8 Fasilitas yang Banyak Dicari Oleh Pencari Kost Milenial, Pemilik Kost Wajib Tahu Nih

8 Fasilitas yang banyak dicari oleh pencari kost milenial, pemilik kost wajib tahu nih – Kegiatan survey mencari kost adalah hal yang wajib dilakukan sebelum menentukan kost yang akan disewa. Pertimbangan untuk menyewa sebuah kost perlu dilakukan matang-matang, apalagi jika penghuninya adalah milenial. Zaman yang berubah menuntut pemilik kost untuk beradaptasi dengan menyediakan fasilitas-fasilitas agar kostnya tetap diminati.

Fasilitas Kost untuk Anak Milenial

pixabay.com

Jika dulu para pencari kost sudah bisa puas dengan fasilitas tempat tidur dan almari pakaian, kini perlu ada inovasi untuk menjaring lebih banyak penyewa. Fasilitas untuk anak kost milienial tentu berbeda dengan fasilitas untuk anak kost era 90-an atau yang lebih tua. Selain membutuhkan kost untuk tempat menginap, milenial juga membutuhkan hiburan selama berada di kost. Agar hunian kost banyak dicari, Mamikos memiliki beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pemilik kost.

1. Kamar Mandi Dalam

pixabay.com

Generasi milenial yang ingin serba praktis tentunya tidak ingin menghabiskan waktu menunggu antrian mandi. Apalagi jika kamar mandi kost hanya ada satu dan digunakan bersama-sama dengan penghuni kost lain. Oleh karena itu, sebagai pemilik kost yang memahami kebutuhan konsumen milenialnya, penting untuk membangun kamar mandi dalam.

Buatlah desain kamar mandi yang mudah dibersihkan dan memiliki ventilasi yang baik, sehingga tidak lembap. Pemilik kost juga bisa menambahkan fasilitas penunjang di kamar mandi, seperti bathtub, shower, air panas, serta kloset duduk.

2. Tempat Tidur

pixabay.com

Penyewa kost milenial ingin langsung beristirahat sesampainya di kost. Dengan menambahkan fasilitas tempat tidur, baik kasur busa maupun spring bed, kost akan menjadi siap huni. Pemilik kost bisa memberikan biaya tambahan bagi penghuni yang ingin meminta jenis tempat tidur khusus. Adanya tambahan fasilitas seperti bantal, guling, dan beberapa sprei. Beritahukan pula pada penghuni kost untuk tetap menjaga fasilitas kamar kost.

3. AC

pixabay.com

Penghuni kost tidak betah berlama-lama di dalam kamar karena kepanasan? Pemilik kost bisa memasang fasilitas berupa AC. Namun, perhatikan daya listrik di kost yang dimiliki. Jangan sampai adanya AC di setiap kamar kost justru membuat listrik sering mati. Tidak ada salahnya pula memberlakukan biaya tambahan karena AC memerlukan daya cukup besar.

Agar pemilik kost dan penghuni sama-sama nyaman, adanya aturan tentang pemakaian AC sangat penting untuk disampaikan. Meskipun penghuni kost sudah membayar biaya listrik dan biaya sewa kost, mereka tetap perlu menghemat energi. Apabila tidak mendesak, sebisa mungkin penghuni kost tidak menyalakan AC dan menggunakan kipas angin sebagal alternatif.

4. Wifi – Internet

pixabay.com

Fasilitas internet wifi seakan menjadi fasilitas wajib yang harus ada di setiap kost. Penghuni kost pastinya akan merasa terbantu dengan adanya koneksi internet wifi. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli paket data. Namun, sebagai pemilik kost, perhatikan kecepatan internet yang ditawarkan. Apabila diperlukan, pemilik kost bisa menerapkan biaya tambahan untuk meningkatkan kecepatan internet.

5. Almari Pakaian

pixabay.com

Fasilitas almari pakaian pun menjadi salah satu fasilitas kost untuk milenial yang wajib ada. Sebab, barang bawaan penyewa kost perlu ditata dengan rapi agar kost tidak terlihat berantakan. Pemilik kost dapat menyediakan almari pakaian yang terbuat dari kayu atau lemari portable yang mudah dibongkar pasang. Ukuran almari pakaian sebisa mungkin proporsional dengan ukuran kamar kost, sehingga penghuni tetap nyaman beraktivitas. Pemilihan bahan almari yang sesuai karakteristik kost, seperti almari plastik jika kost sering hujan dan almari kayu jika kost berada di lokasi yang panas.

6. Kursi Belajar

pixabay.com

Penyewa kost milenial yang masih menempuh studi pastinya membutuhkan meja dan kursi belajar yang nyaman. Jadikan fasilitas tersebut sebagai penambah daya tarik kost yang dimiliki. Pemilik kost dapat menyesuaikan ukuran kursi dan meja belajar dengan luas kamar kost. Dengan demikian, pemilik kost tidak perlu membeli banyak perabot tambahan dan mengeluarkan budget lebih. Kursi belajar yang menjadi fasilitas kost tidak perlu kursi yang mahal. Lakukan survey jenis kursi yang harganya terjangkau, namun tetap nyaman digunakan.

7. TV

pixabay.com

Fasilitas hiburan untuk penghuni kost milenial seperti televisi bisa diberikan oleh pemilik kost. Semakin bagus fasilitas TV yang diberikan, akan semakin tertarik pula calon penyewanya. Adanya inovasi dengan memberikan layanan TV kabel pun bisa menjadi pertimbangan pemilik kost. Penghuni kost akan merasa senang dengan adanya TV kabel yang menampilkan banyak pilihan channel.

8. Parkir Mobil

pixabay.com

Mobilitas penyewa kost milenial yang tinggi biasanya menjadi alasan mereka membawa kendaraan pribadi. Pemilik kost dapat menyediakan fasilitas berupa tempat parkir mobil agar penyewa kost tidak kesulitan apabila ingin memarkir kendaraan. Berikan perlindungan dengan adanya atap di area parkir, sehingga kendaraan penyewa kost tidak terkena panas dan hujan.

Fasilitas Tambahan

pixabay.com

Sebenarnya, tidak hanya fasilitas di atas yang diperlukan oleh milenial. Masih ada fasilitas tambahan yang mungkin akan diperlukan penghuni. Kesibukan milenial di luar kost biasanya membuat mereka tidak sempat jika harus mengurus kamar. Pemilik kost bisa menyediakan tambahan fasilitas bagi para penyewa kost, misalnya:

• Jasa laundry yang menerapkan sistem antar jemput. Penghuni kost dapat mengirimkan pesan singkat atau menelepon agar pemilik laundry bersedia mengambil pakaian di tempat pemilik kost.

• Security 24 jam yang menjaga keamanan kost. Adanya security secara tidak langsung membuat penghuni kost merasa nyaman dan aman. Mereka tidak perlu khawatir apabila harus beraktivitas di luar ruangan pada malam hari.

• Fasilitas olahraga agar penghuni kost tetap bisa menjaga kebugaran. Pemilik kost bisa menambahkan kolam renang atau area gym sekaligus alat-alat olahraga. Penghuni kost pun tetap dapat berolahraga di kawasan kost.

Semakin lengkap fasilitas suatu kost, akan semakin banyak pula peminatnya. Agar kost yang dimiliki dapat bersaing dengan kost lainnya, pemilik kost perlu mengetahui tren atau hal-hal yang diminati para milenial. Misalnya saja saat ini para milenial senang berfoto di tempat instagrammable. Pemilik kost yang ingin kostnya dilirik para penyewa bisa mendesain kost dengan warna cat tertentu atau menyiapkan ruangan khusus dengan desain kekinian. Buatlah survey singkat terkait fasilitas-fasilitas yang akan dibutuhkan penyewa beserta alternatif fasilitas yang bisa ditawarkan pemilik kost.

Demikian informasi 8 fasilitas yang banyak dicari oleh pencari kost milenial yang wajib diketahui pemilik kost. Sebagai pemilik kost, apakah fasilitas-fasilitas tersebut sudah tersedia di kost milikmu? Jika belum, masih ada waktu untuk melakukan renovasi ataupun inovasi. Buatlah calon penyewa kost dari generasi milenial tertarik dengan kost yang kamu miliki. Agar peminat kost meningkat, iklankan kost yang kamu miliki dengan bantuan Mamikos. Aplikasi pencari kost terbaik akan membantu pemasaran kost agar dapat dijangkau banyak kalangan. Tertarik mencoba?

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: