12 Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Biologi

Posted in: Jurusan Universitas

12 Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Biologi – Saat kuliah nanti, kamu akan menemukan beragam jurusan dengan berbagai bidang ilmu yang dipelajari, mulai dari ilmu sosial hingga ilmu alam. Nah, kalau kamu tertarik dengan ilmu Biologi, salah satu ilmu yang umumnya dipelajari di jenjang perkuliahan adalah ilmu Biologi. Bidang ilmu tentang makhluk hidup tersebut nanti bisa kamu pelajari di berbagai jurusan yang ada di perguruan tinggi impian kamu. Lalu, apa saja jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi?

Informasi Terbaru Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Biologi

unsplash.com

Pada dasarnya, ilmu Biologi memang mempelajari tentang makhluk hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhi mereka. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya area kelimuan Biologi itu sangat luas dan tidak hanya terbatas pada hal-hal tersebut. Maka dari itu, kamu mungkin bisa menemukan beragam jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi sebagai salah satu ilmu yang dipelajari. Berikut ini akan Mamikos bagikan informasi seputar beberapa jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi yang mungkin sesuai dengan minat kamu.

Daftar Lengkap Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Biologi

Ilmu Biologi atau ilmu hayat sebenarnya adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang kehidupan, organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Dari pengertiannya, bisa disimpulkan bahwa ilmu Biologi merupakan bidang ilmu yang sangat luas meskipun kajiannya adalah seputar makhluk hidup. Jadi, jangan kaget kalau semisal nanti kamu menemukan beragam jurusan kuliah yang ternyata mempelajari ilmu Biologi meskipun nama jurusannya tidak ada terlalu berkaitan dengan Biologi. Nah, berikut telah Mamikos rangkumkan 12 jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi sebagai referensi kamu dalam memilih jurusan kuliah.

1. Jurusan Biologi

unsplash.com

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi yang pertama sudah pasti adalah jurusan Biologi. Umumnya, jurusan Biologi berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, namun kamu juga bisa menemukan beberapa perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Biologi sendiri. berbeda dengan saat kamu masih SMA, ilmu yang dipelajari di jurusan Biologi biasanya berkutat pada hewan dan tumbuhan saja, sementara ilmu tentang manusia akan dipelajari di Kedokteran dan Psikologi. Di dalam jurusan Biologi, kamu masih akan menemukan pemecahan ilmu lain yaitu zoologi (mempelajari tentang hewan) dan botani (mempelajari tentang tumbuhan).

2. Jurusan Ilmu Kelautan

unsplash.com

Jurusan Ilmu Kelautan atau Oseanografi menjadi jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi selanjutnya. Kalau kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari seluruh materi yang berhubungan dengan aspek laut dan samudera, mulai dari ekologi laut, dinamika pasang surut, hingga studi akustik kelautan. Jurusan yang satu ini memang merupakan cabang ilmu Geologi, namun tetap berhubungan dengan Biologi karena kamu akan mempelajari seputar biota laut juga nantinya. Selain itu, kamu mungkin juga harus melatih kemampuan berenang kamu jika ingin berkuliah di sini karena kamu pasti akan praktikum langsung di lautan.

3. Jurusan Pendidikan Dokter

unsplash.com

Jurusan Pendidikan Dokter merupakan salah satu jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi yang memiliki peminat sangat banyak. Di beberapa perguruan tinggi kenamaan seperti UI, UGM, hingga UNAIR, pendaftar untuk jurusan Pendidikan Dokter biasanya membludak hingga mencapai ribuan setiap tahunnya. Kalau kamu diterima di jurusan ini, tentunya kamu akan mempelajari hal-hal seputar kesehatan manusia beserta dengan cara penyembuhannya. Beberapa mata kuliah yang mungkin akan kamu temui di jurusan yang satu ini di antaranya adalah biologi kedokteran, anatomi, histologi, fisiologi, farmakologi, gizi kedokteran, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Pendidikan Dokter Gigi

unsplash.com

Kalau jurusan Pendidikan Dokter mempelajari kesehatan manusia secara keseluruhan, berbeda dengan jurusan Pendidikan Dokter Gigi yang umumnya mempelajari tentang kesehatan bagian mulut dan gigi manusia serta cara menyembuhkannya. Jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi yang satu ini juga memiliki peminat yang tak kalah banyak dari jurusan Pendidikan Dokter, yaitu hingga mencapai ribuan setiap kali pendaftaran dibuka. Untuk mata kuliah, kamu mungkin akan menemui beberapa mata kuliah seperti biologi kedokteran, prostodonsia, periodonsia, ortodonsia, ilmu bedah mulut, radiologi umum, dan lainnya di jurusan Pendidikan Dokter Gigi.

5. Jurusan Pendidikan Dokter Hewan

unsplash.com

Nah, kalau jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi selanjutnya lebih membahas soal kesehatan pada hewan serta cara penyembuhannya. Tidak hanya menjadi dokter, lulusan jurusan ini kadang dibutuhkan untuk bidang pekerjaan teknologi pangan dan peternakan karena memang sangat berkaitan erat dengan hewan. Ilmu jurusan Pendidikan Dokter Hewan juga penting mengingat bahwa belakangan ini sudah banyak isu seputar virus hewan yang ditularkan ke manusia dan sangat membutuhkan solusi penyembuhan seperti flu burung, flu babi, hinggan virus Corona. Anatomi veteriner, sains veteriner, genetika hewan, zoonosis, bedah veteriner, dan lainnya adalah beberapa mata kuliah yang nantinya akan diajarkan kepadamu saat kuliah di jurusan ini.

6. Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan

unsplash.com

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi satu ini erat kaitannya dengan perlindungan keanekaragaman sumber data hayati di dalam hutan. Di jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan, kamu mungkin juga akan banyak bersinggungan dengan isu pemanasan global karena menjadi faktor yang mempengaruhi ekologi dan konservasi hutan. Dengan kata lain, mahasiswa yang lulus dari jurusan ini bisa menjadi garda terdepan yang akan berpartisipasi dalam perlindungan flora serta fauna hutan yang terancam punah. Selain seputar hutan, kamu mungkin juga akan mempelajari seputar daerah aliran sungai (DAS) dan ekowisata.

7. Jurusan Bioteknologi

unsplash.com

Berikutnya adalah jurusan Bioteknologi yang tentunya masuk ke dalam daftar jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi. Cabang ilmu yang satu ini secara khusus akan mempelajari bagaimana pemanfaatan makhluk hidup maupun hasil dari makhluk hidup tersebut untuk dijadikan barang (misal makanan dan vaksin) atau jasa (misal rekayasa gen dan kultur jaringan). Ilmu Bioteknologi menjadi salah satu ilmu yang penting selain Teknologi Nuklir karena rekayasa genetika yang dipelajari di jurusan ini sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Meskipun masih sedikit, kamu juga akan menemukan beberapa perguruan tinggi yang membuka jenjang S1 Bioteknologi seperti UGM, UNESA, IPB, ITB, hingga UNDIP.

8. Jurusan Ilmu Keperawatan

unsplash.com

Selain Pendidikan Dokter, ada juga jurusan Ilmu Keperawatan yang masuk ke dalam jajaran jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi. Kamu memang akan mempelajari soal kesehatan manusia dan cara penyembuhannya, tapi kamu juga akan mempelajari soal bagaimana mengembalikan dan merawat kesehatan mental serta fisik pasien dengan teori dan teknologi terbaru. Kamu bisa memilih bidang spesialisasi tertentu untuk dipelajari di jurusan ini seperti perawat dewasa, perawat anak-anak, perawat manula, perawat mental, hingga perawatan jalan. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini di antaranya adalah dasar-dasar ilmu keperawatan, keperawatan dewasa, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan anak, keperawatan gawat darurat, dan lain sebagainya.

9. Jurusan Ilmu Pertanian

unsplash.com

Jurusan Ilmu Pertanian juga tentunya menjadi salah satu jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi. Ilmu Pertanian memang pada umumnya menjadi fakultas independen dengan beberapa jurusan di bawahnya seperti Ilmu dan Teknologi Pangan, Agro Teknologi, Agribisnis, Ilmu Tanah, hingga Teknik Pertanian. Tidak hanya seputar membudidayakan tanaman dan hewan yang berhubungan dengan pertanian, kamu juga akan mempelajari seputar pengelolaan perniagaan hasil budidaya dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kamu mungkin juga akan mempelajari seputar pengelolaan perniagaan hasil budidaya pertanian mulai dari hulu hingga hilirnya.

10. Jurusan Ilmu Peternakan

unsplash.com

Seperti jurusan Pendidikan Dokter Hewan, jurusan Ilmu Peternakan juga masuk menjadi salah satu jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi. Perbedaan dari jurusan Pendidikan Dokter Hewan adalah bahwa di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu soal hewan ternak yang bisa diolah dalam skala industri, tata cara produksinya, pengembangbiakan, penanganan penyakit, hingga mengolah hewan ternak tersebut agar memiliki nilai tambah. Tak hanya itu, kamu mungkin juga akan banyak bersinggungan dengan Bioteknologi jika mengambil jurusan ini di perkuliahan. Nantinya kamu akan menemukan beberapa fokus yang mungkin bisa kamu pilih dalam jurusan Peternakan seperti nutrisi, pemuliaan dan reproduksi, produksi, teknologi hasil ternak, atau sosial ekonomi peternakan.

11. Jurusan Ilmu Perikanan

unsplash.com

Meskipun mirip dengan jurusan Ilmu Kelautan, jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi yang satu ini akan mempelajari bidang ilmu berbeda. Beberapa hal yang akan kamu pelajari di jurusan Ilmu Perikanan di antaranya seperti teknik pengelolaan perikanan, pengolahan produk perikanan, sampai dengan manajemen bisnis perikanan. Tidak hanya di laut, kamu juga akan mempelajari seputar penangkapan ikan di perairan darat seperti sungai dan danau serta hubungannya dengan kesejahteraan nelayan. Di jurusan ini, kamu juga bisa memilih fokus studi sesuai minat kamu seperti budidaya perairan, manajemen dan sumber daya perairan, pemanfaatan sumber daya perikanan, agrobisnis perikanan, atau teknologi hasil perikanan.

12. Jurusan Kebidanan

unsplash.com

Lebih spesifik dibanding Pendidikan Dokter, jurusan Kebidanan akan mengajari kamu tentang kesehatan manusia di bidang persalinan seperti menolong persalinan, membantu, hingga memimpin persalinan. Dengan kata lain, jurusan Kebidanan juga masuk ke dalam daftar jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi. Kalau kuliah di jurusan ini, kamu akan dilatih soal bagaimana melakukan pemeriksaan kehamilan, perawatannya, serta memberi asuhan kepada pasien soal persalinan. Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana caranya membantu ibu saat proses menyusui, pemulihan kesehatan pasca melahirkan, hingga program keluarga berencana.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi. Kalau kamu memang suka dengan pelajaran Biologi saat SMA, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk mendaftar ke salah satu jurusan di atas. Tidak hanya ilmunya yang menarik, prospek kerja untuk jurusan-jurusan di atas juga cukup menjanjikan setelah kamu lulus nantinya. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.