Mengenal Berbagai Ukuran Foto Standar Cetak Dan Pas Foto

Posted in: Informasi

Ukuran Foto Standar Cetak Dan Pas Foto – Foto adalah salah satu cara untuk mengabadikan momen agar dapat disimpan atau dipajang dalam bentuk fisik. Alat untuk mengambil foto saat ini sudah beragam berkat kemajuan teknologi, mulai dari kamera polaroid, kamera handphone, hingga kamera profesional dengan berbagai pixel. Ukuran foto yang dicetak pun menyesuaikan kebutuhan dan fungsinya masing-masing.

Ragam ukuran foto dan fungsinya

pinterest.com

Ukuran pada foto mirip dengan ukuran kertas, meski perbedaan terletak pada medianya yaitu foto dan kertas. Selain untuk mengabadikan momen spesial, ukuran dari foto yang dicetak memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Ukuran standar foto secara umum menggunakan satuan R seperti 2R, 3R, 5R dan seterusnya. Beberapa ukuran digunakan untuk keperluan pembuatan berkas dan surat penting sehingga dicetak dengan lebih kecil seperti ukuran foto 2×3. Berikut ini beberapa ukuran yang perlu diketahui fungsinya sebelum mencetak foto:

Ukuran Pas Foto Yang Umum Digunakan

Selain ukuran 2×3 untuk keperluan pas foto, ada pula ukuran 3×4 yang kegunaannya untuk keperluan dokumen penting. Ukuran tersebut adalah ukuran standar yang berlaku di Indonesia untuk pembuatan dokumen seperti KTP, Ijazah, SIM, Surat Lamaran Kerja, SKCK, buku nikah, dan pendaftaran CPNS.

Ukuran untuk pas foto meliputi 2×3, 3×4, 4×6 yang dapat dicetak baik menggunakan warna maupun hitam putih. Jumlah pas foto yang perlu dicetak pun disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan masing-masing. Berikut ini satuan pas foto dalam ukuran satuan jarak yang sebenarnya:

  1. Ukuran pas foto 2×3 jika dihitung dalam satuan milimeter yaitu 20×30 mm, sedangkan dalam satuan inchi yaitu 0,78×1,18 inchi
  2. Ukuran pas foto 3×4 jika dihitung dalam satuan milimeter yaitu 30×40 mm, sedangkan dalam satuan inchi yaitu 1,18×1,57 inchi
  3. Ukuran pas foto 4×6 jika dihitung dalam satuan milimeter yaitu 40×60 mm, sedangkan dalam satuan inchi yaitu 1,57×2,36 inchi.

Ukuran Cetak Foto Yang Umum Digunakan

Selain pas foto, ukuran yang paling umum digunakan adalah ukuran untuk cetak foto. Satuan yang digunakan seperti yang tela dijelaskan adalah satuan R. Berikut ini beberapa ukuran cetak foto yang perlu Anda ketahui:

1. Ukuran 2R

Ukuran foto 2R jika dihitung dalam mm adalah 63,5×88,9 mm, sedangkan dalam centimeter adalah 6,35×8,89 cm. Ukuran 2R biasanya digunakan untuk mencetak foto pada album kecil, dan foto potret setengah badan.

2. Ukuran cetak foto 3R

Ukuran 3R jika dihitung dalam milimeter adalah 88.9×127 mm, sedangkan bila diukur dalam centimeter yaitu 8,89×12,7 cm. Namun apabila diukur dalam hitungan inchi sebesar 3,5×5 inchi.

3. Ukuran 4R

Ukuran foto 4R jika dihitung dalam milimeter adalah 102×152 mm, sedangkan bila dalam hitungan centimeter yaitu 10,2×15,2 cm. Namun Anda juga dapat mengukur menggunakan satuan inchi yaitu 4×6 inchi.

4. Ukuran cetak foto 5R

Ukuran 5R jika dihitung dalam satuan milimeter adalah 127×178 mm, sedangkan dalam satuan centimeter yaitu 12,7×17,8 cm. Namun dalam hitungan satuan inchi, ukuran cetak foto 5R setara dengan 5×7 inchi.

5. Ukuran cetak foto 10R

Ukuran 10R cukup besar untuk keperluan mencetak foto keluarga. Dalam hitungan milimeter, ukuran foto 10R yaitu 254×305 mm, sedangkan dalam hitungan centimeter yaitu 25,4×30,5 cm. Anda juga dapat menggunakan satuan inchi untuk mengukur foto 10R yaitu 10×12 inchi.

6. Ukuran cetak foto 16R

Ukuran 16R adalah ukuran yang besar untuk digunakan sebagai satuan mencetak foto. Terdapat dua jenis ukuran untuk 16R yaitu 16R biasa dan 16R plus. Untuk 16R dapat dihitung dengan satuan milimeter yaitu 406×508 mm, atau dengan satuan centimeter menjadi 40,6×50,8 cm. Dalam satuan inchi 16R setara dengan 16×20 inchi.

Sedangkan untuk 16R plus jika diukur dengan satuan milimeter yaitu 406×609 mm, dan bisa juga dihitung menggunakan satuan centimeter yaitu 40,6×60,9 cm. Dalam satuan inchi 16R menjadi 16×24 inchi. Agar gambar yang dihasilkan dari cetak foto memiliki kualitas yang baik, perhatikan juga pixel pada foto sesuai dengan ukuran cetak yang digunakan.

Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Cetak Foto

Selain mengetahui ukuran foto, penting juga untuk mengetahui jenis-jenis kertas yang biasa digunakan ketika mencetak foto. Beberapa jenis kertas digunakan untuk ukuran tertentu pada foto sehingga memiliki kegunaan yang berbeda pula. Berikut ini beberapa jenis kertas yang perlu diketahui

1. Matte

Jenis kertas pertama yang digunakan untuk mencetak adalah kertas matte. Jenis kertas ini memiliki permukaan yang tidak mengkilat namun terasa halus jika disentuh. Kelebihan utama dari kertas matte adalah tekstur pada kertas untuk memberikan hasil cetak yang lebih baik. 

Selain itu, jika Anda menyentuh kertas matte maka sidik jari Anda tidak akan tertinggal dan tercetak pada permukaan kertas. Namun biasanya biaya untuk mencetak foto dengan kertas matte cenderung lebih mahal dan digunakan untuk mencetak foto hitam putih yang awet untuk dokumen penting.

2. Glossy

Jenis kertas kedua yaitu glossy, seperti namanya kertas ini memiliki permukaan yang mengkilat dengan sifat yang lebih reflektif. Kelebihan dari kertas glossy untuk mencetak foto adalah hasil foto yang terlihat lebih hidup dengan warna yang dicetak cenderung lebih menonjol atau tajam. Selain itu, kertas glossy menampilkan warna yang lebih cerah dibandingkan kertas matte.

Namun kekurangan dari kertas glossy adalah sangat rentan terhadap goresan sehingga dapat mudah rusak. Sidik jari Anda juga akan tercetak dan tertinggal di permukaan kertas glossy apabila Anda menyentuhnya. Meski demikian, harga cetak menggunakan kertas glossy cenderung lebih terjangkau.

3. Luster

Jenis kertas untuk mencetak foto selanjutnya adalah luster. Kertas luster biasa digunakan untuk mencetak foto dengan ukuran yang lebih besar dan biasanya untuk digunakan sebagai pajangan atau hiasan pada dinding. Kertas luster menawarkan hasil cetak dengan warna yang lebih dalam jika dibanding dengan kertas jenis matte. 

Tekstur dari kertas luster sangat unik seperti mutiara dengan sedikit berkilau namun tidak meningkatkan sidik jari apabila disentuh. Kertas luster termasuk jenis kertas dengan kualitas terbaik untuk mencetak foto.

4. Metallic

Jenis kertas metallic adalah pilihan kertas untuk mencetak dengan kualitas terbaik lainnya. Sebab jenis kertas ini tidak mudah tergores dan hasil cetak foto dapat bertahan lebih lama. Kelebihan lainnya dari jenis kertas metallic adalah sifat kertas yang lebih mengkilap dengan terkesan seperti logam metalik. Jenis kertas metallic cocok untuk mencetak foto keluarga dalam ukuran yang besar.

Setelah mengenal ukuran foto beserta fungsi dan juga jenis kertas yang digunakan, maka Anda tidak perlu bingung lagi ketika hendak mencetak foto. Anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan maupun tujuan mencetak foto. Momen spesial bisa Anda abadikan sebagai hiasan maupun pengingat akan kenangan indah.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah