10 Kegiatan yang Akan Membuat Waktu Kamu Menjadi Lebih Produktif, Catat Ya!

10 Kegiatan yang Akan Membuat Waktu Kamu Menjadi Lebih Produktif, Catat Ya! – Di masa pandemi Covid-19 ini, kamu mungkin akan memiliki waktu luang yang lebih banyak dibanding sebelumnya. Pasalnya, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena seluruh masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah. Daripada hanya bermalas-malasan saja, akan lebih baik jika kamu memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki dengan beberapa hal agar menjadi lebih produktif. Mamikos telah menghimpun sebanyak sepuluh kegiatan yang bisa kamu lakukan agar membuat waktu kamu menjadi lebih produktif.



Informasi Terbaru Kegiatan yang Membuat Waktu Menjadi Lebih Produktif

unsplash.com

Saat sedang libur atau sepulang dari kantor maupun sekolah, kamu mungkin bingung harus melakukan apa selain beristirahat. Kalau kamu hanya berdiam diri di rumah, kamu mungkin akan cepat merasa bosan. Daripada kamu hanya termenung, bermain ponsel, atau rebahan tanpa melakukan apapun, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu yang kamu miliki untuk hal lain yang lebih berguna. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kegiatan yang akan membuat waktu kamu menjadi lebih produktif selama berada di rumah.

Daftar Lengkap Kegiatan yang Membuat Waktu Kamu Menjadi Lebih Produktif

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama liburan atau beristirahat di rumah, ada beberapa kegiatan yang bisa membuat waktu kamu menjadi lebih produktif. Tidak masalah jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan beristirahat saja, tapi akan lebih baik jika kamu melakukan sesuatu yang lebih berguna lagi. Tidak hanya untuk mengisi waktu, berbagai kegiatan tersebut nyatanya mampu meningkatkan kemampuan dan kualitas diri sendiri. Nah, berikut adalah 10 jenis kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif lagi.


1. Menulis

unsplash.com

Kegiatan pertama yang bisa membantu kamu untuk membuat waktu menjadi lebih produktif adalah dengan menulis. Kamu bebas menulis apapun sesuka kamu, baik itu menulis blog, menulis cerita, menulis jurnal harian, maupun menulis tentang hal-hal yang kamu sukai. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan platform media sosial untuk berbagi cerita kepada orang lain yang menjadi temanmu di sana. Dengan kegiatan ini, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan menulis yang baik dan benar.

2. Membaca Buku

unsplash.com

Apakah kamu pernah datang ke bazar buku lalu kalap membeli buku karena harganya yang sangat murah? Lalu, apakah ada buku yang sudah kamu beli namun belum sempat terbaca karena kamu terlalu sibuk? Jika iya, maka kamu bisa memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki untuk menghabiskan buku-buku tersebut daripada hanya membiarkannya menganggur di rak buku. Membaca buku juga termasuk salah satu kegiatan untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif karena kamu akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan sudut pandang dunia yang baru.

3. Fotografi dan Videografi

unsplash.com

Kalau saat sebelum pandemi biasanya kamu suka hunting foto atau video, maka kamu juga tetap bisa melakukannya di masa pandemi ini sebagai salah satu kegiatan untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif. Kamu tidak harus pergi ke luar rumah untuk mencari objek, kamu bisa mengambil foto di setiap sudut ruangan tempat tinggalmu atau meminta keluarga kamu menjadi objek foto. Kamu mungkin bisa mendapatkan sudut padang baru dari tempat tinggal dan orang lain di keluargamu yang tidak pernah kamu sadari sebelumnya. Kalau kamu puas dengan hasil foto serta video yang kamu ambil, kamu juga bisa mengunggahnya ke media sosial untuk dibagikan kepada orang lain.



4. Mendekorasi Kamar

unsplash.com

Kegiatan yang akan membuat waktu kamu menjadi lebih produktif yang selanjutnya adalah melakukan dekorasi ulang pada kamarmu. Kamu tidak harus membeli pernak-pernik baru untuk dekorasi, kamu cukup memanfaatkan barang yang kamu miliki dan membuatnya menjadi dekorasi rumah. Beberapa di antaranya seperti kardus bekas atau botol yang sudah tidak terpakai dan bisa kamu hias sedemikian rupa untuk menjadi pemanis di kamarmu. Kalau kamu malas membuat benda apapun, kamu bisa menata ulang letak barang-barang di kamarmu agar kamu mendapatkan suasana yang berbeda.

5. Memasak

unsplash.com

Adakah resep masakan baru yang ingin kamu coba namun belum sempat karena kesibukan kamu? Mungkin kamu sudah menyimpan beberapa menu makanan atau minuman yang kamu temui di media sosial dan ingin sekali mencobanya. Nyatanya, membuat makanan atau minuman merupakan salah satu hal positif untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif di hari libur. Selain membuat perutmu kenyang, kamu juga bisa mengasah dan meningkatkan kemampuan memasak kamu, lho!

6. Berkebun

unsplash.com

Kalau kamu merasa lingkungan tempat tinggalmu terlalu gersang, kamu mungkin bisa mencoba untuk berkebun sebagai salah satu kegiatan untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif. Kamu bisa membeli bibit tanaman secara online lengkap dengan peralatannya agar kamu tidak perlu keluar rumah. Setelah semua pesananmu sampai, kamu bisa langsung menanam bibit tanaman tersebut di sekitar rumah kamu. Selain menjadi lebih asri, tanaman juga bisa membuat udara di sekitar tempat tinggalmu menjadi lebih segar lagi.


7. Membersihkan Kamar

unsplash.com

Kegiatan berikutnya yang akan membuat waktu kamu menjadi lebih produktif lagi adalah dengan membersihkan kamar kamu sendiri. Kamu mungkin memang rutin membersihkannya, tapi ada beberapa sudut yang mungkin tidak terjamah saat kamu membersihkan kamar. Daripada hanya bermain ponsel atau rebahan, akan lebih baik jika kamu membersihkan setiap sudut kamar kamu. Tidak hanya membuat kamar menjadi lebih bersih dan segar, kegiatan tersebut juga bisa kamu jadikan sebagai cara berolahraga ringan.

8. Bermain Musik

unsplash.com

Kamu mungkin tidak bekerja atau menuntut ilmu di bidang musik, tapi kamu juga bisa memainkan musik saat waktu luang. Meskipun hanya sebuah hobi bagi kamu, kegiatan yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif. Selain untuk menghibur diri dari penatnya rutinitas dan kesibukan, kamu juga bisa menambah serta mengasah kemampuan bermusikmu. Kamu mungkin bisa melakukan cover lagu-lagu yang sudah ada atau malah menciptakan lagu baru milik kamu sendiri.

9. Olahraga

unsplash.com

Olahraga juga termasuk ke dalam salah satu kegiatan yang akan membuat waktu kamu menjadi lebih produktif. Meskipun sibuk, setidaknya kamu harus menyempatkan diri untuk melakukan olahraga baik itu ringan maupun berat. Olahraga akan membantu kamu menjaga kesehatan, kebugaran, serta daya tahan fisik kamu agar tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas berat. Tak hanya itu, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas kamu yang sangat penting agar kamu terhindar dari berbagai macam penyakit.


10. Belajar

unsplash.com

Kegiatan terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif adalah dengan belajar. Untuk kamu yang masih sekolah dan kuliah, kamu tidak harus melulu belajar soal mata pelajaran atau mata kuliah. Tidak ada batasan soal hal apa yang harus kamu pelajari, bisa belajar memasak, merajut, menganyam, atau belajar hal lain yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Apapun yang kamu pelajari, hal tersebut akan menambah pengetahuan sekaligus kemampuan kamu.


Nah, itu dia informasi dari Mamikos seputar beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat waktu kamu menjadi lebih produktif. Tidak ada salahnya jika kamu memang hanya ingin menghabiskan waktu luang untuk beristirahat, tapi kamu juga bisa mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat. Selain menggunakan waktu dengan baik, kegiatan di atas juga mampu menjaga agar pikiran kamu tetap positif. Semoga bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya


Kost Dekat Unesa Surabaya


Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta