Contoh Jawaban Pertanyaan Interview Kerja “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Posted in: Tips Loker
Tagged: interview kerja

Contoh jawaban pertanyaan interview kerja “ceritakan tentang diri Anda” – Sedang bersiap-siap untuk menjalani interview kerja? Lakukan persiapan yang matang terkait jawaban atas pertanyaan dari HRD agar peluangmu diterima semakin besar.

Jawaban Pertanyaan Interview Kerja Tentang Diri

unsplash.com

Ketika melamar pekerjaan, kamu tidak akan langsung diterima di kantor tujuan, tetapi perlu menjalani beberapa tahap seleksi. Setelah pelamar mengirimkan berkas dan CV sebagai syarat awal administrasi, biasanya perusahaan akan mengundang pelamar untuk tahap wawancara. Pengujian kualitas dan kapasitas sebagai seorang pelamar akan diuji ketika sedang menjalani interview.

Bisa dikatakan bahwa tahap interview adalah tahap paling mendebarkan, bahkan membuat pelamar gagal karena kurang percaya diri. Sebenarnya, pertanyaan yang diajukan masih berkaitan erat dengan diri sendiri dan pekerjaan yang dilamar. Namun, suasana interview yang tidak biasa dialami dan pertanyaan HRD membuat pelamar merasa gugup dan bingung menjawab pertanyaan. Hal tersebut berdampak pada penilaian HRD dan keputusan untuk menerima pelamar sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Pertanyaan yang seringkali diajukan HRD bermacam-macam untuk mengetahui karakter pelamar. HRD juga akan bertanya tentang diri pelamar agar bisa mengenal lebih dekat. Lalu, apa saja contoh jawaban pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” apabila muncul ketika interview?

Cara Menyampaikan Jawaban Ceritakan Tentang Diri

unsplash.com

Ketika ditanya tentang diri sendiri, gunakan struktur jawaban berikut agar kamu bisa mendapatkan ide terkait hal-hal yang perlu dikatakan.

  1. Jawaban yang fokus pada masa kini. Ceritakan hal yang berkaitan dengan pekerjaan saat ini serta pencapaian-pencapaianmu. Jika statusmu adalah fresh graduate dan baru saja lulus, sampaikan fakta tersebut serta jelaskan alasan pemilihan jurusan di kampusmu dan jalur karier yang ditempuh.
  2. Jawaban yang memberikan gambaran masa lalu. Kamu diizinkan untuk menyampaikan fakta-fakta tentang diri di masa lalu, misalnya cerita tentang pengalaman yang sudah dimiliki. Namun, tidak perlu menceritakannya secara rinci.
  3. Jawaban tentang rencana masa depan. Berikan gambaran rencana yang akan kamu tempuh pada masa depan, misalnya alasan ketertarikan pada posisi perusahaan dan harapanmu ke depan.

Referensi jawaban di atas sangat mungkin kamu ubah sesuai kondisi yang dialami dan pengalaman yang dimiliki. Susunlah jawaban yang menurutmu paling cocok dan bisa menggambarkan kondisimu.

Hal yang Harus Dihindari Ketika Memberikan Jawaban Tentang Diri

pixabay.com

Terkadang semangat untuk menyampaikan fakta dan pengalaman justru membuat kamu menceritakan hal-hal tidak perlu. Oleh karena itu, ada informasi yang perlu kamu tahu ketika menjawab pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda”.

  1. Informasi personal. Sebaiknya kamu tidak perlu menyampaikan informasi yang terlalu personal. Sebaliknya, berikan informasi untuk menunjang kariermu pada pekerjaan yang dilamar.
  2. Tidak memberikan jawaban terlalu panjang. Aturan untuk memberikan jawaban terkait diri sendiri memang tidak ada. Namun, hindari memberikan jawaban yang terlalu panjang agar tidak memakan waktu lama. Idealnya, pertanyaan tersebut dijawab dalam waktu 1,5 – 2 menit saja.
  3. Tidak menceritakan seluruh kisah hidup. Mungkin kamu merasa bahwa seluruh pengalaman hidupmu berharga dan layak diceritakan. Tapi kamu perlu menyaring pengalaman yang memang benar-benar dapat diceritakan di depan HRD dan tidak.
  4. Profesional. Jagalah profesionalitas dalam menceritakan pengalaman tanpa menambahkan kisah-kisah hanya karena ingin terlihat keren. Hal ini sangat penting agar nantinya kamu ditempatkan di bagian yang benar-benar sesuai kualifikasi. Bagaimana pun juga, jawabanmu akan menentukan pertimbangan HRD ketika menerima karyawan.

Jawaban Ideal Ceritakan tentang Diri

unsplash.com

Ada beberapa jawaban yang dinilai ideal untuk disampaikan ketika menjawab pertanyaan tentang diri. Gunakan kalimat yang singkat, namun meninggalkan kesan bagi para pewawancara. Selain itu, meskipun tidak wajib, usahakan jawaban yang kamu berikan memberikan motivasi. Terkadang ada kejadian yang dialami pelamar dan meninggalkan kesan tidak terlupakan.

Jawaban yang ideal juga meliputi adanya riwayat akademis serta pengalaman-pengalaman penunjang. Apabila semua hal kamu anggap penting sudah disampaikan, berikan penutup sekaligus penegas bahwa kamu layak mendapatkan posisi tersebut.

Contoh-Contoh Jawaban Pertanyaan Ceritakan tentang Diri

unsplash.com

Berikut ini daftar referensi jawaban apabila ada pertanyaan tentang diri saat interview kerja.

Contoh Jawaban untuk Fresh Graduate

Nama saya (diisi sesuai nama) lulusan baru dari Universitas (diisi sesuai universitas). Saya mengambil Jurusan Manajemen Pendidikan dan mempelajari cara memanajemen pendidikan sesuai perkembangan zaman. Saya senang melakukan perencanaan dan melakukan evaluasi. Selain itu, saya juga mampu berbaur dengan orang-orang di perusahaan dengan visi dan misi sama.

Ketika menempuh kuliah, saya pernah mendapatkan pengalaman magang di bagian kurikulum di SMA Negeri Maju Jaya selama dua bulan. Saya belajar mengenai manajemen pendidikan yang baik dan cara mengatasi masalah di lapangan. Dari pengalaman tersebut, saya memahami peran penting seorang pembuat kebijakan serta cara untuk memastikan agar pendidikan tetap berjalan.

Saya melihat peluang kerja pada lembaga di bidang startup ini untuk menjadi analis kurikulum. Melihat latar belakang yang saya miliki, saya berharap bisa belajar di sini untuk mengimplementasikan ilmu sekaligus belajar lebih banyak lagi.

Contoh Jawaban untuk Lulusan SMA Sederajat

Nama saya (diisi sesuai nama) lulus dari dari SMA (diisi sesuai universitas). Selama menempuh studi, saya aktif di kegiatan organiasi keagamaan. Sebagai perwakilan untuk tingkat sekolah, saya aktif memberikan kontribusi di bidang masyarakat untuk menggalang dana. Pengalaman tersebut membantu saya dalam mengatur keuangan.

Melihat adanya peluang untuk menjadi fundraiser di perusahaan Bapak/Ibu, saya tertarik untuk melamar. Saya berharap pengalaman saya dapat membantu bekerja sekaligus menggali ilmu lebih banyak di bidang ini.

Contoh Jawaban untuk Programmer

Nama saya (diisi sesuai nama). Saya menyukai bidang komputer teknologi sejak SMA dan pernah menjuarai olimpiade komputer tingkat nasional. Saya meneruskan studi di Jurusan Ilmu Komputer, Universitas (nama) dan lulus 3 tahun lalu.

Pengalaman kerja yang saya miliki adalah programmer di perusahaan gaming. dengan pengetahuan berbagai bahasa pemrograman seperti C ++, Java, JavaScript, Phyton, dan Shell scripting. Saya juga pernah dilibatkan dalam projek pembuatan aplikasi berbasis Blockchain untuk salah perusahaan di Swedia. Hobi saya untuk berpartisipasi dalam acara seni dan budaya dapat membantu bekerja di bidang programmer untuk pendidikan.

Contoh Jawaban untuk Posisi Sales

Nama saya (diisi sesuai nama). Saat ini saya tinggal di Yogyakarta. Saya berpengalaman sebagai supervisor bidang penjualan PT Karya Maju Jaya selama 4 tahun dengan penilaian kerja positif. Selain itu, saya juga tidak pernah mendapatkan pelanggaran atau sanksi. Selama bekerja, saya diminta mengelola tim penjualan beranggotakan 10 orang, kemudian mendapatkan hasil penjualan pesat. Saya berharap dapat memberikan kontribusi besar bagi perusahaan ini dengan keilmuan yang saya miliki.

Contoh Jawaban untuk Asisten Eksekutif

Nama saya (diisi sesuai nama). Saat ini bekerja sebagai asisten eksekutif di perusahaan penyedia aplikasi pendidikan. Saya membantu pemilik perusahaan untuk mengatur pertemuan, membuat jadwal, sekaligus melakukan koordinasi dengan tim lainnya.

Saya terbiasa membuat perencanaan sebelum memulai pekerjaan. Pengalaman saya sebagai asisten eksekutif selama dua tahun, pengalaman saya untuk membuat perencanaan dan mengatasi hambatan bisnis dapat diterapkan di perusahaan ini.

Demikian informasi contoh jawaban pertanyaan interview kerja “ceritakan tentang diri Anda” sebagai referensi. Pastinya kamu bisa menambahkan atau mengurangi jawaban terkait diri tersebut sesuai posisi yang dilamar dan kondisi masing-masing pelamar. Jika diperlukan, cari tahu kondisi perusahaan atau tempat kerja tujuanmu agar jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dikaitkan dengan fakta di lapangan. Hal ini tentu akan menjadi nilai lebih, bahkan membuat HRD terkesan. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah