Cara Membuat Origami Kupu Kupu dari Kertas yang Mudah

 Mamikos | Sel, 03 Apr 2018

Cara Membuat Origami – Mungkin kata “origami” sudah cukup familiar didengar oleh telinga kalian. Origami sendiri merupakan kertas warna-warni yang biasanya dibikin menjadi berbagai bentuk seperti kapal-kapalan, pesawat-pesawatan, atau ada pula yang membuat kertas origami menjadi burung, bintang, dan lainnya. Jadi sudah ada gambaran kan mengenai origami? Di artikel kali ini kita nantinya akan membaha berbagai cara membuat origami. Meskipun bentuk dari kertas origami ini hanya seperti persegi empat, tapi siapa bilang kertas ini tidak bisa dibentuk apa saja.

Tanpa kita sadari, kertas origami ini secara tidak langsung telah mengasah kreatifitas anak. Maka untuk Anda yang sudah membina rumah tangga dan memiliki anak balita, alangkah baiknya anak-anak Anda sudah dikenalkan dan dilatih dalam membuat kerajinan tangan yang berbahan dasar dari kertas origami. Untuk memudahkan Anda mengajarkan kepada anak Anda berikut ada tutorial cara membuat kertas origami menjadi mainan yang unik dan lucu seperti sebuah kupu-kupu, berikut cara-caranya.

Cara Membuat Origami

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah kupu-kupu dari origami ini adalah menyiapkan terlebih dahulu kertas origami dan lem. Anda diberikan kebebasan untuk memilih warna, disarankan memilih warna cera agar dapat menghasilkan origami kupu-kupu yang lebih bagus dan hidup.
  2. Setelah Anda memilih kertas origami dengan warna yang Anda sukai selanjutnya rapihkan kertas bagian atas dan bawah dengan menggunakan tangan agar sama rata. Lipatlah pada sisi diagonalnya hingga berbentuk segitiga. Kemudian buka lipatan tersebut, sehingga ada bekas lipatan pada kerta origami.

  1. Selanjutnya, lipatlah kertas origami pada bagian atas, lalu dorong kertas secara berlawanan (lebih tepatnya di sisi kanan dan sisi kiri)

  1. Sesuaikan letak tekukan pada arah sudut kertas sehingga menyerupai segitiga. Lipat kembali kertas origami Anda yang dimulai dari bawah ke atas dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Langkah selanjutnya, baliklah kertas tersebut kemudian lipat bagian ujung pada atas kertas. Agar lipatannya tidak mudah terlepas, Anda harus menekan bagian belakang pada kertas origami.
  3. Arahkan kertas agar dapat tetap sejajar dengan sisi pada kertas. Lakukan dengan cara sedikit dipaksa agar lipatan kertas tidak mudah terlepas.

  1. Kemudian, lipatlah bagian atas origami. Langkah ini dimaksudkan agar dapat membentuk bagian kepala dan badan kupu-kupu supaya lebih terbentuk.
  2. Lipat kembali dan membentuk pada bagian lain pada origami kupu-kupu tersebut.
  3. Cara membuat origami kupu-kupu yang selajutnya adalah, di garis yang ada di sisi kanan dan sisi kiri Anda perlu melipat pada bagian kepala menuju bagian yang sudah ditandai dengan garis.

  1. Selanjutnya, lipat atau patahkan pada bagian kanan dana kiri pada kertas dan bentuklah menjadi sayap. Lakukan dari bagian kiri dan kanan secara bersamaan dan perlahan.
  2. Setelah anda membuat sayap, maka sebaiknya anda merapihkan bentuk-bentuk yang sudah dilipat sebelumnya agar tidak mudah lepas. Seperti gambar yang ada di atas.

  1. Dan yang terakhir, lipat kertas yang sudah hampir menjadi kupu-kupu sama rata dengan bagian badannya. Hal ini dilakukan agar dapat menyempurnakan bagian sayapnya, untuk anda harus melipatnya dengan rapih dan sejajar.

Demikian artikel mengenai cara membuat origami kupu-kupu. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos agar mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya, dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.