Gelombang 2 UTBK 2021, Jadwal Pelaksanaan dan Contoh Soal

Posted in: Pendidikan SBMPTN

Gelombang 2 UTBK 2021, Jadwal Pelaksanaan dan Contoh Soal – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 telah dibuka. Nantinya, UTBK sendiri akan dilaksanakan sebanyak dua gelombang. Di mana gelombang pertama dijadwalkan pada 12 hingga 18 April 2021, dan gelombang kedua pada 26 April hingga 2 Mei 2021. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan informasi terbaru terkait gelombang 2 UTBK 2021 lengkap dengan contoh soalnya.

Berikut Info Terbaru hingga Contoh Soal Gelombang 2 UTBK 2021

static.republika.co.id

Seperti yang kita ketahui, UTBK adalah bagian dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. UTBK pertama kali diresmikan oleh LTMPT pada tahun 2018, dan dilaksanakan pertama kali di tahun 2019. Perlu kalian ketahui bahwa UTBK dan SBMPTN adalah kedua hal yang tidak bisa dipisahkan. Mengingat SBMPTN adalah metode seleksinya dan UTBK adalah metode tesnya. 

Sekilas Tentang UTBK Gelombang 2

Sama seperti tahun lalu, kini LTMPT kembali menjadwalkan pelaksanaan UTBK menjadi dua gelombang. Di mana gelombang 2 UTBK 2021 sendiri akan dilaksanakan pada 26 April hingga 26 Mei 2021. UTBK ini dapat diikuti oleh seluruh siswa lulusan SMA/sederajat tahun 2019, 2020, dan 2021, serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun.

Syarat Daftar UTBK Gelombang 2

Di bawah ini adalah syarat-syarat lengkap yang harus dipenuhi oleh peserta UTBK baik gelombang 1 maupun gelombang 2.

  1. Peserta sudah mempunyai akun LTMPT
  2. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021).
  4. Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Peserta dinyatakan tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2019, 2020, dan 2021.

Contoh Soal UTBK Gelombang 2

Ada banyak kabar yang mengatakan bahwa peserta yang mengikuti UTBK gelombang 1 umumnya memiliki nilai UTBK yang lebih tinggi dibandingkan peserta yang terdaftar di gelombang 2. Untuk mematahkan pernyataan tersebut, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dari sekarang dengan mencoba mengerjakan soal-soal UTBK. Di bawah ini Mamikos sudah siapkan contoh soal TPS UTBK yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-5

Pekerja anak bukanlah satu fenomena baru di Indonesia. Banyak keluarga yang memerlukan bantuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi marjinal. Dalam hal ini, anak-anak yang bekerja dipengaruhi oleh suatu kondisi yang mengharuskan mereka untuk bekerja. Dengan kata lain, mereka bekerja karena faktor pencari nafkah keluarga yang berpenghasilan rendah, jumlah tanggungan keluarga yang besar, dan disorganisasi keluarga. Bisa kita bayangkan anak-anak yang bekerja tersebut tidak memperoleh perlindungan yang memadai (baik fisik maupun hukum), mempunyai risiko tinggi putus sekolah, jam kerja yang panjang, dan pekerjaan mereka tidak menjamin kehidupan sosial-ekonomi yang lebih baik. Jam kerja anak di tiga kota besar relatif panjang, yaitu di Medan sekitar 5 jam, di Surabaya 7 jam, dan di Jakarta 10 jam setiap harinya.

Menurut perkiraan ILO (International Labour Organization), sekitar 250 juta anak berusia antara 5 sampa 14 tahun ambil bagian dalam aktivitas ekonomi di negara-negara berkembang. Anak yang bekerja purna waktu sebanyak 120 juta. Selebihnya adalah anak yang bekerja tetapi juga bersekolah atau melakukan kegiatan nonekonomis. Asia merupakan wilayah yang memiliki jumlah pekerja anak tertinggi di dunia, yaitu 61%, sedangkan sisanya 32% di Afrika, dan 7% di Amerika Latin.

Intensitas kerja anak dapat diukur dengan jam atau waktu mereka bekerja setiap harinya. intensitas bekerja tinggi bila mereka bekerja di atas 7 jam setiap harinya, intensitas bekerja sedang bila mereka bekerja 5-7 jam setiap harinya, dan intensitas bekerja rendah bila mereka bekerja di bawah 5 jam setiap harinya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak bekerja di sektor informal. Pertama, ekonomi keluarga. Pencari nafkah dalam keluarga dilakukan oleh satu atau dua orang kepala rumah tangga yang berpenghasilan rendah atau tidak terpenuhi kebutuhan hidup sehingga anak-anak terdorong untuk membantu bekerja di sektor informal.

Kedua, jumlah tanggungan keluarga. Beberapa faktor yang menyebabkan jumlah tanggungan dalam satu keluarga menjadi besar antara lain telah berkeluarga pada usia muda, kelahiran anak yang begitu dekat, adanya anggapan banyak anak banyak rezeki, dan sanak keluarga yang belum bisa mandiri sehingga harus tinggal bersama keluarga. Makin banyak jumlah tanggungan makin besar pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

(Diadaptasi dari digilib.unila.ac.id)

Tabel 1. Data Jumlah Pekerja Anak Berdasarkan Daerah Tempat Tinggal 2016-2018

1. Berdasarkan tabel 2, jika data pekerja anak menunjukkan pola yang sama dari tahun ke tahun, manakah yang PALING MUNGKIN terjadi?

(A) Jumlah pekerja anak cenderung meningkat.

(B) Jumlah pekerja anak di desa cenderung meningkat. 

(C) Jumlah pekerja anak tidak dapat diprediksi.

(D) Jumlah pekerja anak di kota cenderung menurun. 

(E) Jumlah pekerja anak cenderung menurun.

2. Manakah pernyataan di bawah ini yang TIDAK MENDUKUNG kalimat bercetak tebal pada paragraf 5?

(A) Makin banyak anak makin banyak tanggungan dalam keluarga.

(B) Sanak saudara yang belum bisa mandiri bukan tanggung jawab kepala keluarga.

(C) Kemiskinan timbul jika pengeluaran besar tetapi pemasukan tidak mencukupi kebutuhan anggota keluarga.

(D) Lowongan kerja harus diperbanyak untuk meminimalkan angka pengangguran.

(E) Faktor kemiskinan mnjadi salah satu alasan anak turut bekerja mencari nafkah.

3. Ketika seseorang merokok, sebagian besar asapnya dilepaskan ke udara sehingga asapnya dihirup oleh perokok pasif. Perokok pasif yang menghirup asap rokok akan memiliki risiko mengalami pengerasan arteri. Pengerasan arteri dapat menghalangi aliran darah. Meskipun rajin berolahraga, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan baik karena aliran darah tidak lancar.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang benar?

(A) Pengerasanarteriakanmerangsangseseorangmenjadiperokokpasif.

(B) Asap rokok yang dilepaskan ke udara menyebabkan aliran darah tidak lancar.

(C) Perokok pasif menghirup asap rokok karena udara kotor.

(D) Ketika berolahraga, banyak asap rokok dilepaskan ke udara.

(E) Perokok pasif menghirup asap rokok disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar.

4. Stroke masih dianggap sebagai penyakit yang berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian. Semua jenis stroke terjadi karena terganggunya pasokan darah ke otak sehingga otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup. Stroke dapat terjadi ketika seseorang mengalami cedera kepala, gangguan pembekuan darah, dan tekanan darah yang terlalu tinggi. Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

(A) Seseorang yang mengalami stroke memiliki tekanan darah yang tinggi.

(B) Orang yang mengalami kematian akibat stroke biasanya kurang mendapatkan asupan oksigen. 

(C) Seseorang yang mengalami cedera kepala akan mengalami gangguan pasokan darah ke otak. (D) Orang yang terkena stroke akan mengalami gangguan pembekuan darah saat cedera.

(E) Darah sulit membeku ketika seseorang mengalami kekurangan nutrisi pada otak.

5. Bunga echienacea memiliki kandungan antibakteri yang lebih tinggi dibandingkan antibiotik lainnya. Makin tinggi antibakteri yang terkandung pada suatu antibiotik, akan makin efektif antibiotik tersebut untuk mencegah infeksi.

Berdasarkan pernyataan tersebut, manakah yang paling mungkin menjadi akibat dari tingginya antibakteri pada echienacea?

(A) Banyak orang yang rentan mengalami infeksi menanam bunga echienacea.

(B) Banyak orang yang mengonsumsi echienacea pada saat mengalami luka.

(C) Produk yang mengandung echienacea lebih laku dibandingkan dengan antibiotik jenis lainnya.

(D) Orang yang tidak mengkonsumsi echienacea akan sulit sembuh dari infeksi.

(E) Orang yang menggunakan antibiotik selain ethienacea lebih sering mengalami luka.

6. Dari empat bilangan diketahui yang terkecil adalah 12 dan yang terbesar adalah 24. Rata-rata hitung keempat bilangan tersebut tidak mungkin sama dengan ….

(1) 15 (2) 17 (3) 21 (4) 22

(A) (1), (2), dan (3) SAJA yang benar.

(B) (1) dan (3) SAJA yang benar.

(C) (2) dan (4) SAIA yang benar.

(D) HANYA (4) yang benar.

(E) SEMUA pilihan benar.

7. Jumlah penduduk suatu daerah 900 orang. Sebanyak 600 oang menanam bunga mawar dan 450 orang menanam bunga melati. Jika x dan y berturut-turut menyatakan minimum yang mungkin dan maksimum yang mungkin jumlah penduduk yang menanam keduanya, maka nilai x + y adalah ….

(A) 450 

(B) 500 

(C) 600 

(D) 650 

(E) 700

8. Diketahui persegi panjang dan setengah lingkaran dengan diameter pada alas. Garis DE menyinggung lingkaran, panjang CD = 6 dan CE = 8. Panjang AD = ….

A) 6√2 

(B) 9 

(C) 10 

(D) 6√3 

(E) 9√2

9. Diketahui koordinat titik sudut jajar genjang ABCD adalah A(0,0), B(3,1), C(5,7) dan D(x,y), manakah hubungan yang benar antara kuantitas P dan Q berikut berdasarkan informasi yang diberikan?

P: Luas jajar genjang ABCD

Q: 8

(A) P > Q

(B) Q > P

(C) P = Q

(D) Informasi yang diberikan tidak cukup untuk memutuskan salah satu dari tiga pilihan di atas.

(E) P > P

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 10.

(1) Saat ini manusia telah menggunakan hampir dua pertiga total limpasan air tawar dunia. (2) Di banyak tempat, pertumbuhan penduduk melebihi ketersediaan air sehingga terjadi krisis air. (3) Dalam beberapa tahun terakhir, persediaan air di berbagai belahan dunia menyusut ke titik terendah sepanjang sejarah akibat kekeringan berkepanjangan.

(4) Sebelumnya, beberapa pengamat berspekulasi bahwa perubahan pola curah hujan sebagai dampak pemanasan global menjadi penyebab terjadinya krisis air ini. (5) Akan tetapi, baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan para ahli iklim Universitas Columbia menunjukkan bahwa kekeringan tersebut merupakan peristiwa yang khas. (6) Mereka menyimpulkan bahwa akar masalah berkurangnya pasokan air di tempat-tempat tersebut adalah pertumbuhan populasi.

10. Lawan kala menyusut yang tepat dalam kalimat (3) adalah ….

(A) meluber

(B) mengalir

(C) melimpah 

(D) membanjiri 

(E) membeludak

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 11.

(1) Sebuah sistem perangkat lunak baru yang memperkaya fitur ponsel dikembangkan oleh para peneliti Brown University. (2) lni memungkinkan pengguna untuk menempatkan blok bangunan virtual, mebeler, dan benda-benda lain menggunakan tangan mereka seperti pada dunia nyata. (3) Menggesek saja bukan cara yang memuaskan untuk berinteraksi,” kata Huang, salah seorang peneliti.

(4) Di dunia nyata, kita berinteraksi dengan benda-benda menggunakan tangan kita. (5) Kita memutar gagang pintu, mengambil dan meletakkan barang-barang. (6) Perangkat baru yang disebut di atas menggunakan sensor inframerah kecil yang dipasang di bagian belakang ponsel. (7) Sensor ini melacak posisi tangan orang dalam kaitannya dengan obyek virtual yang memungkinkan pengguna untuk mengambil obyek, mengubah, menumpuknya, atau menjatuhkannya.

11. Kata yang memiliki makna denotatif ‘alat‘ terdapat pada kalimat ….

(A) 2

(B) 3 

(C) 4

(D) 5

(E) 6

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.

(1) Pemeriksaan kesehatan berkala untuk pekerja terbagi menjadi empat: pemeriksaan awal atau sebelum bekerja, pemeriksaan kesehatan berkala, pemeriksaan kesehatan yang bersifat khusus, dan pemeriksaan kesehatan purnabakti. (2) Parameter uji kesehatan berkala ditetapkan berdasarkan faktor risiko kesehatan yang timbul dari pekerjaan sehari-hari sehingga pemeriksaan berkala berbeda untuk setiap pekerjaan, misalnya: pemeriksaan berkala untuk pekerja administrasi, pekerja yang terpajan bahan kimia, dan pekerja mekanik. (3) Dengan demikian, hasil pemeriksaan kesehatan berkala bermanfaat untuk melihat dampak lingkungan kerja terhadap para pekerja dan perusahaan dapat segera mengambil tindakan segera untuk mengamankan lingkungan kerja.

(4) Data hasil pemeriksaan kesehatan berkala para pekerja menjadi penting. (5) Data itu menjadi masukan bagi perusahaan apakah penempatan pekerja sudah sesuai dengan kondisi fisik pekerja. (6) Selain untuk pengembangan kegiatan pencegahan dan promosi kesehatan keja, data hasil pemeriksaan berkala menjadi data dasar dan pembanding masa sekarang dengan masa sebelum bekerja dalam mendeteksi penyakit akibat kerja. (7) Dengan pemeriksaan berkala, kejadian penyakit akibat kerja yang dapat menurunkan produktivilas kerja dapat diminimalkan sehingga keuntungan perusahaan terjaga dengan kesinambungan produksi hasil kerja pekerja yang sehat.

12. Apa inti teks tersebut?

(A) Pemeriksaan kesehatan berkala dilakukan berbeda-beda di perusahaan. 

(B) Kesehatan pekeja dipantau dengan pemeriksaan kesehatan berkala.

(C) Lingkungan kerja yang berbeda menentukan jenis pemeriksaan kesehatan. 

(D) Pemeriksaan kesehatan berkala para pekeja bermanfaat bagi perusahaan. 

(E) Pemeriksaan kesehatan di lingkungan keja berpengaruh pada produksi.

13. Kata mendeteksi dalam kalimat (6) bermakna ….

(A) mengenali 

(B) menemukan 

(C) menandai 

(D) mencari

(E) menangani

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 14.

(1) Pendidikan dibutuhkan semua kelompok masyarakat. (2) Meskipun dengan tujuan yang berbeda, semua kelompok masyarakat, baik yang tinggal di perkotaan maupun yang tinggal di hutan-hutan pedalaman, membutuhkan pendidikan. (3) Bagi kelompok masyarakat yang tinggal di pedalaman, pendidikan nonformal diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, mengadvokasi kebutuhan kelompok, hingga mengakses fasilitas pemerintah. (4) Pendidikan “baca tulis” dapat menolong masyarakat pedalaman saat berinteraksi di pasar atau membuat perjanjian dengan masyarakat desa atau masyarakat kota.

(5) Ada beberapa alasan mengapa pendidikan yang dibutuhkan masyarakat pedalaman adalah pendidikan nonformal. (6) Pertama, alasan keunikan geografis. (7) Tempat tinggal masyarakat jauh di pedalaman; aksesnya sulit dan mahal untuk mencapainya. (8) Kedua, keunikan lain dalam proses pendidikan bagi masyarakat yang tinggal di hutan pedalaman adalah waktu belajar yang berbeda dengan jam pelajaran pendidikan formal. 

(9) Pada jam-jam sekolah formal, masyarakat dan anak-anak di pedalaman sedang melakukan aktivitas memancing ikan. (10) Ketiga, faktor budaya sebagai keunikan pendidikan nonformal bagi suku pedalaman. (11) Banyak anak yang belum pernah melihat meja dan kursi. 

(12) Mereka menjadi tidak nyaman dalam belajar. (13) Oleh karena itu, para pengajar harus menyesuaikan diri dengan budaya masyarakat setempat. (14) Ada relativisme budaya pada kasus itu: apa yang dianggap baik belum tentu baik bagi masyarakat pedalaman.

14. Tujuan penulis menghasilkan teks tersebut adalah ….

(A) memaparkan kebutuhan belajar yang cocok bagi masyarakat pedalaman

(B) membuttikan betapa beratnya tantangan mendidik masyarakat pedalaman

(C) menjelaskan pentingnya mendidik masyarakat pedalaman secara nonformal

(D) membahas ciri-ciri masyarakat pedalaman yang bertaitan dengan pendidikan

(E) memaparkan pentingnya ragam pendidikan yang sesuai bagi masyarakat pedalaman

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 15 dan 16.

(1) Salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Badui berkaitan dengan pencegahan tejadinya bencana dan mitigasi bencana. (2) Masyarakat Badui mampu melakukan mitigasi bencana, seperti gempa bumi, banjir, dan tanah longsor, melalui pembangunan rumah tradisional dan pengelolaan hutan berlandaskan aturan adat. (3) Terdapat aturan. 

(4) Dalam membangun rumah, berlaku aturan bahan bangunan yang dapat atau tidak dapat dipakai. (5) Bahan bangunan dari bambu, ijuk, dan kirai untuk bangunan rumah merupakan bahan yang tidak mudah rusak (6) Bangunan tidak boleh langsung menyentuh tanah agar bangunan tidak akan mudah roboh sekalipun terjadi bencana gempa bumi yang hebat. 

(7) Bangunan tidak boleh mengubah atau merusak kontur tanah dan hal itu merupakan benıuk mitigasi terhadap longsor dan banjir. (8) Adapun pengelolaan hutan dilakukan dengan peınbagian wilayah hutan dan kampung, yang merupakan simbol mitigasi bencana alam. (9) Pembagian wilayah tersebut menjadi penyangga bagi seluruh kehidupan masyarakat Badui.

15. Kata simbol pada kalimat (8) tidak tepat sehingga harus diganti dengan kata ….

(A) lambang

(B) cara

(C) cermin

(D) wujud

(E) tanda

16. Apa makna kalimat (9) pada teks tersebut?

(A) Kehidupan masyarakat Badui menjadi terbantu dengan adanya pembagian wilayah hutan dan kampung.

(B) Dua bagian wilayah yang ditetapkan oleh aturan adat menjadi pedoman kehidupan masyarakat Badui.

(C) Kehidupan sehari-hari masyarakat Badui tidak akan berlangsung tanpa pembagian wilayah.

(D) Landasan hidup masyarakat Badui adalah pembagian wilayah hutan menjadi dua wilayah.

(E) Pembagian wilayah menuntun masyarakat Badui untuk menghadapi bencana alam.

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 17 dan 18.

Karena isu-isu seperii perubahan1 iklim, pemanasan2 global, dan energi terbarukan mendominasi pembicaraan3 nasional, topik-topik pada isu-isu tersebut menjadi eksklusif bagi dunia modern. (2) Namun, sebuah studi kolaboratif berskala besar mengungkap bahwa manusia purba di seluruh dunia mengalami perubahan, dan perubahan itu berdampak pada lingkungan. (3) Mempelajari sumber data yang berlimpah, dampak lingkungan global akibat penggunaan4 lahan setidaknya 3.000 tahun semakin tampak nyata bagi peneliti. (4) Itu berarti bahwa pemikiran5 untuk melihat dampak perilaku manusia pada lingkungan saat ini juga harus memperhitungkan perilaku manusia di masa lalu.

17. Imbuhan pe-an pada kata peIapukan pada kalimat para peneliti sedang berkolaborasi untuk mengkaji pelapukan batu alam memiliki makna yang sama dengan imbuhan pe-an pada kata bernomor ….

(A) 1 

(B) 2 

(C) 3 

(D) 4 

(E) 5

18. Perhatikan kutipan berikut. Mempelajari sumber data yang berlimpah, …. Kutipan tersebut menjadi kalimat logis jika dilanjutkan dengan ….

(A). dampak lingkungan global dapat dilihat oleh penggunaan lahan selama ribuan tahun yang semakin nyata

(B). penggunaan lahan selama ribuan tahun yang terlihat oleh peneliti dapat berdampak pada lingkungan gobal

(C). lingkungan global berdampak pada penggunaan lahan selama ribuan tahun yang peneliti lihat semakin nyata

(D). peneliti dapat melihat dampak lingkungan global akibat penggunaan lahan selama ribuan tahun semakin nyata

(E). lahan yang telah digunakan selama ribuan tahun semakin terlihat nyata dan berdampak pada lingkungan global

Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 19 dan 20.

(1) Tak hendak mengulur-ulur, tiga bulan sejak pertemuan pertama, Kelana melamar Delima. (2) Akhirnya, Kelana mempersunting Delima lewat serangkaian acara sederhana. (3) Tak lama setelah itu, ia kemudian dipindahkan ke bagian pemberitaan. (4) Sayangnya, belum cukup merasakan manis madu perkawinan, ia malah tertangkap dalam suatu operasi. (5) Setahun lebih Belanda membuinya tanpa peradilan.

(6) Selama masa penahanan itu, ia merenung. (7) Lalu, di ruangan pengap tanpa kamar kecil, ia memutuskan keluar dari ketentaraan. (8) Nasib baik lalu membebaskannya dari kungkungan penjara. (9) Ketika ia pulang, seorang sipir penjara menghadiahinya seekor merpati yang akan dilepaskan di rumahnya nanti sebagai pertanda kebebasan dalam menjalani hidup bersama anak dan istrinya. (10) Jati, anaknya, telah lahir ketika ia di penjara.

19. Ungkapan yang digunakan penulis pada bacaan di atas untuk mengganti istilah yang dianggap kurang sopan adalah ….

(A) acara sederhana dalam kalimat (2)

(B) bagian pemberitaan dalam kalimat (3)

(C) kamar kecil dalam kalimat (7)

(D) kungkungan penjara dalam kalimat (8)

(E) seekor merpati dalam kalimat (9)

20. Bentuk aktif dari kalimat pasif sebuah mobil merah diberikan kepadanya oleh seorang pengusaha memiliki pola yang sama dengan kalimat ….

(A) 1 

(B) 2 

(C) 4 

(D) 7 

(E) 9

Questions 21 – 23 are based on the following passage.

Credit and credit cards are special types of loans. When you use a credit card to buy things, instead of paying for them immediately, each purchase goes onto a big list. At the end of the month, the credit card company adds everything on the list together and sends you a bill for the total amount of money you spent that month.

The special feature of credit cards is that you do not have to pay back the entire bill right away. Imagine you spent $5,000 last month. When you get the bill, you might only have to use your $1,000 to pay the bill, but you still have all 5,000 worth of stuff you bought.

This functions as a loan because the credit card company has, in a round-about way, loaned you that leftover $4,000. As with a loan, you will still have to pay that $4,000 back eventually, and the credit card company will charge you interest on it. Therefore, in the end, you might owe $4,500 (plus the $1,000 you used to pay the minimum part of the original bill).

21. The underlined word ‘might‘ in the passage is used to express ….

(A) obligation 

(B) possibility 

(C) permission 

(D) suggestion 

(E) capability

22. The underlined word ‘eventually‘ in the passage means ….

(A) suddenly 

(B) previously 

(C) immediately 

(D) ultimately 

(E) directly

23. Based on the passage, credit cards provide a service that makes it possible for customers not to pay the …. of their purchases.

(A) fund

(B) loan

(C) amount

(D) half credit

(E) rounded interest

24. Pada suatu ujian yang diikuti oleh 50 siswa diperoleh nilai rata-rata 35, median 70 dan simpangan baku 10. Karena nilai rata-rata terlalu rendah maka semua nilai dikalikan 2 kemudian dikurangi 15. Akibatnya ….

(A) rata-rata menjadi 70

(B) rata-rata menjadi 65

(C) simpangan baku menjadi 20

(D) simpangan baku menjadi 5

(E) median menjadi 80

25. Di dalam kotak A terdapat 5 bola putih dan 5 bola merah. Di dalam kotak B terdapat 12 bola putih dan 3 bola merah. Jika dari kotak A dan kotak B masing-masing diambil 2 bola satu persatu dengan pengembalian, maka peluang yang terambil sedikitnya 1 bola merah adalah ….

(A) 0,84 

(B) 0,76 

(C) 0,40 

(D) 0,24 

(E) 0,16

30. Sebuah bola pingpong dibenamkan sepenuhnya dalam cairan yang berada dalam sebuah gelas ukur. Pada bola itu terdapat lubang kecil hingga keluar gelembung-gelembung udara. Tekanan hidrostatis di dasar gelas selama dan sesudah gelembung gelembung itu keluar dari bola….

(A) tetap sepanjang pembenaman 

(B) membesar terus-menerus

(C) membesar, kemudian tetap 

(D) mengecil, kemudian tetap

(E) tetap, kemudian membesar

31. Perbandingan jumlah lilitan kawat pada kumparan primer dan sekunder sebuah transformator adalah 1 : 4. Tegangan dan kuat arus masukannya masing-masing 10 V dan 2 A. Jika daya rata-rata yang berubah menjadi kalor pada transformator tersebut adalah 4 W dan tegangan keluarannya adalah 40 V, maka kuat arus keluarannya bernilai ….

(A) 0,1 A 

(B) 0,4 A 

(C) 0,5 A 

(D) 0,6 A 

(E) 0,8 A

Informasi berikut untuk soal no 32–33.

32. Unsur yang dapat membentuk ion bermuatan –2 adalah ….

(A) A 

(B) B 

(C) C 

(D) D 

(E) E

33. Unsur yang mempunyai paling mudah melepas elektron adalah ….

(A) A 

(B) B 

(C) C 

(D) D 

(E) E

34. Berikut penyesuaian fisiologis yang harus terjadi pada tubuh seorang atlet yang berkompetisi di dataran tinggi adalah ….

(A) Meningkatkan jumlah eritrosit 

(B) Meningkatkan laju respirasi 

(C) Meningkatkan detak jantung 

(D) Meningkatkan hematocrit

(E) Meningkatkan suhu tubuh

35. Rongga dada dibentuk oleh sejumlah tulang, antara lain yang melekat pada tulang sternum dan tulang vertebra adalah tulang ….

(A) Costa spuria 

(B) Clavicula

(C) Costa fluitantes 

(D) Scapula

(E) Costa vera

Nah, di atas tadi Mamikos sudah bagikan info terkait UTBK Gelombang 2 lengkap dengan contoh soalnya. Mamikos ingatkan kembali bahwa UTBK 2021 akan dibagi menjadi dua gelombang. Di mana gelombang pertama dijadwalkan pada 12 hingga 18 April 2021, dan gelombang kedua pada 26 April hingga 2 Mei 2021. Jika kamu mencari informasi lainnya khususnya info kost-kostan, silahkan download aplikasi Mamikos di ponsel sekarang juga ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta