Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Kesehatan, Pencernaan pada Manusia, dan Makanan Sehat

Berikut ulasan menarik mengenai contoh teks eksplanasi tentang kesehatan, pencernaan pada manusia, dan makanan sehat. Yuk, simak bersama!



Ada banyak sekali topik yang terkait dengan kesehatan, misalnya pencernaan pada manusia dan makanan sehat. Kamu pasti tahu jika makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Artikel ini akan membahas materi tentang teks eksplanasi. Kemudian, ada beberapa contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan supaya kamu bisa lebih paham dan mampu membuat teks eksplanasi sendiri.

Memahami Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Kesehatan

pexels.com

Teks eksplanasi ialah teks yang memuat alasan dan metode mengenai terjadinya suatu peristiwa.

Peristiwanya sendiri bisa berupa alam, sosial, budaya dan lain sebagainya. Naskah ini didasari atas hubungan sebab akibat dan proses peristiwa tersebut.


Tujuannya ialah menggambarkan peristiwa yang memuat kausalitas dan proses. Kalau kamu membaca naskah semacam ini maka akan mendapati si penulis mencoba menjelaskan suatu peristiwa secara detail.


Ketika membaca contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan, kamu akan mendapati struktur tulisan terdiri atas 3 bagian, yakni pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi. 

Pernyataan umum cukup memuat informasi sederhana mengenai fenomena yang dibahas di dalam naskah. Contohnya dengan memasukkan informasi mengenai mengapa suatu fenomena terjadi.


Selanjutnya, bagian deretan penjelasan yang memuat proses fenomena, mulai dari sebelum terjadinya hingga dampak setelahnya.


Bagian dari contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan ini juga dapat menjelaskan mengenai cara mengatasinya jika muncul kembali.

Struktur paling akhir ialah interpretasi yang memuat pendapat penulis. Akan tetapi, bukan berupa pendapat bebas. Pendapatnya perlu disesuaikan dengan temuan data dalam fenomena yang diteliti.

Bagian interpretasi ini lantas ditutup dengan kesimpulan. Kamu pasti sudah hapal dong apa itu kesimpulan?


Ingat, untuk membuat kesimpulan secara singkat, padat, dan jelas, seperti contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan.


Kesimpulan mempunyai peran cukup penting bagi pembaca sebab tidak jarang ada bagian yang pembaca lupa ketika sampai di akhir tulisan.

Dengan adanya kesimpulan, pembaca bisa mengingat kembali bagian penting dari teks eksplanasi.

Apalagi teks eksplanasi yang berkaitan dengan kesehatan bukan hanya dapat dipakai untuk memperkaya ilmu pengetahuan.


Teks eksplanasi juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mengenai manfaat minum air putih.


Ciri-Ciri Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Kesehatan

Teks eksplanasi mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis tulisan lain. Ketika melihat beberapa jenis tulisan, kamu bisa memperhatikan ciri di bawah ini untuk mengidentifikasi teks eksplanasi.


1. Struktur Jelas

Struktur teks eksplanasi terdiri dari 3 bagian, yaitu pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi.

Kalau misalnya kamu sedang mencari contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan, biasanya akan memuat struktur yang jelas. 

Struktur naskah tersebut sudah pasti akan dimulai dengan pernyataan umum, lalu deretan penjelasan dan terakhir ialah interpretasi.


Kalau misalnya sebuah tulisan tidak memuat struktur tersebut maka bukan termasuk jenis teks eksplanasi.


2. Fakta 

Ciri selanjutnya ialah isi teks yang berupa fakta. Kalau kamu membaca jenis tulisan seperti novel, cerpen, atau puisi pasti identik dengan hal fiksi atau imajinasi. 

Jadi, hal ini berbeda sekali dengan teks eksplanasi yang sepenuhnya hanya memuat fakta.

Kalau misalnya kamu sedang mencari contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan, namun menemukan imajinasi di dalamnya maka dapat dipastikan tulisan tersebut salah.


3. Informatif 

Jenis tulisan lain bisa saja berfungsi untuk memberi hiburan kepada pembaca. Namun, teks eksplanasi mempunyai tujuan utama menghadirkan informasi detail yang biasanya sesuai dengan keperluan masyarakat.


Umumnya tulisan yang disajikan memuat informasi paling baru mengikuti perkembangan zaman. Ciri informatif ini mengacu pada teori dan penelitian ilmiah yang umumnya termuat dalam tulisan terkait.

Kalau kamu mencari contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan di internet, biasanya akan muncul tulisan berisi informasi paling baru dalam bidang terkait.

Terutama berkaitan dengan penyakit atau produk penelitian yang baru muncul.


Misalnya saja penyakit yang disebabkan oleh virus Covid-19. Virus tersebut muncul di tahun 2020. Virus tersebut belum ada jika kamu mencari informasinya di tahun 2000. 

1. Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Kesehatan Berupa Covid Somnia

Covid-19 merupakan virus yang membuat gempar masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Pada awal kemunculannya, banyak pihak berupaya mencegah penularannya.

Akan tetapi, ada celah bagi virus tersebut untuk menyebar di masyarakat tanah air.


Dalam contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan berikut, kami bukan menyampaikan mengenai virusnya. Melainkan lebih fokus pada efek samping orang-orang yang pernah terserang Covid-19.

Pernyataan Umum

Sekarang ini sudah cukup banyak masyarakat Indonesia yang memperoleh fasilitas vaksin Covid-19.

Namun, vaksin tidak mampu menjadi solusi final dari permasalahan Covid-19 terutama akibat munculnya varian virus baru. 


Munculnya post-covid syndrome rupanya menyerang mental masyarakat yang pernah terinfeksi virus Covid-19, bukan sekadar mempengaruhi kondisi fisik. Istilah terkait disebut dengan Covid Somnia.

Deretan Penjelasan

Pembahasan mengenai Covid Somnia bermula dari studi observasional atas 230.000 rekam medis pasien yang termuat di jurnal The Lancet Psychiatry.

Penelitian tersebut menunjukkan satu dari tiga orang penyintas Covid-19 akan mengalami gangguan psikiatri.

Gangguan saraf atau gangguan psikiatri tersebut terjadi 6 bulan sesudah terinfeksi virus Covid-19. Gangguan psikiatri paling banyak dialami ialah insomnia dan gangguan kecemasan.

Istilah Covid Somnia menunjukkan efek pandemi global atas pola tidur seseorang. Data yang didapatkan dari berbagai negara di dunia menunjukkan banyaknya populasi menderita kesulitan tidur.

Interpretasi 

Covid-19 bukan hanya membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik, namun juga mental penderitanya. Covid Somnia membuat penderitanya mengalami gangguan tidur.

Oleh sebab itu, perlu untuk memulihkan diri secara fisik dan mental usai terserang Covid-19.

2. Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Kesehatan berkaitan dengan Epilepsi

Ketika ingin membuat teks eksplanasi berkaitan dengan kesehatan, kamu bisa memilih sebuah penyakit dan cara pencegahannya. Salah satu contohnya ialah dengan mengangkat topik epilepsi. 

Contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan berkaitan dengan epilepsi bisa memuat informasi mengenai cacing pita.

Sepertinya, sebagian orang merasa heran dengan hubungan keduanya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pernyataan Umum

Menyimak temuan kasus di China, terdapat seorang pasien menderita epilepsi akibat cacing pita.

Sebenarnya, cacing pita lebih umum dikenal sebagai cacing penginfeksi saluran pencernaan.

Namun, rupanya cacing pita juga mampu mengganggu bagian tubuh manusia lainnya, seperti otak. Ketika cacing pita mencapai otak maka seseorang akan mengalami epilepsi.

Deretan Penjelasan

Cacing pita mampu masuk ke tubuh manusia ketika masih berupa telur cacing.

Telur cacing pita mudah ditemukan pada makanan, misalnya saja daging babi. Telur tersebut nantinya akan menetas di dalam saluran pencernaan. 

Lantas, mampu keluar dari usus dan menetap di bagian tubuh lain, misalnya saja otak. Penyakit epilepsi sendiri dapat terjadi akibat adanya cacing pita di bagian korteks otak.

Interpretasi 

Cacing pita yang umum ditemukan di makanan misalnya daging atau makanan kotor yang mampu mengancam kesehatan manusia. Mungkin hal ini tampak remeh. Namun, dampak negatifnya cukup besar. 

Cacing pita mampu menyebabkan epilepsi. Namun, hal ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan makanan dan menjalankan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat ialah mencuci tangan sebelum makan.

Jika saja terlanjur mengalami infeksi akibat cacing pita, maka segera lakukan penanganan. Seperti pergi ke pusat medis terdekat sehingga tidak akan menyebabkan dampak lebih buruk.

3. Contoh Teks Eksplanasi tentang Kesehatan Akibat Merokok

Apakah kamu sudah tahu bahayanya merokok? Banyak sekali masyarakat Indonesia yang masih merokok, padahal dampaknya cukup membahayakan kesehatan.

Pemerintah sendiri juga sudah berupaya menghimbau masyarakat untuk menjauhi rokok.

Kalau kamu pernah tergoda untuk merokok, coba dahulu simak contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan akibat merokok berikut ini sehingga tidak terjerumus dalam dunia rokok.

Pernyataan Umum

Rokok ialah gulungan kertas atau daun nipah berisi tembakau. Ukurannya sendiri cukup bervariasi. Cara memakainya ialah dengan membakar salah satu ujungnya dan menghisap ujung lainnya menggunakan mulut.

Deretan Penjelasan

Banyak kandungan rokok yang berbahaya bagi tubuh, misalnya zat nikotin yang mampu mengakibatkan kecanduan, darah lekas membeku, merusak jaringan otak, dan mengeraskan dinding arteri.

Banyaknya dampak negatif yang disebabkan oleh rokok membuat pemerintah berupaya untuk mengkampanyekan bahaya rokok.

Bahkan, keterangan mengenai akibat merokok dicantumkan dalam setiap bungkus rokok.

Bahaya rokok yang bisa kamu jumpai di bungkusnya ialah bahwa rokok mampu menyebabkan gangguan pernapasan, kanker, penyakit jantung, hingga membahayakan ibu hamil.

Kamu pasti akan menemukan informasi tersebut di setiap bungkus rokok legal.

Interpretasi 

Masyarakat memang perlu disadarkan mengenai bahaya merokok. Mungkin karena banyak orang tampak sehat-sehat saja meskipun merokok. Hal itu menjadi alasan untuk menganggap rokok tidak berbahaya.

Padahal, banyak pula masyarakat yang sudah menjadi korban keganasan rokok. Misalnya saja paru-paru menguning. Paru-paru menguning tentu akan membuat pemiliknya tidak nyaman.

Bukan hanya memberi dampak negatif bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar, rokok juga mampu menyebabkan pencemaran lingkungan yang merusak alam. Terlalu banyak dampak negatif dari sebuah rokok.

4. Contoh Teks Eksplanasi mengenai Sistem Pencernaan Manusia

Selain contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan, kamu juga bisa menemukan contoh teks eksplanasi mengenai sistem pencernaan manusia di artikel ini.

Secara garis besar, sepertinya kamu sudah tahu beberapa organ pencernaan manusia, bukan?

Materi semacam ini sebenarnya sudah cukup sering disinggung dalam dunia pendidikan, misalnya dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk anak SD.

Namun, supaya memperoleh informasi lebih detail dan ringkas kamu bisa menyimak teks ini saja.

Pernyataan Umum

Sistem pencernaan manusia terdiri dari saluran pencernaan yang memuat rangkaian organ mulai mulut sampai dengan anus.

Organ yang sehat akan membuat manusia bisa mencerna makanan secara optimal tanpa ada kendala tertentu.

Deretan Penjelasan

Organ yang mendukung saluran pencernaan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Organ lain yang mungkin tidak berperan secara langsung ialah hati, pankreas, dan kantong empedu.

Pencernaan sendiri membantu manusia untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehingga mampu beraktivitas secara normal dan tubuh terjaga kesehatannya.

Nutrisi yang diperlukan tubuh diantaranya ialah protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan air.

Sistem pencernaan akan memecah nutrisi ke dalam bagian-bagian kecil supaya mudah diserap tubuh dan diolah menjadi energi, pertumbuhan, atau perbaikan sel.

Ketika makanan sudah berhasil dipecah ke dalam bagian-bagian kecil, lantas tubuh akan menyerap nutrisinya.

Sementara, usus besar berperan dalam menyerap air dan mengeluarkan limbah berupa tinja. Proses pencernaan juga dibantu oleh saraf dan hormon.

Interpretasi 

Manusia mempunyai saluran pencernaan yang mampu menyerap nutrisi dari makanan dan minuman.

Melalui proses yang berjalan normal, tubuh manusia akan mendapat energi dan bertumbuh dengan baik. Oleh sebab itu, perlu untuk menjaga organ agar tetap sehat.

5. Contoh Teks Eksplanasi Singkat tentang Makanan Sehat

Tahukah kamu kalau contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan juga bisa berkaitan dengan makanan? Masih banyak orang yang abai mengenai makanan.

Padahal, jika sering mengonsumsi makanan tidak sehat bisa menimbulkan beragam jenis penyakit.

Misalnya saja ketika setiap hari mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan, pewarna kimia, zat pengawet kimia, dan lain sebagainya. Tentu lama-kelamaan akan mengganggu kesehatan tubuh.

Supaya kamu juga bisa turut menjaga kesehatan, coba simak contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan di bawah ini. Sekaligus mempelajari strukturnya sebagai panduan untuk menulis teks eksplanasi.

Pernyataan Umum

Tubuh manusia memerlukan asupan nutrisi setiap harinya. Asupan tersebut dapat diperoleh melalui aktivitas mengonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat sendiri dapat diperoleh dengan membeli bahan jadi maupun memasaknya sendiri.

Deretan Penjelasan

Makanan sehat ialah makanan segar yang mampu menaikkan nutrisi di dalam tubuh tatkala dikonsumsi. Umumnya, makanan sehat mempunyai gizi seimbang sehingga cocok untuk tubuh manusia. 

Ada banyak jenis makanan sehat yang dapat dipilih, mulai dari sayuran, telur, buah, hingga daging.

Untuk jenis sayuran dan buah sangat mudah untuk diperoleh, misalnya dengan membeli di pasar atau supermarket terdekat.

Pilihan sayuran dan buah juga ada banyak, misalnya saja bayam, wortel, apel, dan lain sebagainya.

Jika ingin memperoleh asupan protein hewani maka bisa memilih telur atau daging. Namun, tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Interpretasi 

Terdapat banyak sekali ragam makanan sehat di sekitar tempat tinggal yang dapat diperoleh dengan mudah.

Oleh sebab itu, perlu sekali untuk mengonsumsi makanan sehat setiap hari supaya nutrisi dalam tubuh selalu terjaga.

6. Contoh Teks Eksplanasi mengenai Manfaat Makanan Sehat

Apakah kamu masih memerlukan contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan?

Satu lagi contoh naskah mengenai makanan sehat sepertinya akan cukup membantu. Apalagi informasi ini juga sangat tepat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi informasi ini juga sangat tepat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa mengonsumsi makanan hanya berguna untuk menghilangkan rasa lapar sehingga tidak memikirkan makanan tersebut tergolong sehat atau tidak.

Nah, melalui contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan berikut ini, kamu akan tahu beragam manfaat mengonsumsi makanan sehat agar lebih bijak dalam memilih makanan.

Pernyataan Umum

Begitu penting untuk memelihara kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Misalnya saja mengonsumsi sayuran, buah, telur, dan daging. Selain itu juga masih ada jenis makanan sehat lainnya.

Deretan Penjelasan

Tahukah kamu kalau makanan sehat bisa memelihara jantung dan otak? Nutrisi dari makanan sehat akan membantu tubuh untuk senantiasa mampu beraktivitas dan dalam kondisi sehat.

Makanan sehat juga membantu mengurangi risiko penyakit mematikan, misalnya kanker dan penyakit jantung. Makanan sehat juga akan menjadikan tulang dan gigi semakin kuat.

Interpretasi 

Terdapat cukup banyak manfaat dari mengonsumsi makanan sehat. Oleh sebab itu, budayakan mengonsumsi makanan sehat setiap hari supaya tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Kesehatan adalah hal penting bagi tubuh. Ketika tubuh tidak sehat maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Panduan memelihara kesehatan tubuh juga tampak dari contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan.

Itulah contoh teks eksplanasi singkat tentang kesehatan. Mamikos berharap semoga informasi ini dapat berguna untuk menambah wawasan kamu, ya. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus impianmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta