Jenis Jenis Patung Dan Fungsinya, Lengkap Beserta Gambarnya

Posted in: Edukasi
Tagged: Patung

Jenis Jenis Patung Dan Fungsinya – Patung merupakan karya seni yang mempunyai ukuran lebar, tinggi dan panjang, karya seni ini berbeda dengan karya seni lainnya karena orang bisa menikmati karya ini dari semua arah. Jadi bisa disimpulkan kalau karya seni ini bentuknya tiga dimensi.

Untuk bentuk patung ini dulunya hanya berbentuk manusia dan juga binatang tetapi sekarang sudah banyak sekali patung dengan berbagai bentuk dan jenis. Untuk masyarakat yang belum tahu dengan jelas apa saja jenis patung dan fungsinya ada baiknya baca ulasan di bawah ini saja.

6 Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

unsplash.com

Tujuan utama pembuatan patung itu berbeda-beda, perbedaan pembuatan inilah yang membuat jenis patung berbeda-beda. Untuk salah satu jenisnya adalah patung yang dibuat berdasarkan fungsi dari patung itu sendiri. 

Untuk jenisnya patung ini yang terbanyak dibandingkan jenis lainnya. Total jenis patung ini ada 6 patung dan masing-masing patung ini sudah mudah ditemukan di Indonesia dan berikut adalah penjelasannya.

1. Patung Religi 

Patung ini dipakai untuk keperluan peribadatan dan juga pemujaan di acara agama tertentu. Patung religi mempunyai makna religius untuk para penganut agama tertentu, jadi setiap ada pemujaan pasti dilakukan di sekitar patung religi ini.

penakatolik.com

Patung religi ini sudah banyak jumlahnya di Indonesia dan mudah juga menemukan patung ini. Untuk contoh patung religi yang sudah bisa dilihat keindahannya adalah Patung Bunda Maria Assumpta yang ada di Ambarawa dan juga Patung Buddha Tidur di daerah Mojokerto.

2. Patung Hiasan

Patung berikutnya adalah patung hiasan, jenis patung dan fungsinya adalah untuk memperindah ruangan atau mempercantik halaman rumah. Jadi letak patung ini bisa di luar ruangan dan di dalam ruangan, tergantung pemilik patung mau meletakkan dimana.

unsplash.com

Patung hiasan bentuknya beragam bisa berupa binatang atau manusia semau itu sesuai keinginan pembuat patung atau konsumen yang meminta dibuatkan patung ini. Patung hiasan tidak menjadi satu dengan konstruksi bangunan jadi kalau membuat bisa memesan sendiri ke pengrajin.

3. Patung Arsitektur

Patung arsitektur ini terkenal sekali dengan estetikanya dan keindahannya makanya para pecinta karya seni pasti mencari patung arsitektur ini. Biasanya patung arsitektur berfungsi menjadi penunjang konstruksi sebuah bangunan dan di Indonesia sudah banyak patung ini.

unsplash.com

Seringnya patung ini ditemukan di tempat-tempat bersejarah yang punya konstruksi bangunan unik, contohnya adalah bangunan Candi Prambanan dan juga Candi Borobudur. Jadi kalau mau melihat keindahan patung arsitektur ini datang saja ke dua Candi tersebut.

4. Patung Kerajinan 

unsplash.com

Patung kerajinan ini disukai masyarakat karena jenis patung dan fungsinya banyak, untuk fungsi utama patung ini adalah menjadi produk dagangan. Jadi kalau sudah membuat patung kerajinan pasti patung ini akan dijual kepada konsumen. Semakin unik patung kerajinan maka semakin mahal harganya.

5. Patung Monumental

kompas.com

Dari namanya saja sudah jelas fungsi patung ini adalah untuk mengenang peristiwa bersejarah atau untuk mengenang toko yang sudah berjasa kepada negara. Patung Monumental ini sudah tersebar di seluruh negara Indonesia jadi tidak sulit menemukannya, contoh patung ini adalah patung Jenderal Sudirman di ibu kota Jakarta.

6. Patung Seni

unsplash.com

Jenis yang terakhir adalah patung seni, patung seni ini merupakan patung yang dibuat dari imajinasi seniman patung. Maka dari itu untuk bentuk patungnya tidak selalu sama karena imajinasi pengrajin patung berubah-ubah. Patung ini lebih sering ditemukan di pameran seni atau bisa di tempat-tempat tertentu.

2 Jenis Patung Berdasarkan Bentuknya

Selain dibedakan berdasarkan fungsinya, patung juga dibedakkan lagi berdasarkan bentuknya. Untuk jenisnya sendiri ada dua dan berikut penjelasan lengkap mengenai jenis patung dan fungsinya.

1. Figuratif

Patung Figuratif adalah patung yang dibuat mencontoh benda yang ada di kehidupan nyata, jadi pengrajin patung akan meniru sebuah bentuk dan dijadikan menjadi patung. Biasanya pengrajin akan mencontoh bentuk tumbuhan, hewan dan juga manusia.

2. Non Figuratif

Jenis non Figuratif ini merupakan patung yang bentuknya sama sekali tidak mirip dengan benda yang ada di dunia nyata. Biasanya bentuknya hanya berupa bagian tertentu sebuah benda, bentuk garis atau hanya lekukan saja. Untuk yang tidak terlalu memahami seni pasti bingung melihat patung ini.

2 Jenis Patung Menurut Jenisnya

Jenis patung selain dibedakan menurut fungsi dan juga bentuknya, ternyata dibedakan lagi berdasarkan jenisnya. Untuk jenis patung dan fungsinya ini ada dua sama seperti patung menurut bentuk, kalau penasaran ingin tahu jenis patung ini bacalah sedikit penjelasannya berikut ini.

1. Relief 

Patung relief ini adalah patung yang tidak bisa berdiri sendiri karena patung ini selalu menempel di dinding, jadi bisa dikatakan mirip dengan gambar tetapi gambarnya timbul. Biasanya patung relief ini menceritakan sebuah kejadian penting yang terjadi di zaman dulu.

2. Zonde Bosse

Untuk yang jenis ini tidak menempel di permukaan dinding tetapi bisa berdiri sendiri, jadi patung ini sisinya sama sekali tidak menempel dengan permukaan apa pun. Untuk bentuknya sendiri itu beragam sekali tergantung pengrajin dan permintaan orang yang mau beli patung ini.

5 Teknik-Teknik Pembuatan Patung

Membuat patung tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang karena membuat patung ini harus menggunakan teknik khusus dan yang bisa mempraktikkan teknik tersebut hanya orang yang berpengalaman saja. Untuk tekniknya sendiri banyak sekali dan berikut daftarnya.

1. Teknik Pahat

Salah satu teknik membuat patung yang paling sering digunakan adalah teknik pahat, teknik ini seringnya digunakan di bahan yang memiliki tekstur keras. Contohnya adalah batu, kayu, tulang dan juga tanah lihat. Bahan-bahan tersebut nantinya akan dipahat membentuk patung yang diinginkan.

2. Teknik Membentuk

Teknik membentuk ini juga sering dipakai pengrajin, melakukan teknik ini secara bertahap sampai patungnya selesai. Seniman patung yang biasanya menggunakan teknik ini adalah seniman yang sudah berpengalaman. Memakai teknik ini meskipun sulit tetapi hasilnya sangatlah bagus dan punya nilai jual yang tinggi.

3. Teknik Merakit

Teknik ini berbeda sekali dengan kedua teknik yang sebelumnya, proses pembuatan patung dengan teknik merakit sama persis dengan menyusun puzzle. Jadi pengrajin nantinya akan merakit bahan dan kemudian akan menyusun bahan tersebut menjadi bagian yang utuh. Karena teknik ini agak sulit dan rumit jarang ada yang memakainya.

4. Teknik Modeling

Teknik modeling ini lebih lama prosesnya, karena pengrajin harus membuat model patung terlebih dahulu. Setelah modelnya selesai dibuat, barulah pengrajin akan membentuk patungnya yang sesuai dengan model yang sudah dibuat pengrajin. Kunci sukses membuat patung pakai teknik ini adalah pembuatan modelnya harus benar-benar dilakukan dengan baik.

5. Teknik Butsir

Teknik yang terakhir adalah teknik Butsir, teknik ini lebih sering diaplikasikan ke bahan yang lunak seperti gips malam, tanah liat dan juga bahan lainnya. membuat patung memakai teknik Butsir ini tidaklah sulit dan tidak memakan waktu lama juga karena bahan yang digunakan tidak keras jadi mudah membentuk patung yang sesuai dengan jenis patung dan fungsinya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah