Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia TA 2019/2020!

 Mamikos | Kam, 17 Jan 2019

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia – Bagi kamu yang terlahir di generasi Z tentu kuliah sudah menjadi suatu kewajiban setelah kamu menyelesaikan pendidikanmu di jenjang bangku sekolah menengah. Mengapa demikian? Karena kamu hidup di generasi yang tumbuh di lingkungan media dan teknologi yang sangat canggih, sehingga membuat mereka lebih cerdas dan ahli daripada generasi sebelumnya. Tak hanya itu saja alasan yang memperkuat kenapa kamu harus kuliah. Ada sebuah riset yang menyatakan bahwa rata-rata, lulusan perguruan tinggi dengan gelar sarjana mendapatkan pendapatan hingga 56% lebih banyak per tahun dibandingkan dengan lulusan sekolah menengah atau setara dan 31% lebih dari mereka yang memiliki gelar diploma, lho!

Kini kamu pasti setuju bukan kalau kuliah merupakan salah satu sarana ampuh untuk menambah pengalaman dan memperkaya kehidupan? Nah, perlu diketahui pula bahwa dalam mencari kampus yang dituju, ada baiknya juga kamu memperhatikan posisi kampus tersebut. Tidak salah memang memilih mencari kampus yang dekat dengan rumah atau di daerah dengan mengurangi mengikis biaya hidup yang akan dikeluarkan untuk kos atau makan. Tapi lebih baik lagi kalau kamu bisa lepas dari zona nyaman dan menjajal hal baru dengan memilih kuliah di kota besar. Dengan melakukannya, berarti kamu sudah melakukan sebuah lompatan kecil dan membiarkan dirimu lebih mengenal dunia.

Dalam memilih kampus pun sebenarnya tak harus melulu tertuju pada universitas negeri saja karena kini sudah banyak deretan universitas swasta yang kualitasnya tak kalah baik dengan universitas negeri. Berikut ini Mamikos akan memberikan informasi untuk kalian yang ingin melanjutkan studi di universitas swasta di tanah air. Karena nyatanya sudah ada beberapa universitas yang sudah membuka pendaftaran 2018/2019. Apa saja sih universitas yang sudah membuka pendaftaran 2019/2020 ini? Nah, langsung saja simak infonya di bawah ini.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia
Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta dan sekitarnya

1. Bina Nusantara University (Binus)

Dikenal dengan sapaan Binus University, Universitas swasta di Jakarta yang satu ini bernanung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara. Pada 16 Oktober 2017, Quacquarelli Symonds (QS) merilis QS ASIA University Ranking 2018 berdasar hasil pemeringkatan yang dilakukan terhadap lebih dari 400 perguruan tinggi dari 17 negara di Asia dan 23 Perguruan Tinggi di Indonesia. Dari hasil penilaian tersebut BINUS UNIVERSITY memperoleh peringkat Pertama Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Prestasi ini menambah deretan prestasi BINUS UNIVERSITY sebelumnya dan sebagai bukti komitmen untuk terus menyediakan pendidikan yang berkualitas global.

Dengan spesialisasi sebagai kampus teknologi informasi, Binus University kini menjelma menjadi salah satu universitas yang disegani di Indonesia. Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds merilis QS ASIA University Ranking 2019 berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan terhadap lebih dari 400 perguruan tinggi dari 17 negara di Asia dan 23 perguruan tinggi di Indonesia.

Hingga sekarang ini, Binus University masih menduduki peringkat ke-15 sebagai Universitas terbaik di Indonesia. Kampus favorit yang satu ini juga kabarnya telah membuka pendaftaran ujian masuk mahasiswa baru 2019/2020. Jika kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa Binus University ini, kamu bisa mendaftarkan diri dari sekarang karena pendaftarannya sudah mulai dibuka dari tanggal 17 Desember 2018 kemarin dan akan ditutup pada tanggal 19 Januari 2019 ini. Adapun tahapan tes ujian masuk yang akan kamu ikuti di Binus University ini adalah Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS).

Tes ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 19 dan 20 Januari 2019 mendatang. Untuk mengikuti tes ini, kamu harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 300.000 terlebih dahulu. Sebagai info tambahan, kamu juga berkesempatan mendapatkan beasiswa sebesar 50% kalau TPKS kamu mendapatkan hasil yang bagus lho! Jadi jangan asal dikerjakan ya Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS) nya!

2. Universitas Katolik Atma Jaya

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan bergengsi, Unika Atma Jaya mendapat rangking ke-3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia menurut versi Majalah Globe Asia (2008). Tak sampai disitu saja, Unika Atma Jaya juga masuk ke dalam kategori 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut survey PDAD tahun 2011 lalu. Kini, Unika Atma Jaya telah memiliki delapan fakultas dengan dua puluh satu program studi untuk program sarjana (S1) dan Program Pasca Sarjana dengan tujuh program magister: Magister Manajemen (MM) dan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) pada tahun 1992, Magister Profesi Psikologi pada 2005, Magister Bioteknologi pada 2011, Magister Sains Psikologi, Magister Ilmu Hukum pada 2012 dan Magister Teknik Mesin pada 2013 serta satu program doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) pada tahun 2002. Untuk program sarjana (S1): Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) berdiri pada tahun 1960, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Teknik (FT) tahun 1961, Fakultas Hukum (FH) tahun 1965, Fakultas Kedokteran (FK) tahun 1967, Fakultas Psikologi (FP) tahun 1992 dan Program Magister Profesi Psikologi tahun 2005, serta Fakultas Teknobiologi (FTb) tahun 2002.

Apabila kamu tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa dari Unika Atma Jaya ini, kamu sudah bisa mendaftarkan diri lho! Kabarnya, Unika Atma Jaya sudah membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru untuk periode bulan Januari 2019. Pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun offline dari tanggal 17 Desember 2018 hingga 11 Januari 2019. Nantinya, Tes Regulernya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2019, berlokasi di kampus Semanggi Unika Atma Jaya. Jenis tes yang akan diujikan antara lain; ujian bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik, Tes Kepribadian, dan wawancara. Tapi, enggak semua tes ini akan kamu ikuti, karena disesuaikan dengan Fakultas dan jurusan yang kamu pilih juga. Kamu pun bisa mengetahui hasil tesnya seminggu setelah jadwal tes yaitu pada tanggal 21 Januari 2019. Adapun tes ini akan dikenakan biaya sebesar Rp.300.000.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Bandung

1. Universitas Kristen Maranatha

Jika kamu tertarik dengan kebudayaan Tiongkok, melanjutkan pendidiakn di kampus yang satu ini adalah pilihan tepat. Universitas Kristen Maranatha menyediakan pusat kebudayaan Tiongkok yang didukung langsung oleh Pemerintahan China. Selain itu, universitas yang berumur lebih dari 50 tahun ini juga berhasil menunjukkan keseriusannya dalam mendidik generasi muda. Terbukti, dengan adanya berbagai fasilitas pendukung di kampus, suasana belajar yang kondusif, serta program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Pada awal didirikan, Universitas Kristen Maranatha hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, lalu kemudian didirikanlah Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil dan Fakultas Psikologi serta Fakultas Sastra dengan Program Studi Sastra Inggris pada tahun-tahun berikutnya. Dan terus menerus berkembang hingga saat ini.

Umumnya ada 3 (tiga) jalur penerimaan melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Kristen Maranatha yakni jalur prestasi, jalur undangan, dan jalur reguler. Nah, untuk mendaftarkan diri di salah satu jalur tersebut kamu pun harus melengkapi beberapa persyaratan. Untuk lebih lengkapnya lagi berikut akan Mamikos rangkum untuk kamu.

  • Jalur Prestasi

Jalur Prestasi ini terbuka bagi siswa SMU/SMA/SMK kelas XII yang berprestasi prima (akademik maupun nonakademik). Keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memilih jalur prestasi ini adalah kamu bisa lolos tanpa Ujian Saringan Masuk (USM), tanpa biaya pendaftaran, potongan biaya kuliah hingga 75%, pilihan pembayaran bertahap sesuai periode, dan terakhir program yang satu ini tidak memiliki biaya tes khusus bagi pendaftar Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi. Berikut adalah persyaratan khusus Jalur Prestasi Akademik yang harus kamu lengkapi:

  1. Duduk di kelas XII pada tahun akademik 2018/2019
  2. Tidak pernah tinggal kelas
  3. Nilai mata pelajaran yang ditentukan untuk dapat naik kelas/penjurusan (IPA/IPS) > 80
  4. Rata-rata nilai rapor dari semua semester yang ditempuh > 80
  5. Nilai matematika, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia > KKM;
  6. khusus pendaftar Fakultas Kedokteran & Fakultas Kedokteran Gigi nilai biologi > 80
  7. Bagi yang memilih Fakultas Seni Rupa & Desain, wajib menyerahkan 3 karya seni rupa dalam kertas ukuran A3 (judul bebas)
  8.  Bagi yang mendaftar di Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi, wajib mengikuti tes khusus, tanpa biaya tambahan;
  9. Fakultas Kedokteran: Tes Bakat dan Kepribadian
  10. Fakultas Kedokteran Gigi: Tes Keterampilan
  11. Fakultas Psikologi: Tes Psikotest
  12. Menyerahkan fotokopi piagam penghargaan/sertifikat bagi yang pernah ikut perlombaan di bidang akademik
  13. Bagi siswa yang mengikuti Kelas Akselerasi agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa benar siswa yang bersangkutan mengikuti Kelas Akselerasi
  14. Untuk nilai akhir siswa berupa huruf (kurikulum 2013), sudah dalam bentuk konversi ke bentuk angka (sesuai dengan format yang diberikan oleh Universitas Kristen Maranatha)
  15. Berlaku bagi siswa international school yang menggunakan kurikulum Cambridge (A-level)
  16. Berlaku bagi siswa home schooling yang memiliki rapor dan ijasah nasional
  17. Tidak berlaku bagi siswa yang menggunakan paket C

Dan berikut adalah persyaratan khusus Jalur Prestasi non Akademik yang harus kamu lengkapi:

  1. Tidak berlaku untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi
  2. Duduk di kelas XII pada tahun akademik 2018/2019
  3. Tidak pernah tinggal kelas
  4. Nilai mata pelajaran yang ditentukan untuk dapat naik kelas > KKM
  5. Bagi yang mendaftar di Fakultas Psikologi, wajib mengikuti tes psikologi/psikotest, tanpa biaya tambahan; Fakultas Psikologi: Tes Psikotest
  6. Mempunyai prestasi olahraga atau seni (juara I-III) untuk minimal 3 event regional/provinsi atau 2 event nasional atau 1 event internasional (dalam cabang olahraga atau seni yang sama) dalam jangka waktu 3 tahun terakhir
  7. Wajib menyerahkan fotokopi piagam penghargaan/sertifikat bagi yang pernah ikut perlombaan di bidang nonakademik
  8. Tidak berlaku untuk home schooling dan international school
  • Jalur Undangan

Jalur Undangan terbuka bagi siswa SMU/SMA/SMK kelas XII dari sekolah mitra dan lembaga gereja yang telah menjalin kerja sama dengan Universitas Kristen Maranatha. Keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memilih jalur undangan ini adalah kamu bisa lolos tanpa Ujian Saringan Masuk (USM), tanpa biaya pendaftaran, potongan biaya kuliah hingga 50%, pilihan pembayaran bertahap sesuai periode, dan terakhir program yang satu ini tidak memiliki biaya tes khusus bagi pendaftar Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi. Berikut adalah persyaratan khusus Jalur Undangan yang harus kamu lengkapi:

  1. Duduk di kelas XII pada tahun akademik 2018/2019
  2. Tidak pernah tinggal kelas
  3. Nilai mata pelajaran yang ditentukan untuk dapat naik kelas/penjurusan (IPA/IPS) ≥ KKM
  4. Nilai rata-rata rapor dari semua semester yang ditempuh > 70
  5. Khusus Program Studi S-1 Teknik Sipil dan Teknik Elektro, nilai matematika > KKM
  6. Khusus Fakultas Sastra, nilai bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa lainnya > KKM
  7. Bagi yang memilih Fakultas Seni Rupa & Desain, wajib menyerahkan 3 karya seni rupa dalam kertas ukuran A3 (judul bebas)
  8. Untuk Jalur Undangan Gereja, harus disertai dengan surat rekomendasi dari gereja mitra tempat calon mahasiswa beribadah yang menyatakan status keanggotaan calon
  9. Bagi yang mendaftar di Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi/Fakultas Psikologi, wajib mengikuti tes khusus, tanpa biaya tambahan
  10. Fakultas Kedokteran: Tes Biologi Manusia, Tes Bakat dan Kepribadian
  11. Fakultas Kedokteran Gigi: Tes Keterampilan
  12. Fakultas Psikologi: Tes Psikotest
  • Jalur Reguler

Jalur Reguler terbuka bagi seluruh siswa kelas XII dari SMU/SMA/SMK atau sekolah lain yang sederajat. Bagi kamu yang mengikuti jalur reguler tentunya cukup berbeda dengan jalur-jalur lainnya. Kamu diwajibkan untuk mengikuti tes Ujian Saringan Masuk dan tes khusus lainnya sesuai pilihan fakultas, untuk pilihan pembayaran juga bertahap hingga 9x sesuai periode. Khusus pendaftar Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi tahun kelulusan max. 5 tahun dari kelulusan SMA/sederajat. Biaya pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran Gigi, Psikologi, Psikologi, Teknik, Teknologi Informasi, Ekonomi, Hukum, Sastra, Seni Rupa dan Desain Rp 250.000.-, sedangkan untuk biaya pendaftaran untuk Fakultas Kedokteran sebesar Rp 400.000,-.

  • Ujian Saringan Masuk & Tes Khusus
  1. Tes Potensi Akademik (TPA)*
    Wajib diikuti pendaftar jalur reguler dari semua fakultas. Merupakan tes kemampuan dasar tentang pengetahuan pelajaran yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan di tingkat SMA atau sederajat, terdiri dari: pengetahuan umum, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, pengetahuan alam, teknik praktis, logika. * TPA dan Tes Biologi Manusia dilakukan dengan sistem CBT (Computer Based Test).
  2. Tes Khusus bagi Pendaftar Fakultas Kedokteran: a) Tes Biologi Manusia* (b) Tes Bakat dan Kepribadian
  3. Tes Khusus bagi Pendaftar Fakultas Kedokteran Gigi: Tes Keterampilan
  4. Tes Khusus bagi Pendaftar Fakultas Psikologi: Tes Psikologi (Psikotest)
  •  Jadwal Ujian Saringan Masuk

Lokasi ujian di kampus Universitas Kristen Maranatha:
(a) Ujian Saringan Masuk (USM) Harian
Dilaksanakan di Ruang CBT Bagian Admisi, Gedung Administrasi Pusat (GAP) lantai 1. Tes dapat dilakukan setiap hari selama jam kerja (Senin-Jumat) dengan memilih sesi waktu sebagai berikut: Sesi I : 08.30 – 10.30 WIB, Sesi II : 13.00 – 15.00 WIB.
(b) Ujian Saringan Masuk (USM) Bulanan
Dilaksanakan di Lab. Komputer Gedung Grha Widya Maranatha (GWM), lantai 8. Jadwal dapat dilihat pada akun masing-masing.
(c) Ujian Saringan Masuk (USM) Khusus
Untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi, dilaksanakan setiap bulan dengan waktu pelaksanaan dapat dilihat pada akun masing-masing.

  • Jadwal Ujian Saringan Masuk (USM) Bulanan di Kampus Maranatha

USM BULANAN 26 – 27 JANUARI 2019
Lokasi Tes:
Kampus Universitas Kristen Maranatha
Jl. Prof. drg. Surya Sumantri, M.P.H. No. 65, Bandung, Jawa Barat
Jadwal Tes:
Sabtu, 26 Januari 2019
• 08.00 – 12.00 WIB: Psikotest (khusus pendaftar Fakultas Psikologi) di GWM Lt. 2
• 08.00 – 14.00 WIB: Tes Bakat & Kepribadian (khusus pendaftar Fakultas Kedokteran) di GWM Lt. 2
Minggu, 27 Januari 2019
• 08.00 – 09.30 WIB: Keterampilan (khusus pendaftar Fakultas Kedokteran Gigi) di GWM Lt. 2
• 10.00 – 12.00 WIB: Tes Potensi Akademik (untuk semua program studi) di GWM Lt. 8
• 12.00 – 13.00 WIB: Tes Biologi Manusia (khusus pendaftar Fakultas Kedokteran) di GWM Lt. 8

2. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan UNPAR dapat dibilang sebagai salah satu PTS tertua di Bandung. Karena sudah lumayan lama berdiri, UNPAR yang terkenal menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang terprestisius di Bandung, bahkan di Indonesia. Universitas yang kampusnya terletak di Jalan Ciumbuleuit, Bandung ini memiliki berbagai jurusan dan fakultas bagi mahasiswanya. Selain itu, universitas satu ini juga mempunyai cabang kampus lainnya yang ada di Jalan Merdeka dan Jalan Nias Bandung. Universitas ini juga dapat memberikan banyak jenis beasiswa kepada mahasiswanya.

Menjelang tahun ajaran baru, Universitas Katolik Parahyangan juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru TA 2019/2020. Umumnya, Universitas Katolik Parahyangan membuka dua jalur penerimaan mahasiswa baru antara lain.

  • Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program PMDK UNPAR 2019 dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk. Jalur PMDK ini sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 20 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2018 Pkl. 21.00. Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi program PMDK ini adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA;
  2. Terdaftar sebagai siswa SMA kelas XII pada tahun ajaran 2018/2019;
  3. Hanya memilih 1 (satu) program studi yang paling diminati dari daftar program studi yang tersedia di UNPAR (pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali);
  4. Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktek) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika sekolah menerapkan kurikulum 2013, nilai akan dikonversi secara otomatis sesuai dengan perhitungan dari Kemendikbud atau nilai yang diinput adalah nilai yang telah dikonversi dalam skala 100 oleh sekolah.
  5. Persyaratan Khusus Program Studi;
    – Program Studi Arsitektur : mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan
    – Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
    – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional : uraian/motivasi/testimony di tulis dalam Bahasa Inggris
  6. Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi:
    – Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; legalisir raport yang diupload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta
    – Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa ybs adalah benar siswa SMA ybs dan menyatakan jurusan SMA ybs. Untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA). Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3.
    – Uraian/Motivasi “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Untuk pilihan program studi Ilmu Hubungan Internasional ditulis dalam Bahasa Inggris.
    – Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
    – Hasil Gambar sesuai ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur). Untuk hasil gambar dikirimkan ke; Panitia PMDK Universitas Katolik Parahyangan u.p. Admisi – Biro Administrasi Akademik / BAA (Gedung 0 lantai 3) Jl. Ciumbuleuit No. 94, Bandung 40141 selambat-lambatnya tanggal 5 Oktober 2018.
  7. Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program PMDK:
    – Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
    – Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapka.
  • Penerimaan Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Ujian Saringan Masuk (USM) merupakan jalur penerimaan melalui ujian tertulis di Kampus UNPAR atau tempat lain yang sudah ditentukan sebagai penyelenggara Ujian Saringan Masuk UNPAR. Pendaftaran sebagai peserta Seleksi Program USM UNPAR dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id dan mengisi/melengkapi formulir isian yang tersedia sesuai dengan petunjuk. Jalur PMDK ini sudah dibuka pendaftarannya pada tanggal 23 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 15 Januari 2019. Ujian Saringan Masuk (USM dilaksanakan di Kampus UNPAR Bandung dan SMA Regina Pacis BOGOR) pada tanggal 20 Januari 2019. Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa peminat seleksi Jalur USM ini adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program USM dan lulus SMA;
  2. Dapat memilih sampai 3 pilihan program studi (pilihan ke-3 terbatas pada program studi tertentu seperti; Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Publik, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, D3 Manajemen Perusahaan)
  3. Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro : Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
  4. Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi:
    – Fotocopy akte kelahiran atau paspor
    – Surat Keterangan Jurusan SMA atau Legalisir Ijazah SMA. Untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA). Untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan leglisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3.
    – Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
  5. Secara terperinci biaya pendaftaran Ujian Saringan masuk UNPAR dapat dijelaskan sebagai berikut; Program Sarjana (Rp250.000), dan Program Diploma III (Rp150.000).
  6. Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program USM:
    – Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
    – Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jogja

1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau sering dikenal dengan UAJY adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Awalnya universitas swasta yang satu ini merupakan lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi-Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi lokal serta berorientasi global. Sekarang ini, UAJY telah berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN PT secara institusi. UAJY terdiri dari beberapa fakultas antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknobiologi, Fakutas Teknologi Industri, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Program Magister.

Penerimaan mahasiswa baru UAJY dikhususkan untuk pendaftar Program Antara dan Program Reguler tahun ajaran 2019/2020. Kamu bisa membuat akun dan memperoleh password terlebih agar bisa mendapatkan kode BRIVA BRIA dahulu untuk bisa login di PMB Online UAJY. Dengan Kode BRIVA BRI yang diperoleh kemudian kamu pun dapat membayar biaya pendaftaran melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking atau Teller Bank BRI sesuai Tata Cara Pembayaran. Menurut informasi yang Mamikos dapatkan, PMB UAJY akan dibuka mulai pada tanggal 23 April 2019 (program Antara), 24 Juni 2019 (Program Reguler 1), dan 15 Juli 2019 (Program Reguler 2). Guna mempermudah proses pendaftaran Anda, berikut Mamikos berikan info lebih lengkapnya terkait langkah pendaftaran PMB ONLINE BRIVA UAJY:

  • Buka Website pmb.uajy.ac.id
  • Pilih menu Generate Kode BRIVA ( Nomor Pembayaran BRI )
  • Membayar biaya pendaftaran Rp 200.000,- dengan Kode BRIVA melalui ATM BRI (harus dengan kartu ATM BRI), Internet Banking BRI, atau teller BRI
  • Setelah membayar biaya pendaftaran, Password langsung bisa digunakan.
  • Login Ke PMB Online menggunakan Kode BRIVA BRI dan password yang sudah didapat
  • Pilih jalur pendaftaran (Antara atau Reguler)
  • Isi data pada formulir yang tersedia
  • Jika sudah lengkap silakan klik KIRIM DATA dan Cetak Kartu Tes Tempelkan pasfoto berwarna 3×4 2 lembar
  • Data calon dan Pilihan prodi tidak dapat diubah setelah “klik” KIRIM DATA
  • Validasi kartu tes selambatnya H-1 sebelum tes pukul 12.00 WIB dibagian pendaftaran KAA UAJY (Khusus Jalur Reguler)
  • Pada saat tes mohon membawa kartu identitas (KTP / SIM / Kartu Pelajar)

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia atau yang lebih dikenal dengan UII adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia dan berada di Yogyakarta. UII berdiri pada tanggal 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang berada di Jakarta. UII terdiri dari 8 fakultas dan satu program internasional. Fakultas UII terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakutas Teknologi Industri, dan International Program. Seluruh prodi yang ditawarkan UII telah terakreditasi oleh BAN-PT dan secara bertahap, prodi di UII pun telah mendapatkan akreditasi internasionalUniversitas Islam Indonesia didirikan pada 8 Juli 1945 dan merupakan pelopor perguruan tinggi nasional di Indonesia.
Temukan berbagai alasan memilih UII sebagai tujuan terbaik untuk mempersiapkan bekal karier masa depanmu.
Bagi kamu yang tertarik untuk mengenyam pendidikan di UII, perlu kamu ketahui bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia (PMB UII) Tahun Akademik 2019/2020 untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma III (D3) dilaksanakan melalui empat pillihan pola seleksi sebagai berikut.

  • Computer Based Test

CBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Pendaftar CBT dapat memilih maksimum dua pilihan program studi. Hasil CBT dapat diperoleh segera setelah tes selesai dilakukan. Pendaftar yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai calon mahasiswa harus melakukan registrasi sesuai waktu dan prosedur yang dapat dilihat pada jadwal yang ditentukan.
CBT di Kampus Terpadu UII dilaksanakan 11 Januari s.d. 3 Agustus 2019 setiap hari Senin s.d. Sabtu pada pukul 08.00 – 14.00 WIB (kecuali hari libur yang akan diumumkan di situs web pmb.uii.ac.id). CBT di Kampus Terpadu UII terbuka untuk pendaftar semua program studi. CBT Program Studi Pendidikan Dokter dilaksanakan dengan jadwal khusus. Lokasi CBT di Kampus Terpadu UII terletak di Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi – Lantai 1) Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584.

CBT di Luar Kampus Terpadu UII dilaksanakan 11 Januari s.d. 3 Agustus 2019*. Informasi tentang lokasi penyelenggaraan CBT di luar Kampus Terpadu UII dan narahubung dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id (klik pranala yang tersedia pada laman web ini). CBT di Luar Kampus Terpadu UII tidak terbuka untuk Program Studi Pendidikan Dokter. Pendaftaran, pembayaran formulir, dan tes dilakukan di masing-masing lokasi penyelenggara CBT di luar Kampus Terpadu UII.

  • Paper Based Test

PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukan seleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT. Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter, proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu (1) seleksi ujian tertulis melalui PBT, dan (2) seleksi kedua berupa Ujian Tahap II. Pola seleksi PBT dibagi ke dalam dua kategori, yaitu PBT Potensi dan Mandiri. Pada pola PBT Potensi, hasil nilai UPCM akan menentukan kelulusan dan juga menentukan besarnya Dana Catur Darma.

Dengan pola ini, semakin tinggi nilai UPCM semakin rendah nilai Dana Catur Darma yang diwajibkan. PBT Potensi dibuka untuk seluruh program studi yang diselenggarakan pada 30 Januari 2019 hingga 10 Juli 2019. Sedangkan untuk pola seleksi PBT Mandiri hanya dibuka untuk Prodi Pendidikan Dokter. Pada pola seleksi ini nilai UPCM akan menentukan kelulusan pendaftar, sedangkan besar Dana Catur Darma ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa dengan batas minimum Dana Catur Darma yang ditentukan oleh program studi. Dan terakhir ada PBT Bidikmisi yang diperuntukkan secara khusus bagi pendaftar UII yang mengajukan skema Beasiswa Bidikmisi dari Kemeristekdikti. Untuk informasi selengkapnya terkait prosedur dan persyaratan pendaftaran, silakan mengakses laman Beasiswa.

  • Penelusuran Siswa Berprestasi

PSB adalah pola seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat-Bakat. Semua program studi menerima mahasiswa baru melalui pola seleksi PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh fakultas. Pola seleksi PSB terdiri dari empat kategori, yaitu:

  1. PSB Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik. Kategori ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang juara 1, 2 atau 3 dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional dan/atau internasional (seperti olimpiade sains, dan lomba karya ilmiah remaja).
  2. PSB Kategori Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni. Kategori ini ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi sebagai pemenang juara 1, 2 atau 3 dalam bidang olahraga atau seni di tingkat internasional, nasional dan atau provinsi.
  3. PSB Kategori Beasiswa Duafa. Kategori ini ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Khusus kategori ini, siswa yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi (maksimal 8 semester) dan Dana Catur Darma.
  4. PSB Kategori Prioritas Daerah Tertinggal, Terluar & Terdepan (3T). Kategori ini ditujukan bagi siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan berasal dari SMA atau sederajat yang berlokasi di kabupaten daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi di UII.Daftar daerah 3T sesuai yang ditetapkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berdasarkan surat nomor: 2421/Dt.7.2/04/2015 tanggal 21 April 2015.
  • Penelusuran Hafiz Alquran

Pola seleksi Penelusuran Hafiz Alquran (PHA) ditujukan bagi siswa yang hafal Alquran minimal 10 juz dan memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Sebagai informasi tambahan, calon mahasiswa yang lolos seleksi melalui pola ini TIDAK SECARA OTOMATIS MENDAPAT BEASISWA HAFIZ ALQURAN. Informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan proses seleksi Beasiswa Hafiz Alquran dapat dilihat pada laman tentang Informasi Beasiswa. Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftarkan diri melalui jalur yang satu ini pastikan bahwa kamu sudah memasukkan berkas pada 27 Februari 2019 – 13 Juni 2019, nantinya ujian hafiz akan diadakan pada 6 Maret 2019 dan 19 Juni 2019 kemudian ujian tahap II yang diadakan pada 8 Maret 2019 dan 20 Juni 2019.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Surabaya

1. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Kota Surabaya. Universitas ini bahkan masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018 versi UniRank, yakni menempati posisi ke 42. Fakultas yang tersedia di universitas ini meliputi: Fakultas Keguruan & Pendidikan, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipik dan Perencanaan, dan Fakultas Teknologi Industri. Selain pilihan fakultas yang beragam, universitas ini juga memiliki fasilitas penunjang kegiatan belajar yang memadai, antara lain gedung perkuliahan yang nyaman, akses wifi, perpustakaan, poliklinik, laboratorium komputer, dan education center,

Tidak hanya itu, Universitas Kristen Petra juga menjalin kerjasama dengan pihak dalam maupun luar negeri, seperti Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) Indonesia dan Chun Yuan Christian University, Taiwan. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Univeritas Kristen Petra, kamu bisa mengakses informasi selengkapnya di http://www.petra.ac.id/ atau datang langsung ke alamat Jalan Siwalankerto 121-131, Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Umumnya ada 3 (tiga) jalur penerimaan melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Kristen Petra yakni jalur prestasi, jalur kerja sama, dan jalur umum. Nah, untuk mendaftarkan diri di salah satu jalur tersebut kamu pun harus melengkapi beberapa persyaratan sebagai berikut.

  • Jalur Prestasi

Jalur prestasi adalah jalur yang diberikan hanya kepada siswa berprestasi dari sekolah mitra kerjasama Universitas Kristen Petra yang duduk di kelas XII dan lulus pada tahun 2019. Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa mengikuti jalur ini adalah:

  1. Mendaftar online dan upload foto (sesuai ketentuan).
  2. Menyerahkan 1 lembar copy rapor kelas XI semester 1 & 2 (khusus kelas akselerasi menyerahkan copy rapor dua semester terakhir dan dilengkapi dengan Surat Keterangan dari sekolah).
  3. Menyerahkan 1 lembar Surat Keterangan Tidak Buta Warna (bagi yang memilih Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion & Tekstil, Digital Media, Manajemen Kepariwisataan dan Ilmu Komunikasi).
  4. Mengikuti Ujian khusus bagi yang memilih Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion & Tekstil, Digital Media, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Manajemen Perhotelan, Manajemen Kepariwisataan, International Business Management (IBM), International Business Accounting (IBAcc) dan International Business Engineering (IBE).
  • Jalur Kerja Sama

Jalur kerja sama adalah jalur yang diberikan kepada siswa dari sekolah mitra kerjasama Universitas Kristen Petra yang duduk di kelas XII dan lulus pada tahun 2019. Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa mengikuti jalur ini adalah.

  1. Mendaftar online dan upload foto (sesuai ketentuan).
  2. Menyerahkan 1 lembar copy rapor kelas XI semester 1 & 2 (khusus kelas akselerasi menyerahkan copy rapor dua semester terakhir dan dilengkapi dengan Surat Keterangan dari sekolah).
  3. Menyerahkan 1 lembar Surat Keterangan Tidak Buta Warna (bagi yang memilih Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion & Tekstil, Digital Media, Manajemen Kepariwisataan dan Ilmu Komunikasi).
  4. Mengikuti Ujian khusus bagi yang memilih Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion & Tekstil, Digital Media, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Manajemen Perhotelan, Manajemen Kepariwisataan, International Business Management (IBM), International Business Accounting (IBAcc) dan International Business Engineering (IBE).
  • Jalur Umum

Jalur umum adalah jalur yang dibuka untuk umum/seluruh calon yang berasal dari SMA/SMK di seluruh Indonesia dan luar negeri, yang sedang duduk di kelas XII atau lulus SMA/SMK 5 (lima) tahun terakhir, yaitu lulusan tahun 2015 s/d 2019. Jalur umum mulai dibuka bersamaan dengan Jalur Prestasi/Jalur Kerjasama dan selanjutnya dibuka setiap bulan sampaidengan bulan Juli 2019 (kecuali bulan Desember 2018). Khusus untuk Jalur Umum pada bulan September sampai dengan November 2018, PAC hanya dapat dibeli langsung melalui kasir UK Petra, hubungi telp/WA 08123290891 atau 08563179780. Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa mengikuti jalur ini adalah:

  1. Mendaftar online dan upload foto (sesuai ketentuan).
  2. Menyerahkan 1 lembar copy rapor kelas XI semester 1 & 2 (khusus kelas akselerasi menyerahkan copy rapor dua semester terakhir dan dilengkapi dengan Surat Keterangan dari sekolah). Khusus lulusan 2015 s/d 2018 menyerahkan copy ijazah dan SKHUN.
  3. Menyerahkan 1 lembar Surat Keterangan Tidak Buta Warna (bagi yang memilih Desain Interior, Desain Komunikasi Visual,Desain Fashion & Tekstil, Digital Media, Manajemen Kepariwisataan dan Ilmu Komunikasi).
  4. Mengikuti Ujian khusus bagi yang memilih Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion & Tekstil, Digital Media, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Manajemen Perhotelan, Manajemen Kepariwisataan, International Business Management (IBM), International Business Accounting (IBAcc) dan International Business Engineering (IBE).

2. Universitas Surabaya

Pada awal berdiri, Universitas Surabaya bernama Universitas Trisakti Surabaya. Seiring dengan perkembangannya, universitas ini berganti nama menjadi Universitas Surayaba atau yang kerap disebut UBAYA. Seperti halnya Universitas Kristen Petra, UBAYA juga masuk ke dalam 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018 versi UniRank, yakni menduduki peringkat 49. Sementara di peringkat ke 48 diduduki oleh UIN Sulthan Syarif Kasim, Riau. Univeritas Surabaya memiliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Teknobiologi Fakultas Teknik, dan Fakultas Industri Kreatif.

Kegiatan belajar mengajar di univeritas ini didukung fasilitas berupa gedung perkuliahan yang memadai, akses wifi, pusat bahasa, pusat layanan konseling, training center, career assistance center, klinik, dan perpustakaan. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Univeristas Surabaya, kunjungi website resminya di http://www.ubaya.ac.id/ atau bisa juga datang langsung ke Jalan Ngagel Jaya Selatan No.169, Baratajaya, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Universitas Surabaya (UBAYA) telah membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mendaftar secara online melalui 3 jalur yang tersedia, yaitu: Jalur Tanpa Tes (JPMK), Jalur Tes (UMUM) dan Jalur Tes Kedokteran (Khusus Fakultas Kedokteran).

  • Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran Jalur Tanpa Tes (JPMK)

Jalur Prestasi atau Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) adalah proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Surabaya yang didasarkan dari prestasi akademik siswa-siswi selama berada di SMA (Daftar Sekolah JPMK) dan dapat diterima tanpa tes jika memenuhi persyaratan yang berlaku. Sementara itu siswa yang mempunyai prestasi dibidang olahraga dapat menghubungi klub olahraganya untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa Ubaya melalui Jalur Prestasi Olahraga.

Hingga sekarang ini Jalur Prestasi atau Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) masih dibuka hingga 24 Januari 2019 mendatang. Adapun prosedur dan persyaratan pendaftaran online Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran online.
  2. Melunasi biaya pendaftaran Rp. 350.000 (sesuai petunjuk pada email yang akan dikirim setelah mendaftar online) atau jika telah memiliki no PIN cukup gunakan No Pendaftar dan PIN yang telah dimiliki (tidak perlu membayar biaya daftar lagi)
  3. Mengirimkan fotokopi nilai rapor SMA yang telah dilegalisir pihak sekolah.
  4. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang studi di Indonesia
  5. Hanya untuk lulusan SMA tahun 2019
  6. Memenuhi aturan nilai saringan masuk
  • Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran Jalur Tes (UMUM)

Jalur Tes atau Jalur Umum adalah proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Surabaya yang didasarkan dari hasil Tes Potensi Akademik (TPA). Tes Potensi Akademik (TPA) bertujuan untuk mengetahui potensi dasar siswa di bidang akademik sehingga soal-soal yang diberikan lebih dititikberatkan pada kemampuan berpikir logis dan bukan pada substansi keilmuan. Hingga sekarang ini Jalur Tes (UMUM) Periode Januari masih dibuka hingga 24 Januari 2019 mendatang dengan jadwal tes pada 27 Januari 2019 pukul 13:00 WIB. Adapun prosedur pendaftaran online Jalur Tes (Umum) Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran online.
  2. Melunasi biaya pendaftaran Rp. 350.000 (sesuai petunjuk pada email yang akan dikirim setelah mendaftar online) atau jika telah memiliki no PIN cukup gunakan No Pendaftar dan PIN yang telah dimiliki (tidak perlu membayar biaya daftar lagi)
  3. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) di tempat-tempat tes yang telah ditentukan.
  • Prosedur dan Persyaratan Pendaftaran Jalur Tes (KEDOKTERAN)

Jalur Tes – Kedokteran adalah proses penerimaan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Surabaya yang didasarkan dari hasil Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kesehatan, dan Tes Psikologi. Tes Potensi Akademik (TPA) bertujuan untuk mengetahui potensi dasar siswa di bidang akademik sehingga soal-soal yang diberikan lebih dititikberatkan pada kemampuan berpikir logis dan bukan pada substansi keilmuan. Hingga sekarang ini Jalur Tes (UMUM) Periode Januari masih dibuka hingga 24 Januari 2019 mendatang dengan jadwal tes pada 27 Januari 2019 pukul 13:00 WIB. Adapun prosedur pendaftaran online Jalur Tes (Kedokteran) Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran online.
  2. Melunasi biaya pendaftaran Rp. 1.000.000 (sesuai petunjuk pada email yang akan dikirim setelah mendaftar online atau pada link Pengumuman)
  3. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) di tempat-tempat tes yang telah ditentukan.
  4. Mengikuti Tes Kesehatan
  5. Mengikuti Tes Psikologi – Mengikuti Wawancara

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Malang

1. Universitas Muhammadyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadyah Malang (UMM) merupakan universitas swasta terbesar di kota Malang dan UM terbesar di Indonesia. Fyi, jumlah mahasiswa setara dengan Universitas Brawijaya Malang loh. Mantap kan? Karena merupakan yang terbesar, kampusnya terbagi menjadi 3 lokasi. Kampus utamanya berada di Landungsari (perbatasan Malang-Batu), pasca sarjana berada jalan Bandung, dan yang ketiga berada di Sumbersari. Hebatnya lagi, Universitas ini memiliki rumah sakit modern, zona kuliner modern, balairung raksasa, hingga hotel. Seleksi masuk ke UMM terkenal cukup ketat.

Tak perlu ragi bukan untuk mendaftarkan diri di universitas swasta yang satu ini? Nah, kamu pun bisa mendaftarkan diri kamu dari sekarang lho karena kabarnya Universitas Muhammadyah Malang (UMM) sudah membuka pendaftaran mahasiswa barunya secara online pada tanggal 2 Januari 2019 – 23 Februari 2019 (Jalur Prestasi I) dan pada tanggal 2 Januari 2019 – 8 Mei 2019 (Jalur Reguler I). Nah, untuk lebih mempermudah proses pendaftaran secara online kamu, berikut Mamikos akan berikan info terkait panduan pendafatran mahasiswa baru Universitas Muhammadyah Malang (UMM) untuk kalian semua.

  • Program Prestasi Akademik dan Minat Bakat
  1. Buka browser (Mozila / Crome / Internet Explorer / dll)
  2. Ketikkan alamat web online.umm.ac.id di URL browser
  3. Pilih daftar seperti pada contoh gambar disamping
  4. Pilih pendaftaran dalam negeri.
  5. Akan tampil beberapa pilihan program atau jalur masuk pendaftaran mahasiswa baru
  6. Pilih program atau jalur masuk Prestasi / Reguler S1/D3
  7. Pilih Pendaftaran mahasiswa Prestasi Strata I dan D-III
  8. Silahkan di baca terlebih dahulu informasi yang ada dalam tampilan
  9. Lengkapi data diri anda pastikan email Anda dan no ponsel Anda aktif dan terhubung dengan smartphone anda
  10. Setelah klik Daftar maka akan muncul tampilan pada gambar disamping
  11. Gambar disamping menampilkan informasi pembayaran pastikan yang tertera nama Anda
  12. Informasi yang ditampilkan terkait besaran biaya pendaftaran , PIN, Kode Virtual Akun (VA) Bank yang ditunjuk sebagai penerima pembayaran hanya ada 4 bank
  13. Pilih salah satu bank dan gunakan VA bank yang digunakan untuk transaksi pembayaran
  14. Jika sudah melakukan pembayaran tunggu 5 menit akan dicek otomatis
  15. Jika sudah 5 menit silahkan klik login seperti gambar disamping.
  16. Masukkan email yang telah didaftarkan dan PIN yang sudah diberikan
  17. Klik Masuk
  18. Isilah semua form yang tersedia
  19. Apabila di setiap form ada tanda (*) maka form wajib diisi
  20. Klik Berikutnya
  21. Isilah form yang tersedia
  22. Jika nama sekolah anda tidak terdaftar atau belum terdaftar ke database kami bisa menghubungi Whatsapp Center kami : 085 215 219 000, SMS Center kami di 0857-3137-9000 pada jam layanan
  23. Klik Next
  24. Form pada gambar disamping silahkan diisi dan silahkan memilih jalur prestasi
  25. Jika Jalur Prestasi Akademik tampilan seperti gambar disamping kiri atas
  26. Jika jalur Prestasi Minat Bakat tampilan seperti gambar disamping kiri bawah
  27. Jika sudah diisi silahkan klik Next
  28. Form data isian orang tua seperti gambar disamping silahkan diisi lengkap
  29. Form wali diisi dengan nama orang yang membiayai kuliah jika ayah maka data sama dengan ayah jika orang lain maka memasukkan nama orang yang membiayai anda kuliah.
  30. Klik Next
  31. Form isian saudara kandung jika tidak ada saudara kandung yang kuliah di UMM maka pilih tidak dan klik Next. Jika ada pilih ya dan masukkan NIM saudara kandung anda dan klik next.
  32. Isi prodi pilihan yang anda minati
  33. Pilih minimal 2 pilihan
  34. Klik Next
  35. Isi kuisioner secara lengkap
  36. Upload foto anda pas foto dengan max file foto <=100Kb (Jika lebih maka foto akan eror dan halaman blank)
  37. Klik Next
  38. Jika sudah selesai mengisi maka akan tampil seperti gambar disamping
  39. Klik download untuk mendapatkan E-Card / Kartu Peserta
  40. Selesai
  41. Kirim berkas anda ke UPT. Penerimaan Mahasiswa Baru Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang dengan menuliskan di amplop pojok kanan Prestasi Akademik / Prestasi Minat Bakat
  • Program D3 / S1 Reguler
  1. Buka browser (Mozila / Crome / Internet Explorer / dll)
  2. Ketikkan alamat web online.umm.ac.id di URL browser seperti gambar disamping
  3. Pilih daftar seperti pada contoh gambar disamping
  4. Pilih pendaftaran dalam negeri.
  5. Akan tampil beberapa pilihan program atau jalur masuk pendaftaran mahasiswa baru
  6. Pilih program atau jalur masuk Prestasi / Reguler S1/D3
  7. Pilih Program S1 / D3 Reguler Tahun Akademik Ganjil 2019 / 2020
  8. Lengkapi data – data berikut
  9. Tanda (*) wajib diisi dan tidak boleh kosong
  10. Klik Daftar
  11. Setelah klik Daftar maka akan muncul tampilan pada gambar disamping
  12. Gambar disamping menampilkan informasi pembayaran pastikan yang tertera nama anda dan biaya pendaftaran Rp. 400.000,-
  13. Informasi yang ditampilkan terkait besaran biaya pendaftaran , PIN, Kode Virtual Akun (VA).
  14. Bank yang ditunjuk sebagai penerima pembayaran hanya ada 4 bank
  15. Pilih salah satu bank dan gunakan VA bank yang digunakan untuk transaksi pembayaran
  16. Jika sudah melakukan pembayaran tunggu 5 menit akan dicek otomatis
  17. Jika sudah 5 menit silahkan klik login seperti gambar disamping.
  18. Masukkan email yang telah didaftarkan dan PIN yang sudah diberikan
  19. Klik Masuk
  20. Isilah semua form yang tersedia
  21. Apabila di setiap form ada tanda (*) maka form wajib diisi
  22. Klik Berikutnya
  23. Isilah form yang tersedia
  24. Jika nama sekolah anda tidak terdaftar atau belum terdaftar ke database kami bisa menghubungi Whatsapp Center kami : 085 215 219 000, SMS Center kami 0857-3137-9000 pada jam layanan
  25. Klik Next
  26. Form data isian orang tua seperti gambar disamping silahkan diisi lengkap
  27. Form wali diisi dengan nama orang yang membiayai kuliah jika ayah maka data sama dengan ayah jika orang lain maka memasukkan nama orang yang membiayai anda kuliah.
  28. Klik Next
  29. Form isian saudara kandung jika tidak ada saudara kandung yang kuliah di UMM maka pilih tidak dan klik Next. Jika ada pilih ya dan masukkan NIM saudara kandung anda
  30. Dan klik next.
  31. Isi prodi pilihan yang anda minati
  32. Pilih minimal 2 pilihan
  33. Klik Next
  34. Isi kuisioner secara lengkap
  35. Upload scan / foto dokumen rapor dan pas foto dengan max file foto <=100Kb (Jika lebih maka foto akan eror dan halaman blank)
  36. Klik Next
  37. Jika sudah selesai mengisi maka akan tampil seperti gambar disamping
  38. Klik download untuk mendapatkan E-Card / Kartu Peserta
  39. Selesai

2. Universitas Ma Chung

Secara aklamasi dan dengan pernyataan kebulatan tekad alumni dari seluruh dunia, dalam Reuni Akbar peringatan Ulang Tahun ke-60 SMA Ma Chung di Malang, 17 Juli 2005 diletakkan batu pertama pembangunan Universitas Ma Chung. Dalam rangka memperlancar jalannya pengelolaan universitas dalam jangka panjang maka dibentuklah Yayasan Harapan Bangsa Sejahtera yang menaungi Universitas Ma Chung. Dihadiri oleh ribuan alumni, pada tanggal 7 Juli 2007, Universitas Ma Chung diresmikan operasionalnya, dan sejak saat itu, Universitas Ma Chung telah mendidik ribuan putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi pemimpin masa depan. Tepat empat tahun setelahnya pada 7 Juli 2011, Universitas Ma Chung meluluskan wisudawan-wisudawati terbaik dengan kompetensi unggul. Para lulusan telah membuktikan dirinya dengan menjadi pemimpin dan menorehkan prestasi – baik di bidang bisnis maupun dalam akademik – di perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional, badan-badan pemerintah, usaha kecil dan menengah milik pribadi, di berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.
Meskipun tergolong kampus yang masih baru, namun Universitas swasta di Malang yang satu ini memiliki kualitas pendidikan yang tinggi didukung dengan sarana yang canggih, lengkap, dan modern. Dosen Universitas MA CHUNG rata-rata merupakan peneliti dan lulusan universitas luar negri. Biaya kuliah di universitas ini memang tergolong mahal. Lokasinya berada di area perumahan elit Tidar.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di universitas swasta yang satu ini, kabarnya Universitas MA CHUNG juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Umumnya Universitas MA CHUNG membukan 3 periode pendaftaran mahasiswa baru yakni, periode 1 pada tanggal 1 September 2018 – 22 Desember 2018, periode 2 pada tanggal 3 Januari 2019 – 31 Mei 2019, dan periode 3 pada tanggal 1 Juni 2019 – 31 Agustus 2019. Adapun persyaratan pendaftaran bagi para lulusan SMA, SMK/Sederejat adalah sebagai berikut.

  1. 3 (tiga) lembar pasfoto berwarna ukuran 4×6
  2. 1 (satu) lembar fotokopi ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir
  3. 1 (satu) lembar fotocopi rapor kelas X, XI dan XII yang telah dilegalisir
  4. 1 (satu) lembar fotokopi KTP
  5.  Fotokopi sertifikat prestasi akademik atau non akademik yang dimiliki

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Medan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan salah satu universitas milik Yayasan Pendidikan Muhammadiyah di Pulau Sumatera. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mendedikasikan diri sebagai tempat untuk mencetak generasi bangsa yang agamis dan cerdas. Tak heran jika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini menjadi kampus swasta favorit di Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menduduki peringkat ke-75 dan 5174 di dunia.
Bagi kamu yang tertarik meneruskan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, kabarnya universitas swasta yang satu ini sudah membuka penerimaan mahasiswa baru mulai tanggal 14 Januari 2019 hingga 28 September 2019 mendatang untuk jalur Computer Based Test dan pada tanggal 08 April 2019 hingga 18 Juni 2019 untuk jalur Paper Based Test. Umumnya, ada dua jalur tes masuk yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk penerimaan mahasiswa baru.

• Paper Based Test (PBT)

Tes seleksi yang diselenggarakan dengan menggunakan soal tertulis dalam lembar kertas. PBT dilaksanakan dalam tiga gelombang Calon Mahasiswa dapat memilih program studi yang ada di UMSU, Calon Mahasiswa dapat mengikuti PBT sebanyak tiga kali.

– Prosedur pendaftaran PBT secara langsung

  1. Calon mahasiswa menuju loket informasi Penmaru untuk mengisi formulir identitas pendaftar.
  2. Mengisi identitas formulir pendaftaran secara online.
  3. Persyaratan pendaftaran, yaitu :
     Membayar biaya pendaftaran IPA/IPS : Rp. 400.000 – Selama masa promosi event (s/d tanggal 26 Aproil 2018) menjadi Rp. 100.000,-
     Fotocopy Ijazah/SKHU/Raport SMA/sederajat yang sudah dilegalisir.
     Pas Foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
     Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga.
  4. Melakukan tes kesehatan.
  5. Mencetak kartu peserta ujian/tes.
  6. Mengikuti tes PBT sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

– Prosedur Pendaftaran PBT secara Online

  1. Melakukan pendaftaran online melalui http://penmaru.umsu.ac.id
  2. Mahasiswa mencetak bukti untuk pembayaran pendaftaran dan melakukan pembayaran melalui bank BSM dan BRI Syariah.
  3. Mahasiswa membawa kelengkapan berkas persyaratan pendaftaran selanjutnya mengisi biodata secara online.
  4. Mahasiswa melakukan tes kesehatan
  5. Mahasiswa menerima kartu peserta ujian
  6. Mahasiswa mengikuti ujian/tes tulis dan tes lisan
  7. Mahasiswa melihat pengumuman kelulusan melalui Website http://penmaru.umsu.ac.id

– Tata Cara Pendaftaran PBT secara Online

  1. Mendaftarkan diri melalui website http://penmaru.umsu.ac.id dengan mengisikan nama lengkap, email dan program studi yang diminati. Setelah melakukan proses pendaftaran, peserta akan mendapatkan bukti pendaftaran yang berisi Nomor Pendaftaran, Pasword dan data lainnya serta jumlah biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh peserta.
  2. Melakukan pembayaran pada Bank Syariah Mandiri atau BRI Syariah di seluruh wilayah Indonesia menggunakan Nomor Pendaftaran yang tertera pada bukti pendaftaran dengan jumlah yang tertera pada bukti pendaftaran tersebut. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada menu Alur & Tata Cara
  3. Mengisi Biodata dan Kelengkapan Lain Online
     Gunakan Nomor Pendaftaran sebagai Username dan password yang tertera pada bukti pendaftaran untuk login ke laman khusus peserta.
     Melakukan proses login pada Halaman Login
     Setelah proses login berhasil anda akan otomatis di arahkan ke halaman pengisian biodata
     Mengisi biodata, data orang tua, data sekolah, data ujian nasional dan pilihan program studi
     Unggah pas foto. Syarat: jenis file JPG, 472 x 709 pixel, dan tidak lebih dari 1 Mb
     Lakukan Login Ulang pada laman khusus Calon Peserta Ujian Untuk Memastikan Anda Sudah terdaftar pada sistem Pendaftaran Online, Jika pendaftaran anda berhasil pada layar akan tampil Foto, Nama, Email dan Pilihan Program Studi Anda.
     Apabila anda mengalami kesulitan dalam pengisian data,bisa menghubungi Contact Person Aisyah, Nisa, Assyifah dan Ara No HP. 081375030997 dan 081375030998 pada pukul 08.00 WIB – 17.30 WIB atau email [email protected]
  4. Mencetak Kartu Ujian
  5. Wajib melakukan Tes Kesehatan di poliklinik UMSU sebelum pelaksanaan ujian, paling lambat 3 (tiga) hari sebelum ujian dilaksanakan. Jadwal Tes Kesehatan Untuk Non Kedokteran bertempat di Aula Kampus UMSU Jl. Kapt. Mukhtar Basri No. 3 Medan pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk Fakultas Kedokteran jadwal tes kesehatan dapat dilihat di halaman Jadwal Pendaftaran.
  6. Anda harus ke halaman menu download laman pengisian data calon mahasiswa atau Klik Panduan Pendaftaran dan Pengisian Form Biodata PMB Online
  • Computer Based Test (CBT)

Layanan tes dengan nama one day service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar dan langsung melakukan tes yang hasilnya dapat diketahui setelah tes. Tes dilaksanakan di kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Setiap calon mahasiswa dapat mengikuti CBT maksimal tiga kali. Pendaftaran ditutup setelah kuota terpenuhi.

– Prosedur Pendaftaran CBT

  1. Calon mahasiswa menuju loket informasi penmaru untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.
  2. Memenuhi syarat pembayaran :
     Membayar biaya pendaftaran IPA/IPS Rp. 400.000- Selama masa promosi event menjadi (Rp. 100.000 s/d tanggal 26 April 2018)
     Foto copy Ijazah/SKHU/Raport SMA/sederajat yang sudah dilegalisir.
     Pas Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
     Foto copy KTP dan Kartu Keluarga.
  3. Tes Kesehatan.
  4. Mengikuti tes CBT.
  5. Menunggu hasil CBT dan Jadwal Registrasi Ulang.

– Tata Cara Pendaftaran CBT secara Online

Layanan tes dengan nama one day service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar dan langsung melakukan tes yang hasilnya dapat diketahui setelah tes. Tes dilaksanakan di kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Setiap calon mahasiswa dapat mengikuti CBT maksimal tiga kali. Pendaftaran ditutup setelah kuota terpenuhi.

  • Ketentuan umum untuk mengikuti jalur tes (PBT dan CBT)
  1. Dalam formulir pendaftaran siswa dapat menentukan program studi dalam kelompok IPA atau IPS.
  2. Untuk pilihan pada program studi teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, pendidikan matematika, agroekoteknologi dan teknologi hasil pertanian hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA atau SMK jurusan eksakta.
  3. Untuk pilihan program studi pendidikan dokter hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA

Memilih perguruan tinggi yang tepat memang bukanlah suatu hal yang mudah. Meskipun beberapa orang ada yang memilih untuk berkuliah di lingkup satu kota, namun tak jarang pula ada calon mahasiswa yang berani mengambil keputusan untuk keluar kota dan menjadi mahasiswa rantau. Bagaimanapun kuliah itu sangat penting untuk menambah keterampilan, pengetahuan dan juga wawasan kamu yang menunjang karir ke depannya. Nah, berikut tadi adalah ulasan seputar Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia tahun ajaran 2019/2020 yang bisa Mamikos sampaikan. Untuk mendapatkan informasi mengenai universitas terbaik di kota lainnya di Indonesia serta informasi kost-kostan dan sewa apartemen di seluruh Indonesia, Anda bisa berkunjung ke situs Mamikos, dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi.

Klik dan dapatkan kost idamanmu: [sg_popup id=”14679″ event=”onLoad”][/sg_popup]

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia TA 2019/2020!

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Indonesia TA 2019/2020!