Jenuh dan Bosan di Tempat Kerja, Rasanya Ingin Resign Saja!

Jenuh dan bosan di tempat kerja, rasanya ingin resign saja! – Rasa bosan pasti pernah dialami oleh semua orang dalam hal apa pun, termasuk dalam bekerja. Resign bisa saja menjadi solusinya tapi apakah itu pilihan yang tepat? Tidak adakah solusi untuk menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja? Baca terus artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Jenuh dan Bosan di Tempat Kerja

Canva

Resign tidak semudah membuka halaman baru dari sebuah buku. Mengatasi kebosanan kerja sebaiknya dilakukan dengan melakukan tiga langkah sederhana. Pertama, dengan mengenali ciri-ciri jenuh dengan pekerjaan, lalu mencari penyebab rasa kebosanan tersebut, dan terakhir lakukan hal-hal untuk menghilangkan rasa bosan dalam bekerja.

Kenali Ciri-ciri Jenuh dengan Pekerjaan

Berikut ini ciri-ciri bila seseorang mulai merasa jenuh dengan pekerjaan yang menjadi profesinya:

1. Menurunnya kinerja

Cara pertama untuk melihat seseorang mengalami kebosanan dalam bekerja adalah dengan melihat kinerjanya. Kinerja yang menurun bisa menjadi salah satu cirinya. Tidak perlu atasan atau manajermu duluan yang mengatakannya. Bila sudah melihat target yang tidak tercapai secara berturut-turut, ya kamu sudah bosan.

2. Lelah fisik dan mental

Pekerjaan yang menyenangkan tidak membuat rasa lelah baik fisik maupun mental. Hal ini karena kamu begitu menikmati setiap prosesnya. Namun, lain ceritanya bila kamu sudah enggan berhadapan dengan rutinitasmu. Tak hanya badan yang lelah, mental pun kena.

3. Sering telat masuk

Kamu yang biasanya on-time, kini jadi sering telat. Telat sehari dalam satu pekan masih bisa dibilang wajar. Namun, bila kamu sudah sering telat masuk, kamu perlu bertanya pada diri sendiri apa penyebabnya. Tentu, bosan adalah salah satu jawabannya.

4. Moody saat bekerja

Di pagi hari kamu semangat dan ceria tapi pas siang kamu mulai daydreaming kemana-mana. Moody saat bekerja bisa jadi salah satu ciri kamu sudah bosan dengan pekerjaanmu.

5. Bangun pagi menjadi sangat berat

Bangun pagi untuk memulai hari saja rasanya sudah sangat berat bagimu. Apalagi harus berkendara menuju kantor dan di sana kamu harus mulai berhadapan dengan pekerjaan dan kolegamu. 

6. Hilang minat pada pekerjaan meski sudah tiba di kantor

Kamu berhasil membawa badanmu tiba di kantor, tapi selepas membuka semua file pekerjaan terakhir yang perlu dilanjutkan kamu malah melamun. Api semangat yang dulu ada, kini hanya bara yang hampir jadi abu.

7. Meski sudah cuti, semangatmu tetap tidak ada

Kamu sudah habiskan semua jatah cuti, berharap setelah kembali kamu akan kembali ke dirimu yang dulu. Namun, nyatanya semua tetap terasa hambar.

8. Tak ada semangat mempertahankan pekerjaan

Ini yang paling bahaya. Rasa bosan bahkan sudah sampai tahap bahwa kamu tak peduli bila kamu kehilangan pekerjaanmu karena setiap harinya adalah penderitaan tanpa ujung.

9. Kamu membaca artikel ini

Tentu, kamu tidak akan ada di sini bila kamu tak merasa bosan. Di sela-sela kebosanan akan pekerjaan kamu googling tips tentang cara mengatasi bosan bekerja.

Itulah ciri-ciri yang ditunjukkan oleh karyawan yang mulai jenuh dengan pekerjaannya. Bila kamu mengalami hal-hal tersebut, jangan mengelaknya. Menerima apa yang kamu rasakan akan lebih baik daripada menolaknya. Menolak fakta tersebut dan bersikap baik-baik saja hanya akan menjebakmu dalam masalah lain yaitu toxic positivity.

Penyebab Rasa Jenuh dan Bosan di Tempat Kerja

Setelah mengenali ciri-ciri yang dialami oleh karyawan yang sudah muak dengan pekerjaannya, langkah selanjutnya adalah mencari root cause atau penyebabnya. Penyebab rasa jenuh dan bosan di tempat kerja bisa berasal dari internal kamu atau pun dari eksternal, dalam hal ini lingkungan kerja. 

Berikut ini penyebab rasa jenuh di tempat kerja yang perlu kamu tahu:

1. Rutinitas yang monoton

Bangun, bersiap, berangkat, lalu pulang. Begitu saja seterusnya. Setiap hari bahkan sepanjang tahun kamu hanya melakukan hal yang sama. Siapa yang tidak bosan? Maka wajar saja bila kamu sudah merasa muak dengan segalanya.

2. Tidak adanya work life balance

Waktu untuk bekerja dan untuk dirimu sendiri baiknya seimbang. Bila terlalu banyak untuk bekerja tentu akan membuatmu jenuh karena terkait dengan poin sebelumnya. Rutinitas monoton membuatmu ogah-ogahan melakukan kewajiban menyelesaikan tugas kantor.

3. Lingkungan yang toxic

Ada quote yang mengatakan hiduplah seperti ikan laut, meski lingkungannya asin tapi dagingnya tidak asin. Pada kenyataannya, memang mudah dikatakan tapi sulit untuk dipraktikkan. Kita tidak bisa menolak bahwa sepertiga waktu kita dihabiskan di tempat kerja. Munafik rasanya bila lingkungan tidak mempengaruhi diri kita termasuk lingkungan yang toxic.

4. Kurangnya apresiasi

Rasanya kamu sudah melakukan semua pekerjaan sesuai target bahkan mungkin melampaui tapi tak ada sedikitpun apresiasi. Sesederhana terima kasih saja tidak ada. Wajar rasanya bila hal tersebut membuatmu bosan karena merasa apa yang kamu kerjakan tidak ada artinya.

5. Tidak ada jenjang karir

Jenjang karir penting sebagai milestone dan bukti bahwa kamu membuat progress dalam hidup. Namun, bila jenjang karir tidak ada maka rasa flat dalam menjalani karir akan menyeruak dan akhirnya menjelma kuat.

Bagaimana? Adakah dari daftar di atas yang mewakili situasimu sekarang? Tenang, bagian berikutnya akan menjabarkan cara mengatasi rasa jenuh dan bosan di tempat kerja apa pun penyebabnya.

Mengatasi Kebosanan Kerja

Cara ampuh dalam mengatasi rasa jenuh di tempat kerja adalah dengan tidak mengabaikannya. Setelah itu kamu bisa memilih apa kiranya yang bisa dilakukan agar kamu lebih semangat setiap hari. Berikut ini beberapa tips cara mengatasi rasa bosan dan jenuh di tempat kerja:

1. Merubah rutinitas

Perubahannya tidak perlu terlalu kentara. Sesederhana menambahkan jadwal jogging sebelum berangkat kerja bisa merubah harimu yang tadinya membosankan menjadi menyenangkan.

2. Menciptakan target baru dalam bekerja

Diskusikan dengan atasan untuk melakukan hal ini. Mintalah padanya untuk memberimu target baru agar tiap kali kamu datang ke kantor sudah ada hal besar yang akan kamu lakukan.

3. Rencanakan liburan

Mungkin kamu butuh rehat sejenak. Bukan hanya merencanakan, pergilah liburan untuk melepas penat yang ada. Liburan yang menyenangkan pasti bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan di tempat kerja yang kamu alami.

4. Belajar skill lain

Liriklah skill lain yang kamu minati. Skill ini bisa berupa soft skill maupun hard skill. Hey, sudah dengar aplikasi grafik design Canva yang sedang populer?

5. Menyelipkan kegiatan menyenangkan di antara kesibukan

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik. Musik sudah seperti backsound atau soundtrack kehidupan. Putarlah playlist lagu-lagu menyenangkan sebagai backsound ruangan. Ini memang hal kecil namun pengaruhnya akan sangat terasa. Beberapa penelitian memperlihatkan adanya perbedaan pertumbuhan pada tanaman yang diperdengarkan musik indah setiap hari dibandingkan yang tidak. Hal tersebut tentu valid juga untuk manusia.

6. Ubah dekorasi kerja, minimal dari mejamu

Yuk, kreatif dikit dengan mendekorasi tempatmu bekerja. Tidak usah total sampai satu ruangan berubah. Mulai saja dari ranah bekerjamu yaitu meja. Buang barang-barang yang tidak perlu, rapihkan, dan tambahlah satu hiasan baru seperti foto sahabat terdekat misalnya.

7. Fokus pada tujuan jangka panjang

Ingat selalu mimpi-mimpi besarmu yang membuatmu ada di tempat sekarang ini. Niscaya, rasa bosan akan enyah dengan otomatis. Mimpi-mimpi tersebut bisa juga kamu tuliskan di post-it. Jangan takut ada yang mencibir. Percayalah kekuatan manifestasi!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan yang sudah tak tertahankan di tempat kerja. Lakukan dari yang termudah dan termurah dulu, jangan langsung ke yang ekstrem. Sedikit perubahan kecil sudah cukup untuk memupuk kembali semangat menjalani hari di kantor.

Demikianlah artikel jenuh dan bosan di tempat kerja yang rasanya ingin langsung resign saja. Namun, jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk resign. Kenali dulu ciri-cirinya, cari penyebabnya, dan terakhir atasilah dengan cara yang termudah untuk menyelamatkan karirmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah