7 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat dan Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat yang Baik dan Benar -Teks laporan hasil observasi secara umum memiliki bentuk yang hampir sama dengan teks deskripsi. Hal itu dikarenakan kedua teks tersebut memiliki isi yang sama yaitu untuk menyampaikan sebuah informasi berdasarkan fakta yang ada. 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

unsplash.com

Meski begitu ada perbedaan yang cukup terlihat antara teks laporan hasil pengamatan dengan teks deskripsi. Yaitu terletak pada sifat yang dimilikinya. Dimana untuk teks laporan memiliki sifat yang lebih umum, sedangkan teks deskripsi memiliki sifat yang lebih khas dan unik. 

Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian dari teks laporan dari hasil observasi adalah sebuah teks yang berisi laporan sebuah penelitian yang dijelaskan secara terperinci dengan menggunakan kriteria tertentu.

Oleh sebab itulah teks ini juga disebut teks klasifikasi. Menurut sifatnya, teks laporan memiliki sifat faktual atau sesuai dengan fakta yang ada pada saat itu. 

 1. Tujuan Penulisan Teks laporan

Adapun tujuan dari penulisan Teks laporan hasil observasi yang dilakukan diantaranya adalah untuk menemukan metode baru, menemukan solusi dari sebuah permasalahan, bisa membantu pengambilan keputusan, mengawasi dan mengetahui apakah ada perkembangan pada masalah yang dihadapi. 

Sedangkan fungsi dibuatnya teks laporan adalah untuk menjadi sumber informasi yang paling akurat, dokumentasi penelitian dan untuk menjadi dasar pengambilan keputusan yang dilakukan. 

2. Struktur Teks Laporan Hasil Penelitian

Untuk laporan hasil penelitian dibuat dengan menggunakan 3 struktur yang tercantum di dalamnya. Yaitu terdiri dari struktur pernyataan umum yang berisi penjelasan umum mengenai apa yang menjadi objek penelitian. 

Struktur yang kedua adalah struktur deskripsi bagian. Pada struktur ini penjelasan umum akan dijelaskan secara terperinci dan detail. Kemudian struktur yang terakhir adalah simpulan. Pada bagian ini berisi rangkuman dari laporan hasil penelitian yang sudah dilakukan. 

3. Kaidah Kebahasaan

Dalam penyusunan teks laporan hasil penelitian dilakukan dengan mengacu pada kaidah kebahasaan yang ada di bahasa Indonesia secara baku. Diantaranya adalah sebagai berikut; menggunakan kata relasional. Yaitu sebuah kata yang menunjukkan kata penghubung dengan penjelasan yang mengikutinya. 

Kaidah kebahasaan berikutnya adalah bahwa dalam penyusunan teks laporan banyak menggunakan kata teknis dan keilmuwanan serta menggunakan verba aktif alam. 

 4. Jenis Teks Laporan Hasil Penelitian

Menurut hasilnya, Teks laporan hasil observasi dibagi ke dalam dua jenis. Yang pertama adalah jenis laporan observasi formal. Untuk jenis laporan penelitian ini disusun dengan menggunakan kaidah tata bahasa Indonesia yang baku khususnya dalam pembuatan laporan. 

Sedangkan untuk jenis yang kedua adalah jenis laporan observasi non formal. Untuk jenis laporan ini proses penyusunannya lebih sederhana strukturnya dan mayoritas ditulis dengan metode populer. 

5. Ciri Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Lalu adakah ciri khusus dari teks laporan hasil penelitian? Tentu saja ada. Ciri khusus dari teks laporan hasil penelitian adalah sebagai berikut. 

1. Teks memiliki sifat objektif

Dalam hal ini, Teks laporan hasil observasi memiliki sifat objektif yang mana penulis laporan tak dibenarkan untuk memihak pada salah satu pihak tertentu saja. Namun harus bisa memberikan laporan sesuai dengan fakta hasil penelitian yang dilakukannya. 

2. Teks laporan sesuai dengan hasil penelitian yang faktual

Bahwa penulis atau peneliti harus bisa melaporkan hasil penelitian yang dilakukannya dengan baik dan benar. Penulis tak boleh menuliskan laporan hanya berdasarkan perkiraan, karangan apalagi khayalan atau imajinasi semata. 

3. Teks bersifat khusus

Teks laporan hasil penelitian disusun dengan memberikan penjelasan umum yang bersifat khusus. Hal-hal yang dijelaskan dalam teks laporan dilakukan dengan lebih terperinci. Dan terhindar dari menjelaskan hal yang ada di luar bahasan penelitian yang dilakukan. 

4. Teks disajikan dengan lengkap

Ciri berikutnya adalah teks hasil penelitian disajikan dengan lengkap serta urut. Penulis harus bisa melaporkan hasil penelitian sesuai dengan langkah dan metode yang ada dalam penelitian yang dilakukannya. Bahwa setiap bagian penelitian harus bisa dilaporkan dengan gamblang sehingga bisa diketahui penelitian dilakukan dengan baik dan benar atau tidak. 

5. Bahasa yang mudah dipahami

Dan ciri yang terakhir dari teks laporan hasil penelitian adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah untuk dipahami oleh pembaca teks laporan hasil penelitian.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hutan

Pernyataan Umum

Hutan sebagai paru-paru dunia memegang peranan penting bagi keseimbangan ekosistem, termasuk flora dan fauna di dalamnya. Berdasarkan data terkait daftar negara menurut luas wilayah hutan, Rusia menempati peringkat tertinggi diikuti Brasil dan Kanada. Dari 193 negara yang memiliki hutan, Indonesia menduduki peringkat ke-9 dengan hutan seluas 888.950 meter persegi. 

Deskripsi Bagian

Setiap tahun, luas hutan di dunia mengalami penurunan karena berbagai faktor, baik yang diakibatkan manusia ataupun yang disebabkan oleh alam. Contoh penyebab berkurangnya luas hutan karena manusia adalah penebangan pohon secara liar, pembakaran hutan secara sengaja, alih fungsi lahan hutan, dan sebagainya. Adapun penyebab menurunnya luas hutan karena alam adalah kebakaran hutan akibat cuaca panas. 

Deskripsi Manfaat

Fungsi hutan dalam menyeimbangkan ekosistem sangat penting. Tanpa adanya hutan, produksi oksigen dapat mengalami penurunan. Pemanasan global juga bisa dipicu oleh jumlah lahan hutan yang semakin berkurang. Selain itu, flora dan fauna dapat mengalami kepunahan karena kehilangan habitat. Oleh karena itu, penyebab menurunnya luas hutan perlu ditekan agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu. 

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Pernyataan Umum

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia menghasilkan banyak sampah, seperti sampah di skala rumah tangga. Sebagai contoh, ketika membeli makanan ringan, berbelanja di pasar, supermarket, atau ketika mendapatkan sesuatu yang terbungkus. Harga plastik yang murah dan perolehannya yang mudah menjadikan plastik sangat dekat dengan kehidupan kita. 

Deskripsi Bagian

Pembuatan plastik dilakukan di pabrik khusus. Bahan kimia yang diperlukan untuk memproduksi plastik berasal dari gas alam, minyak bumi, serta batu bara. Berdasarkan data, terdapat sekitar 6,8 juta ton sampah plastik yang diproduksi Indonesia setiap tahun, sedangkan lebih dari separuh jumlahnya tidak dikelola dengan baik. Apabila terus dibiarkan, jumlah sampah plastik akan terus mengalami peningkatan dan membahayakan lingkungan. 

Deskripsi Manfaat

Plastik memang membuat hidup manusia lebih mudah. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan plastik, seperti meningkatkan daya tahan suatu bahan, memudahkan proses pengangkutan, melindungi benda dari kerusakan, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, sampah plastik yang tidak diolah dengan baik dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Sebab, plastik tidak mudah terurai di tanah. Jika jumlah sampah plastik tidak ditekan, organisme dalam tanah bisa mati. Selain itu, plastik juga menghalangi air yang akan menyerap ke dalam tanah. 

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Pernyataan Umum

Kaktus adalah salah satu anggota famili Cactaceae yang sangat khas karena dapat hidup lama tanpa air. Habitat kaktus ada di daerah gurun, padang rumput kering, atau wilayah yang panas. Untuk membedakan kaktus dengan tanaman lainnya, ciri yang bisa dilihat adalah daun kaktus yang berbentuk duri, batang yang dilapisi lilin, serta akar yang panjang untuk membantu mencari air pada kondisi kering. 

Deskripsi Bagian

Kaktus termasuk tumbuhan yang cukup unik dari hlongan sukulen. Kaktus bisa menyimpan banyak air pada bagian batang, sehingga dalam kondisi sangat kering tetap hidup. Pada malam hari, kaktus akan membuka stomata serta mengambil karbondioksida untuk disimpan di vakuola. Daun pada kaktus termodifikasi menjadi duri panjang untuk melindungi diri dari hewan serta mengurangi penguapan. 

Deskripsi Manfaat

Kaktus memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai hiasan di rumah. Terdapat banyak jenis tanaman kaktus yang kemudian dijadikan hiasan rumah dan diletakkan dalam pot. Perawatan kaktus yang mudah namun tidak kalah bagus dengan tanaman hias lainnya menjadikan kaktus semakin diminati. 

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Pernyataan Umum

Kecoa merupakan anggota kingdom animalia yang tergolong filum Arthropoda dan kelas Insecta. Di beberapa daerah, kecoa seringkali disebut dengan lipas atau coro. Kecoa dapat hidup di mana pun, kecuali daerah kutub. Biasanya kecoa berada di darat karena termasuk hewan terestrial dan beberapa di antaranya adalah hewan semiakuatik. Warna tubuh kecoa memberikan tanda bahwa spesies yang berwarna lebih berbahaya dibandingkan yang tidak. Kecoa berwarna mencolok mempunyai senyawa pertahanan diri berupa racun atau memiliki kemampuan untuk meniru hewan lainnya. 

Deskripsi Bagian

Ukuran kecoa bervariasi bergantung spesiesnya. Secara umum, kecoa bisa berukuran 2 mm sampai 6 cm. Namun ada pula kecoa yang cukup panjang hingga mencapai 10 cm, yaitu spesies Megaloblatta blaberoides. Umumnya kecoa akan mudah ditemukan di wilayah tropis, terutama di gumpalan tanah dan tumpukan daun. Kecoa mempunyai daur hidup yang dimulai dari penetasan telur, nimfa, kemudian menjadi kecoa dewasa. Bentuk kecoa kecil dan kecoa dewasa yang tidak terlalu berbeda tersebut membuat kecoa termasuk hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. 

Deskripsi Manfaat

Kecoa memiliki peranan penting bagi lingkungan sebagai dekomposer. Jika seluruh kecoa di bumi hilang, keseimbangan ekosistem akan terganggu. Musuh alami kecoa di alam bebas adalah hewan-hewan berukuran besar, sedangkan kecoa di rumah mempunyai predator seperti cicak, burung, kodok, tokek, dan sebagainya. 

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan

Pernyataan Umum

Isu tentang perubahan iklim semakin menunjukkan bukti yang bisa kita lihat di lapangan. Berdasarkan laporan dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), krisis iklim yang terjadi di tahun 2021 dan tahun-tahun sebelumnya diakibatkan oleh manusia. Dampak krisis iklim cukup berbahaya, seperti cuaca yang semakin ekstrem dan bencana alam yang semakin sering. 

Deskripsi Bagian

Krisis iklim diprediksi akan semakin parah apabila tidak ada perubahan signifikan dari individu. Prerdiksinya, temperatur global akan mengalami kenaikan hingga 2,9 derajat Celcius. Bahkan, kenaikan suhu lebih dari 2 derajat Celcius tersebut yang diprediksi terjadi 20 tahun lagi bisa lebih cepat. Tidak hanya itu, muka air laut akan mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat disertai dengan kadar keasaman laut yang semakin tinggi. 

Deskripsi Manfaat

Agar krisis iklim dapat diatasi, diperlukan sinergi yang baik di tingkat negara dan individu. Sudah banyak aksi yang dilakukan negara-negara di dunia dengan kebijakannya masing-masing. Dampak terburuk dari krisis iklim dapat dicegah apabila pemerintah dan masyarakat saling bekerja sama untuk merawat bumi. 

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kesehatan

Pernyataan Umum

Alat indera manusia yang berperan penting dalam proses penglihatan adalah mata. Penyusun mata adalah jaringan-jaringan kompleks dengan fungsi spesifik. Contohnya adalah kornea untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata menuju lensa, kemudian diteruskan ke bagian retina. Mata juga bisa menangkap berbagai macam warna. Jika ada salah satu bagian yang mengalami gangguan, proses melihat akan terganggu. 

Deskripsi Bagian

Penyakit dan kelainan yang menyerang mata bisa disebabkan faktor keturunan, gaya hidup, dan virus atau bakteri. Contoh kelainan akibat faktor genetik adalah buta warna, astigmatisme, katarak, glaukoma, amblyopia, dan sebagainya. Gaya hidup yang buruk juga bisa menyebabkan seseorang menderita rabun jauh, sedangkan penyakit mata yang disebabkan oleh virus salah satunya adalah konjungtivitis. 

Deskripsi Manfaat

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Selain perlu mengonsumsi makanan dengan vitamin A, mengonsumsi sayuran tertentu juga bisa menunjang kesehatan mata. Sebenarnya kita juga bisa memperbaiki gaya hidup apabila ingin daya penglihatan tetap berfungsi normal dalam jangka waktu lama. Contohnya dengan meminimalisir penggunaan kontak lensa atau softlens lebih dari 19 jam, mengurangi penggunaan tetes mata kecuali saat diperlukan, dan menggunakan kacamata hitam anti sinar UV. 

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pendidikan

Pernyataan Umum

Teknologi dalam bidang pendidikan berperan penting dalam membantu pengajar mencapai tujuan pembelajaran. Dari tahun ke tahun, penyampaian materi di kelas telah mengalami banyak perubahan. Tidak ada lagi papan tulis dan kapur karena sudah diganti spidol, sehingga ruangan kelas tidak berdebu. Ada pula yang sudah menerapkan teknologi menggunakan LCD yang membuat proses penyampaian materi bergambar menjadi lebih jelas. 

Deskripsi Bagian

Teknologi di bidang pendidikan bisa dikembangkan oleh siswa, guru, atau pihak lain yang memiliki kompetensi. Guru dapat mengembangkan aplikasi atau membuat animasi pembelajaran sederhana untuk menjelaskan materi-materi rumit. Jika masalah yang dialami adalah keterbatasan tempat untuk belajar, solusi yang paling memungkinkan adalah menyelenggarakan pendidikan jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung. Di masa pandemi, kreativitas guru semakin diasah agar tujuan pembelajaran tetap tercapai sekalipun siswa tidak datang langsung ke sekolah. Pembelajaran yang semula dilakukan di dalam kelas diubah menjadi belajar secara virtual. 

Deskripsi Manfaat

Adanya teknologi dalam bidang pendidikan turut memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Contohnya aplikasi untuk video call dan berinteraksi langsung dengan para siswa. Tanpa harus datang ke sekolah, guru bisa menyampaikan materi, bahkan memberikan animasi atau gambar pendukung secara virtual. Penugasan yang dilakukan secara online melalui formulir digital pun sebenarnya memberikan keuntungan karena bisa menghemat penggunaan kertas. Diperlukan kreativitas dari guru untuk membuat suasana belajar selalu terbangun, sehingga siswa senantiasa termotivasi. 

Langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah Kita mengenal apa yang disebut dengan teks laporan, berikutnya adalah mengetahui bagaimana cara membuat teks laporan hasil penelitian dengan baik dan benar. Berikut akan Kita ulas langkahnya hanya untuk Anda. 

Langkah yang pertama adalah membuat judul laporan penelitian yang Anda lakukan. Laporan penelitian berfungsi untuk memberitahukan pada pembaca tentang isi laporan yang sedang dibacanya. Buat judul laporan yang berkaitan dengan penelitian yang sudah dilakukan. 

Langkah yang kedua adalah untuk menyusun kerangka teks dalam teks laporan hasil penelitian sesuai dengan struktur yang harus ada. Dimana ada penjelasan umum, laporan penelitian secara terperinci dan simpulan hasil penelitian yang dilakukan. 

Langkah yang ketiga adalah untuk menyusun Teks laporan hasil observasi sesuai dengan tata bahasa dan kaidah kebahasaan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Umumnya hal ini sangat diperhatikan jika Anda menyusun teks laporan yang akan digunakan untuk kepentingan pemerintah atau politik. 

Langkah yang terakhir adalah untuk melakukan proses editing. Dalam langkah ini hal yang perlu dilakukan melakukan penelaahan kembali isi teks laporan hasil penelitian untuk meninjau apakah ada kekurangan atau kesalahan yang terjadi selama penyusunan teks laporan. 

Itulah beberapa langkah untuk menyusun teks laporan hasil penelitian yang dilakukan baik secara formal ataupun non formal. Sedangkan kriteria sebuah teks laporan hasil penelitian disebut bagus dimana teks tersebut memiliki struktur yang urut dan lengkap. Susunan struktur yang urut dan lengkap bisa dilihat dari gaya bahasa dan cara penyusunan apakah bisa dengan mudah dipahami oleh pembaca atau tidak.

Jika Anda menulis teks laporan secara non formal maka penyusunan bisa dilakukan dengan lebih sederhana. Selain itu perlu diingat bahwa penulisan laporan hasil penelitian tersebut harus bisa dibaca dan dipahami oleh seluruh kalangan pembaca tanpa kecuali. 

Kriteria yang berikutnya adalah dimana dalam penyusunan struktur teks tak memiliki kesimpulan atau penutup. Dalam teks laporan hasil penelitian tak dicantumkan simpulan atau pendapat dari penulis laporan. Teks laporan tak berisi opini atau pendapat dari penulis. 

Setiap laporan yang ditulis harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya, ditulis secara objektif dan tidak dibuat-buat. Secara keseluruhan isi laporan harus bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya secara ilmiah dengan menggunakan metode penelitian yang dilakukan. 

Dan kriteria teks laporan terakhir adalah bahwa dalam teks laporan menjelaskan hasil penelitian sesuai dengan fakta yang ada. 

Demikian ulasan lengkap tentang teks laporan hasil observasi. Semoga bermanfaat dan menambah informasi baru untuk Anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah