
Dekan Fakultas FMIPA,

Ahmad Bajuri, M. Pd

10. Contoh Surat Dispensasi Tidak Masuk Kerja

businesscomparison.com

Dalam waktu-waktu tertentu, baik karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti pelatihan yang diadakan di luar kantornya. Sebelum mengikuti pelatihan karyawan harus membuat surat permohon dispensasi dahulu. Sehingga dalam absensi kantor kita tetap akan terhitung masuk dan tidak dianggap bolos. Adapun berikut surat dispensasi tidak masuk kerja dikarenakan mengikuti pelatihan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Surat Dispensasi
Nomor: XII/AUA/121016

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Gunawan Andi
NIP: 19082737463332
Pangkat / Gol Ruang: IV/e
Jabatan: Kepala Biro Dokumentasi Media Massa
Unit Kerja: Dokumentasi Media Massa

Dengan ini memberikan dispensasi kepada:

Nama: Rudi Bimo
Tempat/Tgl. Lahir: 1 Januari 1988
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Pendidikan: S1 Komunikasi
NIP : 19082737463332
Pangkat / Gol Ruang: III/a
Jabatan: Penata Muda
Lokasi Kerja: Ruang Arsip Video

Untuk mengikuti serangkaian pelaksanaan pelatihan kepenulisan jurnalistik yang diadakan MENKOMINFO pada 12 – 16 Oktober 2016 di Hotel Hakiha Ngawi.

Demikian surat keterangan dispensasi ini kami buat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Magetan, 5 Oktober 2016
Kepala Biro Dokumentasi Media Massa

(Gunawan Andi)
NIP. 19082737463332

11. Contoh Surat Dispensasi Organisasi

1.bp.blogspot.com

Tak hanya instansi pemerintahan atau swasta saja yang memerlukan surat dipensasi, suatu organisasi nyatanya juga membutuhkan. Ada banyak organisasi di Indonesia yang kerap memiliki banyak anggotanya pula. Buat kamu yang ingin mengikuti kegiatan organisasi namun terhalang karena ada suatu pekerjaan atau harus masuk kuliah maupun sekolah, kamu pun bisa membuat surat dispensasi agar mendapatkan pengertian dari instansi atau lembaga terkait. Adapun berikut contoh surat dispensasi organisasi yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

ORGANISASI BANDUNG KARATE CLUB (BKC)
SMA NEGERI 7 KABUPATEN TANGERANG
Jl. Raya Kresek Km. 09, Ds. Patrasana, Kec. Kresk 15620. Telp. 021-562-88363

Nomor: 004/I/BKC/SMAN 7/V/2012
Lampiran: 1 lembar
Perihal: Permohonan izin dispensasi

Kepada Yth.
Bapak/Ibu guru
Di Tempat

Dengan hormat,

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan selaku umatnya.

Selanjutnya, sehubungan dengan akan diadakan Kejuaraan Antar Dojo Karaet BKC Se-Banen “UNTIRTA CUP 2012” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Bela Diri (UKM IKABE) Cabang Karate BKS Universitas Ageng Tirtayasa, yang insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari: Sabtu
Tanggal: 12 Mei 2012
Waktu: 08.00 WIB s.d selesai
Tempat: Gelenggang Remaja Maulana Yusuf Ciceri

Maka kami selaku pengurus Organisasi BKC SMAN 7 Kab. Tangerang mengajukan permohonan dispensasi dalam rangka mengikuti kejuaraan tersebut. Adapun daftar peserta yang mengikuti kegiatan terlampir.

Demikian surat ini kami buat dan sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu guru kami ucapkan terima kasih.

Kresek, 08 Mei 2012
Ketua BKC

Deni Herdiana
NIS: 1028334

12. Contoh Surat Dispensasi Instansi Pemerintahan

m.ayobogor.com

Instansi pemerintahan juga seringkali mengeluarkan surat dispensasi ketika salah seorang pegawai PSN tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya. Hal ini mungkin saja disebabkan ada pekerjaan lain di luar kantor yang harus diselesaikan, atau mungkin karena ada instansi lain yang butuh bantuan dari instansi tersebut, seperti pada salah satu contoh berikut ini.

PANITIA PEMUNGUTAN SUARA
KELURAHAN 9 – 10 ULU
KECAMATAN SEBRANG ULU 1

Palembang, 15 Februari 2018

Nomor : I/II/III/IV/2018
Sifat : Penting
Lampiran : –
Perihal : Dispensasi

Kepada Yth,
Bapak Subarjo, ST
di Tempat

Sehubungan akan diselenggarakan PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH TAHUN 2018 pada hari Senin, 19 Februari 2018, maka mohon dengan hormat, Kepada Saudara :

Nama : Alfian Sutoyo, SH
Jabatan : Anggota KPPS TPS 07
Alamat : Jl. Raya Niaga No. 123 Palembang
Mohon Diberikan DISPENSASI / IJIN untuk membantu KPU Kota Palembang melalui (Panitia Pemungutan Suara) PPS Kelurahan 9-10 Ulu ikut melaksanakan tugas sebagai KPPS di Kelurahan 9-10 Ulu KecamatanSeberang Ulu I Palembang.

Demikian atas bantuannya disampaikan terima kasih.

Mengetahui,
PPS 9/10 Ulu Palembang

Ahmad Bajuri, SE

Demikian informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait 12 contoh surat dispensasi yang benar sesuai dengan berbagai keperluan kalian. Semoga contoh surat dispensasi di atas bisa menjadi referensi kalian ya! Nah, buat kamu yang berencana ingin merantau di luar kota guna menempuh pendidikan di kampus idaman, jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di kota rantau tujuan kamu dengan praktis dan mudah.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta