Daya Tampung Dan Peminat USU SBMPTN 2020 Soshum Dan Saintek

 Bella Carla | Kam, 30 Apr 2020

Daya Tampung & Peminat USU – Sebentar lagi pendaftaran SBMPTN 2020 akan segera dibuka oleh LTMPT. Informasi seputar daya tampung hingga peminat kampus dituju menjadi salah satu informasi yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa baru sebelum mereka mendaftarkan diri di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Salah satu kampus negeri yang cukup banyak dicara informasi daya tampung dan peminatnya adalah Universitas Negeri Sumatera Utara (USU). Adakah salah satu dari kamu yang juga sedang mencari informasi yang sama? Jika iya, di bawah ini Mamikos akan bagikan info terkait daya tampung dan peminat USU pada SBMPTN 2020 untuk prodi Soshum dan Saintek.

Info Terbaru Daya Tampung & Peminat USU

Daya Tampung & Peminat USU
anakusu.com

Universitas Negeri Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit yang berada di Medan, Sumatera Utara. Akreditasi USU secara institusi, saat ini telah mendapatkan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional. Merupakan kampus tertua di Sumatera, USU juga termasuk dalam daftar 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tak heran jika USU menjadi salah satu kampus yang juga paling banyak peminatnya setiap SBMPTN berlangsung. Buat kamu yang kemarin tidak mendapatkan kesempatan untuk mendaftarkan diri di USU melalui Jalur SNMPTN, maka Jalur SBMPTN bisa menjadi opsi kedua kamu. Nah, di bawah ini Mamikos akan bagikan sedikit informasi terkait SBMPTN USU 2020 hingga daya tampung dan peminatnya yang bisa menjadi referensi kamu.

SBMPTN USU

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Sumatera Utara tahun 2020 dilaksanakan melalui tiga jalur. Dari ketiga jalur tersebut, salah satunya ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 40%. SBMPTN ini akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ditambah dengan kriteria lain yang sudah ditetapkan bersama oleh pihak USU. Dengan kata lain, siswa yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) melalui SBMPTN harus mengikuti UTBK terlebih dahulu.

UTBK sendiri merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Untuk bisa mengikuti proses UTBK hingga SMBPTN, siswa perlu membuat akun LTMPT sebagai langkah awal. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar atau membuat akun LTMPT untuk UTBK 2020.

  1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 07 Februari – 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK.
  4.  Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
  5. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  6. Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih

Sementara itu, jadwal pelaksanaan UTBK 2020 sendiri adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran Akun LTMPT pada 7 Februari – 5 April 2020
  • Pendaftaran UTBK pada 2 – 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK pada 5 – 12 Juli 2020
  • Pengumuman hasil UTBK pada 25 Juli 2020

Ketentuan Baru SBMPTN USU

Ada lima perubahan penting yang wajib kamu perhatikan pada UTBK dan SBMPTN Universitas Negeri Sumatera Utara tahun 2020 ini, yaitu:

  1. Materi tes yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Dalam tes ini, kamu akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum, diluar kemampuan akademik.
  2. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (Satu) kali tes.
  3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.

Persyaratan Peserta SBMPTN USU

Walaupun masih beberapa bulan lagi, UTBK dan SBMPTN 2020 harus kamu persiapkan dengan serius mulai dari sekarang. Terlebih, Universitas Negeri Sumatera Utara menjadi salah satu kampus tujuan favorit bagi para lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan. Untuk bisa mengikuti SBMPTN 2020 ini, kamu diharuskan untuk membayar biaya administrasi terlebih dahulu sebesar Rp200.000 (kelompok ujian Saintek dan Soshum) dan Rp 300.000 (kelompok ujian campuran). Pendaftaran SBMPTN sendiri akan dibuka pada tanggal 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Adapun persyaratan pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut.

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Memiliki Nilai UTBK.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2020.

Jenis Tes SBMPTN USU

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Surat Edaran (SE) Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 11/SE.LTMPT/2020 telah mengumumkan tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020. Informasi tersebut juga menyatakan perubahan materi tes yang diujikan dalam UTBK 2020. Jika sebelumnya UTBK memiliki dua jenis tes yang diujiankan, yakni Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Maka, di tahun 2020 ini LTMPT resmi hanya mengujiankan TPS saja dalam UTBK nanti.

Menurut situs ltmpt.ac.id, TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Penilaian TPS sendiri terdiri dari:

  1. Kemampuan penalaran umum
  2. Kemampuan kuantitatif berupa pengetahuan dan penguasaan matematika dasar Pengetahuan dan pemahaman umum
  3. Kemampuan memahami bacaan dan menulis

Perlu menjadi perhatian, bahasa yang digunakan pada TPS sebagian menggunakan bahasa Inggris. Sehingga siswa perlu menyiapkan diri dengan cara berlatih soal dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

Tahapan Mengikuti SBMPTN USU

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara sebagai berikut.

  1. Pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Mengisi Biodata (kecuali bagi yang sudah terdaftar di SNMPTN 2020).
  3. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  4. Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman https://download.ltmpt.ac.id.
  5. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2020.
  6. Pendaftaran SBMPTN 2020 sendiri dimulai pada 2 – 20 Juni 2020 dan pengumuman hasil dilakukan pada 25 Juli 2020.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan SBMPTN USU

Kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    2. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    3. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek
    4. dan juga kelompok ujian Soshum
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta SBMPTN 2020 dapat memilih program studi di PTN mana pun.
  5. Program studi, daya tampung per PTN tahun 2020, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2019 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id

Khusus untuk pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2020. Jenis Portofolio SBMPTN 2020 adalah:

  • Portofolio Olahraga
  • Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
  • Portofolio Tari (termasuk Sendratasik opsi Tari)
  • Portofolio Teater (termasuk Sendratasik opsi Teater/Drama)
  • Portofolio Musik (termasuk Sendratasik opsi Musik)
  • Portofolio Seni Karawitan
  • Portofolio Etnomusikologi
  • Portofolio Fotografi
  • Portofolio Film dan Televisi

Daya Tampung dan Peminat SBMPTN USU

Seperti yang sudah diumumkan oleh pemerintah, daya tampung SBMPTN di seluruh perguruan tinggi negeri adalah sedikitnya 40% dari daya tampung program studi yang bersangkutan. Jika kamu penasaran dengan daya tampung SBMPTN USU 2020 dan peminatnya, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan informasinya untuk kamu.

Kelompok Soshum

  • Ilmu Hukum
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 180
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.822
  • Ilmu Sejarah
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 24
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 309
  • Antropologi Sosial
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 36
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 681
  • Akuntansi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 75
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.061
  • Sosiologi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 601
  • Ilmu Kesejaterahan Sosial
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 573
  • Ilmu Administrasi Negara
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 54
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.598
  • Ilmu Komunikasi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 36
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 912
  • Manajemen
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 75
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.281
  • Ekonomi Pembangunan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 70
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 825
  • Ilmu Politik
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 36
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 623
  • Sastra Indonesia
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 381
  • Sastra Daerah Untuk Sastra Melayu
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 45
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 94
  • Sastra Inggris
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 52
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 640
  • Sastra Daerah Untuk Sastra Batak
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 45
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 65
  • Sastra Arab
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 173
  • Etno Musikologi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 40
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 65
  • Sastra Jepang
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 40
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 263
  • Ilmu Perpustakaan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 40
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 541
  • Sastra Cina
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 24
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 176
  • Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 36
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.471
  • Psikologi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 75
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.082

Kelompok Saintek

  • Pendidikan Dokter
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 68
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.205
  • Teknik Sipil
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 42
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 954
  • Teknik Mesin
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 57
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 607
  • Teknik Elektro
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 57
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 642
  • Teknik Industri
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 57
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 781
  • Teknik Kimia
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 57
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 807
  • Pendidikan Dokter Gigi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 68
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.140
  • Matematika
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 495
  • Kimia
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 56
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 466
  • Farmasi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 65
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.340
  • Fisika
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 503
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 105
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.561
  • Agroekoteknologi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 120
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.387
  • Keteknikan Pertanian
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 30
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 457
  • Biologi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 482
  • Agribisnis
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 54
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.305
  • Ilmu dan Tekonologi Pangan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 30
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 630
  • Peternakan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 60
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 685
  • Arsitektur
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 57
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 769
  • Ilmu Keperawatan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 80
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 615
  • Kehutanan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 90
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.324
  • Ilmu Komputer
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 45
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.055
  • Teknologi Informasi
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 45
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 1.203
  • Manajemen Sumber Daya Perairan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 40
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 511
  • Teknik Lingkungan
    Daya Tampung SBMPTN 2020: 24
    Peminat Pada SBMPTN 2019: 424

Oke, itu tadi sekilas info yang bisa Mamikos bagikan terkait daya tampung dan peminat USU SBMPTN 2020 untuk kelompok Soshum dan Saintek. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri di USU tahun ajaran baru ini ya! Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: