5 Desain Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik




5 Desain Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil Tapi Cantik – Memiliki rumah yang besar di zaman ini bukanlah hal yang mudah. Daerah perkotaan sudah dipadati bangunan. Hampir tidak ada tanah lapang tersisa. Semakin tahun harga tanah atau rumah juga terus meningkat. Hal ini membuat sebagian besar orang hanya mampu membeli rumah atau apartemen dengan ukuran minimalis. 

Desain Dapur Minimalis yang Cantik

Tidak banyak ruangan yang bisa kita temui di rumah atau apartemen berukuran minimalis. Bahkan, dapurnya saja bisa menjadi satu dengan ruang keluarga. Sebuah rumah memang tidak lengkap jika tidak memiliki dapur. Oleh sebab itu, banyak pemilik rumah membutuhkan desain dapur minimalis yang modern dan cantik. 

Desain dapur minimalis yang cantik tidak selalu membutuhkan perlengkapan yang beraneka macam. Desain yang sederhana, tidak monoton, dan tertata rapi adalah dambaan banyak orang saat ini. Dalam ruangan yang kecil sekalipun, dapur yang didesain dengan baik mampu memanfaatkan setiap sudutnya dengan baik. Bahan makanan dan alat masak akan mudah tertata rapi disana.

Di bawah ini adalah 5 desain dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik yang bisa menjadi referensi gaya dapurmu nanti. Simak, ya.

1. Desain Dapur Minimalis 2×2 

2×2 meter adalah ukuran yang paling kecil dan cukup minimalis untuk sebuah dapur modern. Ukuran tersebut sama dengan kasur 2×2 yang bisa ditiduri oleh 2 atau 3 orang dewasa. Kebayang, ya bagaimana kamu harus bergerak di dapur dengan luas yang seperti itu. 

Banyak sekali desain dapur minimalis yang dapat kamu contoh sebagai inspirasi membuat dapur berukuran kecil yang memiliki tampilan cantik. Desainlah dengan warna yang terang seperti putih dan padukan dengan warna abu-abu atau gunakan warna bertema monokrom untuk tampilan modern. Warna putih berguna untuk membuat ruangan ini terlihat lebih terang dan rapi. Jika memungkinkan, dukung dapur dengan pencahayaan dari jendela atau skylight dari atap transparan. 




extraspace.com

Kamu bisa menggunakan kitchen set pada salah satu sisi ruang. Selain itu, kitchen set juga bisa diatur pada 2 sisi ruangan berbentuk L atau saling berhadapan. Hal ini lebih memudahkan saat memasak dengan banyak bahan dan peralatan. Manfaatkan juga ruang vertikal untuk membuat kabinet sebagai tempat penyimpanan. Dapur minimalis yang cantik tidak dianjurkan meletakan banyak barang diseluruh bagian meja. Ini akan membuat daput terasa padat dan sempit.

2. Desain Dapur Minimalis 3×3 

Dapur minimalis ukuran 3×3 memiliki ruang yang cukup besar untuk 2 orang yang bergerak bersama disana. Desain dapur minimalis dengan ukuran ini memungkin kitchen set dipasang berbentuk U. Dengan begitu, kamu akan memiliki banyak tempat untuk meletakan bahan makanan dan alat masak. 

Dapur minimalis ukuran 3×3 ini juga bisa kamu satukan dengan fungsi ruangan lain seperti tempat makan. Kamu bisa gunakan kitchen set pada 2 sisi ruangan saja, kemudian satu sisi lainnya kamu letakan meja makan. Ini bisa jadi alternatif lain apabila ruangan di rumahmu tidak banyak. 

livingetc.com

Pencahayaan pada dapur minimalis ini masih dianjurkan menggunakan cahaya alami dari jendela atau atap. Warna dindingnya juga menggunakan warna-warna terang. Namun, kamu bisa lebih bermain desain disini. Kamu bisa menggunakan kitchen set beraksen natural seperti kayu. Mulai dari lantai beraksen kayu, kabinet kayu, atau meja kayu. 




Ide desain dapur minimalis modern lainnya agar dapur tampak lebih cantik adalah desain industrial yang sekarang banyak disukai pemilik rumah. Desain industriali identik dengan interior berwarna gelap seperti hitam dan penggunaan batu bata. Selain itu peralatan yang digunakan berbahan stainless. Pencahayaan dengan lampu berwarna kuning pada sudut-sudut kitchen set membuat daput ini terasa sangat elegan. 

3. Desain Dapur Minimalis Type 36 

Dapur minimalis type 36 memiliki ukuran yang tidak jauh beda dengan dapur minimalis 2×2. Kitchen set pada dua sisi ruangan bebentuk L dan berhadapan adalah pilihan yang baik. Satu sisi digunakan untuk kompor dan oven, sisi lainnya untuk mencui piring dan meletakan bahan makanan. Menggabungkan dapur type 36 dengan ruang lain juga menjadi cara untuk membuat ruang terasa lebih luas. 




Kamu juga bisa membuat kitchen set memanjang pada satu sisi dinding saja. Kemudian, tambahkan meja dengan panjang yang  sesuai di hadapannya. Desain dapur minimalis ini dapat kamu aplikasikan pada salah satu sudut ruangan dirumah. Dengan model pengaturan yang seperti ini, kamu mungkin membutuhkan tempat penyimpanan barang yang lebih besar. Solusinya adalah pilih desain meja dapur minimalis yang memiliki rak dibawahnya. 

designrumah.co.id

Dapur type 36 memiliki ukuran yang kecil sehingga pemilihan warna juga perlu diperhatikan. Pilihlah warna yang terang seperti putih atau warna-warna pastel yang lebih kalem. Padukan dengan aksen seperti kayu, marble, batu bata yang seragam. Mengapa harus seragam? Hal ini membuat dapur tampak lebih sederhana dan rapi. Jika memungkinkan, pilih perabotan dengan warna atau bahan yang seragam. 

4. Desain Dapur Minimalis Sederhana 

Ide desain dapur minimalis sederhana yang pertama adalah buatlah mini bar di dapur cantik yang kecil itu. Kamu mungkin hanya memiliki kitchen set disalah satu sisi ruangan saja. Namun, kamu bisa tambahan mini bar di samping kitchen set tersebut sehingga membentuk L. Mini bar ini bisa memiliki banyak fungsi, misal untuk meletakan makanan siap saji atau hanya sekedar untuk menikmati minuman saja. 

Desain dapur minimal sederhana juga dapat dilihat dari pemilihan warnanya. Biasanya hanya ada 2 atau 3 warna saja yang mendominasi warna ruangan dan perabotan di dapur. Jika dinding berwarna putih, kamu bisa gunakan ornamen keramik di bawah kabinet dengan warna senada. Sedangkan warna meja menggunakan warna hitam atau menggunakan nuansa rustic.




tuacasa.com

Desain dapur minimalis sederhana juga tidak membutuhkan banyak peralatan. Minimal kompor, wastafel cuci piring dan sedikit ruang untuk meletakan bahan makanan saja sudah cukup. Jika diperlukan, kamu bisa menambahkan kabinet untuk menyimpan alat masak agar dapur terlihat lebih rapi. Kamu bisa memilih kabinet yang berada di atas atau sekalian memilih desain meja dapur yang memiliki tempat penyimpanan dibagian bawah. 

5. Desain Dapur Minimalis Terbuka

Desain dapur minimalis terbuka sedang menjadi tren. Terlebih lagi banyak pemilik rumah yang saat ini memiliki hobi berkebun atau menanam bunga. Jadi, mereka menyatukan tempat masak dengan kesenangan di halaman belakang rumah. Dapur dengan pemandangan taman dan tanaman hijau memang memberikan sensasi memasak yang berbeda. Dapur dengan gaya ini tidak memerlukan sirkulasi udara atau sumber penerangan khusus karena ruangannya sudah  terbuka. 

Pada desain dapur minimalis terbuka yang cukup ‘ekstrim’, dapur hanya ditutupi atap saja. Salah satu sisinya menyambung dengan rumah, sedangkan sisi lainnya dibiarkan terbuka dan hanya dilengkapi dengan tirai bambu. Ini memang konsep dapur yang cukup natural. Namun, dapur seperti ini tetap dilengkapi dengan perabotan yang modern agar terlihat cantik.

Desain lainnya yang lebih modern dan elegan adalah setiap sisi dapur menggunakan kaca. Jadi, ketika memasak kamu dapat melihat keluar dari berbagai arah. Dapur minimalis ini lebih sering diimplementasikan pada sebuah rumah. Agak sulit dilakukan pada dapur yang ada di apartemen, tapi bukan berarti tidak bisa. Kamu dapat memanfaatkan area balkon sebagai bagian dapur dengan desain yang menyesuaikan.




diahdehrilho.com

Konsep dapur terbuka seperti ini lebih erat dengan ornamen yang bernuasnsa alam seperti kayu dan batu. Kedua ornamen ini dapat kamu gunakan sebagai ide perabotan di dapur. Mulai dari pemilihan lantai, meja, kursi, bahkan alat masak. Dijamin dapur minimali dapurmu akan terlihat cantik dan modern. 

Itu dia 5 desain dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik yang dapat mamikos bagikan buatmu. Mendeain dapur dengan ukuran yang kecil sesungguhnya tidak sulit, kok. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan beberapa menciptakan suasana dapur yang nyaman untuk memasak. 





Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah