Ini Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2019

Posted on Posted in Info Penting, Informasi

Ini Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2019 – Kurban,yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Dalam sejarah sebagaimana yang disampaikan dalam Al Qur’an terdapat dua peristiwa dilakukannya kurban yakni oleh Habil dan Qabil, putra Nabi Adam alaihis salam, serta pada saat Nabi Ibrahim akan mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah.

Ini Perkiraan Harga Hewan Kurban Idul Adha 2019 Yang Perlu Kamu Perhatikan

Harga Hewan Kurban Sapi

Menurut perkiraan, semua jenis sapi lokal seperti sapi Bali, PO, Limousin dan Siemental mengalami kenaikan harga antara 3-4 juta per ekor di akhir bulan Juni dan awal bulan Juli 2019. Harga sapi di Jawa Barat dengan ukuran 300 kg – 350 kg berkisar Rp 18 juta hingga Rp 20 juta. Sementara itu menurut hasil survei GAPUSINDO, populasi sapi potong pada periode 2015–2023 mengalami penurunan di 3 propinsi yaitu Jatim, Bali dan NTT. Penurunan populasi sapi potong ini terjadi sangat drastis di propinsi Bali.

Harga Hewan Kurban Kambing

Harga kambing memang jauh lebih bersahabat di kantong ketimbang harga sapi. Sebagai perbandingan, harga satu ekor sapi dapat dibelikan tujuh hingga delapan ekor kambing. Harga kambing berkurban paling murah dapat ditebus dengan harga Rp 2 juta-an dan mendapat kambing berbobot berkisar 20 kilogram. Sementara untuk yang paling mahal, harga kambing bisa mencapai Rp 5 juta-an dengan bobot di atas 50 kilogram.

Baca juga :  27 Ucapan Idul Adha 2019 Paling Berkesan, Lengkap dengan Gambar, Cocok Untuk Status Medsos dan Pesan WA
Baca juga :  Begini Bacaan Hingga Tata Cara Sholat Idul Adha, Lengkap!
Baca juga :  Idul Adha 2019: Pengertian, Syarat, Hukum Dan Ketentuan Waktu Pelaksanaanya