Jadwal Resmi UTBK-SBMPTN 2020 Dan Perubahan Terbaru Setelah Ditunda

 Bella Carla | Jum, 22 Mei 2020

UTBK-SBMPTN 2020 – Meskipun pandemi wabah virus Corona belum mereda, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memutuskan akan tetap mengadakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020. Melalui laman resminya, LTMPT mengeluarkan Surat Edaran terbaru tentang jadwal resmi dan perubahan terbaru terkait UTBK-SBMPTN 2020. Di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu informasi terbaru terkait jadwal resmi dan perubahan terbaru terkait UTBK-SBMPTN 2020.

Informasi Terbaru Jadwal Resmi dan Perubahan UTBK-SBMPTN 2020

UTBK-SBMPTN 2020
unsplash.com

Sehubung dengan adanya pandemi wabah virus Corona, LTMPT pun membuat beberapa perubahan terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. LTMPT memutuskan untuk melaksanakan UTBK-SBMPTN mulai pada bulan Juni 2020 mendatang. Tak hanya jadwal pelaksanaannya saja yang berubah, namun ada beberapa mekanisme lainnya yang juga turut diubah oleh LTMPT. Contohnya saja seperti perubahan materi tes, perbahan biaya pendaftaran, perubahan pembagian sesi dalam pelaksanaan tes, dan lainnya.

Apa Itu UTBK-SBMPTN?

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan syarat utama untuk bisa mengikuti SBMPTN. Mengingat hasil UTBK turut mengambil andil besar dalam penentuan lulus atau tidaknya peserta dalam SBMPTN. UTBK sendiri diselenggarakan oleh LTMPT yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. UTBK pada tahun ini, dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari SMA/MA/SMK, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

Sedangkan, SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan tes atau ujian tulis sebelum masuk perguruan tinggi. Dulunya, SBMPTN ini merupakan tahapan tes sekaligus seleksi. Namun, peran tersebut kini telah digantikan dengan UTBK sehingga SBMPTN hanya bersifat seleksi saja. Hasil dari SBMPTN ini nantinya akan ditentukan oleh hasil UTBK serta kriteria lain yang sudah ditetapkan bersama oleh jejeran perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Apa Perubahan Terbaru UTBK-SBMPTN?

Berbeda dari tahun sebelumnya, ada beberapa perubahan mekanisme dan pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. Berikut adalah rinciannya:

1. Jadwal Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Sebelum adanya pandemi wabah virus Corona, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dijadwalkan di tanggal yang berbeda oleh LTMPT. Namun, setelah adanya pandemi ini maka LTMPT pun merombak kembali jadwal yang sudah ada. Sehingga, pendaftaran UTBK dan SBMPTN kini akan dilakukan secara bersamaan pada tanggal 2 Juni hingga 20 Juni 2020.

2. Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Jenis Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 kini dibagi menjadi dua tipe, yakni:

  1. Pendaftaran Berbayar (Tipe A)
    Untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK.
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar (Tipe B)
    Khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud.

3. Mekanisme UTBK-SBMPTN

Di tahun 2020 ini, para peserta harus melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN secara bersamaan. Sebelum mengikuti tes, para peserta juga harus memilih lokasi pusat UTBK yang akan diselenggarakan. Peserta juga diwajibkan untuk langsung memilih program studi yang diinginkan dengan maksimal dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi nantinya akan menyatakan prioritas pilihan.

4. Aturan Pemilihan Jurusan UTBK-SBMPTN

Perubahan terbaru lainnya juga terdapat pada aturan bahwa peserta tidak diperkenankan untuk lintas jurusan. Tahun ini, siswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa tidak diperkenankan untuk lintas jurusan atau memilih jurusan kuliah yang berbeda dari jurusan sewaktu tingkat sekolah menengah. Kebijakan ini diterapkan oleh LTMPT berdasarkan kajian-kajian yang telah dilakukan sebelumnya. Sementara, untuk siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa memilih dua jurusan (bisa di perguruan tinggi yang sama atau berbeda), bisa memilih apakah kedua jurusan tersebut IPA, atau satu IPA satu IPS, atau kedua jurusan IPS.

5. Materi Ujian UTBK-SBMPTN

Sebelum adanya pandemi wabah virus Corona, materi ujian UTBK-SBMPTN 2020 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Namun, kini LTMPT memutuskan hanya akan mengujikan TPS saja dalam UTBK-SBMPTN. Di mana TPS ini adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, yakni penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan yang akan diuji dalam TPS sendiri akan mencakup sebagai berikut.

  1. Penalaran umum
    Penalaran umum umumnya akan menuntut penalaran kamu dalam beberapa jenis soal, seperti teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks pada paragraf yang tersirat). Tak hanya itu saja, soal-soal penalaran umum akan menuntut kamu untuk dapat menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks. Kamu juga akan dituntut untuk dapat menganalisis dan menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan.
  2. Pemahaman bacaan dan menulis
    Kedua, ada pemahaman bacaan dan menulis yang akan menguji kemampuan bahasa yang kamu miliki. Soal-soal pada subtes ini akan menuntut kamu untuk dapat memahami inti paragraph, kesimpulan, pesan tersirat, hingga penggunaan EYD yang tepat. Jika dilihat sepintas memang terlihat mudah, namun tentunya kamu pun tidak boleh menyepelekan tes pemahaman bacaan ini. Rincian soal dalam pemahaman bacaan dan menulis adalah:

    • Pemahaman isi bacaan
      Nantinya ada beberapa soal yang akan menguji kamu untuk dapat membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh. Soal yang akan disajikan biasanya berupa teks bacaan yang terdiri dari beberapa paragraf. Soal-soal yang muncul biasanya seputar judul bacaan serta kata yang paling tepat untuk melengkapi penggalan kalimat atau paragraf. Nah, ketika mengerjakan soal-soal ini secara tidak langsung kamu pun akan mengetahui kemampuan membaca cepat dan fokus menjadi suatu hal yang dibutuhkan.
    • Penalaran kebahasaan
      Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis soal kedua ini akan menguji kemampuan kamu dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di jenis soal penalaran kebahasaan ini akan terkait dengan ejaan yang berpedoman pada PUEBI dan KBBI. Misalnya, kamu diminta untuk mencari kata berimbuhan yang salah pada suatu paragraf, atau kamu diminta untuk memilih kata yang sesuai dengan aturan KBBI.
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
    Di dalam subtes Pengetahuan dan Pemahaman Umum ini umumnya akan ada 4 subtopik, yakni 2 subtopik bahasa Indonesia dan 2 subtopik bahasa inggris. Di mana nantinya subtopik ini akan memintamu memahami ini dan itu. Pastikan kamu membaca soalnya terlebih dahulu dan tinggalkan dulu bacaannya. Untuk deretan soal Bahasa Inggris, sebaiknya kamu membaca soalnya terlebih dahulu untuk soal di bagian bahasa Inggris.

    • Bahasa Indonesia
      Pastikan kamu membaca soalnya terlebih dahulu dan tinggalkan dulu bacaannya. Kalau pertanyaannya adalah tentang gagasan, pastikan kamu tahu ada di mana inti pembahasan di bacaan tersebut. Cermati juga hubungan antar kalimat/antar paragrafnya. Satu hal yang kamu tidak boleh lupa, kamu juga harus berlatih mencari kata-kata yang sesuai PUEBI. Seperti apa kata yang baku, tanda baca yang benar.
    • Bahasa Inggris
      Seperti halnya di bahasa Indonesia, sebaiknya kamu membaca soalnya terlebih dahulu untuk soal di bagian bahasa Inggris. Cari tahu apa yang ditanyakan oleh soal. Untuk bisa melaukan extracting core information, kamu bisa membaca kalimat awal dan akhir paragraf yang ditanyakan, lalu temukan informasi yang sama. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, topik cerita selalu menunjukkan keseluruhan isi teks.
  4. Pengetahuan Kuantitatif
    Pengetahuan kuantitatif ini mencakup soal barisan bilangan, geometri, artimetika, hingga aljabar. Untuk bisa mendapatkan skor tinggi dalam matematika dasar, kamu harus menguasai dengan baik konsep-konsep dasar dalam matematika. Mulai dari penguasaan aljabar dan aritmatika contohnya. Kedua konsep tadi merupakan dasar yang tidak boleh kamu lewatkan. Ada beberapa model soal pada pemahaman pengetahuan kuantitatif ini, yaitu:

    • Model pilihan ganda
      Pada jenis soal yang satu ini, kamu akan diberikan soal mengenai logika dasar dan matematika level dasar. Meskipun begitu, tidak jarang kamu akan menemui kesulitan. Kuncinya, kamu harus pahami dulu konsep dasarnya agar bisa mengerjakan soal ini dengan cepat dan tepat.
    • Model pilihan (1), (2), (3), dan (4)
      Pada soal jenis ini, kamu akan diberikan sebuah pertanyaan dan 4 informasi. Lalu, kamu diminta untuk memilih informasi mana yang benar berdasarkan pernyataan yang diberikan.
    • Model kecukupan data
      Pada jenis soal ini, kamu akan diberikan sebuah pertanyaan dan dua informasi. Kamu diminta untuk menganalisis informasi mana saja yang dibutuhkan, sehingga pertanyaan yang diberikan dapat terjawab.
    • Analisis perbandingan PQ
      Pada jenis soal ini, kamu akan diberikan sebuah informasi dan dua buah variabel (misal P dan Q). Umumnya, variabel P nilainya dicari berdasarkan informasi yang diberikan dan variabel Q nilainya diberikan. Kemudian, kamu diminta untuk menentukan hubungan antara variabel P dan Q, mana yang lebih besar nilainya.

6. Jadwal Tes UTBK-SBMPTN

UTBK pada tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli hingga 12 Juli 2020. Nantinya, ada empat sesi pelaksanaan tes dalam sehari, yakni sesi pagi dua kali dan sesi siang dua kali juga. Berikut ini adalah jadwal pembagian sesi resmi dari LTMPT.

Sesi Waktu Pelaksanaan (WIB) Kegiatan
I 07.00 – 07.05 Peserta memasuki ruang ujian
07.05 – 07.25 Pemeriksaan dokumen/identitas
07.25 – 07.30 Latihan
07.30 – 09.15 Peserta mengerjakan Tes Potensi Skolastik (TPS)
II 09.45 – 09.50 Peserta memasuki ruang ujian
09.50 – 10.10 Pemeriksaan dokumen/identitas
10.10 – 10.15 Latihan
10.15 – 12.00 Peserta mengerjakan Tes Potensi Skolastik (TPS)
III 12.30 – 12.35 Peserta memasuki ruang ujian
12.35 – 12.55 Pemeriksaan dokumen/identitas
12.55 – 13.00 Latihan
13.00 – 14.55 Peserta mengerjakan Tes Potensi Skolastik (TPS)
IV 15.30 – 15.35 Peserta memasuki ruang ujian
15.35 – 15.55 Pemeriksaan dokumen/identitas
15.55 – 16.00 Latihan
16.00 – 17.45 Peserta mengerjakan Tes Potensi Skolastik (TPS)

7. Aturan Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN

Pelaksanaan UTBK tahun 2020 akan menyesuaikan dengan protocol kesehatan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan. Di mana ruang dan peralatan yang akan digunakan para peserta harus bersih dan sesuai protokol kesehatan. Tak hanya itu saja, komputer peserta juga wajib berjarak antara satu peserta dengan peserta yang lainnya. Selain itu, peserta juga wajib menggunakan masker selama berada di lokasi ujian sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

8. Biaya UTBK-SBMPTN

Ada juga perubahan pada biaya peserta UTBK-SBMPTN, informasi sebelumnya peserta wajib membayar biaya sebesar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum dan Rp300.000 untuk kelompok ujian campuran. Namun, dikarenakan kini hanya diberlakukan satu kali ujian dengan materi hanya TPS saja maka calon peserta yang mendaftarkan diri pada pendaftaran berbayar (Tipe A) akan menanggung biaya hanya sebesar Rp150.000 saja. Khusus untuk calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) jenis pendaftaran Tipe B yang dinyatakan lolos, maka calon peserta tersebut tidak dipunggut biaya. Biaya pendaftaran ini nantinya bisa dibayar melalui channel ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, maupun ATM bersama yakni Bank Mandiri, BNI dan BTN dengan tata cara sebagai berikut.

  1. ATM BTN
    • Masukkan pin atm dan pilih menu ‘transaksi lainnya’
    • Kemudian, pilih menu ‘pembayaran’
    • Pada menu ‘pembayaran’, pilih menu ‘multipayment’
    • Pada menu ‘multipayment’, pilih menu ‘multi biller’
    • Pada menu ‘multi biller’, pilih Kode Biller: UTBK 2020: 000001.
    • Kemudian, masukkan Kode Bayar (11 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran biaya UTBK SBMPTN yang sudah kamu peroleh setelah melakukan pendaftaran di website.
    • Selanjutnya, pilih menu ‘konfirmasi pembayaran’
    • Jika kamu merasa pembayaran sudah sesuai, pilih tombol ‘Ya’
    • Transaksi selesai
    • Silahkan cetak struk/resi sebagai bukti pembayaran
  2. ATM Mandiri
    • Masukkan PIN ATM, lalu pilih menu ‘bayar’
    • Kemudian, pilih menu ‘pendidikan’ dan masukkan kode perusahaan/institusi: UTBK LTMPT: 10000
    • Masukkan Kode Bayar (11 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran UTBK yang sudah kamu dapatkan setelah mendaftar
    • Pilih item pembayaran UTBK LTMPT, ketik nomor urut yang ada di samping kiri. Jika sudah benar, pilih ‘Ya’
    • Pada menu Konfirmasi Pembayaran, Cek kembali detail pembayaran (terutama Kode Bayar). Bila sudah benar, pilih tombol ‘Ya’. Pastikan muncul tulisan transaksi sukses pada layar dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran
  3. ATM BNI
    • Masukkan pin atm dan pilih menu ‘lainnya’
    • Kemudian, pilih ‘menu pembayaran’, ‘menu berikutnya’, ‘menu Universitas’, ‘menu UTBK LTMPT’
    • Masukkan kode pembayaran yang tercetak pada slip pembayaran biaya seleksi UTBK LTMPT 2020 yang kamu peroleh setelah melakukan pendaftaran.
    • Periksa kembali informasi yang muncul pada layar konfirmasi. Jika sudah benar, pilih ‘tekan jika iya’
    • Transaksi selesai
    • Silahkan cetak struk/resi sebagai bukti pembayaran
  4. ATM Bersama
    • Masukkan pin atm dan pilih menu ‘transaksi lainnya’
    • Kemudian, pilih menu ‘transfer link/ATM bersama/Prima’
    • Masukkan nomor rekening tujuan transfer 0081000083838383838
    • Selanjutnya, masukkan nomor referensi (boleh diisi/tidak),
    • Masukkan nominal Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah).
    • Masukkan Jenis Rekening, kemudian ‘konfirmasi transfer’
    • Transaksi selesai
    • Silahkan cetak struk/resi sebagai bukti pembayaran
  5. Teller BTN
    Kamu juga dapat membayar biaya UTBK-SBMPTN 2020 melalui counter teller di seluruh loket Bank BTN. Caranya juga cukup mudah, kamu cukup menyerahkan slip pembayaran yang sudah kamu peroleh setelah melakukan pendaftaran di website. Setelah melakukan pembayaran, simpan struk/resi pembayaran sebagai bukti bahwa kamu sudah melakukan pembayaran.
  6. Teller Mandiri
    Kamu juga dapat melakukan pembayaran biaya UTBK-SBMPTN melalui counter teller di seluruh cabang Bank Mandiri. Caranya mudah, kamu cukup menyerahkan slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran saja. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan bukti cetak pembayaran. Simpan bukti tersebut sebagai bukti kamu sudah melakukan pembayaran.
  7. Teller BNI
    Kamu juga dapat melakukan pembayaran biaya UTBK SBMPTN melalui teller di seluruh cabang Bank BNI. Caranya mudah, kamu cukup menyerahkan slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran saja. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamu akan mendapatkan lembaran “Tanda Terima Pembayaran” (berstempel dan ditandatangani oleh petugas teller BNI). Simpan lembar tersebut sebagai bukti kamu sudah melakukan pembayaran.
  8. BTN Mobile Banking
    • Masukan User ID dan Password
    • Pilih menu ‘transfer & pembayaran’ dengan sub menu ‘pembayaran’
    • Kemudian, pilih ‘daftar baru’
    • Pilih kategori ‘institusi Multi Biller’
    • Pilih Institusi 00001 – UTBK LTMPT, kemudian isi nama dan IDPEL/No. MHS, input PIN dan pilih ‘Lanjut’
    • Masuk ke tampilan ‘Cek Form Pembayaran Anda‘, pilih lanjut jika sudah sesuai
    • Selanjutnya akan muncul tampilan Konfirmasi-Konfirmasi Pembayaran kamu beserta Rincian Tagihan.
    • Periksa kembali nominal pembayaran dan nama yang tercantum apakah telah sesuai.
    • Jika sudah sesuai, maka checklist pada kotak ‘Saya Telah Membaca Term and Condition’ kemudian pilih Lanjut
    • Setelah selesai, kamu akan menerima email notifikasi pembayaran
  9. Mandiri Mobile (Online)
    • Masuk ke Aplikasi Mandiri Online di ponsel kamu
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password Mandiri Online kamu.
    • Klik Home, pilih menu ‘payment/pembayaran’
    • Kemudian pilih ‘make new payment’, pilih menu ‘education/pendidikan’
    • Selanjutnya, akan keluar tampilan untuk entry Service Provider dan pilihan rekening yang akan didebet
    • Klik ‘continue’
    • Pada tampilan ‘sevice provide/penyedia jasa’, silahkan pilih UTBK LTMPT
    • Kemudian akan muncul tampilan Kode Bayar dan isi kodenya sesuai yang sudah kamu dapatkan dari website
    • Selanjutnya, klik ‘add as new payment’
    • Cek kembali apakah data kamu sudah benar, nantinya akan muncul layar konfirmasi dan klik ‘confirm/konfirmasi’
    • Jika sudah benar, selanjutnya klik ‘continue/lanjutkan’
    • Konfirmasi dengan memasukkan PIN Mandiri Online kamu
    • Jika pembayaran kamu berhasil, nantinya akan muncul Bukti Transaksi.
    • Simpan bukti transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
  10. BNI Mobile Banking
    • Masuk ke Aplikasi BNI Mobile Banking di ponsel kamu
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password
    • Selanjutnya pilih menu ‘pembayaran – biaya pendidikan’
    • Pada menu, pilih layanan ‘pendaftaran, Institusi UTBK LTMPT’, selanjutnya input Kode Bayar, dan lanjutkan proses pembayaran.
    • Layar akan menampilkan inquiry respon. Kamu tinggal masukkan password transaksi dan lanjutkan proses pembayaran hingga muncul status ”Transaksi berhasil” sebagai bukti transaksi.
    • Simpan bukti transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
  11. BTN Internet Banking
    • Silahkan akses web internet banking BTN melalui laman browser dengan alamat https://internetbanking.btn.co.id
    • Kemudian, masukan User ID dan Password.
    • Pilih menu ‘Transfer & Pembayaran’, dengan sub menu ‘pembayaran’
    • Pilih penerima tidak ada di daftar.
    • Pilih Kategori Institusi Multi Biller.
    • Pilih Institusi 00001-UTBK, kemudian isi Nama dan IDPEL/No.MHS ID PEL/No MHS adalah Kode Bayar (11 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran biaya UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran di website.
    • Kemudian, masukan respon dari token
    • Layar konfirmasi pembayaran, pastikan kembali data yang tampil sudah sesuai dengan yang input pada laman pendaftaran UTBK LTMPT.
  12. Mandiri Internet Banking
    • Masuk ke ke website mandiri online https://ibank.bankmandiri.co.id/retail3
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password Mandiri Online kamu
    • Klik menu ‘payment/pembayaran’, kemudian pilih submenu menu ‘education/pendidikan’
    • Selanjutnya, klik ‘continue/lanjutkan’
    • Cek kembali apakah data kamu sudah benar, nantinya akan muncul layar konfirmasi dan klik ‘confirm/konfirmasi’
    • Kemudian, masukkan challenge code yang diperoleh dari Token dan klik ‘oke’
    • Jika pembayaran kamu berhasil, nantinya akan muncul Bukti Transaksi.
    • Simpan bukti transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
  13. BNI Internet Banking
    • Masuk ke ke website BNI Internet Banking
    • Kemudian, login menggunakan User ID dan Password
    • Masuk ke menu ‘pembelian/pembayaran, Pembayaran Tagihan’, kemudian pilih ‘biaya pendidikan’.
    • Pada menu ‘pembayaran tagihan’, pilih tipe layanan pendaftaran dan pilih UTBK LTMPT
    • Selanjutnya, input kode bayar dan lanjutkan proses
    • Hasil inquiry respon, input kode challenge dengan BNI eSecure (Token) untuk melanjutkan proses pembayaran.
    • Jika transaksi kamu berhasil, maka akan muncul konfirmasi ‘Transaksi Sukses’ dan konfirmasi transaksi berhasil dapat disimpan atau dicetak sebagai bukti.
  14. Mandiri SMS Banking
    • Ketik: BYR <spasi>LTMPT <spasi> <nomor index rekening> <spasi> <Kode Bayar>, lalu kirim ke 3355.
    • Jika transaksi kamu berhasil, maka kamu akan mendapat pesan SMS dari 3355 untuk memasukkan PIN SMS Banking Bank Mandiri.
    • Kemudian, ketik PIN SMS Banking sesuai petunjuk dari SMS.
    • Jika PIN SMS Banking Bank Mandiri yang dimasukkan benar, kamu akan mendapat pesan SMS dari 3355 yang berisi Kode Bayar dan Nama Pendaftar.
    • Jika pembayaran kamu berhasil, nantinya akan muncul Bukti Transaksi.
    • Simpan bukti transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
  15. BNI SMS Banking
    Kamu juga dapat melakukan pembayaran UTBK LTMPT melalui SMS Banking. Cukup kirim SMS perintah (MO) dengan format PAY<spasi>UTBK<spasi>KODE BAYAR. KODE BAYAR ‘11 digit numeric only’ dan kirim ke 3346. Setelah itu kamu akan mendapatkan SMS Response Inquiry (MT Inquiry) sebagai berikut:

    • Kode Bayar (KodeBayar): 11 digit numeric only.
    • Nominal (Rp): 6 digit numeric only

Jadwal Resmi UTBK-SBMPTN

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi mengeluarkan surat edaran Tim Pelaksanaan LTMPT nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang perubahan jadwal pelaksanaan UTBK 2020. Mengutip surat edaran yang dikeluarkan pada 6 April 2020, dijadwalkan UTBK-SBMPTN 2020 akan dilaksanakan pada:

Kegiatan Waktu Pelaksanaan
Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 02 Juni – 20 Juni 2020
Pelaksanaan UTBK 05 – 12 Juli 2020 (Setiap hari terdapat 4 sesi, kecuali Jum’at 2 sesi)
Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN 25 Juli 2020 

Nah, itulah informasi terbaru terkait jadwal resmi dan perubahan terbaru terkait UTBK-SBMPTN 2020. Seperti yang kita ketahui, pelaksanaan UTBK-SBMPTN pada tahun ini akan cukup berbeda dikarenakan adanya pandemi wabah virus Corona. Jika kamu berencana ingin mengikuti SBMPTN, Mamikos harap kamu membaca informasi di atas dengan cermat ya! Temukan pula informasi lebih banyaknya lagi seputar situs UTBK-SBMPTN, hanya di situs Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: