27 Jenis Kertas dan Kegunaanya Lengkap dengan Gambarnya

27 jenis kertas dan kegunaanya lengkap dengan gambarnya – Kertas merupakan barang yang mudah ditemui. Dalam kehidupan sehari-harinya, manusia masih kerap menggunakan dan membutuhkan kertas. Meskipun saat ini perkembangan teknologi begitu maju, tapi tidak begitu saja menggeser penggunaan kertas dengan ukuran kertas yang beraneka ragam.

Kertas sendiri terdiri dari berbagai jenis dan masing-masingnya memiliki kegunaan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Umumnya, perbedaan jenis kertas terletak pada bahan baku yang digunakan. Nantinya kertas-kertas tersebut memiliki tekstur dan ketebalan yang berbeda-beda pula. Demikian pemanfaatan jenis-jenis kertas menyesuaikan dengan karakter dan sifat yang ada.

Daftar Jenis Kertas serta Kegunaannya

unsplash.com

Beberapa contoh jenis kertas yang akrab di kehidupan manusia adalah kertas buffalo, HVS, folio. Kertas buffalo yang tebal dan memiliki tekstur kasar sangat cocok untuk dijadikan cover atau sampul pada saat jilid makalah, skripsi, dan sebagainya, sedangkan jenis kertas HVS memiliki warna putih itu dijadikan sebagai tempat untuk menulis. Lalu, ada jenis kertas folio yang memiliki kegunaan tidak jauh beda dari HVS, perbedaannya hanyalah kertas folio memiliki garis-garis teratur yang akan membuat kamu terhindarkan dari tulisan tidak beraturan.

Berikut adalah berbagai jenis kertas dan kegunaanya yang perlu kamu ketahui: 

 1. Buffalo

siplah.eurekabookhouse.co.id

Jenis kertas pertama akrab dengan sebutan kertas buffalo. Tekstur yang dimiliki oleh buffalo ini menyerupai guratan kayu. Sebab, dia sedikit kasar dan juga tebal. Umumnya, kertas ini difungsikan sebagai sampul pada bagian depan dan belakang saat menjilid untuk berbagai dokumen.

2. HVS

mbizmarket.co.id

HVS termasuk dalam jajaran kertas yang paling umum digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia. Sebab, harganya masih terjangkau, tetapi memiliki kualitas yang cukup tinggi dan memadai. Selain itu, warnanya yang putih membuat kertas HVS ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan atau kepentingan, seperti untuk menulis dan mencetak dokumen.

3. Folio

selera.id

Kertas folio kerap disebut sebagai kertas F4. Bentuknya yang panjang membuat kertas itu menjadi primadona ketika orang-orang butuh untuk menuliskan suatu dokumen panjang. Lalu, jika dulunya folio lebih umum ditemui yang berbentuk garis, maka kini kertas folio atau F4 juga sudah umum beredar di pasaran.

4. Art Carton

blog.porinto.com

Berikutnya, adalah art carton. Kertas ini terbuat dari bahan utama berupa karton. Oleh karena itu, tidak heran jika kertas karton menjadi tebal dan juga berat. Fungsi yang paling populer dari kertas art carton adalah digunakan sebagai kartu nama. Namun, perlu diketahui juga kalau jenis kertas ini memiliki permukaan licin sehingga tidak bisa dijadikan sebagai tempat untuk menulis.

5. Art Paper

blog.printerous.com

Setelah membahas art carton, mari kita memahami tentang jenis kertas berikutnya, yaitu art paper. Sebab, art paper sendiri memiliki ciri yang tidak berbeda jauh ataupun terbalik dengan art carton. Namun, art paper sendiri lebih umum digunakan untuk membuat media promosi, halaman dari suatu majalah, mencetak kartu undangan, dan sebagainya.

6. Asturo

siplah.pesonaedu.id

Hampir serupa dengan kertas buffalo, kertas asturo kerap digunakan untuk kebutuhan berbagai dokumen. Kertas asturo umum digunakan untuk kebutuhan menyampul buku, sebagai kertas jilid, poster, kerajinan tangan, dan sebagainya. Ciri khas dari kertas itu adalah terdapat dua warna yang berbeda pada bagian atau sisi depan dan belakangnya. Namun, ada pula yang memiliki satu warna utuh saja.

7. Buram

my-best.id

Kertas buram termasuk dalam jenis kertas yang harganya murah dan terjangkau. Sebab, kertas buram sendiri adalah kertas daur ulang yang warna pada permukaannya redup dan tampak seperti abu-abu. Itu pula alasan kertas ini berkualitas rendah nan tipis dan sangat mudah untuk meresap air.

Jenis kertas buram sangat bisa diandalkan untuk menjadi tempat tulis menulis maupun coret-coretan saat menghitung. Selain itu, percetakan buku, surat kabar, majalah, novel, dan Koran menggunakan kertas buram bila ingin menekan harga produksi.

8. Concorde

toembardesign.wordpress.com

Concorde adalah jenis kertas yang penggunaannya cukup dikhususkan untuk suatu kepentingan. Maksudnya, kertas ini tidak digunakan untuk kebutuhan sehari dan menjadi barang yang umum. Beberapa dokumen yang menggunakan kertas concorde adalah kartu nama, sertifikat, dan undangan. Sebab, tekstur yang dimiliki adalah gelombang dengan pola horizontal.

9. BW Carton

digitalprintingindonesia.com

BW Carton memiliki ciri khas yang hampir serupa dengan kertas buram. Perbedaannya terletak pada ketebalannya yang memang lebih unggul. Umumnya, jenis kertas ini digunakan untuk kalender, poster, kartu nama, sertifikat, sampul buku, dan sebagainya.

10. Corrugated

blog.printerous.com

Kertas corrugated memiliki kemiripan dengan kardus. Namun, ukurannya memang tidak setebal kardus dan cenderung lebih tipis. Ketebalan yang demikian itu cukup menjadi kertas corrugated sebagai bahan kemasan ataupun dus suatu produk, undangan dengan kesan eksklusif, dan sebagainya.

11. Doff

qomaruna.com

Kertas doff memiliki keistimewaan untuk memantulkan sedikit cahaya. Selain itu, kertas yang biasa digunakan untuk mencetak foto itu penggunaanya lebih awet. Sebab, dengan tekstur yang demikian itu membuat sidik jari tidak membekas pada permukaan kertas tersebut.

12. Doorslag

masnid.com

Kertas doorslag memiliki ciri teksturnya tipis dan transparan. Umumnya, digunakan sebagai nota dan dapat dituliskan dengan tangan atau menggunakan pena. Warna yang beragam membuat jenis kertas doorslag terlihat bervariasi dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun, dari hari ke hari penggunaannya kian jarang saja.

13. Drawing Paper

pixabay.com

Menilik dari namanya saja seharusnya sudah dapat dikira-kira kegunaan dari drawing paper. Drawing paper secara khusus memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan menggambar. Sebagai media untuk menggambar, kertas ini memiliki ukuran yang tebal dengan warna putih polos. Salah satu gambar yang paling umum menggunakan drawing paper adalah ketika membuat sketsa.

14. Duplex

importer.co.id

Jenis kertas duplex hamper sama dengan kertas asturo. Di mana dia memiliki dua warna. Satu sisi atau permukaan memiliki warna putih, sedangkan sisi yang lainnya berwarna abu-abu atau cokelat. Umumnya, duplex digunakan sebagai bahan kemasan maupun produk dari suatu bungkus makanan.

15. Glossy

bungkul.com

Glossy adalah jenis kertas yang sangat umum digunakan untuk cetak foto. Sebab teksturnya yang licin, mengkilap, tebal, dan memantulkan cahaya, ia menjadi favorit. Namun, kertas glossy tidak hanya bisa difungsikan sebagai kertas cetak foto. Beberapa di antaranya yang menggunakan kertas glossy adalah undangan, brosur, leaflet, poster, kartu nama, dan sebagainya.

16. Fancy Paper

uprint.id

Fancy paper adalah jenis kertas yang dapat ditebak meski hanya dilihat dari namanya saja. Di mana ia memiliki keunikan dengan anek motif dan warna yang dimilikinya. Selain itu, ketebalannya yang beragam membuatnya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera. Beberapa nama fancy paper di antaranya adalah Hawaii, java emboss, millennium, dan sebagainya.

17. Ivory

importer.co.id

Seringkali, kertas Ivory dianggap sebagai perpaduan dari art carton dan BW Carton. Sebab, jenis kertas ini memiliki sisi yang mengkilap, sedangkan satu sisi yang lainnya justru berwarna sedikit redup. Ukurannya yang tebal dan warna yang tajam membuat jenis kertas Ivory menjadi pilihan untuk mencetak proposal kerjasama. Selain itu dapat pula digunakan sebagai bahan kemasan.

18. Jasmine

importer.co.id

Jenis kertas Jasmine hampir serupa dengan fancy paper. Di mana Jasmine memiliki tampilan warna-warni yang menarik dan permukaannya mengkilap.

19. Kraft

rambu.co

Kraft adalah jenis kertas yang sangat umum digunakan oleh manusia, terlebih di Indonesia sendiri. Dia memiliki ketebalan yang pas, yaitu tidak terlalu keras ataupun terlalu tipis.Oleh karena itu, tidak heran bulan Kraft menjadi favorit sebagai tas kertas (paper bag),

20. Yellow Board

harga.web.id

Yellow board hampir serupa dengan kertas fancy paper.. Hanya saja yellow board bertekstur lebih tebal dan rumit saat hendak mencetaknya. Ia perlu dilapis terlebih dahulu dengan beberapa jenis kertas, seperti matt paper, duplex fan art paper bila hendak difungsikan. Oleh karena itu, yellow board difungsikan sebagai sampul buku maupun undangan yang bentuknya formal.

21. Vinyl

blog.porinto.com

Umumnya, kertas vinyl digunakan untuk stiker. Sebab jenis kertas vinyl sendiri bersifat tahan air dan panas. Selain itu, dia memiliki ciri permukaannya glossy  dan mengkilap, tekstur menyerupai plastik, halus, dan fleksibel. Karena umum digunakan untuk stiker, logo, dan label kemasan, bagian belakangnya diberi perekat.l

22. Strimin

siplah.eurekabookhouse.co.id

Berikutnya adalah strimin. Jenis kertas Strimin sangat mudah dikenali karena berpola garis-garis dan membentuk kotak kecil dan memiliki jarak serta ukuran yang sama. Fungsi dari kertas ini adalah mempermudah untuk hal yang berhubungan dengan matematika. 

23. Linen Jepang

siplah.tokoladang.co.id

Jenis kertas linen Jepang memiliki tekstur yang tebal dan kuat. Umumnya, digunakan untuk pembuatan sertifikat, kartu nama serta undangan. 

24. Manila

siplah.tokoladang.co.id

Jenis kertas Manila sangat mudah ditemukan di tempat-tempat percetakan. Pengunannya memang jarang untuk mencetak dokumen, tetapi jenis kertas ini umum difungsikan sebagai cover depan sebuah dokumen serta kartu nama. Kertas Manila terdiri atas berbagai warna dan memiliki tekstur yang halus. 

25. Matt Paper

tipspercetakan.com

Kertas jenis matt paper memiliki kemiripan dengan art paper. Namun, tekstur atau perbedaannya terdapat perbedaan, yakni tidak mengkilap dan sedikit redup. Redupnya matt paper sangat cocok dijadikan halaman majalah karena lebih cepat menyerap warna tinta. 

26. NCR

blog.printerous.com

NCR merupakan jenis kertas degan singkatan no carbon required. Artinya adalah kertas yang tidak perlu ditulis berkali-kali karena dengan sekali menulis maka akan tembus ke kertas-kertas belakangnya. Kertas ini terdiri dari dua atau lebih warna yang dibedakan sesuai dengan tujuan penggunaanya. Umumnya, kertas NCR digunakan untuk kwitansi, nota pembelian, dan bukti transaksi lainnya. 

27. Samson

harga.web.id

Terakhir, ada jenis kertas Samson. Kertas Samson merupakan jenis kertas hasil daur ulang yang berwarna coklat. Umumnya, kertas itu digunakan sebagai pembungkus hadiah. Selain itu, dia memiliki tekstur lebih tipis dari kertas kraft. 

Itu tadi 27 jenis kertas lengap dengan penjelasan dan gambarnya. Kertas-kertas tersebut memang di antaranya ada yang memiliki kemiripan. Semoga dengan adanya artikel dari Mamikos ini kamu sudah dapat memahami jenis kertas dengan lebih baik.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah