Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Posted on Posted in Jurusan Universitas, Seputar Mahasiswa

Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan – Siapa yang tidak ingin sukses di masa depan? Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mencapai apa yang ia ingingkan. Pendidikan merupakan salah satu faktor pendukung untuk mereka yang menginginkan masa depan sukses dari gelar dan ilmu yang didapatkan. Jika kamu berasal dari sekolah dengan jurusan IPA, maka untuk melanjutkan kuliah lebih baik ambil jurusan kuliah IPA lagi agar sesuai dengan basic yang sudah ada dalam dirimu.

Namun sebenarnya jurusan kuliah IPA itu ada banyak. Hal ini terkadang membuatmu dilema karena seringkali ada bandingan lain yang ahirnya kamu tidak percaya diri dengan pilihan sendiri. Memilih program studi memang menjadi problematika bagi calon mahasiswa baru. Belum karena alasan dorongan orang tua, teman, saudara dan lain-lain sehingga akan menghambat proses perkuliahanmu.

Jurusan Kuliah IPA Yang Menjamin Masa Depan

Lowongan Kerja Bank Medan Terbaru

Tak hanya menjadi jurusan kuliah IPA yang menjamin mada depan, jurusan-jurusan kuliah berikut juga menjadi juruan kuliah IPA yang menjajikan. Namun ada beberapa jurusan kuliah IPA yang jarang diminati yang justru berpeluang besar untuk diterima di sana. Perlu diketahui bahwa jurusan kuliah IPA yang nantinya dipilih harus berdasarkan beberapa pertimbangan agar tidak menyesal di masa depan. Mengapa? Karena kaitannya tentu untuk menjamin kesuksesan di esok hari. Sebelum mengenal beragam jurusan kuliah IPA yang menjajikan, berikut ada tips untuk menentukan program studi di kampus.

1. Sesuaikan dengan Keinginan

jurusan kuliah ipa

Tips pertama untuk memilih kuliah jurusan IPA harus sesuai dengan keinginan. Banyaknya pilihan program studi harus kamu cermati satu per satu mana yang masuk dalam passion kamu. Renungi dan pahami bahwa dirimu memiliki skill di bidang apa.

2. Lihat Potensi

jurusan kuliah ipa

Tujuan kuliah tiada lain untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Setelah lulus jangan sampai kamu menganggur, jika tidak melanjutkan kuliah lagi berarti kamu harus memikirkan untuk mencari lowongan kerja. Saat akan memilih jurusan kuliah IPA, carilah informasi potensi karir di masa depan apakah sempit atau luas.

3. Tentukan Pilihan Sesuai Kepribadian

jurusan kuliah ipa

Hal ini masih berkaitan denagn tips pertama. Jika jurusan kuliah IPA yang dipilih bukan merupakan kepribadianmu lebih baik tinggalkan. Siapa tahu selama ini kamu sekolah di SMA dan masuk kelas IPA hanya karena keinginan orang lain yang sebenarnya bukan passionmu.

Kepribadian seseorang pun menentukan karir di masa depan. Untuk menjadi seorang jurnalis misalnya, dibutuhkan ribadi yang cakap. Untuk tipikal pendiam tentu tidak cocok dalam bidang ini.

4. Jangan Mengikuti Orang Lain

jurusan kuliah ipa

Jadilah dirimu sendiri. Meskipun banyak saran sana-sini, toh nanti yang menjalankan semua proses kehidupan kamu sendiri. Bicara dan diskusi baik-baik dengan orang tua jika pilihan mereka berbenturan dengan keinginanmu. Inilah kunci untuk meraih sukses di masa depan melalui jurusan kuliah IPA.

5. Akreditasi

jurusan kuliah ipa

Mungkin terlihat sepele dan kerap sekali diabaikan oleh para calon mahasiswa baru. Padahal nilai akreditasi jurusan kuliah IPA serta universitas sangat diperlukan untuk melihat kredibilitasnya. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang melakukan rekrutmen mensyaratkan nilai akreditasi tertentu untuk calon pegawainya.

6. Biaya

jurusan kuliah ipa

Memilih jurusan kuliah IPA harus dengan pertimbangan yang matang termasuk masalah biaya. Jika sudah yakin akan pilihan, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya selama kuliah mulai dari awal masuk hingga lulus nanti. Saat ini sudah banyak beasiswa yang bisa diraih oleh siapapun sesuai dengan kriteria yang berlaku. Kamu bisa memanfaatkan momen ini jika masuk dalam kriteria untuk meringankan biaya.

Itulah beberapa tips yang harus kamu pertimbangkan saat akan memilih jurusan kuliah IPA. Pertanyaannya, apa saja yang masuk dalam program studi IPA?

Berikut Daftar Jurusan Kuliah IPA Yang Menjamin Masa Depan

1. Teknik Sipil

jurusan kuliah ipa

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan pertama adalah Teknik Sipil. Indonesia sangat berkembang dan dibuktikan dengan beragam pembangungan infrastruktur untuk kenyamanan masyarakat. Banguan pencakar langit, jalan, jembatan, dan sebagainya tidak lepas dari profesi lulusan teknik sipil.

Jurusan ini membahas mengenai perancangan pembangunan hingga pemeliharaan fasilitas umum. Mungkin ada yang bingung antara teknik sipil dan arsitektur? Apakah ada perbedaan? Ya, jelas ada. Teknik Sipil, ia mengerjakan rancangan bangunan sedangkan arsitektur adalah pihak yang mendesain bangunan.

2. Teknik Informatika

jurusan kuliah ipa

Jurusan Kuliah IPA ini mempelajari mengenai ilmu komputer, jaringan komputer, software, hardware dan sebagainya. Tidak hanya teori yang diajarkan, melainkan semua mahasiswa wajib melakukan praktik dari teoria yang mereka dapatkan. Ilmu dasar informtika tiada lain adalah matematika dan logika. Jika kamu menguasai keduanya, untuk memahami teknik informatika sangat mudah.

Perkembangan teknologi kini semakin meningkat. Banyak perusahaan start-up di kota-kota besar semakin bersaing demi melayani kebutuhan masyarakat. Hal ini tidak lepas dari profesi seorang ahli informatika baik programmer, analis, dan lain-lain yang berkaitan. Karenanya gak perlu khawatir untuk profesi di masa depan, bidang ini sangat menjanjikan.

3. Farmasi

jurusan kuliah ipa

Farmasi menjadi salah satu jurusan kuliah IPA yang sangat erat hubungannya dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lain. Semua mahasiswa akan belajar mengenali bagaimana struktur senyawa obat dan kemudian mengolahnya menjadi sebuah produk.

Jika kamu suka dengan bidang ilmu ini diharapkan kedepannya menjadi ahli dalam membuat, mencampur, meracik hingga menciptakan obat dengan standar yang berlaku. Kedepannya, mahasiswa lulusan farmasi bisa terjun ke dunia apoteker, spesialis kimia hingga dokter pengobatan preventif.

4. Pendidikan Dokter

jurusan kuliah ipa

Ada banyak orang yang ingin berpofesi sebagai dokter namun saat kuliah terhambat dengan biaya. Alhasil mereka memilih bidang kesehatan lain. Jurusan kuliah IPA yang satu ini mempelajari penyakit dan bagaimana cara mengatasinya. Dalam ilmu kedokteran ada dua hal yang perlu kamu pahami yaitu mempelajari cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang.

Kamu harus mampu menguasai ilmu kedokteran karena kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia. Jika gagal, ini resiko terberat yang perlu kamu hindari. Profesi sebagai dokter sudah menjadi rahasia umum bahwa sangat menjamin masa depan.

5. Teknologi Pangan

jurusan kuliah ipa

Jurusan kuliah IPA apa lagi yang menjamin masa depan? Disini ada teknologi pangan yang mempelajari mengenai produksi makanan dan memastikan nilai gizi yang tekandung didalamnya. Untuk kamu yang menyukai pelajaran biologi atau kimia, jurusan ini cocok untuk ditekuni. Prospek kedepannya lulusan teknologi pangan bisa ambil profesi quality control atau peneliti dan ahli teknologi pangan.

Baca juga :  7 Jurusan Ini Dianggap Paling Keren, Jurusanmu Salah Satunya?

6. Statistika

jurusan kuliah ipa

Untuk kamu yang suka dengan pelajaran Matematika, salah satu jurusan kuliah IPA yang cocok untuk ditekuni adalah bidang Statistika. Program ini mempelajari proses pengolahan data mulai dari merencakan hingga mempresentasikan data. Banyak perusahaan atau lembaga pemerintah yang membutuhkan tenaga ahli lulusan statistik. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk karir di masa depan.

7. Teknik Kimia

jurusan kuliah ipa

Masih ada kaitannya dengan matematika dan fisika, dalam teknik kimia kamu tidak sepenuhnya mempelajari ilmu kimia. Melainkan kedua ilmu tersebut menjadi pendukungnya. Jurusan kuliah IPA Teknik Kimia memiliki prospek kerja yang paling luas. Karenanya tidak heran jika banyak peminat sehingga persaingan di lapangan kerja semakin ketat.

8. Teknik Mesin

jurusan kuliah ipa

Jurusan kuliah IPA Teknik Mesin menjadi pilihan lain yang menjamin masa depan. Bidang studi ini mempelajari tentang penerapan prinsip fisika untuk membuat desain hingga pemeliharaan sebuah produk seperti motor, mobil, dan sebagainya yang berhubungan dengan mesin. Di Indonesia saja ada banyak industri transportasi sehingga proepek karir ke depan tidak diragukan lagi.

9. Teknik Pertambangan

jurusan kuliah ipa

Jurusan kuliah IPA yang satu ini memang terbilang jarang di Indonesia. Tidak semua universitas menyediakan program studi teknik pertambangan. Namun bidang ini memberikan jaminan di masa depan dari ilmu yang kamu kuasai. Teknik pertambangan berfokus pada eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral. Seperti besi, perak, emas dan sebagainya.

10. Teknik Elektro

jurusan kuliah ipa

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan selanjutnya yaitu teknik elektro. Kamu akan diajarkan pemanfaatan listrik dalam kehidupan dan teknologi yang terkait. Ilmu yang dipelajari pun cukup luas dan kamu bisa mempelajarinya secara perlahan. Untuk kamu yang suka pelajaran Fisika, bidang studi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga :  Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus Dari Kampus Dan Banyak Diidamkan

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: