Contoh Teks Melamar Pekerjaan Via WA yang Baik dan Sopan

Contoh Teks Melamar Pekerjaan Via WA yang Baik dan Sopan – Sebelum membahas tentang contoh teks melamar pekerjaan via WA, perlu Anda tahu bahwa WA kerap dijadikan media pengiriman file. Selain fungsi utamanya untuk berkomunikasi, aplikasi digital yang satu ini memang memiliki fitur canggih untuk mengirimkan berkas. 

Tak heran jika saat ini semakin banyak perusahaan yang menyarankan pengiriman surat lamaran kerja via WA. Ada banyak contoh teks melamar pekerjaan via WA. Namun sebelum itu, hal-hal yang berkaitan dengan surat lamaran via WA perlu dipahami terlebih dulu. 

Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja

unsplash.com

Hal pertama yang perlu dipahami adalah cara membuat surat lamaran kerja, yang akan dikirim via WA. Sebenarnya cara ini sama halnya dengan pembuatan surat lamaran kerja pada umumnya. Langsung saja, berikut ini ulasannya:

Tulis Maksud Penulisan

Hal paling pertama yang harus Anda tulis adalah maksud penulisan surat tersebut. Anda bisa letakkan maksud ini di baris pertama sebagai pembuka surat. Contoh penulisannya adalah: 

Hal: Lamaran Pekerjaan

Tulis Tujuan Surat Secara Lengkap

Setelah menulis maksud surat tersebut, Anda harus menuliskan kepada siapa surat lamaran tersebut dibuat. Tulislah secara lengkap, mulai dari penerima surat, nama perusahaan, hingga alamat perusahaan yang dilamar. 

Untuk itu, sangat penting mencari tahu hal-hal seperti alamat perusahaan sebelum menuliskan surat lamaran. 

Paragraf Pembuka

Paragraf pertama yang harus Anda tulis adalah pembuka surat lamaran. Isinya terdiri dari salam pembuka dan penjelasan terkait dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Umumnya, salam pembuka yang digunakan hanya ‘Dengan Hormat’. 

Selain itu, tulis juga lowongan apa yang ingin dituju beserta nama PT. Dalam paragraf pertama ini, Anda juga bisa menuliskan langsung tujuan untuk melamar jabatan yang sedang dibuka lowongan ya tersebut. 

Tulis Data Diri Lengkap

Hal yang tak kalah penting harus dituliskan adalah data diri Anda. Data diri ini umumnya ditulis dalam poin-poin dan bukan paragraf. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan hal-hal lain yang dianggap penting untuk disematkan. 

Kualifikasi dan Motivasi Diri

Menuliskan kualifikasi dan motivasi diri juga punya peran penting agar perusahaan bisa mempertimbangkan diri Anda. Tuliskan kualifikasi diri Anda yang cocok untuk bidang tersebut. Biasanya hal ini berkenaan dengan pendidikan dan skill yang dimiliki. 

Sedangkan motivasi diri ialah alasan yang menjadi latar belakang melamar pada bidang tersebut. Tulislah sesuai dengan motivasi dasar Anda tertarik pada lowongan ini. Hal ini juga akan jadi pertimbangan penting bagi perusahaan untuk memilih. 

Lampiran

Untuk menjadi bukti dari data yang sudah Anda sebutkan di atas, perlu dicantumkan lampiran dalam surat lamaran tersebut. Lampiran yang harus disematkan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Contoh lampiran yang bisa disematkan adalah foto copy KTP, salinan ijazah terakhir, salinan transkip nilai, foto formal, CV (riwayat hidup), dan lain-lain. Untuk lampiran ini, Anda bisa kirimkan masing-masing soft filenya dan dikirim bersamaan dengan surat lamaran kerja. 

Penutup

Ada paragraf pembuka, maka harus ada paragraf penutup juga. Pada paragraf ini, setidaknya ada tiga hal penting yang harus Anda sampaikan. Pertama tuliskan kalimat harapan agar surat lamaran ini lolos ke tahap interview. 

Kemudian sampaikan juga bahwa surat yang Anda tulis adalah sebenar-benarnya. Terakhir, ucapkan terima kasih pada rekruiter atas waktu dan perhatiannya. 

Jangan lupa, bagian paling bawah beri salam hormat dan nama lengkap serta tanda tangan. Namun dikarenakan pengiriman melalui WA, maka tanda tangan tidak perlu dicantumkan. 

Contoh Teks Melamar Kerja Via WA Sesuai Kaidah

Setelah belajar cara menulis surat lamaran melalui media WA, maka Anda bisa mulai mempraktikkannya. Agar memudahkan praktik, Anda bisa simak berikut ini contoh teks lamaran kerja yang dikirim via WA:

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

HRD PT Budi Jaya

Jalan Gadjah Mada no. 23B

Semarang

Dengan hormat, 

Berdasarkan postingan lowongan kerja dari akun Instagram @lokerindo, PT Budi Jaya membuka lowongan untuk jabatan sekretaris dan akuntan. Dengan ini saya bermaksud melamar lowongan kerja sebagai sekretaris di PT Budi Jaya. Berikut di bawah ini adalah data diri saya:

Nama: Ani Rahayu
Tempat/ Tanggal Lahir: Jakarta, 8 Agustus 1994
Jenis Kelamin: Perempuan
Alamat: Jalan Cempaka No.18, Jakarta Selatan
Nomor HP: 08133838411
Pendidikan Terakhir: S1 Administrasi

Saya adalah lulusan sarjana administrasi di universitas negeri ternama yang ada di Jakarta. Nilai IPK saya 3.68 saat lulus dari universitas di tahun 2017. Saat ini saya tidak menjalankan pekerjaan apapun. Saya tinggal di rumah bersama ibu dan ayah. 

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai sekretaris selama dua tahun di perusahaan swasta. Selain mampu mengadministrasikan dokumen kantor, saya punya kemampuan dalam bidang bahasa Inggris aktif. 

Saya juga memiliki pengalaman bekerja sebagai freelance content creator, selama kurang lebih satu tahun. Dari pengalaman kerja saya dua tahun lalu tersebut, saya bisa menjamin untuk mampu bekerja di bawah tekanan. Saya bisa bekerja secara tim maupun individu. 

Sebagai pertimbangan dalam seleksi lowongan kerja ini, saya melampirkan beberapa data penting yang mungkin akan dibutuhkan. Berikut di bawah ini dokumen yang saya lampirkan:

1. Fotokopi KTP
2. CV (daftar riwayat hidup)
3. Fotokopi ijazah terakhir
4. Fotokopi transkrip nilai
5. Fotokopi surat pengalaman kerja
6. Pas foto 3×4 sebanyak 3 lembar

Dari penjelasan saya di atas, besar harapan saya agar dipanggil ke tahap wawancara. Sehingga saya bisa menunjukkan dan menjelaskan lebih detail terkait kemampuan saya dalam bidang administrasi. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih mempertimbangkan saya untuk masuk ke lowongan tersebut. 

Demikian surat lamaran kerja yang telah saya buat ini dengan sejujur-jujurnya. Saya membuat surat lamaran kerja ini dalam kondisi sadar dan sehat. Dengan ini saya ucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan waktu bapak/ibu untuk membaca surat lamaran kerja saya. 

Hormat saya, 

Ani Rahayu

Dari contoh surat lamaran di atas, bisa dilihat bahwa struktur suratnya sudah memenuhi ketentuan cara yang benar sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Anda bisa mengetik surat lamaran kerja tersebut dalam dokumen file word. 

Selain itu, pastikan Anda juga melampirkan dokumen yang sesuai dengan apa yang ditulis pada surat lamaran kerja. Pastikan juga bahwa semua dokumen sudah dirapikan dengan baik, sehingga akan memudahkan pihak HRD dalam menyeleksi. 

Jangan lupa untuk membuat CV atau daftar riwayat hidup, dengan bentuk yang menarik. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pembuat CV yang menarik. Semakin menarik CV yang Anda buat, akan semakin membuat HRD tertarik untuk memanggil Anda ke tahap interview. 

Untuk berlatih membuat surat lamaran kerja, Anda bisa memodifikasi contoh teks melamar kerja via WA di atas. Anda bisa gunakan bahasa sendiri asalkan tetap sopan dan sesuai kaidah bahasa. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah