Contoh Teks Eksplanasi Tentang Covid-19 Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Covid-19 Beserta Strukturnya — Dalam menjelaskan sebuah topik atau peristiwa seperti Covid-19 dapat menggunakan teks eksplanasi. Berikut beberapa contoh teks eksplanasi tentang Covid-19.



Selain itu mamikos akan menjelaskan beberapa informasi mengenai teks eksplanasi secara lengkap untuk mengetahui maksud dari teks eksplanasi itu sendiri.

Ketahui Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya di Sini

pexels.com

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks berbahasa Indonesia yang memiliki prosedur tersendiri. Terdapat beberapa pengertian teks eksplanasi menurut beberapa ahli.


Menurut Anderson, teks eksplanasi adalah sebuah teks yang bertujuan untuk menjabarkan sebuah peristiwa mengenai berbagai hal yang terjadi di seluruh dunia.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi digunakan untuk menjabarkan segala hal yang terjadi di sekitar seperti perubahan budaya atau yang lainnya.

Teks tersebut akan menjelaskan dengan rinci mengenai topik tersebut seperti sebab akibat dari sebuah kejadian tersebut.



Struktur dari Teks Eksplanasi

Seperti yang telah dijelaskan pada ciri ciri teks eksplanasi, teks eksplanasi terdiri dari beberapa struktur atau kerangka teks yang jelas.

Teks eksplanasi memiliki 3 struktur yang harus termuat didalamnya. Berikut 3 struktur dari teks eksplanasi.

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum dalam sebuah teks eksplanasi ini memuat berbagai informasi umum atau gambaran secara luas mengenai sebuah peristiwa yang akan dijadikan topik pembahasan.


Di dalam bagian pernyataan umum ini biasanya akan membahas topik tentang penyebab sebuah peristiwa terjadi.


2. Deret Penjelasan

Isi dari deret penjelasan ini bisa berbeda sesuai dengan jenis topik yang akan dibahas. Seperti berisi alur terjadinya suatu peristiwa.

3. Bagian Interpretasi

Pada bagian Interpretasi ini akan menampilkan makna atau Interpretasi dari sebuah peristiwa yang telah dijelaskan. Biasanya bagian ini akan mengandung kesimpulan dari sebuah peristiwa.

Daftar Contoh Teks Eksplanasi Tentang Covid-19

Setelah mengetahui beberapa penjelasan mengenai teks eksplanasi secara lengkap, mamikos akan memberikan beberapa contoh struktur teks eksplanasi yang bisa ditulis mengenai penyakit Covid-19.


1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Covid-19: Contoh Pertama

1. Paragraf Pembuka atau Pernyataan Umum

Virus Covid-19 atau juga bisa disebut sebagai virus corona ini adalah sebuah pandemi yang saat ini telah menyebar di seluruh dunia.

Pandemi Covid-19 ini pertama kali muncul di negara China yaitu Kota Wuhan pada bulan Desember 2019. Setelah ditemukan tersebut, virus ini dengan cepat menyebar ke orang lain.

Virus ini kemudian dengan cepat menyebar di seluruh wilayah, bahkan berbagai negara merasakan pandemi ini.


Virus Covid-19 ini mulai menyebar di Indonesia pada bulan Maret tahun 2020, dan dengan cepat menyebar di berbagai wilayah Indonesia.


2. Paragraf Isi atau Deret Penjelasan

Virus Covid-19 ini merupakan sebuah perkumpulan virus asing yang dapat menyerang saluran pernapasan manusia. Virus ini akan dengan mudah menginfeksi tubuh ketika imun tubuh kurang.

Sehingga virus ini dapat menyebabkan kematian pada penderita yang memiliki imun tubuh yang rendah.

Virus Covid-19 ini pada awalnya diduga muncul dari hewan liar yang sengaja dikonsumsi oleh manusia, seperti ular dan kelelawar.


Akan tetapi sudah tersebut belum terbukti secara ilmiah. Karena sifat virus ini yang sangat cepat menular ke orang lain, virus ini dianggap sebagai pandemi yang menjalar di seluruh dunia.


Penyebaran virus Covid-19 ini menyebabkan berbagai permasalahan serta kerugian dari berbagai aspek yang dirasakan di seluruh dunia, seperti aspek ekonomi dan pariwisata.

3. Paragraf Interpretasi atau Paragraf Penutup

Untuk menghindari terinfeksi virus Covid-19 ini, diharapkan untuk rajin cuci tangan serta jangan lupa untuk tetap menggunakan masker.

Selain itu juga diharapkan untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 secara lengkap, untuk menambah kekebalan tubuh dalam menghadapi virus ini.


2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Covid-19: Contoh Kedua

Berikut contoh teks eksplanasi tentang covid-19 yang kedua


1. Paragraf Pembuka atau Pernyataan Umum

Pandemi Covid-19 saat ini sedang terjadi di seluruh dunia dan tingkat penyebaran yang sangat tinggi. Bahkan dalam penyebaran virus Covid-19 tersebut, muncul berbagai varian Covid-19.

Salah satu varian Covid-19 ini adalah varian Delta Plus. Dan varian ini juga sudah muncul di Indonesia. Virus ini muncul karena mutasi virus tambahan yaitu “K417N”.

2. Paragraf Isi atau Deret Penjelasan

Mutasi virus “K471N” ini sangat membahayakan tibuh karena antibodi yang terkandung dalam tubuh susah untuk mendeteksi virus ini.


Varian virus Covid-19 satu ini pertama kali muncul di Inggris yang juga dikenal sebagai “B.1.617.2.1” serta “AY.1.”


Varian ini memiliki karakteristik virus yang lebih mudah untuk masuk dan mencemari sel yang ada di dalam tubuh. Kemudian antibodi yang dimiliki oleh tubuh kurang efektif untuk menangkal varian ini.

3. Paragraf Penutup atau Interpretasi

Untuk mencegah terinfeksi virus Covid-19 jenis ini diperlukan perhatian yang lebih. Tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Serta melakukan vaksinasi Covid-19 secara lengkap. Hindari kerumunan serta tetap waspada dalam keadaan sekitar.

3. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Covid-19: Contoh Ketiga

Contoh teks eksplanasi dan struktur ketiga ini masih membahas tentang penularan dari virus Covid-19.

1. Paragraf Pembuka atau Pernyataan Umum

Virus Covid-19 merupakan salah satu virus yang dapat menyebar dengan cepat antar individu. Semakin lama, kasus penyebaran Covid-19 sendiri semakin hari semakin bertambah.

Di Indonesia sendiri, jumlah masyarakat yang terjangkit mencapai lebih dari jutaan jiwa dan bisa mencapai ratusan masyarakat setiap harinya.


Kasus Covid-19 di dunia juga telah mencapai puluhan juta kasus. Penyakit ini dapat menyerang organ pernapasan. Virus ini dapat menyebar melalui tetesan air dari hidung, mulut dan bagian tubuh lainnya.

Serta dapat menularkan melalui droplet. Penularan tersebut lebih cepat menyebar terutama saat sakit batuk, bersin, dan saat sedang berbicara dengan orang lain.

Virus ini juga dapat melekat pada benda benda yang ada di sekitar serta dapat menyebar melalui kontak fisik. Oleh karena itu, seseorang harus mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun.

2. Paragraf Isi atau Deret Penjelasan

Virus ini pertama kali dilaporkan pada tanggal 31 Desember 2019. World Health Organization atau WHO menerima informasi kasus seperti gejala pneumonia pada kota Wuhan, China.

Pada tanggal 7 Januari 2020, China mengkonfirmasi bahwa telah menemukan virus baru yang bernama virus corona. Virus ini merupakan satu golongan dari virus flu, virus SAR, dan virus MERS.

Virus ini pertama kali dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 2.000 korban jiwa. Korban virus pertama kali muncul di Wuhan, Provinsi Hubei dan sekitarnya.

COVID-19 merupakan singkatan nama dari Corona Virus Disease 2019. Virus Corona termasuk dalam golongan virus flu seperti MERS-SoV atau Middle East Respiratory Syndrome.

Virus corona varian ini dinamakan virus COVID-19 oleh WHO pada tanggal 11 Februari 2020. Orang yang terinfeksi virus COVID-19 ini harus mendapatkan perawatan intensif kurang lebih 14 hari.

Menurut laporan, virus COVID-19 ini dapat menginfeksi orang lain sebelum menunjukkan gejala gejala dari virus ini.

3. Paragraf Penutup atau Interpretasi

Penularan virus COVID-19 ini diperkirakan dapat menular melalui droplet saat orang tersebut batuk. Penyebaran virus ini hampir sama seperti penyebaran virus influenza dan virus pernapasan lainnya.

Virus COVID-19 ini juga dapat menularkan virus melalui benda yang ada di sekitar. Virus tersebut dapat menulari orang lain apabila langsung menyentuh anggota badan tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Gunakan masker saat ingin keluar rumah dan berada di area kerumunan dan gunakan desinfektan untuk menghilangkan virus yang ada di benda sekitar.

Contoh teks eksplanasi tentang covid-19 dan penjelasan lengkap tentang teks eksplanasi ini dapat dijadikan referensi dalam pembuatan teks eksplanasi yang benar.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta