Jawaban “Kenapa Kami harus menerima Anda” Saat Interview Kerja

Posted in: Tips Kerja
Tagged: interview kerja

Buat pencari kerja pasti sudah hafal betul dengan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul saat wawancara, salah satunya adalah “Kenapa Kami harus menerima Anda? Banyak juga pertanyaan lain yang bisa dibilang cukup menjebak, di mana salah kata sedikit saja bisa membuat kamu tidak diterima kerja.



Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan tips dan juga cara yang tepat dalam menjawab pertanyaan yang biasa ditujukan kepada pelamar kerja ketika sedang Interview. Bagi sebagian orang yang masih belum diterima kerja hingga saat ini, mereka beranggapan bahwa Interview adalah salah satu tahapan yang paling sulit dilalui. 

Lewat interview, kamu atau pelamar kerja biasanya akan diberikan pertanyaan-pertanyaan oleh HRD yang berhubungan dengan pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Lewat interview inilah, HRD bisa menilai kamu dari jawaban-jawaban dari pertanyaan yang di tanyakan. Jadi jangan sampai salah sedikit, karena bisa fatal dan tidak di terima kerja.

Jawablah pertanyaan tersebut dengan fokus menceritakan tentang keterampilan serta kemampuan kamu yang memang layak untuk jadi pertimbangan di posisi yang sedang mereka cari. Kamu juga boleh menyebutkan keterampilan lainnya walaupun tidak ada hubungannya dengan pekerjaan tersebut.

Dengan menceritakan pengalaman serta keterampilan kamu, mungkin saja dapat menjadi nilai tambah di mata HRD. Jangan lupa juga mengambil celah untuk dapat membandingkan deskripsi pekerjaan tersebut dengan kemampuan yang kamu punya.

Kunci untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah jangan bertele-tele dan tunjukan bahwa kamu positif. Kamu harus bisa memahami deskripsi kerja dari pekerjaan yang kamu lamar. Durasi menjawabnya pun jangan terlalu lama, cukup satu sampai dua menit saja. Yang penting adalah kualitas dari dirimu dan jawabannya dapat tersampaikan dengan baik.


Buat kamu yang masih awam atau baru mau interview kerja dan bingung jika nanti ditanya “Kenapa Kami Harus menerima Anda?” saat interview, berikut admin bagikan tips untuk menjawabnya.


Tips Menjawab Pertanyaan dari HRD saat Interview Kerja

unsplash.com

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu pelajari untuk menjawab pertanyaan “Kenapa Harus menerima Anda di Perusahaan Kami?” pada saat interview kerja :

1. Fokus dengan Kebutuhan Perusahaan dan Kualitas yang kamu punya


Walaupun pertanyaan tersebut ditujukan kepadamu, jawaban yang tepat diberikan adalah harus sesuai dengan kebutuhan rekruter/perusahaan tempat kamu melamar kerja. Rekruter biasanya ingin mempekerjakan karyawan yang bisa memberikan kontribusi yang besar untuk perusahaan.


Jawaban yang tepat yaitu harus sesuai dengan kualifikasi yang cocok dengan posisi yang kamu lamar. Contohnya seperti “ Saya mendengar tentang posisi ini membutuhkan orang yang bisa bekerja fleksibel dan dapat memimpin tim dengan jumlah yang besar. Dengan pengalaman saya di pekerjaan sebelumnya, saya yakin bahwa saya orang yang tepat”.

2. Yakinkan bahwa kamu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan

Menurut beberapa survei yang sudah dilakukan oleh Cubiks, firma internasional, menjelaskan bahwa kebanyakan rekruter mengatakan mereka akan mempekerjakan kandidat atau pelamar kerja yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Maka dari itu, kamu harus bisa memahami lingkungan perusahaan dengan baik.


Jawablah dengan menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang mudah beradaptasi dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Contoh jawabannya adalah “Saya orang yang cekatan dan tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Jadi, saya merasa akan mudah untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tempo kerja di perusahaan ini”.

3. Balik bertanya untuk meyakinkan mereka

Ketika kamu interview dan ditanya “Kenapa Kami harus menerima Anda?”, selain memberikan jawaban yang tepat kamu juga bisa mengajukan pertanyaan kepada HRD yang mewawancara kamu. karena interview sendiri bukanlah komunikasi satu arah, tetapi dua arah antara pewawancara dan kamu yang diwawancarai.


Kamu bisa bertanya balik kepada pewawancara supaya bisa meyakinkan diri, namun pertanyaan yang diajukan harus tetap mencakup kualifikasi kamu serta posisi yang ditawarkan. 


Contoh seperti “Saya suka perusahaan dagang seperti ini, karena banyak hal yang dapat saya lakukan untuk mengembangkan diri sekaligus juga mengembangkan perusahaan ini. Tujuan saya dan perusahaan sama, yaitu bisa memperluas jaringan dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Bagaimana pendapat Anda?”.

4. Tunjukan kamu adalah orang dengan pribadi yang menyenangkan

Rekruter yang mencari kandidat untuk mengisi posisi yang kosong di perusahaan biasanya menyukai orang yang ramah serta menyenangkan. Oleh karena itu, tunjukan bahwa kamu punya kepribadian yang menyenangkan dengan sikap dan jawabanmu pada saat interview.


Tunjukan sikap yang santai tapi tetap santun selama interview berlangsung. Hal tersebut secara tidak langsung bisa menunjukkan kepribadianmu ketika nanti bekerja. Jangan sampai kamu memberikan jawaban yang merendah dan juga jangan terlalu menyombongkan diri.


Perkataan serta perbuatan kamu saat interview secara tidak langsung akan menunjukkan kepribadianmu. Gunakan strategi ini dengan percaya diri agar rekruter merasa yakin bahwa kamu adalah orang bisa dipercaya dan tepat untuk dipekerjakan.

Fokuskan kekuatan serta kualitas diri kamu ketika menjawab pertanyaan “Kenapa Kami harus menerima Anda” dan jangan terlalu berlebihan seperti menyatakan bahwa kamu bisa cepat menguasai segala macam hal.

Sikap yang benar saat Interview Kerja

Selain jawaban yang tepat saat interview kerja, sikap juga merupakan hal penting yang secara tidak langsung dinilai oleh HRD ketika interview. Sikap atau bahasa tubuh menentukan apakah kamu layak dipekerjakan di perusahaan mereka.

Berikut ini tips mengenai sikap atau bahasa tubuh yang bisa membantu kamu ketika interview kerja :


1. Pandangan Mata

Hal yang perlu dicermati pada saat melakukan interview kerja adalah pandangan mata. Hindari terlalu lama memandang atau menatap mata kepada pewawancara. Dan juga jangan kebiasaan melotot atau menghindari pandangan mata kamu dengan memandang seluruh sudut ruangan ketika diwawancara.

2. Gerakan Tangan


Ketika kamu memulai bicara atau menjawab pertanyaan “Kenapa Kami harus menerima Anda?”, hindari gerakan tangan yang terlalu banyak atau berlebihan. Gerakan tangan yang berlebihan perlu dihindari karena kamu akan dianggap terlalu antusias atau bahkan dinilai tidak tenang ketika interview berlangsung.


3. Menganggukkan Kepala

Menganggukkan kepala juga salah satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika interview berlangsung. Pastikan bahwa kamu sadar tentang kebiasaan menganggukkan kepala dan kontrol dengan baik pada saat interview. Lakukan hal tersebut bila dinilai perlu dan jangan terlalu sering menganggukkan kepala ketika pewawancara sedang berbicara.

4. Menjaga Jarak

Dan tips terakhir adalah posisikan tubuh kamu dengan pewawancara dengan baik, yaitu dengan menjaga jarak. Menjaga jarak di sini adalah usahakan ketika kamu duduk, jangan terlalu sering berpindah posisi dan jangan terlalu jauh agar terkesan tidak menghindari pewawancara.

Itulah tadi serangkaian informasi yang bisa admin bagikan kepada kamu semua tentang menjawab pertanyaan “Kenapa Kami harus menerima Anda?” dan bagaimana sikap yang baik pada saat inverview kerja. Semoga dengan informasi ini bisa membantu kamu saat interview kerja dan bisa membuat kamu diterima di perusahaan atau tempat kerja yang kamu inginkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:


Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah