Konjungsi Antarkalimat, Pengertian, Jenis dan Contoh Lengkap

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Konjungsi

Konjungsi antarkalimat merupakan bagian penting yang menghubungkan dua kalimat. Konjungsi juga menghubungkan kata-kata koordinatif dalam klausa yang sama. Konjungsi dalam tata bahasa Indonesia merupakan hal yang memiliki peran penting.

Konjungsi adalah bagian dari kalimat yang bertindak sebagai penghubung. Jadi, penasaran mengenai penjelasan lebih lanjut mengenai konjungsi? Apa saja jenis-jenis dan seperti apa contoh dari konjungsi antar kalimat itu sendiri?

Konjungsi Antarkalimat

unsplash.com

Pengertian Konjungsi Antarkalimat

Dalam membuat kalimat, Anda cenderung menggunakan konjungsi tanpa menyadarinya. Konjungsi sering digunakan saat menghubungkan ide tulisan daripada memulai kalimat baru.

Kata konjungsi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, conjunction, yang secara harfiah berarti bergabung (con-) dam bersama (junct). Konjungsi digunakan untuk menghubungkan klausa, kalimat, atau kata dalam tulisan. Konjungsi berfungsi untuk menggabungkan ide atau kata.

Konjungsi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari bahasa Indonesia. Jika digunakan dengan benar, konjungsi dapat meningkatkan pemahaman pembaca di hampir semua jenis tulisan. Dari penulisan bisnis hingga penulisan akademis, konjungsi membantu menciptakan kalimat yang lebih baik.

Dalam tata bahasa Indonesia, konjungsi tidak hanya menghubungkan antara dua kalimat saja. Konjungsi adalah bagian yang menghubungkan kata, frasa, dan klausa. Konjungsi akan membantu Anda membentuk sebuah kalimat yang menarik dan lebih mengalir sambil menghindari inkoherensi kalimat ide tunggal.

Tanpa konjungsi antarkalimat yang tepat, maka sebuah tulisan menjadi sulit untuk dipahami dan terasa kurang utuh. yang berombak dan tidak koheren. Artikel ini akan menjelaskan apa itu konjungsi dan bagaimana menggunakannya dengan benar.

Sesuatu yang perlu diingat ketika menggunakan konjungsi adalah bahwa frasa yang Anda gabungkan harus memiliki struktur paralel yang sama. Definisi “struktur paralel” berarti menggunakan pola kata yang sama untuk menunjukkan bahwa dua atau lebih gagasan memiliki kepentingan tata bahasa yang sama.

Setelah Anda menguasai penggunaan konjungsi yang tepat, salah satu dari banyak manfaatnya adalah penulisan menjadi jauh lebih alami sehubungan dengan ritme yang diinginkan. Sebaliknya, penggunaan konjungsi yang tidak tepat berpotensi mengubah tulisan menjadi kacau balau dan terputus-putus.

Jenis-Jenis Konjungsi

Ada beberapa jenis konjungsi utama dalam bahasa Indonesia, yaitu konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, dan konjungsi korelatif. Nah, untuk memudahkan Anda memahami jenis-jenis dari konjungsi antarkalimat, berikut penjelasannya:

1. Konjungsi Akibat

Jenis pertama adalah konjungsi akibat yang menjadi penghubung dua kalimat dengan unsur konsekuensi atau akibat.

Konjungsi akibat menghubungkan konsekuensi spesifik dengan penyebab spesifik, atau menyoroti sifat konsekuensi dari suatu pernyataan. Beberapa kata yang menjadi konjungsi akibat adalah:

  1. Dengan demikian
  2. Akibatnya

2. Konjungsi Kebalikan

Kedua adalah konjungsi kebalikan yang menjadi penghubung dari dua kalimat yang mana salah satu kalimatnya adalah kebalikan untuk kalimat lain. Nah, beberapa kata yang menjadi konjungsi kebalikan adalah:

  1. Sebaliknya
  2. Berbeda dengan

3. Konjungsi Keadaan Setelahnya

Ketiga, ada konjungsi keadaan setelahnya yang menjadi penghubung pada dua kalimat dengan ciri, satu dari kalimatnya mempunyai keterangan mengenai keadaan atau kondisi setelahnya. Beberapa kata yang masuk dalam kategorisasi konjungsi keadaan setelahnya adalah:

  1. Kemudian
  2. Selanjutnya
  3. Setelah itu

4. Konjungsi Keadaan Sebenarnya

Keempat, ada jenis konjungsi keadaan sebenarnya yang menjadi penghubung di antara dua kalimat dengan satu kalimat memiliki keterangan tentang bagaimana keadaan sebenarnya. Adapun beberapa kata yang masuk dalam kategorisasi konjungsi keadaan sebenarnya adalah:

  1. Sesungguhnya
  2. Sebenarnya
  3. Bahwasanya

5. Konjungsi Keadaan Sebelumnya

Kelima, ada konjungsi keadaan sebelumnya yang merupakan penghubung dua kalimat dengan ciri, salah satu kalimatnya mempunyai keterangan mengenai seperti apa keadaan atau kondisi sebelumnya. Beberapa kata yang menjadi konjungsi keadaan sebelumnya adalah:

  1. Malahan
  2. Bukan hanya itu
  3. Tidak hanya itu
  4. Tak hanya itu
  5. Bahkan

6. Konjungsi Pertentangan Kondisi Sebelumnya

Keenam, ada konjungsi pertentangan kondisi atau keadaan sebelumnya yang menjadi sebuah penghubung dari dua kalimat pertentangan.

Nah, pertentangan ini terjadi pada sebuah kondisi yang tercipta di waktu sebelumnya. Beberapa kata yang masuk dalam kategorisasi konjungsi pertentangan kondisi sebelumnya adalah:

  1. Namun
  2. Akan tetapi
  3. Sayangnya

7. Konjungsi Kesediaan

Terakhir, ada konjungsi kesediaan yang menjadi sebuah penghubung dari dua kalimat dengan kondisi salah salah satu kalimat memiliki penjelasan mengenai persetujuan untuk melakukan sebuah tindakan.

Beberapa kata yang menjadi bagian dari konjungsi kesediaan adalah:

  1. Meskipun begitu
  2. Meski demikian
  3. Walaupun demikian
  4. Walau begitu
  5. Antara lain
  6. Di antaranya
  7. Biarpun begitu

Contoh Konjungsi Antarkalimat

Bagi Anda yang mungkin bingung untuk memahami seperti apa konjungsi antarkalimat dalam sebuah tulisan, di bawah ini merupakan beberapa contoh untuk menguatkan pemahaman Anda:

1. Fani tadi pagi tidak mempunyai waktu untuk sarapan sebelum sekolah. Akibatnya, dia pun lemas ketika upacara apel pagi berlangsung.

2. Doni belakangan ini memiliki nilai rapor yang cenderung menurun. Dengan demikian, orang tuanya, mencoba memberikan solusi dengan mendaftarkan les khusus untuk menunjang prestasi akademiknya di sekolah supaya tidak turun lagi.

3. Hani kesulitan sekali menyusun tugas akhirnya meski hanya tinggal melakukan riset saja. Sebaliknya, Rania yang merupakan teman sekamarnya sudah selesai dengan tugas akhir dengan waktu beberapa bulan saja.

4. Yanuar malas sekali untuk mencari pekerjaan meski sudah 6 bulan lebih lulus kuliah.  Berbeda dengan Yanuar, kakaknya dahulu sebelum wisuda sudah berbisnis dan menghasilkan uang sendiri.

5. Kalau Anda ingin menjadi peserta seminar, maka hal yang harus dilakukan pertama adalah mendaftar terlebih dahulu di situs atau kontak WhatsApp panitia yang sudah disebarkan. Setelah itu, maka panitia akan menghubungi Anda mengenai informasi seminar lebih detail, jadi tidak bisa Anda sembarangan datang tanpa mendaftar terlebih dahulu.

6. Step pertama dalam memasak tumis kangkung adalah potong 3 butir bawang merah dan  serta cabai. Setelah itu tumislah bumbu yang sudah dipotong tadi.

7. Langkah pertama jika ingin memiliki kulit bersih adalah rajin untuk membersihkan wajah dari debu maupun kotoran menggunakan rangkaian produk pembersih khusus wajah yang disesuaikan dengan tipe kulit. Selanjutnya, rawatlah kulit dengan beberapa produk skincare seperti serum, eye cream, krim pagi, krim malam atau sekedar masker biasa.

8. Banyak yang menyangka bahwa Indra adalah murid yang biasa-biasa saja karena dia selalu diam saat belajar di kelas. Sesungguhnya, Indra merupakan anak cerdas dibandingkan teman lainnya, kecerdasannya tersembunyi di balik sikapnya yang pendiam.

9. Ibu Andri meninggal dunia beberapa hari lalu karena dikabarkan Covid-19. Sesungguhnya, terjadi adalah ibunya Andri meninggal karena serangan jantung bukan Covid-19.

10. Karin dan Adi terpaksa untuk putus setelah menjalin hubungan hingga 3 tahun lamanya. Sebenarnya, Adi masih mencintai Karin, namun ia harus ikhlas untuk merelakannya karena orang tua Karin tidak bisa menyetujui hubungan di antara keduanya karena berbeda agama.

11. Ketika pernikahannya kandas dan bercerai, Bimo masih saja menyesali perbuatannya kepada mantan istrinya. Bahwasannya ia menyesal telah melakukan kekerasan kepada orang yang telah menemaninya hidup selama 7 tahun ini, ia ingin berjanji pada diri sendiri untuk tidak lagi menggunakan kekerasan, namun semua percuma.

12. Kalau Anda ingin sekali sukses baik dalam karir maupun percintaan, maka berusahalah dengan semaksimal mungkin agar usaha sejalan dengan apa yang sudah diusahakan. Tidak hanya itu saja, usaha yang sudah dimaksimalkan juga perlu dibarengi dengan doa dan jangan lupa minta orang tua untuk mendoakan Anda.

13. Kabar burung mengenai hubungan terlarang di antara antara Laila dan Joko sudah menyebar ke seluruh kampung. Bahkan, kabar tidak mengenakkan ini juga sudah tersebar hingga ke kampung sebelah, mengingat Joko sendiri sudah memiliki istri yang merantau di Arab sebagai TKW.

14. Professor Elsa memang terkenal sangat tegas ketika memberikan tugas kuliah seperti referensi harus menggunakan sumber yang jelas, tidak boleh plagiat dan minimal melakukan review pada 3 jurnal. Bukan hanya itu saja, mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugas akan dikurangi nilainya.

15. Denis adalah sosok anak yang begitu cerdas. Hanya saja, kecerdasan yang ia miliki tertutup dengan wataknya yang suka bikin onar.

16. Malika berusaha untuk memaksimal usahanya dalam mengerjakan tugas Matematika hari Senin kemarin. Sayangnya, apa yang ia usahakan tetap tidak membuahkan hasil yang memuaskan.

17. Doni sudah pesan makanan sesuai dengan menu yang ada di dalam buku yang telah disediakan oleh restoran. Akan tetapi, makanan yang diberikan oleh pramusaji tidak sesuai dengan apa yang sudah ia pesan sebelumnya.

18. Hujan masih saja mengguyur lapangan sepak bola SMA Taruna sore itu.  Meskipun demikian, pertandingan di antara dua klub sepakbola SMA yang dihelat di lapangan masih tetap berlanjut dan mengindahkan hujan yang deras mengguyur.

19. Jono masih saja mengagumi kecantikan Ayu yang sudah menjadi mantan kekasihnya. Meskipun begitu, dia tidak patah semangat mengajak Ayu balikan meski dia sendiri tahu  bahwa kemungkinan diterima kembali itu sulit.

20. Faris masih saja gagal diterima di perusahaan BUMN setelah berkali-kali mencoba apply dan tes. Walau demikian dia tidak pernah menyerah dan masih berusaha untuk bisa menaklukkan setiap tahapan tes karyawan BUMN.

21. Kelihatannya Tika memang pemalas anaknya, suka terlambat sekolah dan jarang mengumpulkan tugas. Meskipun demikian, Tika adalah anak yang berbakti sekali pada orang tua dan alasannya terlambat sekolah adalah membantu jualan ibunya di pasar.

22. Ada beberapa hal yang harus Fahmi ketahui mengenai pengertian tentang hewan vertebrata. Di antaranya adalah tubuh hewan ini memiliki ekor, sistem pencernaannya panjang dari mulut sampai ke anus dan memiliki sistem peredaran darah yang sifatnya tertutup.

23. Ciri dari sifat-sifat introvert itu ada banyak sekali yang harus dipahami. Antara lain, sulit untuk bertemu dengan orang lain, tidak mudah berkomunikasi dengan orang baru, lebih suka memendam masalah sendiri, pendiam dan masih banyak lagi.

Sudah paham mengenai apa itu konjungsi antar kalimat, bukan? Jika ditarik kesimpulan, konjungsi adalah bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara dua kalimat. Secara tidak sadar, Anda  sering menggunakan konjungsi dalam tulisan.

Dalam menulis, konjungsi dapat digunakan secara efektif sebagai pengganti memulai kalimat baru. Penggunaan konjungsi yang tepat memungkinkan tulisan menjadi lebih alami. Sebaliknya, penggunaan konjungsi antar kalimat yang tidak tepat seringkali mengakibatkan tulisan menjadi terputus-putus dan sulit untuk dipahami oleh orang yang membaca tulisan Anda.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah