Lebaran Idul Fitri: 8 Kegiatan Yang Perlu Kamu Lakukan Pas Lebaran

 Mamikos | Jum, 06 Mar 2020

Lebaran Idul Fitri: 8 Kegiatan Yang Perlu Kamu Lakukan Pas Lebaran – Idulfitri atau juga ditulis dengan Idul Fitri, atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda. Saat momen tersebut tiba, banyak sekali kegiatan yang bisa dan perlu kamu lakukan. Apa saja?

Lebaran Idul Fitri: 8 Kegiatan Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Lebaran Bersama Keluarga

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara - Malaysia

1. Sungkeman

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara - India

Salah satu kegiatan yang dilakukan ketika Lebaran Idul Fitri dalam adat Jawa adalah Sungkeman. Sungkeman adalah kegiatan prosesi meminta maaf yang biasanya dilakukan menggunakan tata krama adat Jawa. Biasanya yang lebih muda melakukan sungkem untuk meminta maaf kepada yang lebih tua. Nah, lebaran tahun ini, kamu juga harus sungkem ke bapak ibu, serta saudaramu yang lebih tua ya.

2. Silaturahmi ke rumah saudara

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara - Tiongkok

Salah satu yang tak boleh ketinggalan saat hari raya Idul Fitri adalah bersilaturahmi ke rumah saudara. Biasanya saat berkunjung, selain saling maaf memaafkan, kamu juga akan diminta menyicipi sajian Lebaran, seperti kue-kue yang sudah tersedia di meja.

3. Makan ketupat dan opor ayam

Tradisi Unik Idul Fitri di Indonesia - Saling mengirimkan makanan

Tak lengkap rasanya bila Lebaran tanpa menyantap menu-menu yang wajib ada di meja makan. Sebut saja ketupat, opor ayam, semur daging, rendang daging, sambal goreng ati, dan lain sebagainya. Jadi, bukan hanya sibuk menikmati kue-kue khas Lebaran separti kastangel dan nastar saja  ya, tapi menikmati sajian menu beratnya pun juga.

4. Main kembang api

Tradisi Unik Idul Fitri di Indonesia - Takbir Keliling

Berkumpul bersama saudara yang sudah lama tak bertemu, apalagi di malam takbiran, makin seru bila sambil bermain kembang api. Tetapi tentunya, kamu juga harus berhati-hati saat memainkan kembang api, karena mau tak mau bermain kembang api cukup berbahaya.

5. Reuni

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara - Turki

Saat Idul Fitri atau saat Lebaran tiba, tentunya bukan hanya kamu saja yang mudik ke kampung halaman. Teman masa kecilmu dulu yang juga merantau, pastinya juga akan mudik. Hal tersebut menjadi kesempatan emas untukmu mengadakan reuni dengan teman-temanmu terdahulu, sembari merajut tali silaturahmi.

6. Foto-foto bersama keluarga

Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara - Afrika Selatan

Satu hal yang tak boleh terlewatkan saat momen Idul Fitri adalah berfoto bersama keluarga besar. Mengapa demikian? Sebab, saat Idul Fitri tiba, semua keluarga akan berkumpul dan akhirnya bertemu setelah bertahun merantau. Hal tersebut jadi kesempatan emas untuk mengabadikan momen berkumpulnya seluruh keluarga besar tersebut kedalam sebuah foto.

7. Ziarah Kubur

Tradisi Unik Idul Fitri di Indonesia - Ziarah ke makam

Beberapa orang biasanya memilih waktu saat Idul Fitri untuk mengunjungi makam keluarga mereka yang telah terlebih dahulu meninggal dunia. Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan membersihkan makam, dan mendoakan keluarganya tersebut.

8. Menyediakan makanan untuk menyambut tamu yang datang

Tradisi Unik Idul Fitri di Indonesia - Binarundak

Biasanya, momen Idul Fitri juga erat kaitannya dengan masa besar. Karena, akan banyak sekali tamu yang datang silih berganti untuk bersilaturahmi. Jadi, jangan lupa untuk menyediakan makanan guna menyambut tamu-tamu yang akan datang pas Lebaran nanti, ya!