7 Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Kesehatan beserta Strukturnya Lengkap

7 Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Kesehatan beserta Strukturnya Lengkap – Memahami contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah merupakan salah satu cara mempelajari apa itu persuasif.

Agar lebih mudah memahami bagaimana teks persuasif yang baik dan benar, pastikan kamu memahami definisi, tujuan, serta strukturnya.

Untuk memudahkan, baca contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan berikut.

Contoh Teks Persuasif Singkat Tentang Kesehatan, Lingkungan, dan Sekolah

https://www.pexels.com/@cottonbro/

Teks persuasif merupakan sebuah teks yang mengandung kalimat persuasif atau kalimat bersifat mengajak.

Mengajak seseorang tentu harus menggunakan bahasa dengan baik, materi ini mengenai bagaimana cara mengajak orang lain melakukan sesuatu.

Itulah sebabnya perhatikan contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan dan sekolah dengan baik.

Sudah jelas bahwa tujuan utama dari teks ini adalah untuk mengajak orang lain atau pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan ajakannya.

Misalnya, kamu membuat teks mengajak pembaca untuk peduli lingkungan, maka ajakannya adalah membersihkan lingkungan.

Tidak sulit memahami apa itu persuasif, terutama jika sudah memahami bagaimana contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan dan sekolah yang benar.

Namun, sebelum kamu belajar membuatnya sendiri, pahami juga struktur dalam salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia ini.

Dengan memahami strukturnya, tentu mudah untukmu jika diberi perintah guru untuk membuat teks persuasif secara mandiri.

Struktur teks ini setidaknya dari 3 struktur, yaitu ada pendahuluan, fakta, serta ajakan. 3 struktur ini harus saling berkaitan atau menyambung.

Dengan memahami contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan dan sekolah, kamu juga bisa belajar menulis dengan benar.

Apalagi setelah belajar materi ini, tentu kamu akan menyadari bahwa pengetahuan ini tidak hanya berguna di sekolah, namun juga tempat lainnya.

Kamu tidak hanya menggunakan pengetahuan tentang materi ini untuk mengerjakan tugas sekolah saja.

Namun, juga digunakan saat di dunia kerja atau lainnya untuk mengajak orang-orang melakukan sesuatu sesuai dengan harapanmu.

Agar lebih paham lagi dengan pengertian, tujuan serta strukturnya, coba perhatikan beberapa contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan dan sekolah ini.

Kamu juga bisa menjadikannya referensi untuk mengerjakan tugas dari guru.

Contoh 1: Mencegah Penyakit Flu dan Batuk

Kesehatan merupakan salah satu hal paling penting dalam kehidupan.

Sebagai manusia, kita harus menjaga kesehatan dengan benar agar tidak mudah terserang penyakit. Penyakit jenisnya bisa bermacam-macam, mulai dari sakit demam flu dan batuk.

Berdasarkan sebuah penelitian, penyakit yang cukup sering menyerang warga Indonesia adalah flu dan batuk.

Penyakit ini membuat tidak nyaman serta dapat ditularkan dengan mudah. Bahkan penelitian mengatakan setidaknya 1 juta warga Indonesia sakit flu batuk setiap tahun.

Itulah sebabnya kita harus menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit flu dan batuk.

Caranya adalah dengan mengurangi makanan mengandung minyak serta minuman dingin. Selain itu, gunakan masker agar tidak mudah tertular orang lain.

Dari contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah tersebut, ajakan utamanya adalah untuk menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang flu atau batuk. 

Jika diperhatikan lagi, di dalam teks tersebut sudah mengandung unsur lengkap.

Mulai dari pendahuluan, fakta dan ajakan yang saling berkaitan. Pendahuluannya juga masih mengandung inti dari pembahasan, yaitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Kemudian dari contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah tersebut juga sudah ada fakta mengenai banyaknya jumlah penyakit flu dan batuk.

Kemudian, ajakannya adalah untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan masker dan lain sebagainya.

Contoh 2: Buang Sampah di Tempatnya, Hindari Banjir

Salah satu bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia adalah banjir.

Bencana alam ini tentu merugikan warga yang mengalaminya karena mereka tidak dapat menggunakan tempat tinggalnya dengan layak.

Selain itu, juga kehilangan semua barang berharga akibat dibawa arus banjir.

Bahkan, pada tahun 2022 ini banjir sudah melanda Indonesia di beberapa daerah sebanyak 873 kejadian. Angka tersebut bukanlah angka kecil serta tidak dapat dianggap sepele.

Berdasarkan hal ini maka seharusnya warga berusaha bangkit untuk mencegah terjadinya bencana banjir.

Agar tidak sering terjadi banjir di semua daerah maka kita harus peduli dengan lingkungan. Penyebab utama banjir adalah saluran air mampet karena adanya sampah.

Oleh karena itu, kita harus rajin membuang sampah di tempatnya. Jangan pernah membuang sampah di sungai.

Pendahuluan dalam contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah tersebut adalah seringnya terjadi banjir di beberapa wilayah Indonesia.

Juga sudah terdapat fakta mengenai jumlah kejadian bencana banjir yang sangat banyak dan tentunya merugikan.

Penting sekali menyelipkan fakta dalam hal ini agar pembaca tahu bahwa ajakan tersebut merupakan ajakan yang benar untuk keuntungan diri atau bersama.

Jika ditanya mana struktur persuasi, tentu kamu sudah dapat menjawab dengan mudah, yaitu di bagian teks paling akhir.

Ajakan dalam contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah ini adalah untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Contoh 3: Mari Redam Panas, Lakukan Penghijauan!

Lingkungan menjadi panas merupakan hal yang tidak diharapkan. Hal ini dikarenakan rasa tidak nyaman yang timbul akibat rasa panas tersebut.

Selain itu, lingkungan menjadi panas juga membuat tumbuhan di sekitar kita menjadi mati.

Faktanya, lingkungan menjadi panas sudah mulai dirasakan di beberapa kota besar.

Salah satunya adalah Surabaya dan Jakarta. Sehingga tidak banyak orang dapat merasa tahan saat berada di luar rumah, bahkan juga tidak bisa tahan dengan panasnya saat di rumah tidak ada AC.

Namun, sebenarnya cara mencegah dan memperbaiki lingkungan panas ini sangat sederhana.

Kita harus melakukan gerakan penghijauan dengan cara menanam tumbuhan sebanyak mungkin.

Dengan begitu, tumbuhan akan membantu membuat lingkungan jadi lebih sejuk.

Sebenarnya saat membuat persuasi, kamu tidak perlu selalu membuat 3 paragraf.

Jumlah paragrafnya bebas asalkan masih mengandung struktur pendahuluan, fakta dan ajakan seperti pada contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan dan sekolah tersebut.

Sebelum membuatnya, kamu juga harus mencari data atau fakta yang mendukung ajakanmu.

Jangan sampai hanya sekedar mengajak tanpa ada fakta pendukung yang dapat membuat ajakan menjadi dapat dipercaya oleh para pembaca.

Agar lebih paham dan cepat saat diberi perintah guru untuk membuat teks persuasif singkat maka kamu harus lebih banyak lagi belajar dan memperhatikan contoh teks persuasif yang baik dan benar.

Contoh 4: Ayo Belajar, Jangan Malas!

Sekolah adalah tempat belajar bagi semua anak-anak. Sekolah terbagi menjadi 4 tingkat, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, serta perguruan tinggi.

Semua anak‚Äďanak berhak dan wajib menempuh pendidikan dengan baik dan layak.

Namun, di Indonesia ternyata masih saja ada anak-anak yang malas sekolah sampai ada yang berhenti atau tidak melanjutkannya.

Itu sebabnya terdapat angka pengangguran tinggi serta masalah-masalah lainnya akibat kurang edukasi dan cara berpikir yang baik. 

Agar dapat terhindari dari masalah-masalah yang diakibatkan kurang edukasi maka kita harus belajar dengan baik dan jangan sampai malas pergi ke sekolah.

Sebagai warga Negara yang baik, kita harus turut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat belajar tinggi.

Dalam contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah tersebut terdapat pendahuluan yang membahas tentang sekolah.

Pendahuluan ini tentu harus berkaitan dengan pembahasan-pembahasan selanjutnya, yaitu tentang pentingnya belajar ke sekolah.

Setelah awalan mengenai apa itu sekolah maka dilanjutkan dengan struktur berikutnya, yaitu mengenai fakta bahwa masih banyak anak-anak yang malas belajar dan malas pergi ke sekolah sampai putus pendidikan.

Maka harus ada ajakan untuk merubah situasi seperti ini.

Solusi berupa ajakan tersebut terletak pada contoh teks persuasif bagian terakhir, yaitu harus membangkitkan semangat belajar agar bangsa memiliki banyak anak-anak cerdas.

Kamu bisa belajar membuat teks seperti ini dari topik atau tema-tema sederhana agar lebih mudah.

Hal paling penting lainnya adalah menguasai cara membuat jenis teks ini terlebih dahulu sebelum mulai membuat dengan tema yang lebih berbobot.

Contoh 5: Jaga Makanan dan Minuman Tetap Bersih

Semua manusia pasti selalu mengharapkan kesehatan pada tubuhnya. Bahkan jika bisa jangan sampai terkena penyakit, baik penyakit ringan apalagi penyakit yang sudah berat.

Tetapi sampai saat ini ternyata masih banyak orang yang menderita penyakit ringan seperti diare.

Faktanya, diare dapat menyerang manusia tidak memandang usia. Sampai saat ini jumlah penderita sakit diare dari segala usia semakin meningkat.

Hal ini disebabkan oleh faktor utama yaitu salah makan atau memakan makanan kurang bersih.

Makanan kurang bersih terjadi akibat makanan tersebut sudah terkontaminasi dengan debu atau kuman.

Biasanya, makanan menjadi tidak bersih ketika tidak ditutup. Oleh karena itu, ayo hindari penyakit diare dengan berusaha menutup makanan dan makan makanan yang ditutup.

Kebanyakan orang-orang ketika disuruh membuat jenis teks persuasif akan merasa kesulitan dalam membuat awalannya.

Namun, setelah sering membaca contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah ini, tentu kamu akan mudah membuat awalannya.

Memang memikirkan apa ajakannya sangatlah mudah. Namun, untuk membuat awalannya yang berkaitan dengan ajakan tersebut terkadang menjadi hal sulit bagi beberapa orang.

Namun, jangan sampai kamu pusing memikirkannya, kamu hanya perlu banyak membaca contohnya.

Apalagi, jika dilihat dari contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan dan sekolah tersebut, cara membuat persuasif adalah dengan memikirkan terlebih dahulu mengenai topik ajakannya.

Berbeda dengan cara membuat jenis teks lainnya.

Umumnya saat disuruh membuat jenis teks lain, kamu akan memikirkan tema yang dapat dijelaskan dalam awalannya.

Namun, dalam persuasif kamu harus berpikir ingin membuat ajakan seperti apa terlebih dahulu baru berusaha membuat awalan yang berkaitan dengan isi.

Contoh 6: Bersama Menjaga Kebersihan Sekolah

Kebersihan sekolah harus tetap dijaga, baik oleh siswa, guru, serta staff lainnya yang bekerja sama.

Hal ini dilakukan agar lingkungan sekolah menjadi lebih nyaman. Selain itu, juga untuk mendukung murid belajar lebih fokus di tempat yang bersih dan sejuk.

Namun, jika lingkungan sekolah tidak bersih tentu kegiatan belajar dan mengajar menjadi terganggu.

Buktinya, masih banyak sekolah yang lingkungannya kotor dan membuat para murid menjadi tidak betah belajar di tempat seperti itu. Guru juga jadi tidak betah mengajar di sana.

Oleh karena itu, kita harus mengadakan gerakan kebersihan lingkungan sekolah. Selain dengan menanam banyak tanaman, kita juga harus meletakkan tempat sampah di banyak tempat.

Kebersihan lingkungan dapat dimulai dari diri sendiri, yaitu membuang sampah di tempatnya.

Penjelasan mengenai kebersihan sekolah dalam contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah ini sangat enak dibaca.

Selain itu, dapat menggugah semangat dan keinginan pembaca untuk mengikuti ajakan gerakan kebersihan lingkungan.

Untuk mendapatkan perhatian pembaca agar mereka semakin ingin mengikuti ajakan, adalah dengan membuat teksnya menjadi enak dibaca.

Hal ini tidak mengharuskan keterampilan menulis indah. Apalagi keterampilan menulis indah tidak serta merta bisa didapatkan.

Kamu hanya perlu banyak berlatih menulis dengan memperhatikan contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah yang benar.

Perhatikan baik-baik pemilihan katanya serta bagaimana pembahasannya masih menyambung satu sama lain.

Contoh 7: Hormati Orang Sekitarmu!

Sebagai murid yang baik maka kita harus menghormati dan menghargai semua orang di sekolahan.

Tidak hanya kepada guru, namun juga staff lainnya. Bahkan, sampai kepada penjaga kantin dan staff pembersih. Kita juga harus melakukan hal yang sama kepada teman-teman.

Semua hal tersebut dilakukan agar dapat membangun hubungan dan komunikasi dengan baik kepada semua orang di sekolahan.

Namun, faktanya masih banyak murid yang tidak melakukan hal tersebut.

Bahkan, sampai terjadi masalah bullying dan tidak ada hormat pada yang lebih tua.

Itulah sebabnya kita harus meningkatkan kesadaran diri untuk menghormati semua orang di sekitar kita.

Mulailah dari lingkungan sekolah terlebih dahulu. Lakukan hal tersebut jika kita ingin dihormati dan dihargai juga oleh orang-orang di sekitar kita.

Perhatikan baik-baik bagaimana penyusunan struktur dalam contoh teks persuasif singkat tentang kesehatan, lingkungan, dan sekolah tersebut.

Strukturnya tentu harus urut sesuai dengan yang seharusnya. Jangan sampai dibalik atau diacak peletakan strukturnya.

Kamu tidak boleh membuat kalimat ajakan terlebih dahulu, baru membuat awalan atau menuliskan faktanya.

Semua harus ditulis dengan runtut sesuai dengan kaidah. Apalagi dalam membuat kalimat ajakan ini kamu harus berusaha membuat orang lain tertarik dengan isinya.

Agar pembaca tertarik membaca dan mengikuti ajakan yang telah dituliskan maka penting sekali membuat tulisan dengan struktur yang runtut serta lengkap.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta